Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kubah Masjid Bagian Menarik Dari Sebuah Rumah Ibadah

Hayya 'alash sholaah...
Hayya 'alal falaah...

Sayup-sayup terdengar suara azan berkumandang dari masjid megah ini. Masjid Agung Bakrie, masjid kebanggaan masyarakat Kabupaten Asahan, Sumatra Utara. 

Sembilan tahun bertugas di kota Kisaran, membuat kami hafal betul dengan seluk beluk kota kecil nan damai ini. Meskipun setahun pindah dari sana, barulah masjid cantik ini diresmikan Pemkab. Asahan.

Hal Menarik dari Sebuah Masjid

Kalau ditanya apa sih yang menarik dari sebuah masjid? Jawabannya bisa saja subyektif seperti di bawah ini:

Suasananya yang Adem

Yup, suasana masjid yang adem, sangat disukai banyak orang yang beribadah di sana, baik untuk singgah salat di masjid, maupun yang menumpang duduk santai sambil baca buku di masjid. Teringat salah satu istilah dalam novel Kami Bukan Jongos Berdasi karya JS Khairen, ada salah satu tokoh bernama Juwisa, si ubin masjid.

Mengapa Juwisa disebut si ubin masjid oleh teman-temannya, karena pembawaannya yang tenang, damai, dan ketika bersamanya, teman-teman merasa nyaman. Faktanya ubin masjid memang demikian, dingin menyejukkan sehingga cocok sekali dipakai rebahan sehabis salat oleh mahasiswa yang mampir di masjid kampus.

Menara Masjid

Menara masjid adalah bangunan arsitektur khas bagian dari masjid, berbentuk kerucut dan biasanya lebih tinggi dari bangunan utama. Fungsinya untuk mengumandangkan azan, dan merupakan simbol peradaban. 

Ada lima bentuk menara masjid, yaitu menara klasik, menara variatif, menara segi empat, menara spiral, dan menara silinder.

Oya, novel best seller karya A. Fuadi berjudul Negeri Lima Menara juga terinspirasi menulisnya dari menara masjid pondok pesantren tempat si novelis sering membaca alquran. Keren ya.

Kubah Masjid yang Indah

Menikmati suasana dan menara masjid, tidak lengkap jika tidak melihat kubah masjidnya. Bagian paling khas dan langsung terlihat dari suatu masjid. Semakin besar kubah masjid, maka bisa disimpulkan semakin indahlah suatu masjid. 

jual kubah masjid
Model kubah Enamel Madinah / jualkubahmasjid.id


Menurut info jual kubah masjid, pemesanan kubah masjid minimal 5 meter, bisa ditangani oleh kontraktor PT. Anugerah Kubah Indonesia. Harga kubah masjid ini juga bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh pemesannya.

Meski pandangan kubah besar lebih megah ini tidak selalu demikian, karena kubah masjid ini juga memiliki model tersendiri sesuai dengan keinginan jamaah masjid yang memesannya.

Secara filosofis, atap berbentuk kubah perlambang keindahan surga yang ingin didekatkan ke kehidupan manusia. Sehingga beragam kepercayaan selain Islam pun memiliki bangunan rumah ibadah berbentuk kubah. 

Sebut saja gereja Kristen ortodoks di St. Petersburg di Rusia, atau Golden Temple di Punjab, India, bangunan suci umat agama Sikh, merupakan perpaduan arsitektur harmoni antara Islam dan Sikh. Namun rumah ibadah yang paling banyak menggunakan kubah adalah masjid.

Macam-Macam Model Kubah Masjid

Apa saja model kubah masjid? Berikut ulasannya:

1. Model Kubah Enamel

Model kubah enamel ini lebih estetik dan mudah dikenali dari kejauhan. Dari segi ketahanannya model Enamel ini lebih tahan terhadap pergantian cuaca seperti di Indonesia. Perawatannya juga lebih mudah, dan tidak gampang bocor.

2. Model Kubah Galvalum

Model kubah Galvalum umumnya memakai kubah panel maupun kotak penutup di atasnya, yang terbuat dari galvalum. Galvalum adalah lempengan besi baja yang dilapisi campuran alumunium, seng, dan silikon. Model Galvalum ini tahan panas, tahan karat, dan bisa meredam panas dari luar.

harga kubah masjid
Model kubah masjid Galvalum 


Mengapa Memilih Pesan Kubah Masjid di PT. Anugerah Kubah Indonesia?

Pasti ada dong sejumlah keunggulan yang membuat PT. Anugerah Kubah Indonesia sebagai pilihan untuk memesan kubah masjid.

1. Amanah dan Profesional

Pengerjaan kubah masjid dilakukan dengan amanah dan profesional. Adapun amanah dan profesional adalah budaya kerja di PT. Anugerah Kubah Indonesia.

2. Produsen Langsung

Kubah masjid langsung dikerjakan sendiri, sehingga soal harga pembuatan tidak perlu diragukan lagi karena PT. Anugerah Kubah Indonesia adalah tangan pertama atau produsennya langsung.

3. Garansi Warna dan Antibocor

PT. Anugerah Kubah Indonesia memprioritaskan kualitas dalam mengerjakan pesanan kubah masjid. Tim yang terampil mampu membuat ketajaman warna dan antibocornya bisa dijamin hingga 20 tahun.

4. Desain dan Budget

Desain dan budget kubah bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan, sehingga dapat leluasa berkonsultasi secara gratis mengenai desain dan anggaran untuk pembuatannya.

Kesimpulan

Kubah masjid bagian menarik dari sebuah masjid adalah hal yang lazim dikatakan hampir semua orang. Semakin besar kubah maka semakin megah pula suatu masjid. Namun ukuran kemegahan tidak semata fisik ruma ibadah semata. Tetapi makmurnya masjid dilihat dari banyaknya jamaah yang beribadah di sana.

Jika ingin memesan kubah masjid, mau model enamel ataupun galvalum, bisa menghubungi PT. Anugerah Kubah Indonesia, dengan nomor kontak WhatsApp, Wahyu Agus Ariadi: 081333735000.

Tinggalkan pendapatmu ya tentang kubah masjid. Ditunggu... terima kasih.

Salam, 
kubah masjid







18 komentar untuk "Kubah Masjid Bagian Menarik Dari Sebuah Rumah Ibadah"

  1. Wah Mbak , jadi pingin banget ke kota Kisaran, pastinya masih asri ya?

    Saya baru tahu tentang pemesanan kubah, kirain kontraktor yang mendisain dan membuatnya

    BalasHapus
  2. Memang kubah adalah bagian paling menarik dari masjid, ya. Yang tampak dari kejauhan. Ini kalau order dari luar kota apakah bisa?

    BalasHapus
  3. Arsitektur yang indah pada desain eksterior masjid memang pada kubah masjidnya. Makin hari makin banyak model kubah masjid ya dan bisa dipesan baik secara online maupun offline melalui anugerah kubah Indonesia, tentunya kubah masjid yang cantik ini sangat bagus untuk mempercantik masjid sebagai sarana ibadah semua umat muslim.

    BalasHapus
  4. MAsya Allah Tabarakallah indah sekali kubah masjidnya yah, jadi ingin menyambangi kesana deh, sholat disana., Merasakan ademnya .

    BalasHapus
  5. Bener juga ya. Kubah yang megah, eye-catchy, pastinya akan menjadi pusat perhatian. Atraktif menarik untuk dilihat bahkan dari kejauhan

    BalasHapus
  6. Benar bgt mbak, aku yg termasuk takjug jika ada masjid berkubah bagus. Dalamnya bersih, wangi dan bikin nyaman buat ibadah

    BalasHapus
  7. Melihat masjid otomatis terpesona dengan kubahnya terlebih dahulu, ternyata ada banyak jenis dan bahan bakunya ya.

    BalasHapus
  8. kubah yang menarik tentu bisa menarik hati banyak orang agar mau shalat di suatu masjid yaa

    BalasHapus
  9. Kubah masjid menjadi menarik dewasa ini makin ragam arsitek sekarang cukup baik

    BalasHapus
  10. dan aku selalu takjub kalo lihat Kubah emas di Masjid Dian alMahri Depok.

    Magiisss banget!
    Pengin ke sana lagi akutuuuu

    BalasHapus
  11. wah saya baru tahu loh detail fisik dan filosofi tentang kubah mesjid ini, dan ternyata banyak jenisnya yaaaa, semoga kelak kita bisa ada rejeki untuk mendirikan rumah ibadah kesayangan kita yaa

    BalasHapus
  12. Sekarang mudah banget ya Kak kalau mau bikin kubah-kubah modal luar untuk tempat ibadah, kadang takjub bisa seindah itu masyaAllah ya kak.

    BalasHapus
  13. Masya Allah kubahnya indah sekali ya. Kubah memang salah satu ciri khas masjid yang selama ini kita tahu.

    BalasHapus
  14. Masjid ini bisa jadi tujuan kita berwisata religi ya mba selain utk beribadah. Kubahnya juga berbeda beda sesuai budaya

    BalasHapus
  15. Selain kubah, menara juga identik dengan rumah ibadahnya umat muslim ya mbak.

    Kalau kubah pling terkenal dan mudah diingat, ya si kubah emas itu

    BalasHapus
  16. Selain kubah, menara juga identik dengan rumah ibadahnya umat muslim ya mbak.

    Kalau kubah pling terkenal dan mudah diingat, ya si kubah emas itu

    BalasHapus
  17. Iya banget, kubah masjid ini bagian yang paling catchy saat lihat masjid. Makin bagus, biasanya makin cakep pula masjidnya. Dan biasanya jadi ciri khas masjid tersebut ya. Aku baru tahu, ada ya perusahaan yang jadi produsennya. Jadi kepo deh. Searching aaah...

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.