Buku Antologi Kedelapan


Sumber gambar: pribadi

Di akhir bulan pertama tahun 2019 ini buku antologi saya dan sejawat dosen dari seluruh Indonesia, terbit lagi. Kali ini kami disatukan dalam satu tema Motivasi Mengajar Perspektif Dosen. Dalam menjalankan tugas tri dharma perguruan tinggi, khususnya dharma pertama, pendidikan dan pengajaran, jika di kelas hanya berlangsung transfer materi pastilah perkuliahan menjadi kering.

Tidak ada penyemangat dan pemacu mahasiswa untuk menguasai topik bahasan. Untuk itu diperlukan kreativitas dosen dalam mengelola kelas. Apalagi salah satu dari empat kompetensi dosen yang harus melekat pada dirinya adalah kompetensi pedagogik. Kemampuan menghidupkan proses pembelajaran. Masing-masing dosen memiliki trik dan tips membangkitkan motivasi mahasiswanya.

Semestinya buku ini menjadi karya antologi kesebelas. Buku ke-8 rencananya terbit pertengahan lalu dari GWA Ode Literasi. Buku ke-9 dan 10 Pesantrenpreneurship dan Inspiring Ramadan dari GWA Halaqah Literasi. Dan proyek berikutnya buku ke-12 dari GWA Rumbel Literasi buah karya bersama teman-teman Rumah Belajar Literasi Ibu Profesional Sumatera Utara.

Meski menulis adalah menu harian dosen, tetap merupakan tantangan tersendiri mengajak para sejawat mau menyisihkan sedikit waktu di antara sederet aktivitas kampus yang harus diselesaikan. Menyiapkan bahan ajar, interaksi akademik di e-learning, mengevaluasi hasil belajar, itu baru bidang a.

Belum lagi menghasilkan karya ilmiah, submit artikel ilmiah untuk konferensi, jurnal bereputasi, menyusun buku ajar, monograf, dan segala yang terkait dengan bidang b. Pengabdian masyarakat, program kemitraan, KKN, dan sebagainya di bidang c. Ditambah lagi unsur penunjang dan jabatan struktural bagi sejawat yang sedang diberi amanah. Semakin tidak menyisakan waktu lagi untuk sekadar menulis artikel ringan.

Saya merasa beruntung dapat menjadi salah satu penulis kontributor di buku Motivasi Mengajar Perspektif Dosen ini. Menjadi bagian dari dua belas dosen yang berasal dari PTN maupun PTS di Indonesia. Artikel kami diakumulasikan menjadi satu buku dengan narasi besar turut serta merawat dan meningkatkan budaya literasi bangsa. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi negeri.

Salam literasi

#ODOP99Days
#Day24

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Buku Antologi Kedelapan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel