Negara Tempat Wisata Impian Kami


Ka'bah

Kami sekeluarga memimpikan bisa menginjakkan telapak kaki di dua tanah suci (Al Haramain), Makkah Al Mukarramah (kota yang termuliakan) dan Madinah Al Munawwarah (kota yang bercahaya). Melalui pelaksanaan ibadah umrah atau haji. Ingin menyaksikan langsung dengan mata kepala sendiri Ka'bah Al Musyarrafah (bangunan yang suci). Menghadap langsung tanpa perantara ke kiblat umat Islam sedunia. Mengitarinya (thawaf) sambil menyerukan kalimat talbiyah.


Masjidil Haram

Salat dan berdoa sepuas-puasnya di Masjidil Haram, masjid terbesar di dunia. Ingin meraup keutamaan salat di dalamnya, sebagaimana hadits Rasulullah Muhammad SAW bahwa salat di Masjidil Haram setara dengan seratus ribu kali salat di masjid lain. Lalu salat di masjidnya Rasulullah SAW, Masjid Nabawi, sama dengan seribu rakaat salat di masjid lain (kecuali Masjidil Haram). Menyampaikan rindu pada Rasulullah SAW dengan menziarahi makamnya. Menapaktilasi sejarah kenabian yang mulia.


Masjid Nabawi

Selain dua tempat suci tersebut, ada lima tempat menarik yang wajib dikunjungi kalau ke tanah suci, yaitu:

1. Museum Al Quran
Nama resminya The Holy Quran Exhibition, berlokasi di sekitar Masjid Nabawi. Museum Al Quran ini memiliki koleksi Al Quran bertinta emas murni, Al Quran tertua berusia hampir sepuluh abad, Al Quran terkecil, sampai Al Quran raksasa. Begitu besarnya kecintaan umat Islam di zaman Rasul dan setelahnya terhadap kitab suci hingga menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi.


Salah satu koleksi di Museum Al Quran

2. Jabal Rahmah

Bukit kasih sayang, tempat bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah berpisah. Di pegunungan yang tingginya kurang lebih 70 meter ini ada tugu kasih sayang. Pemerintah Arab Saudi melarang para peziarah melakukan hal-hal yang di luar sunnah di sini. Namun meski demikian ada saja jamaah yang menganggapnya sebagai sesembahan. Semoga kita tetap istiqamah dalam tauhid.



3. Masjid Qiblatain

Dikatakan Masjid Qiblatain sebab masjid ini sebelumnya pernah memiliki dua arah kiblat. Yang pertama mengarah ke Masjid Al Aqsha di Palestina, dan yang kedua ke Ka'bah. Rasulullah SAW lalu mengubah dan menetapkan arahnya ke Ka'bah.



4. Gunung Uhud

Jika kita mempelajari sejarah kenabian, pasti mengenal nama gunung ini. Dengan tinggi seribuan meter, bukit Uhud menjadi saksi histori kekalahan pasukan Islam di masa itu. Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik untuk dijadikan cerminan di zaman sekarang. Tak ada salahnya jika nanti sampai ke tanah suci, menyempatkan diri untuk singgah di Gunung Uhud ini.



5. Gua Hira'

Tak hanya muslim dewasa, anak-anak pun tahu mengenai sejarah Gua Hira' ini. Tempat Rasulullah SAW pertama kali menerima wahyu kenabiannya. Hanya saja gua ini sulit untuk didatangi. Medan dengan kemiringan yang curam sehingga pengunjung yang memiliki kesiapan fisik yang prima dapat mendaki dan mencapai gua ini.



Demikianlah tempat wisata impian kami, wisata rohani, dapat rekreasinya, dapat pula pahala ibadahnya. Semoga Allah SWT menyampaikan niat kami sekeluarga berangkat ke tanah suci.

Salam literasi

#BPN30dayblogchallenge2018
#bloggerperempuan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Negara Tempat Wisata Impian Kami"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel