Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frisian Flag Indonesia Pilihan Lebih Sehat

Hai Moms, apa kabar? Hari ini artikel saya bertajuk Frisian Flag Indonesia Pilihan Lebih Sehat. Selasa 6 April 2021 lalu beruntung sekali saya mengikuti webinar bertema Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan. 

Sebelumnya saya mau nanya, siapa nih di antara Moms semua yang suka menyediakan susu cair siap minum buat anggota keluarga tercinta...? Pasti rata-rata kita stok produk susu siap minum ya di dalam lemari es. 

Selain bertujuan mencukupi gizi anak-anak dan kita juga, produk susu cair siap minum bisa dijadikan campuran makanan dan minuman takjil di bulan Ramadan. Asyik kan.

Webinar ini diselenggarakan atas kerjasama Frisian Flag Indonesia dengan Mom Blogger Community.  Acara ini dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 April 2021. 

Hadir selaku narasumber dalam webinar ini sebagai berikut:

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes

Nutrisionis, Seala Septiani, S.Gz., M.Gizi

Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro

logo pilihan lebih sehat

Penerapan Logo Pilihan Lebih Sehat 

Sekarang kemasan produk susu siap minum Frisian Flag sudah ada logo pilihan lebih sehatnya lho, Moms. Mengapa sebaiknya memilih kemasan produk susu siap minum yang ada centang hijaunya seperti terdapat pada Frisian Flag Indonesia?

Kebijakan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI 

Yup, penerapan logo "pilihan lebih sehat" pada bagian utama label produk merupakan kebijakan yang baik sekali dari BPOM. Tujuannya untuk memudahkan konsumen dalam memilih asupan pangan yang lebih sehat. 

Hal ini bersesuaian dengan arahan WHO, Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, dan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan No. 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan. Demi menjamin terlaksananya ketersediaan, keterjangkauan, pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang. 

Di forum webinar, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes menegaskan mengenai syarat yang harus dipenuhi oleh produk siap minum untuk bisa mendapatkan logo "Pilihan Lebih Sehat" dengan contreng hijau, yaitu kandungan gula maksimum 6 gram per 100 ml."

Mengedukasi Konsumen Agar Lebih Berkesadaran dalam Memilih Produk Susu Siap Minum

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Seala Septiani, S.Gz., M.Gizi, nutrisionis, bahwa konsumen perlu memiliki kesadaran dalam memilih produk susu siap minum. Lebih berkesadaran di sini dimaksudkan agar saat mengonsumsi makanan, kita bisa makan dengan mindful eating, yaitu belajar mengenai dari mana asal sebuah produk, apa saja kandungan dan manfaatnya bagi tubuh. 
Mindful eating adalah pola makan yang melibatkan kesadaran secara penuh. Dengan pola makan ini, kita akan merasakan lebih bahagia dan kebiasaan makan lebih terkontrol.

Saya setuju sekali dengan yang disampaikan Mbak Seala ini, kebetulan kami sekeluarga memang menyukai produk susu siap minum seperti Frisian Flag Indonesia ini, sehingga melalui wawasan mindful eating ini menjadi lebih aware dan selektif dalam memilik produk susu.

Kemasan yang Lebih Ramah Lingkungan 


Adanya kebijakan penerapan logo "Pilihan Lebih Sehat" yang ditetapkan BPOM RI dan juga edukasi mindful eating kepada para konsumen, menjadikan semuanya sejalan dengan visi perusahaan Nourishing by Nature. Jelas Andrew F. Saputro dalam kesempatan webinar Selasa lalu.

Komitmen jangka panjang kami untuk membangun masyarakat Indonesia yang sehat, sejahtera, dan selaras. Frisian Flag Indonesia (FFI) juga sudah menerapkan logo "Pilihan Lebih Sehat" pada rangkaian susu cair siap minum Frisian Flag Purefarm dengan pilihan ukuran terlengkap, yaitu sebagai berikut:


  • 225 ml
  • 450 ml
  • 900 m
Adapun varian rasanya di antaranya:
  • Full cream yang sudah diterapkan tanpa gula
  • Coconut Delight
  • Ketan Hitam
  • Sweet Delight
Ada juga varian rendak lemak rasa:
  • French Vanilla
  • Californian Strawberry


Pak Andrew juga menambahkan bahwa Frisian Flag Indonesia juga menerapkan logo FSC pada produk kemasan untuk menandakan kemasan lebih ramah lingkungan. Artinya bahan baku untuk kemasan karton yang digunakan berasal dari sumber yang diolah dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.
  
frisian flag indonesia
Saya dan anak sama-sama suka minum susu cair siap minum Frisian Flag Indonesia

Kesimpulan

Frisian Flag Indonesia pilihan lebih sehat sebab sudah di kemasan produk susu cair siap minumnya telah tertera contreng hijau. Senang sekali mengikuti webinar bersama Ibu Rita, Mbak Seala, dan Pak Andrew. Benar-benar meningkatkan wawasan agar lebih berkesadaran untuk pilihan asupan yang lebih sehat dan lebih baik, investasi kesehatan untuk masa depan.

Salam,
fadlimia webinar ffi

Referensi:

Penyampaian materi oleh ketiga narasumber pada Webinar, Selasa 6 April 2021.













 

11 komentar untuk "Frisian Flag Indonesia Pilihan Lebih Sehat "

  1. Asyiknya bisa ikutan webinar berbobot ya, bisa dapat wawasan baru, sekaligus menambah pengalaman baru juga. Apalagi webinarnya ngebahas soal investasi kesehatan, pasti sangat berbobot.

    Saya sering banget beli susu Frisian Flag cair yang besar (900 ml) buat stock camilan. Soalnya saya sering beli cereal, jadi butuh susu cair yang fresh, lezat dan terjangkau. Saya biasa beli yang full cream, soalnya lebih kerasa gurih dan kelezatannya.

    BalasHapus
  2. Jadi makin suka konsumsinya, karena kebijakan BPOM ini yang membuat kita sebagai konsumen menjadi tenang. Apalagi daku suka konsumsi yang varian selasa ketan hitam dan coconout delight

    BalasHapus
  3. Dengan logo Pilihan Lebih Sehat jadi lebih mudah memilih pangan olahan yang sesuai dengan kebutuhan ya, Mbak. Aku suka nih FF coconut delight. Seger.

    BalasHapus
  4. Susu Frisian Flag emang enak banget dan terpercaya ya. Buktinya dari generasi kita sampai generasi anak-anak, semua minum susu Frisian Flag.

    Apalagi yang rasa coconut delight, seger banget buat takjil buka puasa.

    BalasHapus
  5. Selama pandemi kita memang harus jeli ya Mbak pilih asupan makanan dan minuman buat keluarga, terutama anak-anak. Betul kata Mbak Seala, kita ga bisa asal beli ini itu tanpa memperhatikan kandungan isi produk. Kudu bijak termasuk pilih logo "Pilihan Lebih Sehat" pada Frisian Flag. Ini susu keluarga Indonesia, susu saya susu bendera hehe. SKM enak buat roti, susu cair segar enak buat bikin puding. Apalagi kandungan gula maksimum 6 gram per 100 ml, jadi tepat pilih Frisian Flag buat investasi kesehatan keluarga.

    BalasHapus
  6. Nah, dengan logo pilihan sehat ini, kita sebagai konsumen tidak was-was lagi ya, Mbak. Apalagi ini kemasannya juga ramah lingkungan. Dan.. saya juga suka Frisian Flag. Biasa juga untuk buat kue.

    BalasHapus
  7. Mesti teliti ya baca label kemasan, kalau mau cepat tinggal lihat logo pilihan lebih sehat ya di kemasan, kalau ada berarti yakin deh pilihan tepat

    BalasHapus
  8. Memang rasa Frisian flag yang pake centang hijau atau logo Pilihan Lebih Sehat, rasa manisnya lebih ringan. Tapi anak-anak di rumah lebih suka kak. Mereka terbiasa minum susu yang gak terlalu manis memang.

    BalasHapus
  9. wah sekarang varian baru susu frisian flas rasa ketan hitam, penasaran gimana rasanya

    BalasHapus
  10. sukanya sama frisian flag ini, rasanya pun beragam ya mba. Jadi unik unik gitu kalau nyobain rasa rasanya. apalagi yang ketam hitam. Aku paling sukaaaa

    BalasHapus
  11. sekarang klo beli produk, nggak hanya memperhatikan tanggal kadaluarsa saja ya mbak, tapi juga perlu cek logo pilihan sehat
    btw anak anakku juga minum susu frisian flag yg uht

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.