Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 6 Trik Ampuh Agar Bersih-Bersih Rumah Menjadi Kegiatan Menyenangkan!

Bagi beberapa orang membersihkan rumah merupakan kegiatan yang menyebalkan karena cukup melelahkan dan membuang banyak waktu. Namun, mau bagaimanapun, sebagai pemilik rumah kamu tetap harus menjaga kebersihan rumah dengan rutin membersihkannya.

Rumah Bersih dan Rapi itu Bikin Nyaman



bersih-bersih rumah
Sumber: id pinterest com

Rumah yang senantiasa bersih dan rapi tentu akan membuat rumah nyaman ditinggali sekaligus menjaga kesehatan keluarga di rumah. Sejatinya, ada banyak cara yang bisa kamu terapkan agar kegiatan bersih-bersih menjadi hal yang menyenangkan. 

Ingin tahu apa saja caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Ingat Selalu Manfaat dari Membersihkan Rumah

Terkadang ada saja alasan yang membuat kita malas dalam beraktivitas, terutama saat membersihkan rumah. Namun, ketika ingin membersihkan rumah dan rasa malas menghampiri, coba ingat selalu bahwa rumah bersih dan rapi memiliki segudang manfaat.

Banyak manfaat membersihkan rumah yang bisa didapat, mulai dari mengurangi stres, rumah nyaman ditinggali, mencegah kuman bersarang, hingga menjaga kesehatan keluarga. Dengan mengingat manfaat membersihkan rumah ini, rasa malas pun akan terhindari dan bikin kamu makin semangat untuk membersihkan rumah.

2. Buat Suasana Bersih-bersih Menjadi Menyenangkan dengan Mendengarkan Musik

mendengarkan musik
Sumber: id pinterest com


Rasa jenuh sering kali dirasakan ketika sedang membersihkan rumah. Namun, semua itu bisa teratasi dengan menciptakan suasana seru dengan menyetel musik. Sebelum melakukan kegiatan bersih-bersih, kamu bisa membuat playlist musik yang bisa memacu semangat.

Biar lebih praktis, kamu bisa menggunakan Google Nest yang merupakan speaker cerdas yang diaktifkan dengan suara, lewat Google Assistant. Caranya, cukup katakan “OK Google” untuk memutar musik dari YouTube Music, Spotify dan lainnya. Suara musik yang dihasilkan pun lebih nyaring dan tone lebih beragam, sehingga suasana bersih-bersih akan terasa lebih mengasyikan.

Selain bisa mendengarkan musik, kamu juga bisa menanyakan kepada Google Assistant tentang berita atau cuaca hari ini. Banyak banget keunggulan lainnya yang bisa bikin kegiatan harianmu jadi lebih praktis dan menyenangkan.

3. Gunakan Alat Membersihkan Rumah yang Lengkap dan Inovatif

alat membersihkan rumah
Sumber: id pinterest com

Kini, sudah banyak produk pembersih rumah yang bisa membantu kegiatan bersih-bersih menjadi lebih mudah dan praktis dilakukan. Misalnya, vacuum cleaner yang mampu membersihkan debu-debu membandel tanpa perlu tenaga lebih.

Ada juga vacuum yang bisa digunakan sebagai pengepel lantai untuk membantu membersihkan rumah dengan lebih mudah. Dengan alat pembersih yang inovatif dan lengkap, kegiatan bersih-bersih pun akan terasa menyenangkan dan mudah dilakukan.

4. Jadikan Membersih Rumah Sebagai Kebiasaan

kebiasaan membersihkan rumah
Sumber: id pinterest com

Agar tidak malas membersihkan rumah, kamu perlu menjadikan rutinitas ini sebagai kebiasaan rutin yang dilakukan setiap hari. Dengan menjadikan kegiatan bersih-bersih sebagai kebiasaan, rasa malas pun tidak akan lagi mengganggumu.

Bahkan, ketika sedang merasa stres, kegiatan bersih-bersih akan menjadi pelarian positif yang akan membawa banyak kesenangan dan manfaat tersendiri.

5. Catat Area yang Akan Dibersihkan

mencatat area yang akan dibersihkan
Sumber: id pinterest com

Selanjutnya, kamu perlu mencatat area rumah yang perlu dibersihkan. Cara ini akan membuat kamu lebih fokus dalam membersih rumah, dan bisa memprioritaskan area mana yang akan dibersihkan terlebih dahulu, sehingga kamu dapat mengerjakannya tanpa merasa kewalahan. Kalau perlu, catat di post it supaya tidak melewatkan area yang akan dikerjakan.

6. Lakukan Hal Menyenangkan Sehabis Membersihkan Rumah

hal menyenangkan setelah membersihkan rumah
Sumber: id pinterest com

Setelah lelah membersihkan rumah, gak ada salahnya kalau kamu melakukan hal menyenangkan yang bikin pikiran fresh kembali. Misalnya, bersantai di kamar sambil menonton film dan drama favoritmu. Kalau mau lebih asyik lagi, kamu bisa melakukan hal konyol bareng teman dengan mengubah suaramu menjadi orang lain di aplikasi voice changer atau pengubah suara.

Kamu bisa mengubah suara menjadi berbagai suara unik seperti suara robot, suara wanita menjadi pria, hingga suara hewan menggemaskan. Coba deh kirim ke teman kamu biar bisa seru-seruan bareng sambil melepaskan penat sehabis membersihkan rumah.

Yuk, terapkan trik-trik tadi agar membersihkan rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan!





9 komentar untuk "Ini 6 Trik Ampuh Agar Bersih-Bersih Rumah Menjadi Kegiatan Menyenangkan!"

  1. Kusuka rumah yang resik dan rapih.
    Bikin nyaman ya kan...
    Tapi diriku ini termasuk orang yang males bersih-bersih. hehehe
    Diriku lebih suka mengoprek dapur, walaupun entah ngapain di situ...
    Karena saya males bersih-bersih, saya jadi beli alat bersih-bersih yang bikin kegiatan bersih-bersih jadi mudah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciyee lebih suka masak kl gitu yes, mantul lah

      Hapus
  2. Memang tips bersih-bersih rumah paling cocok buat awak kak. Entahlah kenapa awak lebih suka gosok baju pula daripada beres rumah. Capek kalau udah mood kepengen beres rumah, biasanya awak langsung deep cleaning kak. Bukan bersih-bersih biasa, biar langsung nampak hasilnya. Hahaha

    BalasHapus
  3. Saya bgt bersih2 sambil dengerin musik. Jadi gak berasa capeknya, justru seru eh tau2 dah kelar.
    Tentunya musik yg gembira ya hehe

    BalasHapus
  4. Nah, betul banget kak. Aku suka beresin rumah sambil dengerin musik. Biar happy, sambil latihan nyanyi tipis-tipis. Wkwkwkw...

    BalasHapus
  5. Auto cek ke voice changer, penasaran..
    Asyik juga kali ya buat suara, anak-anak bersihkan kamar, pakai suara "bung tomo"..wwkwkwkwk

    Terima kasih ya ka mia..sudah diinfokan voice changer..

    BalasHapus
  6. Saya banget nih klo bersih2 rumah mood harus banget biar kegiatannya jadi menyenangkan, tipsnya boleh juga ceki-ceki harganya dulu di marketplace hihi

    BalasHapus
  7. Nomer 3 dan 5 itu adlaad poin yang jadi andalan buat shis dalam beberes kak Mia.
    Alat yang cukup memadai membuat mood menjadi oke. Merinci area yang hendak dibersihkan menjadikan target beberes menjadi lebih terorganisir dan efektif

    BalasHapus
  8. beresin rumah paling 2jaman kelar semua, ngumpulin niatnya itu yang lama, padahal kalau udah rapi dan bersih liatnya enak...paling enak mulai beberes subuh sih, terasa lebih cepat dan ga terlaly capek ^^

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.