Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Kurap, Ampuh Atasi Gatal

Kurap, atau yang juga memiliki istilah medis tinea pedis, adalah infeksi jamur pada kulit yang umumnya muncul di sela-sela jari kaki. Penyakit ini dapat ditandai melalui kulit bersisik dan ruam gatal yang menimbulkan sensasi nyeri atau terbakar pada penderitanya. 

Bahkan, pada beberapa kasus yang lebih parah, kurap juga berpotensi menyebabkan borok, di mana bagian yang terinfeksi tampak melepuh.

Walaupun kurap tidak bisa hilang dengan sendirinya, Anda dapat mengobatinya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah dijumpai di sekitar Anda. Apa saja bahan alami untuk menghilangkan kurap? 

salpe canesten
Klikhijau

Berikut daftar cara mengatasi kurap secara alami seperti yang disarankan oleh para ahli:

1. Minyak Nimba (Neem Oil)

Baik minyak nimba maupun ekstrak daun nimba keduanya memiliki khasiat luar biasa sebagai anti jamur. Dengan kata lain, Anda dapat memanfaatkan bahan alami yang satu ini untuk mengobati kurap.

Oleskan minyak nimba atau ekstrak daunnya tepat pada area yang terinfeksi sebanyak dua sampai tiga kali sehari. Pijat daerah yang terpapar dengan lembut untuk membantu proses penyerapan minyak ke dalam kulit. Minyak nimba juga berguna untuk mengatasi infeksi akibat kurap yang berakar di bawah kuku kaki.

2. Alkohol Gosok

Alkohol gosok, atau juga disebut isopropil alkohol, berfungsi mematikan jamur yang hidup di area permukaan kulit. Teteskan alkohol gosok pada kapas secukupnya dan usapkan pada kurap.Atau, Anda juga diperbolehkan untuk merendam kaki Anda pada baskom berisi larutan campuran air dan isopropil alkohol dengan perbandingan 3:7 selama tiga puluh menit.

3. Hidrogen Peroksida

Tidak banyak orang tahu jika hidrogen peroksida juga berfungsi sebagai antiseptik untuk mengobati luka di samping digunakan sebagai pemutih pakaian. Ini karena hidrogen peroksida dapat membutuh jamur penyebab kurap pada bagian terluar kulit. Selain itu, hidrogen peroksida juga ampuh membasmi bakteri yang berpotensi menyebabkan infeksi.

Untuk menghilangkan kurap dengan menggunakan hidrogen peroksida, tuangkan zat kimia tersebut pada area yang terpapar tinea pedis. Beberapa saat kemudian bagian yang luka mungkin akan terasa perih (tingling sensation), atau yang disebut orang banyak dengan sensasi cekit-cekit.

Malahan, biasanya juga keluar busa dan gelembung terutama dari borok pada kurap yang sudah parah.Anda tidak perlu khawatir sebab ini adalah reaksi yang normal. Lakukan cara ini dua kali sehari sampai infeksi berkurang.

4. Bawang Putih

Meskipun berbau tidak sedap, siapa sangka jika bumbu dapur yang satu ini rupanya ampuh mengobati kurap. Percobaan klinis yang dilakukan terhadap 34 pasien menunjukkan bahwa senyawa ajoene di dalam bawang putih mampu menyembuhkan kurap dalam tujuh hari.

Cara menggunakan bawang putih sebagai bahan alami untuk menghilangkan kurap tergolong mudah. Pertama-tama, remukkan empat sampai lima siung bawang putih hingga lumat. Kemudian, sapukan ramuan tersebut pada bagian yang terinfeksi. Ulangi sebanyak dua kali sehari untuk memperoleh hasil yang optimal.

5. Bedak Bayi

Bedak bayi dengan kandungan talc ternyata berkhasiat dalam mengobati kurap. Cara kerjanya yaitu dengan mengeringkan luka sekaligus mensterilkan area yang terinfeksi. Kulit yang bersih dan kering merupakan tempat di mana jamur sulit berkembang biak, sehingga jamur pun perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya.

Di samping itu, talc juga ampuh dalam menjaga produksi keringat mengatur kelembaban di dalam tubuh agar tidak melewati batas normal. Taburkan bedak bayi atau bedak anti jamur pada kulit kering sebelum Anda mengenakan kaus kaki. Hati-hati untuk tidak menghirup taburan bedak secara langsung karena hal ini dapat berbahaya bagi organ pernapasan Anda.

Salep Canesten

Selain mengaplikasikan lima bahan alami di atas, Anda juga bisa mencoba obat-obatan yang dijual bebas di apotek dengan harga terjangkau. Canesten, contohnya. Krim anti jamur ini mengandung clotrimazole 1% yang efektif membasmi kurap hingga ke akarnya.Oleskan Salep Canesten pada kurap selama sekurang-kurangnya satu minggu sampai gejala yang Anda rasakanberkurang. 

Ini berfungsi untuk mencegah adanya infeksi lanjutan setelah penyakit berhasil disembuhkan. Demikian panduan mengenai bahan alami untuk menghilangkan kurap, semoga bermanfaat.

Kesimpulan

5 bahan alami untuk menghilangkan kurap dan ampuh mengatasi gatal akibat jamur adalah, minyak nimba, alkohol gosok, Hidrogren Peroxida, bawang putih, dan bedak bayi. 

Di samping kelima bahan di atas, Anda bisa pula menggunakan Salep Canesten, solusi tepat atas jamur kulit, yang mudah diperoleh di apotek terdekat.

Demikian artikel saya kali ini, yuk share ceritamu di kolom komentar ya, mari berbagi informasi yang bermanfaat, terima kasih.

Salam sehat,
pedia


3 komentar untuk "5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Kurap, Ampuh Atasi Gatal"

  1. Daun neem awak belum pernah liat kak. Auto kepo nyari ke google. Hihi
    Kalo hidrogen peroksida awak sering beli buat bersihin telinga anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daun Neem katanya daun segala obat ya, bisa menyembuhkan gatal2 pada kulit juga

      Hapus
  2. Saya kenal canesten dari SD, jadi dulu saya aktif pramuka, mungkin karena jorok jadi tumbuhlah panu di leher, langsung dibelikan canesten sama kakak dan sembuh hehe

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.