Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Menjaga Kebugaran Di Masa Pandemi Bersama STRONGBEE

Menjaga Kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Di mana-mana orang seakan berlomba untuk meningkatkan kesehatan dan mempertahankan kebugaran tubuh, tak terkecuali saya.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meraih kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Apa saja, mari kita ulas kiat kiat menjaga kebugaran di masa pandemi. Namun sebelumnya kita perlu mengetahui alasan mengapa tubuh sebaiknya harus dijaga kebugarannya.

Mengapa Kebugaran Tubuh Perlu Dijaga?

1. Orang Indonesia Makin Mager

Menurut hasil riset Kesehatan dasar Balitbangkes Kementerian Kesehatan sebagaimana yang dilansir Media Indonesia, jumlah masyarakat Indonesia yang mager alias malas bergerak mengalami pertambahan. Dari 26,1% pada tahun 2013, menjadi 33,5% pada tahun 2018.

Parameter mager ini dapat dilihat dari jumlah total langkah harian seseorang. Jumlah total langkah rata-rata orang-orang di dunia hampir 5000 langkah per hari, sementara rakyat Indonesia rata-rata hanya 3500-an langkah per harinya. Yang paling rajin bergerak adalah rakyat Hong Kong, sejumlah 6000-an langkah setiap hari.

STRONGBEE
Saya sudah men-download aplikasi STRONGBEE, kamu gimana?

2. Mengendalikan berat badan

Saat masa pandemi tengah intens berlangsung, kegiatan work from home membuat orang mengalami sedikit pergerakan. Yang biasanya naik turun tangga di kantor, berubah menjadi duduk berjam-jam di depan layar monitor komputer/laptop.

Beberapa bulan kemudian tanpa terasa, kamu akan kaget sendiri Ketika becermin bayangan badan tampak seperti orang hamil, yup perut membuncit tidak kira-kira. Ternyata selama di rumah saja, bekerja di depan laptop sambal ngemil tanpa kendali.

3. Terhindar dari berbagai penyakit

Flu, pilek, batuk ringan, kerap menghampiri tubuh orang-orang yang kurang fit. Bawaannya pusing, mudah lelah, merasa kurang istirahat melulu, padahal sebagai pekerja kantoran yang namanya pekerjaan seperti tidak ada habisnya.

Akhirnya stres muncul akibat tekanan target-target rutinitas harian. Kebayang kan penyakit apa yang disebabkan oleh stress dan penurunan fungsi tubuh yang mengurangi imunitas tubuh. Stroke, penyakit jantung, osteoporosis, obesitas, penuaan dini, diabetes melitus dan kanker. Maka jangan pernah menyepelekan kenaikan berat badan, sebaiknya tetap menjaga berat badan ideal.

4. Membuat tubuh dan pikiran lebih rileks

Menjaga kebugaran tubuh dengan mengambil kelas olahraga sangat menguntungkan, karena saat menggerak-gerak badan, tubuh melepaskan kimia tubuh berupa hormon endorfin. Kondisi ini menjadi mood booster. Meningkatkan mood dan energi positif.

Hal ini sangat baik sehingga tubuh terbebas dari beban pikiran dan menjadi rileks. Bahkan menurut hasil penelitian para pakar psikologi, menjaga kebugaran secara rutin dalam jangka panjang meredakan depresi.

5. Meningkatkan kualitas hidup

Melakukan olahraga secara teratur dapat membuat tidur lebih nyenyak, pikiran lebih tenang, mengembalikan gairah seksual bagi suami dan istri, memperbaiki suasana hati, dan menikmati waktu yang menyenangkan.

Dengan demikian kualitas hidup pun semakin meningkat, tubuh selalu sehat dan bugar, sehingga banyak hal bisa dikerjakan dengan baik, menumbuhkan kepercayaan diri.

Kiat Menjaga Kebugaran Di Masa Pandemi Bersama STRONGBEE

Setelah membaca alasan penting menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, pastinya kamu ingin tahu kan, bagaimana kiat menjaga kebugaran di masa pandemi, antara lain sebagai berikut:

a. Menerapkan pola makan sehat

Agar tubuh selalu bugar sebaiknya memperhatikan asupan makanan sehari-harinya. Kalau dulu dengan panduan empat sehat lima sempurna, sekarang sudah ada Pedoman Gizi Seimbang. Dengan mengurangi jumlah karbo, memperbanyak protein dan sayur mayur sebagai sumber vitamin alami tubuh, maka akan dicapai kondisi badan yang fit dan bugar.

b. Menjaga asupan air putih setiap hari

Manusia dianjurkan minum air putih minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas dalam sehari. Pastikan bahwa setiap harinya kamu meminum air putih untuk senantiasa menghidrasi tubuh.

Khusus di bulan Ramadan, sesuai petunjuk dokter, minumlah air putih 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah salat Maghrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah salat tarawih, 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas setelah bangun sahur, dan 1 gelas saat sahur.

c. Berolahraga secara teratur

Menjaga kecukupan gerak tubuh sangat penting mengingat agar fungsi-fungsi tubuh berjalan dengan optimal. Maka sebaiknya berolahragalah secara rutin di masa pandemi ini. Kamu bisa jalan kaki, bersepeda, push up atau sit up, senam aerobik, naik turun-tangga, jogging, tai-chi, wushu, dan masih banyak lagi.

Di bulan Ramadan, siapa bilang aktivitas olahraga terhenti. Kamu tetap bisa berolahraga ringan sembari menanti menit-menit berbuka puasa. Bisa juga setelah berbuka puasa, namun sebelum makan berat. Dapat dilakukan pula setelah salat tarawih, dan sebelum sahur.

Ada Kelas Apa Saja di STRONGBEE?

Kamu bisa mengambil Barre Class, Yoga, Zumba, kelas Gym, dan kelas-kelas olahraga lainnya. Barre Class ini menarik sekali, merupakan perpaduan kekuatan dan keindahan, menggabungkan antara pilates, balet, dan komponen YogaBersama STRONGBEE sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Wah, seru banget, kan.

kebugaran dan kesehatan


d. Memiliki waktu tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kamu biasakan. Menurunnya kesehatan juga dapat disebabkan oleh kurangnya waktu tidur. Munculnya mata panda di bawah lingkaran mata, stres, dan kelapa pusing akibat kurang tidur sangat tidak baik bagi kesehatan.

Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7-9 jam agar tubuh selalu sehat dan bugar. Jika pada saat malam waktu tidurmu berkurang, maka bisa melunasi utang tidur pada keesokan harinya.

kelas yoga
Aplikasi STRONGBEE di smartphone saya

Sebelumnya pasti penasaran nih ingin berkenalan dengan STRONGBEE, apa itu STRONGBEE? STRONGBEE adalah aplikasi pemesanan kesehatan dan kebugaran yang bisa kamu unduh di Google Play Store atau App Store. Saya sendiri juga sudah men-downloadnya.

Jika kamu ingin tetap bugar, sebaiknya terhubung dengan berbagai sanggar senam melalui aplikasi STRONGBEE ini. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisimu. 

Berapa anggaran yang kamu miliki, sanggar senam yang dituju, lokasi terdekat dengan kediamanmu, dan kelas-kelas apa yang ingin diambil. Semuanya tersedia secara detail di aplikasi keren ini.

Jadi tunggu apalagi, Guys, segera download aplikasi STRONG BEE sebagai salah satu upaya menjaga kebugaran dan kesehatan.

Kesimpulan

Kiat Menjaga Kebugaran Di Masa Pandemi Bersama STRONGBEE adalah diawali dengan mengunduh aplikasi pemesanan pemesanan kesehatan dan kebugaran di HP kamu. 

Dengan informasi dan panduan yang ada di dalam aplikasi STRONGBEE, kamu dengan leluasa dapat menyesuaikan kelas olahraga yang ingin dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisimu.

Agar tubuh selalu sehat dan bugar, mari menjalaninya Bersama STRONGBEE, keep health and stay strong ya, Guys!

Salam,
fadlimia aplikasi kebugaran

Referensi:

https://strongbee.co.id/
https://mediaindonesia.com/nusantara/319698/pentingnya-menjaga-kesehatan-selama-pandemi-covid-19
https://www.uii.ac.id/menjaga-kesehatan-di-masa-pandemi/
https://www.halodoc.com/artikel/alasan-olahraga-dapat-menjadi-mood-booster
https://rsudkajen.id/beragam-manfaat-olahraga/
https://www.halodoc.com/artikel/tips-menjaga-kesehatan-tubuh-saat-pandemi-second-wave
https://www.sehatq.com/artikel/olahraga-saat-puasa-ternyata-berdampak-baik-untuk-tubuh

















12 komentar untuk "Kiat Menjaga Kebugaran Di Masa Pandemi Bersama STRONGBEE"

  1. Menarik banget aplikasi STRONGBEE ya mbak Mia. Kita bisa bebas pilih kelas olahraga sesuai jadwal yg kita mau. Apalagi yg mageran kaya aku, butuh banget aplikasi macam ini biar semangat olahraga 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih,, Mbak Ella.. samaan kita mageran juga saya, kebawa work from di masa awal pandemi,, banyak duduk di depan komputer terus,, saatnya pesan kelas melalui STRONGBEE nih

      Hapus
  2. Senangnya kalau ada aplikasi begini. Olahraga bisa dilakukan di rumah tanpa harus ke sanggar aerobic yang melibatkan banyak orang. Pengap dan risiko tinggi terhadap penularan virus.

    BalasHapus
  3. Duh tertohok..memang makin ke sini dengan segala kemudahan jadi mager. Padahal bikin enggak sehat ya Mbak Mia. Mending download saja STRONGBEE buat dapetin informasi dan panduan agar leluasa memilih kelas olahraga sesuai dengan kebutuhan

    BalasHapus
  4. Oooh, jadi Strongbee ini aplikasi buat lihat dan pesan jadwal kelas olahraga ya
    Bermanfaat banget biar tahu sanggar senam mana yang dekat dengan domisili kita

    BalasHapus
  5. Kalau memiliki aplikasi strongbee ini kita seolah punya instruktur yang bisa kita ikutin sehingga olahraga dan kebugaran yang kita jalankan sesuai dengan prosedur ya

    BalasHapus
  6. Baca poin pertama langsung tercubit, hahaha. Iya bener, saya semakin mager. Banyak kali alasan kalau mau bergerak. Sepertinya setelah membaca ini bisa jadi percikan untuk saya memulai olahraga lagi. Semangat, ayo bergerak

    BalasHapus
  7. Menarik nih kak. Saya baru tahu. Kebetulan bgt kmrn ada temen ngajak yoga.

    BalasHapus
  8. Memang untuk istiqomah berolahraga sendiri tanpa oranglain agak berat kak. Tapi kalo ada kelas olahraga kayak di strongbee InsyaAllah lebih ringan untuk konsisten. Wah mauuu

    BalasHapus
  9. Pas banget nih.. saya lagi cari-cari kelas olahraga yang cocok buat saya. Sejak pandemi berhenti senam, berat badan langsung naik signifikan, terus jadi mager gitu. Harus mulai dipaksa gerak nih. Untung sekarang ada StrongBee ya, jadi cari kelas olahraga bisa lebih mudah.

    BalasHapus
  10. Bener nih kak, alasannya aja karena kemarin pandemi jadi mengurangi gerak.
    Eeeeh, malah kebablasan mager-an jadi gak gerak-gerak sampai-sampai bodi melar,
    Ditambah pola makanan pun tidak kaya nutrisi dan konsumsi air minum yang tidak sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  11. Keren sih menurut saya Aplikasi Strong bee ini, soalnya kita bisa tahu lokasi tempat gym terdekat. Pilih jenis olahraga yang kita inginkan

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.