Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Antara Triv VS Indodax

Indodax adalah marketplace jual beli aset kripto terbesar di Indonesia dengan 5.452.735 member terverifikasii. Buat kamu yang ingin berinvestasi, bisa melakukan jual beli aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, serta puluhan aset lainnya dengan mudah dan aman. 

jual beli bitcoin
Ilustrasi bitcoin / sumber gambar: Pexels


Demikian pula dengan Triv, merupakan marketplace jual beli aset kripto juga di Indonesia dengan 200.000 member yang berinvestasi di dalamnya. Sebelum masuk pada perbandingan kedua marketplace jual beli aset kripto ini, tentunya pada ingin tahu kan, apa sih yang dimaksud dengan aset kripto itu sendiri

Aset Kripto

Menurut Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) Di Bursa Berjangka, aset kripto adalah komoditi tidak berwujud yang berbentuk aset digital, menggunakan kriptografi, jaringan peer-to-peer, dan buku besar yang terdistribusi, untuk mengatur penciptaan unit baru, memverifikasi transaksi, dan mengamankan transaksi tanpa campur tangan pihak lain.

Contoh aset kripto yang populer adalah bitcoin, Ethereum, Polkadot, Binance, dan Solana. Nah, semuanya ini dapat diperoleh di Indodax.

Jadi buat kamu yang masih awam banget tentang aset kripto, tidak perlu khawatir, sebab perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan fisik aset kripto, diawasi oleh Bappebti, lembaga pemerintah yang tugas pokoknya melakukan pembinaan, pengaturan, pengembangan, dan pengawasan Perdagangan Berjangka. Di bawah naungan Kementerian Perdagangan RI. 

Aset kripto tidak sama dengan pinjaman online yang harus didaftarkan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI. Aset kripto diawasi oleh Bappebti - Kemendag RI.

Perbandingan Triv VS Indodax

Setidaknya ada 11 (sebelas) perusahaan marketplace jual beli aset kripto di Indonesia. Di antaranya adalah  Indodax dan Triv, berikut lengkapnya:

1. PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax)

2. PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto)

3. PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex)

4. PT Indonesia Digital Exchange (Idex)

5. PT Pintu Kemana Saja (Pintu)

6. PT Luno Indonesia LTD (Luno)

7. PT Cipta Koin Digital (Koinku)

8. PT Tiga Inti Utama

9. PT Upbit Exchange Indonesia

10. PT Rekeningku Dotcom Indonesia

11. PT Triniti Investama Berkat

Dari data ini dapat dilihat posisi platform Indodax berada pada posisi nomor satu sebagai marketplace jual beli aset kripto di Indonesia.

Triv VS Indodax

Sampai sini gambaran tentang marketplace jual beli aset kripto semisal bitcoin semakin jelas kan. Di Triv ada 200 ribu investor, sementara di Indodax sudah ada 5,4 juta lebih investor terverifikasi.

Di Triv, aset kripto tidak sebanyak Indodax, sedangkan di platform marketplace jual beli bitcoin, aset kriptonya jauh lebih unggul. Berdasarkan penelusuran di salah satu komunitas ngobrol Kaskus, kemudahan bertransaksi di Triv masih perlu ditingkatkan lagi. 

Di Indodax, transaksi mudah dan cepat, khusus untuk penanganan pengguna aplikasinya, dalam hal ini investor aset kripto, Triv harus lebih merespons keluhan pelanggan. Di sisi lain, Indodax menangani pelanggan dengan fast respons dan follow up dengan cepat. 

bitcoin


Di Indodax, transaksi mudah dan cepat, khusus untuk penanganan pengguna aplikasinya, dalam hal ini investor aset kripto, Triv harus lebih merespons keluhan pelanggan. Di sisi lain, Indodax menangani pelanggan dengan fast respons dan follow up dengan cepat. 

Kelebihan layanan bertransaksi di Indodax adalah investor dapat membeli aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau jika ingin merjual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi Rupiah secara instan. Jadi tak perlu was-was jika aset kripto sulit untuk dicairkan ya.

Menariknya lagi, biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0%. Bisa dilakukan kapan saja sebab transaksi 24 Jam. 

Buat kamu yang ingin meningkatkan wawasan dalam berinvestasi dan ingin mempelajari tentang uang digital di Indodax, Ada kanal edukasi bernama Indodax Academy yang bisa dimanfaatkan untuk belajar. 

Setelah memahami mekanismenya, kamu pasti bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax, baik di situs web resmi atau pun di mobile Apps yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange.

Kesimpulan

Perbandingan Antara Triv VS Indodax dapat dilihat dari jumlah investornya, set kripto yang diperdagangkan, kemudahan bertransaksi di platform masing-masing, dan penanganan complain para pengguna transaksi, jika ada. Biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0%. Bisa dilakukan kapan saja sebab transaksi 24 Jam, serta jangan lupa panteng terus kanal edukasinya di Indodax Academy.

Demikian artikel saya kali ini tentang Triv VS Indodas, jika ada yang ingin didiskusikan boleh meninggalkan pertanyaan atau pendapatnya di kolom komentar di bawah ini ya, terima kasih.


Salam,
aset kripto




Referensi:


https://indodax.com/
https://duniafintech.com/triv-vs-indodax/
https://bappebti.go.id/pbk/sk_kep_kepala_bappebti/detail/5205
https://caricuan.republika.co.id/posts/66926/sebelum-transaksi-dan-investasi-ini-11-marketplace-kripto-lokal-terbaik-dan-terdaftar-di-bappebti




Posting Komentar untuk "Perbandingan Antara Triv VS Indodax"