Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cepat Mengakrabkan Balita Dengan Bacaan

Hai, Mama semua... apa kabar? Semoga sehat-sehat ya sekeluarga. Kali ini saya mempublikasikan artikel blog bertajuk Tips Cepat Mengakrabkan Balita dengan Bacaan. 

Di zaman pandemi seperti sekarang ini waktu Mama bersama anak pastinya jadi lebih banyak kan. Meskipun bekerja dari rumah, di sela-sela itu Mama tak lupa menyediakan bonding time dengan buah hati. Termasuk memperhatikan kebutuhan kognitifnya.

Mengapa Balita Penting Diakrabkan dengan Buku Bacaan?

Balita atau anak di bawah usia lima tahun penting sekali diakrabkan dengan buku bacaan. Maksud diakrabkan di sini adalah dibiasakan membaca sedari kecil. Masa golden period pada balita harus diisi sebaik-baiknya oleh Mama. 

Jangan sampai terlewatkan begitu saja, sehingga rekam memori bahwa buku bacaan adalah sesuatu kesukaan yang menyenangkan, menjadi tak berbekas di ingatan anak.

tips membacakan buku cerita pada anak
Buku Cerita Anak Dunia Bunbun / Mama's Choice

Berikut manfaat membacakan cerita untuk balita:

1. Mempererat bonding orang tua  dan anak

Membacakan buku cerita untuk dapat menguatkan bonding antara mama dengan balitanya. Tidak hanya mama, papa juga demikian. Bonding atau ikatan kasih sayang yang terjalin lekat, di antara orang tua dan anak sangat didambakan oleh setiap orang. 

Menurut situs fk.ui.ac.id, anak yang lekat secara fisik psikis dengan kedua orang tuanya terutama mama, akan tumbuh menjadi anak yang imunitasnya tubuhnya kuat, jadi tidak gampang sakit. Keren, kan.

2. Melatih anak untuk fokus dan konsentrasi

Salah satu rahasia orang sukses adalah mampu fokus dan konsentrasi, demikian paparan buku The Power of Focus karangan Canfield, Hansen, dan Hewitt 20 tahun silam. Tampaknya pendapat mereka masih relevan hingga kini. 

Perhatikan saja orang-orang yang sukses di sekeliling kita, biasanya mampu untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu. Karakter seperti inilah yang ingin kita latihkan pada balita. 

Agar ia dapat menjadi orang yang sukses di masa depannya kelak. Salah satu caranya adalah dengan membacakan cerita untuknya.

3. Meningkatkan kinerja otak anak

Proses yang terdapat di dalam membacakan buku cerita pada anak adalah Mama membaca itu sendiri, berbicara dengan menunjukkan gambar-gambar yang menarik, yang membuat rasa ingin tahu anak terstimulasi dengan efektif. 

Di sinilah kinerja otak meningkat dengan baik dan membantu anak jadi lebih cepat pandai berbicara.

Salah satu metode membaca buku untuk anak yang sedang populer di zaman sekarang adalah Read Aloud. Dikutip dari laman Kemdikbud, Read Aloud adalah metode yang mengasosiasikan pada anak bahwa membaca itu menyenangkan. 

4. Membantu perkembangan emosi anak

Pernah menyaksikan balita yang sedang tantrum kan? Nah, itu kasihan sekali ekspresinya, ledakan emosi yang membuat si anak juga tidak nyaman dengan keadaannya. 

Nah, jika Mama memiliki waktu teratur mengajak balita untuk membaca, maka perkembangan emosinya menjadi lebih baik. Kebutuhan asupan perhatian dan kasih sayang ananda terpenuhi dengan membacakan buku cerita untuknya.

5. Menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak

Sedari kecil sudah dibiasakan membaca buku maka jika anak sudah besar, meski bentuk buku berubah ke arah buku digital misalnya, ia akan tetap menjadi anak yang literat. Yang mengedepankan mencari informasi terlebih dahulu dengan membaca, baru mengambil keputusan. 

Tidak mudah termakan berita palsu, dan diharapkan menjadi anak yang berhasil dengan kepintarannya.

Irish Bella's Baby Essential Kids / dokpri

Tips Cepat Mengakrabkan Balita dengan Bacaan

Sediakan buku cerita sesuai dengan usianya

Buku cerita yang sesuai usia anak, jauh lebih efektif menggugah anak ketimbang ia dibacakan buku kakaknya yang sudah usia SD. Mama's Choice menyediakan buku cerita untuk balita yaitu Buku Cerita Anak Dunia Bunbun. 

Buku ini terdiri dari dua seri, yaitu seri Berbuat Baik dan seri Bermain Aman. Buku ini karya Watiek Ideo dan ilustrator Diva Stefina.

Kedua seri buku ini bisa diperoleh dalam paket seharga Rp. 89.000 atau Mama juga bisa mendapatkannya dengan membeli Irish Bella's Baby Essential Kids untuk 100 orang pertama! Wah, menarik sekali... 

Apa saja isi dari Irish Bella's Baby Essential Kids dari Mama's Choice?

  • 1 pcs Mama's Choice Baby Hair and Body Wash
  • 1 pcs Mama's Choice Calming Tummy Oil
  • 1 pcs Mama's Choice Baby Rash Cream
  • Gratis buku cerita anak Dunia Bunbun untuk 100 pembeli pertama

Tentukan waktu rutin membacakan buku

Setelah Mama memilihkan buku yang sesuai dengan usia anak, maka tips berikutnya adalah menentukan waktu membacakan buku cerita di waktu yang rutin. Misalnya saat beranjak tidur pada malam hari. Keadaan sudah santai, anak juga sudah menggosok gigi, mencuci kaki dan mengganti bajunya dengan piyama. 

Mama atau Papa bisa bergantian membacakan buku cerita untuk si kecil. Jika sudah memiliki waktu rutin biasanya anak yang mengingatkan orang tuanya untuk membacakan buku, sebab pengulangan kegiatan membaca  yang dilakukan sudah terekam di otak bawah sadar anak.

Letakkan buku di tempat yang mudah dijangkau balita kapan saja

Merapikan buku kembali ke raknya memang baik sekali. Namun jika sedang dalam masa menanamkan kebiasaan rutin membaca pada anak, tidak ada salahnya meletakkan buku cerita kesayangannya di tempat-tempat yang mudah direngkuhnya. 

Mama bisa menaruh buku di nakas sebelah ranjang, atau di atas selimut balita. Sehingga di saat waktu khususnya membaca, ia dapat dengan cepat meraih buku bacaannya.

Ingatkan anak dengan kegiatan membacanya

Pada bonding time dengan anak, yaitu sembari memandikan si kecil dengan Mama's Choice Baby Hair and Body Wash, mengeringkan tubuhnya dengan handuk, atau memijat-mijat tubuh mungilnya dengan Mama's Choice Calming Tummy Oil,  Mama bisa bercerita tentang kegiatan membaca bersama anak. 

Tentang pesan moral dalam cerita, warna-warna baju karakter cerita, tentang apa saja terkait buku. Sehingga anak memiliki keterkaitan dengan si buku ceritanya.

Jaga kebersihan buku anak

Daya tahan tubuh anak belum berkembang sempurna sebagaimana orang dewasa. Sehingga penting untuk menghindarkan anak dari paparan bakteri dan kuman yang berasal dari lantai rumah ataupun partikel debu yang beterbangan di udara.

Buku cerita anak bisa Mama jaga kebersihannya dengan Mama's Choice Baby Multi-purpose Cleaner yang dapat melindungi permukaan buku dan mainan balita dari virus, bakteri, dan kuman.

Irish Bella's Baby Essential Kids
Ocean putra bungsu saya sedang baca buku Dunia Bunbun / dokpri

Kesimpulan

Tips cepat mengakrabkan balita dengan bacaan yang telah saya terapkan di rumah bersama si balita, adalah dengan menyediakan buku cerita yang sesuai dengan usianya, dalam hal ini untuk anak usia 0-5 tahun. 

Selain itu tips berikutnya adalah menentukan waktu rutin membacakan cerita, lalu meletakkan buku di tempat yang bisa dijangkau anak, dan yang terakhir adalah menjaga kebersihan buku anak agar terhindar dari paparan virus, bakteri, dan kuman penyakit.

Demikian sharing dari saya tentang manfaat membacakan buku cerita pada balita, di kesempatan kali ini. Jika ada saran dan masukan dari teman-teman pembaca, mohon menuliskannya di kolom komentar di bawah ini ya. Terima kasih.

Salam,
Mama's Choice













36 komentar untuk "Tips Cepat Mengakrabkan Balita Dengan Bacaan"

  1. Sudah banyak buktinya memang anak yang dikenalkan literasi sejak dini memiliki kecerdasan yang luar biasa. bukan hanya secara kognitif tapi juga emosi. Manfaat mengenalkan anak literasi memang sebesar itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mba... anak saya yg nomor 3 (kakaknya si Ocean di artikel di atas), cepet banget nangkap pelajaran karena suka membaca

      Hapus
  2. Banyak ya manfaat mengenalkan membaca pada anak, jadi semangat nih nantinya kalau punya anak buat dibacain buku sering-sering nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mba, semakin kecil sepertinya semakin efektif ya buat menanamkan kebiasaan positif, kayak belajar bahasa juga kali ya

      Hapus
  3. Seruu banget kalo balita bisa berakrab-akrab ria dgn bacaan.
    Pastinya menambah kecerdasan dan kreativitas ya

    Makasii, tipsnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangett Mba... anaknya berbinar-binar banget kl diajak membaca

      Hapus
  4. Alhamdulillah aku biasakan membacakan buku ke anak sejak umur 1 tahun. Terbukti manfaatnya banyak sekali

    BalasHapus
  5. Memang anak2 harus dikenalkan bacaan sejak dini.

    BalasHapus
  6. Mama Choice ini banyak produknya ya Mba. Bagus-bagus juga kualitasnya. Anak memang perlu dikenalkan sejak dini dengan buku bacaan. Biasanya yang banyak gambarnya bikin anak lebih tertarik buat lihat buku.

    BalasHapus
  7. Wuih mantap nih tipsnya, mmg wajib nih mengenalkan bacaan ke anak sejak dini

    BalasHapus
  8. Juara banget paket Irish Bella's Baby Essential Kids dari Mama's Choice
    Paketnya lengkap semua yang dibutuhkan bayi plus dapat hadiah buku yang berkualitas dan bisa digunakan untuk menstimulasi anak dalam mengenal banyak kosa kata.

    BalasHapus
  9. Kedua anakku dari batita udah kukenalkan buku mba. Rutin setiap mau tidur baca dongeng, bahkan si nomer dua baik mau tidur ataupun bangun tidur minta dibacakan cerita. Reaksinya beda seiring dengan bertambahnya umur. Si sulung yang perempuan jadi kutu buku, sedangkan si nomer dua yang cowok lebih tertarik ngegame hehehee...

    BalasHapus
  10. wah iya bu dosen, sangat baik lho mengenalkan buku sejak dini pada anak anak
    banyak manfaatnya bagi tumbuh kembang mereka juga

    BalasHapus
  11. masyaAllah Mama's Choice ini emang paling ngerti deh kebutuhan ibu dan anak. Produk semakin lengkap ditambah pula ada buku buat si kecil kita tambah pintar.

    BalasHapus
  12. Produk Mama's Choice ini emang juara ya kak. apalagi pas liat buku untuk anaknya, lucu banget. Liat Ocean bahagia gitu baca buku bunbun, jadi beneran pengen beli juga nih.

    BalasHapus
  13. Memang beda kak anak yang dibiasakan baca sejak kecil dengan yang nggak. Kemampuan logika dan bicaranya lebih cepat jadinya. Makasi tipsnya, PR di orangtua harus bisa konsisten juga, hehe..

    BalasHapus
  14. anak anak kami pun masing-masing punya buku favorit. pas masih kecil si sulung punya buku yang itu-itu aja yang kami baca.
    sampai-sampai dia sendiri pun hafal semua kata-kata dalam buku.
    tapi tetap aja bukunya harus dibacain mama atau papa...

    BalasHapus
  15. senang banget pastinya kalau anak bisa akrab dengan buku sejak dini, ya. memilihkan buku yang tepat adalah salah satu yang bikin mereka cinta buku.

    BalasHapus
  16. banyak juga ya bun masalah yang bisa diatasi apalagi sejak dini udah membiasakan kebiasaan membaca sama anak, termasuk masalah tantrum. Penting banget sih ini menurutku, bersyukur sejak kecil udah suka membaca, semoga nanti bisa menerapkan ini juga ke anak

    BalasHapus
  17. Banyak juga yaa manfaat mengakrabkan anak dengan bacaan, dampak baiknya bukan hanya bisa dirasakan sekarang tapi juga untuk masa yang akan datang. Semangat bunda ^^

    BalasHapus
  18. Emang deh bener banget kalo baca buku bisa meningkatkan bonding sama anak. Bisa meningkatkan imajinasi juga.

    BalasHapus
  19. Menumbuhkan minat baca anak emang harus dilakukan sedari kecil ya. Dimulai dengan membacakan buku cerita ke anak

    BalasHapus
  20. Jadi auto fokus ma senyuman Ocean, manis banget. Senang ya bisa dapet buku cerita si Bunbun. Soalnya ceritanya seru dan juga lucu.

    BalasHapus
  21. memang ya, mbak kalau mau anak cinta buku kita harus membiasakan mereka baca buku dari kecil. apalagi sekarang sudah ada gadget jadi ibunya hrus rajin biar anaknya nggak kepincut gadget ketimbang buku

    BalasHapus
  22. Berguna banget tipsnya, Mbak. Mengakrabkan balita dengan bacaan bisa bikin mereka cinta membaca di kemudian hari.

    BalasHapus
  23. Keliatan banget hepinya sih putranya mba, hehehehe
    produknya paket banyak isinya plus buku itu ya mbak, duh pengen beli tapi di rumah nggak ada bocil, buat hadiah ipar aja kali ya.Makasih rekomendasinya mbak

    BalasHapus
  24. Mengenalkan buku bacaan sejak dini bisa menggugah anak untuk senang membaca, ya. Selain itu anak juga bisa belajar konsentrasi dan memiliki kosa kata yang banyak.

    BalasHapus
  25. Pengen banget punya buku dunia bunbun ini buat anak2 dirumah mbak, kalo gitu harus beli produk mama's choice ya biar bisa dapet buku bagus ini

    BalasHapus
  26. Balita itu biasanya mencontoh orangtuanya ya. kalau orangtuanya rajin baca dan juga mendekatkan dia dengan buku. Kita pasi senang lihat anak suka bacadaripada suka main gadget

    BalasHapus
  27. Setuju, Masa golden period pada balita ini sangat penting jadi jangan sampai lewat ya mom. Biar anak2 tumbuh cerdas dan optimal

    BalasHapus
  28. mengenalkan anak pada buku memang baiknya dilakukan sejak dini ya mbak
    karena buku punya banyak manfaat bagi anak anak

    BalasHapus
  29. Aku juga ada nih, buku2nya ringan dan gampang dimengerti oleh anak2..
    anakku suka banget dengan kisah di dalamnya

    BalasHapus
  30. Setuju banget, Kak. Untuk menumbuhkan minat baca pada anak, kita harus mengenalkan buku sejak dini pada anak.

    BalasHapus
  31. nanti ku kalau menikah dan punya anak langsung kubacain kisaj cinta kugy dan keenan di perahu kertas aja lah 🤣

    BalasHapus
  32. Waah isya juga sukaa bangett sama buku duniabunbun. Lucu juga gambarnya katanya ada kelinci dan teman2nya. Ditempel2 dah tuh stikernya juga. kalau emaknya sukaa sama wanginya hair and body washnyaaa <3

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah dapet ilmu parenting untuk anak dimasa depan... makasih ilmu dan tips tips nya, bismillah walau belum menikah semoga anak2ku ntar pinter dan hoby baca buku🤭🤭❣❣💌💌

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.