Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Destinasi Wisata Populer di Jawa Tengah, Wajib Dikunjungi!

Berlibur bisa jadi kegiatan menarik yang dapat meningkatkan mood dan membuang jauh rasa jenuh karena pandemi yang masih berlangsung. Semua moda transportasi pun sudah beroperasi kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Lalu, kota mana nih yang paling ingin kamu kunjungi?

Banyak Pilihan Destinasi Wisata di Jawa Tengah

Jika kamu tertarik plesiran ke area ke Jawa Tengah, ada banyak pilihan destinasi wisata ikonik di provinsi ini yang bisa jadi tujuan liburanmu lho! Jika suka dengan perjalanan darat karena tiket yang lebih murah dan bisa lihat-lihat pemandangan, naik bus bisa jadi pilihan menarik untuk menuju kota-kota di Jawa Tengah. Kamu bisa pilih naik bus Sumber Alam yang sudah dikenal dan sangat populer melayani rute ke berbagai kota di Jawa Tengah.

Ke Jawa Tengah enaknya main kemana nih? Berikut ada 5 destinasi wisata populer yang ada di Jawa Tengah yang bisa masuk dalam itinerary kamu.

1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah ini punya banyak tempat wisata yang keindahannya tidak perlu diragukan lagi.

Ada banyak pilihan tempat wisata menarik di kawasan dataran tinggi Dieng yang sayang untuk dilewatkan, seperti misalnya kompleks Candi Arjuna yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.

Ada juga Bukit Sikunir yang jadi spot terfavorit berburu matahari terbit di Dieng. Selanjutnya ada Kawah Sikidang yang punya pemandangan yang begitu magis. Disini juga ada Savana Pangonan yang savana luas yang begitu cantik. Kamu juga bisa mampir ke Telaga Pengilon, Telaga Warna dan juga mendaki Gunung Prau jika memang suka naik gunung.

Yang menariknya lagi, jika berkunjung ke Dieng saat musim kemarau kamu bisa menunggu fenomena kristal es atau embun upas yang akan membuat Dieng semakin cantik. Yakin tidak mau kesini?

2. Candi Borobudur

Meski banyak yang menganggap candi ini berada di Yogyakarta, tapi sebenarnya Candi Borobudur berada di daerah administratif Kota Magelang yang ada di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Yogyakarta. Candi Buddha terbesar di dunia ini rasanya sayang sekali jika tidak dikunjungi jika kamu liburan ke Jawa Tengah.

candi borobudur
Candi Borobudur / Newsdetik

Sebagai salah satu bangunan yang masuk dalam situs warisan dunia dari UNESCO, candi ini merupakan kebanggaan Indonesia yang punya pemandangan indah di setiap sudutnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk bisa naik sampai ke bagian atas candi untuk menikmati view indah nan hijau yang siap melelehkan hati dan menyegarkan mata.

3. Kawasan Kota Lama Semarang

Bagi kamu yang suka foto-foto, kawasan Kota Lama Semarang wajib masuk dalam itinerary kamu nih! Tidak dipungut biaya masuk, kamu bebas mengeksplor kawasan ini sambil foto-foto. Di sini ada banyak bangaunan bergaya Eropa Kuno yang masih berdiri tegak. Salah satunya adalah Gereja Blenduk yang punya kubah berwarna merah ikonik yang selalu dijadikan latar berfoto.

Di kawasan ini juga ada banyak taman, kafe dan restoran dan tentunya sudut-sudut instagramable yang bisa menghiasi feed kamu.

Selain itu, di dekat Kota Lama ini juga ada banyak wisata populer di Semarang lainnya, seperti Lawang Sewu yang ikonik dan juga Simpang Lima. Jadi kamu bisa sekalian mengunjungi banyak tempat wisata menarik di pusat Kota Semarang.

4. Grojogan Sewu

Berada di Kabupaten Karanganyar Solo, air terjun fenomenal ini juga sangat menarik untuk dikunjungi. Meski harus mengeluarkan energi ekstra untuk menelusuri ribuan anak tangga untuk bisa sampai ke air terjun ini, namun pengorbanan kamu akan terbayar dengan indahnya air terjun ini.

Suasana yang hening dan damai, serta sejuknya cuaca akan membuat trekking kamu ke air terjun ini tidak akan terasa. Berada di lereng Gunung Lawu,air terjun ini dikelilingi hutan lebat yang punya pemandangan indah yang dijamin akan buat kamu merasa lebih fresh setelah mengunjunginya.

Tak cuma melihat air terjun, disini kamu juga bisa mengikuti outbond atau main flying fox. Di dalamnya juga ada banyak tempat makan jadi tidak perlu bingung soal makan jika berlibur ke air terjun ini.’

5. Goa Jatijajar

Goa yang berada di Kebumen ini punya pemandangan yang sangat indah di bagian dalamnya, stalaktit dan stalagmit yang tersusun secara alami dan ada juga banyak tiang kapur yang membuat pemandangan di dalam goa ini terlihat begitu eksotis.

Yang menariknya lagi selama menelusuri goa dengan track dari trap beton yang sudah disiapkan kamu bisa melihat sendang atau sungai bawah tanah yang bening dan masing-masing dipercaya memiliki khasiat lho!

Sudah siap liburan ke kota-kota menarik di Jawa Tengah? Segera atur rencana perjalananmu dan pesan tiket busnya di Traveloka saja! Pastikan kamu tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin saat berlibur ya. Hal ini penting untuk meminimalisasi kemungkinan terpapar virus corona selama liburan. Selamat berlibur!

Kesimpulan

Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lima di antaranya adalah Dataran Tinggi Dieng, Candi Borobudur, Kawasan Kota Lama Semarang, Grojogan Sewu, dan Goa Jatijajar.

Nah, rencananya ingin ke destinasi yang mana nih, Teman-teman... sharing di kolom komentar yuk!

Salam, 
naik bus sumber alam







22 komentar untuk " 5 Destinasi Wisata Populer di Jawa Tengah, Wajib Dikunjungi!"

  1. Lupa rasanya liburan itu macam mana, soalnya kelamaan di dalam rumah aja. Mudik juga nggak, apalagi liburan. Bukan karena si corona sih, tapi duitnya untuk kebutuhan yang lainnya, hahahahahah.....

    Saya tuh pengen banget ngunjungin Dieng, tapi harus nyiapin dana yang besar buat liburan ke sana. Apalagi dari Tegal jaraknya cukup dekat ya, dibanding dari Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss Mas Hendra... kami sekeluarga juga pingin ke Dataran Tinggi Dieng

      Hapus
  2. Paling pengen ke dieng, ngerasain bangun pagi di negeri atas awan, rasanya pasti berdecak kagum banget sama keindahan alamnya

    BalasHapus
  3. Saya pengen banget liburan ke Jateng itu yang ada candi Borobudur hehe karena situs cagar budaya apalagi di akui oleh UNESCO

    BalasHapus
  4. wah iya,banyak yang belum aku datangi mbak
    baru ke Borobudur doang klo yg ditulis disini
    pengen banget ke puncak dieng

    BalasHapus
  5. Ternyata masih banyak nih wisata di jateng yang aku belum kunjungi. Dari dulu pengin ke Dieng eh malah baru ke tetangganya (Prau). Jadi cuma bisa liat Dieng dari kejauhan.
    Next deh semoga ada rezekinya buat bisa kunjungi semua list yang mbak mia ulas di sini.

    BalasHapus
  6. semua yang ditulis ini tersohor banget ya, apalagi 1-4 niih.
    oohh pengen banget bisa ke Borobudur, must be visited banget ya tempat yang satu ini :)

    BalasHapus
  7. Goa jatijajar aku belum mbak, semoga setelah pandemi bisa main ke sana aamiin

    BalasHapus
  8. Satu-satunya tempat wisata yang sudah saya kunjungi adalah wisata Semarang. Karena pernah tinggal di sana. Dan memang, lokasi yang disebutkan memang iconik sekali.

    BalasHapus
  9. Dari 5 destinasi tadi, yang baru kukunjungi cuma 1. Itupun pas study tour saat SMP. Di mana lagi kalo bukan ke Candi Borobudur.

    Semoga pandemi lekas usai ya biar kita bisa jalan2 lagi. Penasaran banget ama 4 destinasi lainnya itu.

    BalasHapus
  10. Temanku sering banget upload di beranda facebooknya foto-foto keindahan Dieng kak, bagus dan sejuk tempatnya. Jadi iri deh aku. Semoga ya suatu saat nanti saya bisa ke sana

    BalasHapus
  11. Udah lama juga daku gak ke Borobudur. Memang dirindukan suasana di sana ya kak Mia. Semoga kita sehat-sehat selalu sehingga bisa traveling lagi ke Jawa Tengah

    BalasHapus
  12. Dieng dan Kota Lama Semarang yang jadi incaran saya. Next ya, semoga setelah pandemi berlalu kami bisa mudik ke Jawa Timur sekalian mampir ke destinasi wisata Jateng. Sementara sih sabar dulu, badai Covid belumlah berlalu.

    BalasHapus
  13. Jadi pengen jalan-jalan ke Jawa Tengah. Bucket list pertama adalah Dieng. Trus ke Kota Lama Semarang dan Borobudur. Semoga pandemi cepat selesai biar bisa jalan-jalan lagi.

    BalasHapus
  14. Pengen deh ke Jawa Tengah mengunjungi destinasi wisata alam sekaligus sejarah nih

    BalasHapus
  15. dari 5 destinasi wisata ini, hanya 2 yang belum dikunjungi hehe
    entahlah dulu padahal jarang kelayapan tapi 3 diantaranya sudah pernah ku kunjungi

    BalasHapus
  16. Baru sadar belum main ke goa jati jajar next kalau pulkam pengen main kesana ah bareng keluarga

    BalasHapus
  17. 4 destinasi wisata dari daftar di atas udah pernah karena sebelum pindah Jakarta, cukup lama tinggal di Semarang. Tinggal ke Kebumen nih yang belum pernah. Tunggu pandemi berakhir ah, mau keliling lagi nanti sama Pewe

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah aku udah pernah semua. Kecuali goa jatijajar. Grobokan sewu itu dulu sering banget diajak ortu ke sana. Atau sama teman-teman sekolah. Dieng mah destinasi keren terutama pas ada Jazz culture festival

    BalasHapus
  19. wah yang saya kunjungi baru 2 Borobudur sama Dieng, duh pengen banget keliling semuanya, kangen traveling

    BalasHapus
  20. pengen banget berkunjung Grojogan Sewu, semoga bisa terwujud :D

    BalasHapus
  21. pengen explore jogya semarang tapi belum kesampaian
    banyak banget wisata alamnya yang menarik

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.