Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Beli Domain .Id Yang Harus Kamu Pahami

Awal mulai serius ngeblog tahun 2019 lalu, saya sempat bingung saat menentukan domain apa yang ingin digunakan sebagai wadah mempublikasikan artikel-artikel blog. 

Pasti pinginnya yang berkualitas dong, apalagi ada teman yang menjelaskan kalau beli domain .id begini, domain .com begitu, lebih baik pakai yang A saja ketimbang B, dan blablabla. Melimpah ruahnya penjelasan malah bikin saya tambah bingung karena masing-masing memiliki alasan untuk dipercaya.

Beli Domain .id 

Saya sendiri ada 4 blog yang beli domain .com-nya di Domainesia, nama saya sendiri nurhilmiyah.om, esahay.com, opchie.com, dan sinalseo.com. Unik-unik kan nama domainnya, ntar ada saatnya satu per satu saya kenalkan blog-blog dot com itu. Sekarang kita membahas domain dot id dulu.

beli domain .id


Tips Membeli Domain .id yang bisa kamu ketahui

Untuk memiliki domain .id kamu harus mengerti dulu tips-tipsnya, agar tidak melanggar hak cipta domain orang lain. Nggak mau kan, udah keren-keren ngeblog ternyata bermasalah dari segi penamaannya. Berikut tips-tips beli domain .id:

1. Buatlah nama domain yang singkat, jelas, dan mudah diingat

Tahun 2009 awal saya berkenalan dengan yang namanya blog, alay banget lihat teman bikin nama domain pakai tanda hubung, diselipkan angka pula. Belakangan seiring antusiasme belajar blogging meningkat, nama domain itu singkat, jelas, dan mudah diingat. 

Jadi ketawa sendiri dulu saya pernah bikin nama blog subdomain panjang banget. Catatanideinspirasi sampai tiga suku kata begitu. Idealnya panjang URL domain pendek saja, lebih SEO friendly, demikian para coach pernah menjelaskan.

2. Kenali target pengunjung website

Mengenali siapa saja calon visitor dan pembaca website penting sekali untuk menentukan nama domain .id. Misalnya niche traveling, kuliner, finance, parenting, teknologi, otomotif, kecantikan, dan kesehatan.

Sebaiknya menggunakan kata kunci yang menarget pengunjung website kamu. Pastinya jika kamu menulis tentang kuliner namun nama domainnya berkaitan dengan otomotif, rada nggak nyambung kan. Maka kenali target pembaca blog atau situs web kamu dulu.

3. Sesuaikan profil dengan website kamu

Misalnya kamu bertujuan untuk berjualan melalui website, maka mestinya menyesuaikan profil dengan website yang memajang informasi produk-produkmu. Daftarkan variasi nama domain utama dan hal ini dapat melindungi brand kamu. Kombinasikan dengan ekstensi populer agar domain semakin mudah diingat.

Setelah beli domain .id saatnya kamu ngeblog deh. Kalau pengalaman saya dulu sepanjang tahun 2009 hingga 2018 menulis artikel blog kurang serius. Blog hanya dijadikan semacam buku diari elektronik yang berisikan cerita saya menjalani kegiatan sehari-hari. Saya menulis artikel blog bermodalkan ponsel.

Sejak beli domain saya mengubah media menulis, dari HP ke laptop. Rasanya memang lebih fokus dan konsentrasi menulis pakai laptop. Apalagi gawai banyak notifikasi pesan dari grup-grup obrolan yang banyak. 

Menulis dengan telepon genggam melelahkan mata dan jempol kanan-kiri. Berbeda dengan laptop yang meski menatap layar sekian lama ada antiradiasinya. Oya, apa saja komponen komputer atau laptop yang lazim digunakan orang dalam menulis artikel blog.

Komponen Komputer

Komponen komputer tidak bisa beroperasi secara sendiri-sendiri, ia terdiri atas 3 bagian yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (si blogernya).

Domainesia

1. Perangkat Keras

Perangkat keras sangat mudah menandainya, perangkat yang dapat disentuh dari sebuah komputer untuk menjalankan fungsi komputer. Perangkat keras memiliki 4 bagian, input device, output device, prosessing device, dan storage device.

2. Perangkat Lunak

Perangkat lunak tidak dapat disentuh secara langsung sebagaimana perangkat keras. Namun fungsi perangkat lunak ini sangat penting dalam menjalankan program dalam sebuah komputer. Perangkat lunak terbagi 3, yaitu software sistem, software aplikasi dan software tambahan

3. Perangkat brainware

Secanggih apapun perangkat keras dan perangkat lunaknya jika tidak dioperasikan dengan tepat maka hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Maka keterampilan bloger dalam hal ini sebagai brainware sangat dibutuhkan agar komponen komputer dapat digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Kesimpulan

Keuntungan beli domain .id yang harus kamu pahami adalah membuat nama domain yang singkat, jelas dan mudah diingat, kenali target pengunjung website, dan sesuaikan profil dengan website kamu. Semangat ya...!

Demikian artikel saya tentang tips beli domain .id dan komponen komputer, jika ada yang menarik untuk didiskusikan jangan lupa tinggalkan pendapat kamu di kolom komentar ya, terima kasih.

Salam, 
apa saja komponen komputer



Posting Komentar untuk "Tips Beli Domain .Id Yang Harus Kamu Pahami"