Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Cara Kerja M-Banking

Pada zaman yang serba digital seperti saat ini, m-Banking menjadi salah satu fasilitas bank yang seakan wajib dimiliki orang. Namun, tahukah kamu apa itu mobile banking dan apa fungsinya? 

Apa itu M-Banking atau Mobile Banking? 

M-Banking adalah layanan untuk melakukan berbagai transaksi yang ditawarkan bank. Karena berbentuk aplikasi, kamu harus mengunduh layanan mobile ini di smartphone. 

mobile banking
Finansialku

Untuk pendaftarannya, bisa dilakukan sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang ada pada aplikasi tersebut. Jika belum jelas, kamu bisa menghubungi customer service di bank.

Fungsi dan Cara Kerja M-Banking

Dengan mobile banking, kamu bisa melakukan berbagai transaksi keuangan layaknya transaksi di ATM. Mulai dari transfer, isi pulsa, token listrik, hingga lainnya. Jadi, kamu bisa melakukan pembayaran penting di mana dan kapan saja.  

Misalnya, bayar iuran premi asuransi kesehatan biar gak kelupaan dan polis diberhentikan. Itulah mengapa banyak orang yang memilih untuk menggunakan m-Banking.

Setelah mengetahui apa itu mobile banking, kamu mungkin paham bahwa fungsi m-Banking ini sangat berguna dalam transaksi keuangan.

Nasabah tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah buat ke ATM atau ke bank untuk menyelesaikan transaksi keuangan, seperti berbelanja, transfer uang, hingga bayar kebutuhan hidup. 

Adapun beberapa fungsi lain m-Banking yaitu Memungkinkan nasabah melakukan pengecekan saldo dan riwayat transaksi perbankan; Melakukan pembayaran transaksi keuangan dari orang ke orang, 

Fungsi M-Banking

  • Fungsi m-Banking menyediakan informasi letak ATM atau kantor cabang bank terdekat; 
  • Fungsi m-Banking memberikan laporan dan ringkasan aktivitas keuangan sesuai dengan permintaan nasabah; 
  • Memberikan pemberitahuan tentang aktivitas penggunaan transaksi keuangan; 
  • Memberikan layanan pembayaran tagihan secara elektronik, misal bayar listrik, bayar paket internet, TV kabel, dan layanan lainnya. 

Cara Kerja M-Banking

Cara kerjanya sangat sama dengan layanan bank-bank pada umumnya. Bedanya, layanan yang diberikan bisa dilakukan menggunakan perangkat ponsel pintar.  Untuk bisa menggunakannya, nasabah harus mendaftarkan terlebih dahulu akun mobile banking dan mendownload BRImo.

Setelah terdaftar, nasabah barulah bisa menggunakannya untuk transaksi keuangan dengan cara memasukkan user ID atau password dan PIN untuk menyelesaikan transaksi.

Password sangat perlu untuk tetap bisa menggunakan layanan m-banking ini. Saya sendiri pernah mengalami kelupaan password, sehingga tidak bisa mengakses dan memanfaatkan fasilitas m-banking BRI yang sangat membantu terlebih di masa pandemi seperti ini.

Lalu saya datang ke kantor cabang terdekat dan menemui customer service-nya. Permintaan pun diakomodasi dengan baik, dan saya bisa kembali melakukan transaksi keuangan di Brimo.

Kesimpulan

M-banking sangat penting dalam menunjang aktivitas keuangan kita sehari-hari. Salah satu fungsinya menyediakan informasi letak ATM atau kantor cabang bank terdekat. Cara kerjanya dengan mengunduh aplikasi layanan m-bankingnya di smartphone. Penting untuk diingat dengan baik user ID, password, dan PIN untuk menyelesaikan transaksi.

Salam,

fungsi dan cara kerja m-banking









15 komentar untuk "Fungsi dan Cara Kerja M-Banking"

  1. Saya masih setia dengan ATM untuk 1 rekening di bank pemerintah. Sementara untuk 1 rekening yang di bank swasta, saya sudah pakai M-Banking nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samakah bank pemerintahnya Mbak Nanik dengan bank yg kupakai juga? hehe

      Hapus
  2. Saya baru 1 tahun terakhir ini saja pakai M-Banking, biasanya e-banking karena terbiasa bekerja di rumah dengan laptop, jadi merasa lebih enak dan leluasa kalau melakukan transaksi apa saja. Setelah pakai M-Banking, ternyata sama memudahkan. Walaupun mudah lelah pakai HP karena layar kecil ya, takut salah masukin angka atau apa hehe. Tapi yang pasti lebih praktis.

    BalasHapus
  3. jaman now kudu banget punya m banking mbak
    semua bisa ditransfer dan dikelola - serta rekam jejaknya masih ada

    BalasHapus
  4. M banking ini memang memudahkan ya mbak
    transaksi keuangan jadi lebih mudah
    Tapi tetap harus bisa dikontrol, hehe

    BalasHapus
  5. percaya nggak, saya baru aja pakai fitur MBanking
    Padahal kan udah lama ada dan akses saya ke internet juga leluasa
    Jadi dulu tuh selalu ke ATM untuk semua transaksi
    Parah ya? :D

    BalasHapus
  6. Belakangam ini alu mulai ngerasa perlu pake m banking karena mulai cape bolak balik ATM. tadinya merasa jarang bertransaksi online larna ku tim gak suka belanja online kadi kupikir gak perlu2 amat sama m banking. Tapi kesini-sini ternyata makin sering transaksi meakipun gak melulu soal belanja... emang perlu c biar lebih praktis.

    BalasHapus
  7. MBanking memang praktis. Sesuai lah dengan konsep "mobile" nya. Tapi saya jadi lebih boros sejak pakai aplikasi ini hahahaha. Karena transaksinya cepat sepanjang jaringan internetnya lancar. Jadi tergoda untuk banyak belanja kalo pas jalan-jalan di pameran hahahaha.

    BalasHapus
  8. hari gini aku serba semua transaksi keuangan via hape aja alias mbanking, berharap menunya kelak makin lengkap sih jd gak ribet dan biaya trf antar bank semoga gak wow banget hahaha

    BalasHapus
  9. Sebelum pandemi saya masih belum merasa tergantung dgn keberadaan m-banking ini. Tapi setelah pandemi berasa banget bahwa transaksi melalui aplikasi pintar milik bank ini sangat membantu banget. Tp kudu pinter2 menahan jari kalau lagi buka2 market place, heheh.

    BalasHapus
  10. saya merasakan kemanfaatan perkembangan produk digital seperti m banking cukup membantu.

    BalasHapus
  11. Sebelum pandemi saya bukan pengguna mobile banking..alasannya kalau ada jadi klak klik aja belanja online. kwkwkw
    Saat awal pandemi langsung deh bikin dan ternyata bikin mudah hidup saja, mau bayar tagihan itu ini tinggal pencet ga perlu ke ATM lagi..dan masalah sering belanja online atau tidak ternyata kalau kontrol diri baik ya enggak hihihi
    Memang mobile banking bermanfaat ya

    BalasHapus
  12. Saya merasakan manfaat mbanking ketika jualan online. Memudahkan pengecekan transaksi mba.

    BalasHapus
  13. Saya udah pakai MBanking sekitar 4-5 tahunan, sangat membantu sekali untuk tranksaksi online nggak perlu ke jauh-jauh dan antri di ATM.

    BalasHapus
  14. Saya pengguna aktif m-banking dan internet banking. Masya Allah sangat membantu sekali. Saya saja sampai lupa kapan terakhir ke kantor cabang bank. Hahaha. Sebab semuanya udah selesai, serba online, tinggal klik klik oke aja di ponsel.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.