Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi Tempat Kerja Idaman Freelancer

Inspirasi tempat kerja idaman freelancer? Wah, yang gimana ya kira-kira, hmm, pastinya yang bikin nyaman dan betah duduk berlama-lama di sana. Freelancer adalah pekerja lepas yang tidak terikat kontrak jangka panjang namun memiliki ikatan kerja yang kuat. 

Meski tidak ada kontrak jangka panjang yang mengikatnya, namun freelancer adalah orang yang sibuk lho. Banyak sekali ragam pilihan pekerjaan sebagai freelancer. Dikutip dari situs web Ekrut setidaknya ada selusin pekerjaan freelancer yang bisa kamu geluti sebagai mata pencaharian.

Analis konsultan bisnis, voice over, data entry, desainer grafis, web designer, penulis konten, digital marketer, ahli SEO, Java programmer, editor foto, data scientist, perencana keuangan, influencer, content creator, dan financial advisor.

Butuh Tempat Kerja yang Kondusif

Freelancer membutuhkan tempat kerja yang kondusif sebab faktor kenyamanan dan lingkungan yang mendukung sangat berkontribusi dalam meningkatkan kinerja seorang freelancer.

Hal ini dipengaruhi oleh besarnya tanggung jawab seorang freelancer terhadap manajemen waktu dan kedisiplinan pribadi dibandingkan dengan pekerja kantoran yang tinggal mengikuti sistem kerja dan waktu bekerja di kantor.

Freelancer mengatur sendiri kapan ia bekerja, break sebentar untuk beristirahat, dan kapan ia kembali fokus untuk menuntaskan pekerjaannya. Kontrak jangka pendek yang tenggat waktunya terbatas, memerlukan konsentrasi untuk segera menyelesaikan pesanan pekerjaan dengan cepat dan tepat.

Untuk mendukung itu tak jarang freelancer bekerja di mana saja yang membuatnya nyaman dan ide-ide mengalir lancar. Seperti di kafe, resto, co-working space atau tempat kerja bersama, bahkan di masa pandemi Covid-19 lebih efektif bekerja dari rumah. Sehingga tiap freelancer memiliki sudut favorit untuk bekerja di rumahnya sendiri.

Inspirasi Tempat Kerja Idaman Freelancer

Sudut favorit seperti apa yang menjadi tempat kerja idaman freelancer, tentunya yang memberikan rasa nyaman, dengan sambungan internet yang cepat, ruangan yang sejuk, dan bebas dari distraksi macam-macam.

Berikut beberapa inspirasi tempat kerja idaman freelancer di rumah:

1. Nyaman dan Elegan

sudut favorit rumahmu
Tempat kerja idaman freelancer / Renoguide


Tempat kerja idaman freelancer ini bisa terletak di sudut rumah atau dalam kamar. Mengambil tema monokrom dan minimalis, membuat freelancer merasa betah berlama-lama dalam menyelesaikan pekerjaannya.

2. Bernuansa kantoran

sudut favoritmu
Popbela

Jika kamu ingin membawa suasana kantoran ke dalam rumah namun dalam versi nyaman dan "gue banget", tempat kerja yang satu ini bisa kamu pilih. Bisa mengambil posisi di salah satu sudut rumah dengan berbagai perabot pendukung seperti rak pajang dan hiasan.

3. Ruang kerja di bawah tangga

sudut favorit rumah kamu
Archify

Punya ruang sisa tinggal yang di bawah tangga? Bisa kok disulap menjadi sudut favorit tempat kerja idaman para freelancer. Sesekali mungkin kamu akan terganggu dengan suara anggota keluarga yang naik turun tangga, namun jika pemilihan waktu bekerja kamu saat lalu lintas penggunaan tangga sepi, saat itulah kamu bisa bekerja dengan efektif. 

Tergantung orangnya juga sih, ada juga yang tetap bisa bekerja meski di tengah-tengah suasana yang ramai. Oya, tempat kerja seperti ini direkomendasikan untuk para milenial ya.

Sudut Favorit Tempat Kerja

Nah, setelah menyimak tempat kerja idaman freelancer di atas, pastinya jadi terinspirasi ya ingin menciptakan juga tempat kerja yang nyaman untuk menyalurkan ide dan gagasan yang di kepala ke dalam suatu tulisan.

sudut favorit saya
Sudut favorit tempat saya bekerja dari rumah / Dokpri

Saya memiliki sudut favorit dalam rumah yang biasa digunakan sehari-hari khusus buat saya sendiri untuk mengerjakan tugas-tugas lembur dari kampus, PR kuliah, termasuk memenuhi deadline dari para klien yang order artikel blog.

Letaknya di dalam kamar tidur, tepatnya di samping kasur, sehingag jika saya merasa perlu rebahan ya tinggal rebahan saja. Meski masih punya anak balita Alhamdulillah anak saya mengerti untuk tidak menjadikan pula sudut saya sebagai arena bermainnya. 

Kesimpulan

Inspirasi tempat kerja idaman freelancer banyak sekali kita temukan di internet. Dalam artikel ini saya mengutip 3 di antaranya ditambah sudut favorit saya di rumah, yaitu tempat ngeblog dan mengerjakan tugas-tugas lainnya.

Demikian artikel saya kali ini, jika ada yang ingin dikomentari, silakan drop pendapat kamu di bawah ini, terima kasih.

Salam, 
sudut favorit fadlimia



1 komentar untuk "Inspirasi Tempat Kerja Idaman Freelancer"

  1. Nuansa hitam putih kayaknya bikin ide mengalir deras nih, Mbak Mia. Aku masih belum bisa mewujudkan tempat kerja seperti ini di rumah. Semoga nanti dimampukan untuk mewujudkannya. Aamiin. (Vita/ mamanesia.com)

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.