Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Nyaman Pakai Hijab Saat Bekerja

Perkuliahan efektif di kampus tempat saya bekerja sudah dimulai sejak dua pekan lalu. Banyak hal yang harus dikerjakan terkait persiapan mengajar. Mulai dari memperbaharui bahan ajar mengisi e-learning, hingga menghadiri rapat-rapat dosen.

Kebayang kan tuntutan harus tampil optimal setiap harinya. Tidak salah jika dikatakan dosen berdiri di depan kelas bagaikan selebritas pengisi acara. Semua mata memandang dan harus prima dalam berpenampilan.

Sebagai perempuan berhijab sejak duduk di bangku SMA, saya membutuhkan referensi hijab yang nyaman dipakai saat bekerja. Mulailah saya menelusuri media sosial untuk menemukan rekomendasi hijab yang cocok dipakai sehari-hari. Hijab itu memang banyak ya macam-macamnya.

Macam-Macam Hijab Saat Bekerja

Tiap perempuan memiliki pilihannya masing-masing, sesuai seleranya. Ada yang suka hijab segi empat, saya contohnya. Cinta banget dengan square hijab. Namun ada pula teman-teman yang memilih menggunakan hijab persegi panjang atau pashmina, dan sebagainya.

Berikut macam-macam hijab saat bekerja berdasarkan pengamatan saya saat berada di ruang dosen.

1. Hijab Segi Empat

Hijab segi empat mendominasi dipakai saat bekerja. Selain bentuknya yang praktis, cara mengenakannya juga simpel, membuat mayoritas kaum hawa menjatuhkan pilihannya pada kerudung segi empat ini.

Dikenakan dengan bros cantik menambah kesan elegan dan stylish meski tetap formal. Kalau dulu jilbab segi empat tanpa motif yang disarankan agar tidak tampak ramai dan menjaga suasana bekerja yang resmi.

Sepertinya anggapan demikian sudah berubah, hijab segi empat dengan motif variatif menjadi sangat diminati. Selain menjadikan wajah jadi tampak lebih fresh, hijab segi empat motif memberikan kesan dinamis, tidak monoton. Ah, I love pattern square hijab!

Sumber gambar: Rahina Indonesia

Saya pribadi merasakan kenyamanan memakai hijab segi empat Rahina yang Sheica Signature. Duh, nagih banget deh, ketika dikenakan lembut di kulit dan tetap tegak di dahi. 

Akhirnya ketemu yang saya cari. Jarang-jarang soalnya ada hijab segi empat yang begini. Pertanda founder-nya memang mengerti banget masalah yang kerap dihadapi hijaber.

2. Hijab Persegi Panjang

Hijab persegi panjang atau lebih luas dikenal sebagai pashmina hijab, cukup disukai kaum hawa, terlebih yang berusia relatif lebih muda. Selain dianggap lebih kekinian, memakai pashmina juga tak sedikit tutorialnya di media berbagi video dan media sosial.

Menurut saya pribadi, untuk dipakai setiap hari di kantor, kerudung pashmina kurang direkomendasikan. Lebih cocok dikenakan saat menghadiri undangan pernikahan, jalan-jalan, dan acara santai lainnya.

3. Hijab Instan

Hijab instan termasuk yang kerap juga dijumpai di kantor. Hijab instan sebagaimana namanya dipakainya juga instan tanpa membutuhkan waktu untuk menyematkan jarum pentul, peniti, dan bros. Tinggal sarungkan ke kepala, jadi deh.

Hijab instan ini ada dua jenis, pakai pad (semacam topi di bagian dahinya) dan tidak pakai pad (seperti mukena pada umumnya). Bahan hijab instan pad yang digunakan untuk bekerja sebaiknya yang tidak terlalu tipis sebab akan mengurangi daya tegak pad-nya ketika hijab dikenakan.

Sementara hijab instan yang non-pad tidak disarankan dipakai untuk bekerja, kesannya tidak berpakaian sesuai suasana kerja, lebih sesuai dipakai untuk angkat jemuran di rumah, ke warung, atau ambil paket ketika kurir memanggil Anda. 

Lalu, gimana sih tips nyaman pakai hijab saat bekerja? Yuk, di sini ada ulasannya.

Tips Nyaman Pakai Hijab Saat Bekerja

  • Pilihlah Hijab dari Bahan Terbaik

Hijab yang terbuat dari bahan terbaik memberikan rasa nyaman saat digunakan. Apalagi buat muslimah kantoran yang menghabiskan 7-8 jam berada di kantor. Hijab segi empat dari Rahina Indonesia contohnya. 

Dibuat dari bahan serat voal yang lembut dan menyerap keringat, sehingga sangat direkomendasikan tetap nyaman dikenakan seharian.

Rahina Indonesia tidak hanya memproduksi hijab tetapi juga tunik, cardigan, rok, celana, dan masih banyak lagi. Semuanya dibuat dengan bahan terbaik dan memberikan kenyamanan bagi pemakainya.

  • Mudah Dibentuk Sehingga Tampak Lebih Rapi

Hijab segi empat Rahina tidak melunak di bagian dahi ketika dibentuk. Mungkin tiap muslimah, baik yang sekolah, kuliah, maupun kantoran, pernah mendapatkan hijab yang sulit untuk tegak pada bagian keningnya. 

Alhasil menimbulkan kesan tidak rapi dan pemakainya tidak peduli dengan cara berhijab yang baik.

Sebenarnya bisa diakali dengan tambahan penggunaan alat yaitu mika hijab. Namun di zaman sekarang orang-orang sudah jarang memakai plastik mika untuk menjaga agar hijab ketika dikenakan, tetap rapi di bagian dahinya. 

Nah, hijab Rahina menjadi solusinya, meski tanpa mika pun hijab tetap tegak rapi dan elegan.

  • Gunakan Warna Hijab yang Serasi

Di kampus tempat saya mengajar, rasanya bersliweran pemakai hijab yang pandai memadupadankan hijab dengan kemeja atau busana kerjanya. Mungkin karena perempuan era digital seperti sekarang ini sudah melek dengan gaya busana hijab untuk kuliah dan bekerja.

Warna hijab yang serasi dengan busananya tak selalu harus yang sewarna, bisa gradasi warna, satu tone lebih tinggi atau lebih rendah, bahkan perpaduan warna netral dan warna komplementer (kontras). Semakin nyaman dikenakan maka memberikan kepercayaan diri kepada pemakainya.

Tentang Rahina Indonesia

Rahina Indonesia lahir dari kebutuhan akan hijab yang nyaman dari seorang perempuan yang tekun dalam memulai bisnisnya. Founder Rahina, Ibu Tina Rahina dari Bandung. Bersama sang suami tercinta bahu membahu berusaha menghadirkan hijab dan busana muslimah yang nyaman dikenakan.

Mengusung slogan Woman with No Boundaries, Rahina mendukung perempuan yang memiliki preseverence (ketekunan) dalam meraih visinya. Tipikal perempuan modern yang istikamah menutup auratnya namun tetap elegan dan intelek, pas sekali menjadi user hijab Rahina.

Saya merasa beruntung sekali pada kesempatan webinar Sabtu, 15 Oktober 2022 dengan tema Teknik Copywriting Storytelling untuk Bisnis Digital yang dibawakan moderator Teh Ani Berta dan narasumber Mba Dini Fitria, dan tentu saja ada founder Rahina, Ibu Tina.

Kesimpulan

Tips nyaman pakai hijab saat bekerja, pilihlah hijab dengan bahan terbaik, pakailah hijab yang mudah dibentuk agar tampilan menjadi rapi, dan gunakan warna hijab yang serasi.

Senang sekali mengenal Rahina Indonesia, seiring sejalan dengan para muslimah kantoran yang tangguh dan inspirasional. Duh, jadi tambah percaya diri deh pas kerja pakai hijab segi empat motif Rahina.

Ini dia si Rahina segi empat Sheica Signature berwarna hijau toska. Cantik dan nyaman banget dipakainya.



Yuk, teman-teman, tetap semangat dalam berkarya, ada Rahina Indonesia yang menyediakan dukungan berupa hijab segi empat, tunik, cardigan, busana kerja yang memberikan pengalaman dan rasa nyaman buat kita.


Salam,
















8 komentar untuk "Tips Nyaman Pakai Hijab Saat Bekerja"

  1. Kalau Yumna pribadi, lebih suka memakai jilbab segi empat karena pemakaiannya yang simpel. Tapi memang kendalanya ada beberapa bahan jilbab yang tidak bisa tegak di dahi saat dipakai. Baru tahu kalau produk dari Rahina bagus banget. Terimakasih rekomendasinya Bu Mia

    BalasHapus
  2. Apa sih Ka bedanya hijab dengan jilbab??
    Btw, ditempat aku kerja juga banyak cewek yang berhijab modis. Ga kalah cantik dengan cewek cewek modis lainnya. Bahkan ya, yang berhijab menurutkan jauh lebih anggun

    BalasHapus
  3. Nah perkara tegak di dahi ini rekomendit agaknya ya bu mia. Cuma apakah rahina segiempat ni ada yang ukuran jumbo lebarnya? Terus, kalau mau lihat pilihan corak lengkap koleksinya di IG atau ada website khusus bu mia? Terima kasih atas informasinya yaaa

    BalasHapus
  4. Untuk nyaman berjilbab memang salah satunya adalah bahan yang berkualitas.
    Untuk rahina adakah produknya berbentuk jilbab Sorong. Saya agak kesulitan pake segi empat. Gak pede bentuknya slay terus selama dipakai

    BalasHapus
  5. Kayaknya favorit awak rahina jumbo nih kak. Entah kenapa sekarang sukanya pake yang lebaran gitu ya kan.. Pengaruh usia juga nih kayaknya.. Hihihi

    BalasHapus
  6. Aku baru tau ada brand Rahina. Dan kebetulan lagi nyari hijab juga. Kalau di lihat pada gambar kayanya mudah banget di bentuk, bahannya juga kayanya bagus. Bakal coba juga deh hijab Rahina ini

    BalasHapus
  7. Tos kak, awak pun sukanya hijab segi empat karena kelihatan formal dipakai, trus bahannya yg voal atau polycotton gitu karena adem, hijab Rahina ini modelnya bagus ya kak, suka deh karena ada motifnya juga

    BalasHapus
  8. Teman-teman, terima kasih atas komentarnya ya, salam sehat dan sukses selalu buat kita semua ya, aamiin.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.