Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istighfar Jalan Pertolongan Allah

Istighfar jalan pertolongan Allah, hal ini begitu berkesan bagi saya sebab saya pernah memiliki pengalaman terkait istighfar ini. Waktu itu saya baru ingat belum mengunci pintu samping rumah. Sayangnya ingatnya saat sudah berada jauh dari rumah, yaitu sudah dekat ke kantor.

Meski anak-anak sedang bersekolah semuanya, tetapi di rumah ada sepeda motor, dan lain-lain yang tentu saja berharga bagi kami. Wah, pikiran saya langsung buruk saja waktu itu. Antara panik, khawatir, menyangka yang bukan-bukan, hingga hati menjadi tidak tenang.

isitghfar penyempurna amalan


Istighfar Jalan Pertolongan Allah

Sejenak saya menenangkan diri, memohon ampunan kepada Allah SWT, mungkin saja tadi saat berangkat ke tempat kerja saya lupa dari mengingat Allah, padahal yang namanya mengingat Allah itu harusnya kapan saja dan di mana saja, tidak pada saat mengalami kesulitan.

Saya mengucapkan istighfar dengan tulus dan ikhlas, pasrah atas segala yang terjadi. Sembari membenahi prasangka, tetap berpikiran positif, menjauhi pikiran yang negatif. Astaghfirullahal 'azhim... ulang saya berkali-kali. Entah sudah berapa kali tetapi helaan nafas saya embuskan, melafazkan istighfar.

Nada lagu khas yang sangat saya kenal menggema dari ponsel saya. Putri sulung kami yang duduk di bangku SMA menelepon, mengatakan bahwa ia sudah tiba di rumah, kebetulan ada rapat guru, dan siswa dipulangkan lebih cepat. 

Ia berterima kasih karena katanya saya sengaja kan tidak mengunci pintu sehingga ia bisa masuk ke rumah dan ngadem di kamarnya yang nyaman, melepas lelah sepulang sekolah. Kebetulan pula kunci cadangan yang biasanya ia bawa di saku tasnya ketinggalan di meja belajar di kamarnya tadi pagi.

Bayangkan jika ia pulang lebih cepat secara mendadak, tidak membawa kunci rumah, kondisi di luar rumah sedang panas terik, dalam keadaan lapar pula. Jika harus menunggu saya, ayahnya, dan adiknya yang bersekolah full-day, sore hari baru tiba di rumah, betapa sengsaranya ia berjam-jam duduk di beranda rumah dalam keadaan lelah.

Saya bilang pada si kakak, bahwa sungguh saya tidak sengaja meninggalkan rumah dalam keadaan salah satu pintu tidak terkunci. Justru ibu sangat khawatir semisal ada orang tidak dikenal dan mengetahui bisa dengan mudah masuk ke rumah, bakal terjadi peristiwa yang tak diinginkan. Ia tertegun sejenak, seakan tak percaya skenario dari Allah siang itu.

Ibu memperbanyak istighfar, begitu saya sampaikan kepadanya. Ternyata istighfar jalan pertolongan Allah, yang tadinya khawatir rumah dimasuki orang malah hal demikian disyukuri karena anak sendiri bisa masuk dengan senang.

Istighfar Penyempurna Amalan


Istighfar sangat penting senantiasa terucap dari bibir setiap muslim yang beriman. Selain amalan yang esensial dan mendasar, istighfar juga menjadi sarana mengintrospeksi diri. Barangkali dalam sehari terlampau asyik dengan urusan duniawi sehingga luput dari memohon ampunan dan menyandarkan hidup hanya kepada Allah SWT.

Memperbanyak istighfar juga menjadi penyempurna amalan, sebagaimana yang tercantum di dalam Alquran surah Fussilat ayat (6), berikut terjemahannya:
Katakanlah (Muhammad), “Aku ini hanyalah seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku bahwa Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu tetaplah kamu (beribadah) kepada-Nya dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Dan celakalah bagi orang-orang yang mempersekutukan-(Nya)"

Ibarat sehelai kain sarung yang ada lubangnya, maka penambal kekurangan tersebut adalah istighfar. Memperbanyak istighfar menyempurnakan amalan kita.  Sungguh Allah SWT sangat menyayangi hamba-Nya, sangat memahami kondisi tiap manusia yang rentan terhadap salah dan lupa.

Jadi selama di jalan menuju ke manapun, sedang di rumah atau di luar rumah, sejak saat itu saya senantiasa memenuhi lisan dan hati dengan istighfar. Kekuatan istighfar sangat berpengaruh bagi kelancaran dan kemudahan urusan setiap harinya.

memperbanyak istighfar
Sindonews

Cara yang mudah yaitu tinggal mengulang-ulang istigfar, namun efeknya amat dahsyat, mampu mendatangkan pertolongan Allah dan menjadi penyempurna amalan manusia. Tidak ada lagi alasan untuk tidak mengucapkan istighfar di setiap saat. 

Kesimpulan

Istighfar jalan pertolongan Allah dan penyempurna amalan. Selain itu istighfar mencegah azab Allah, istighfar sebagai rasa malu atas dosa-dosa yang telah dilakukan, dan istighfar juga menjadi amalan yang esensial

Demikian artikel saya kali ini semoga bisa dipetik hikmahnya ya, jika ada yang ingin disampaikan boleh meninggalkannya di kolom komentar di bawah ini.

Salam, 
istigfar diakhir









4 komentar untuk "Istighfar Jalan Pertolongan Allah"

  1. Betul sekali Mbak. Sebagai Muslim sebaiknya sering beristighfar bahkan sesibuk apapun hendaknya selalu beristighfar. Istighfar pun merupakan amalan yang sangat mudah, cuma kadangkala kita dilalaikan dengan kesibukan duniawi.
    Makasih sudah diingatkan melalui tulisannya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas,, menulis sembari mengingatkan diri sendiri ya

      Hapus
  2. Banyak ya manfaat istiqfar. Jadi harus perbanyak nih. Sebab bisa jadi pengendalian diri... makasih Bu artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bukan istiqfar Mas,, tetapi istighfar.

      Hapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.