Menuju Umrah Impian Bersama Ahsanta Tours and Travel

Semua muslim di seluruh dunia ini pasti bercita-cita menjejakkan kaki di Al Haramain, dua kota suci umat Islam Makkah Al Mukarramah dan Madinah Al Munawarah. Menatap langsung lekat-lekat pusat kiblat umat Islam, Ka'bah Al Musyarrafah. Shalat di Masjidil Haram yang megah, berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, di Madinah.


Jalan untuk sampai ke tanah suci bisa dengan melaksanakan ibadah haji, bisa pula dengan umrah. Ibadah haji hanya bisa dilakukan pada musim haji yaitu tanggal 9 sampai dengan 13 bulan Dzulhijjah. Inti ibadah haji pada saat wuquf di Padang Arafah. Sementara ibadah umrah bisa dilakukan kapan saja, tidak mesti menunggu masuk waktu haji sebagaimana pada ibadah haji. 


Ka'bah, kiblat umat Islam di seluruh dunia/Okezone

Sebelum menunaikan ibadah haji, tentunya harus mulai menabung biaya haji di bank dan mendaftarkan diri di Kantor Kementerian Agama setempat. Sembari menantikan porsi nomor haji, rentang waktu sampai tahun keberangkatan biasanya cukup lama. Maka ada baiknya jika memiliki rezeki untuk menunaikan umrah. Istilahnya pemanasan dahulu supaya mengetahui gambaran pelaksanaan ibadah haji nantinya.

Maka berangkat umrah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap muslim.  Saking pentingnya ber-umrah, Rasulullah SAW pernah bersabda:


Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ada demikian banyak biro perjalanan umrah yang menjanjikan berbagai fasilitas dan variasi harga paket. Perusahaan travel umrah ini membantu kita untuk bisa melaksanakan ibadah umrah dengan mudah dan nyaman. 

Namun tidak sedikit juga yang berlaku curang. Menggelapkan tabungan umrah yang telah susah payah dikumpulkan calon jemaah untuk berangkat ke tanah suci. Maka dari itu diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam memilih travel umrah yang amanah sehingga bisa mengantarkan kita ke baitullah.

Beruntungnya ada Ahsanta Tours and Travel
 
Mari kita cek apakah biro travel umrah ini sesuai dengan slogannya, Beri Bukti Bukan Janji. Berikut kiat memilih travel umrah yang dilansir oleh situs Finansialku:

1. Resmi terdaftar di Kementerian Agama

SK Menteri Kehakiman dan HAM No: C-09317 HT.01.01.TH.2003
Izin Usaha Kepariwisataan (BPW) 
No.556.5.1/154/2003 TDP No: 30,03,1,63,04602 SIUP Jasa Biro Perjalanan No:0174/30 03/PK/V/2003
SIUP Perdagangan Barang No. 503.1/0744/30/PK/VII/2007
SK Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah tentang Izin Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah No. 620 Tahun 2016
SK Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah tentang Izin Penyelenggara Ibadah Haji Khusus No. 573 Tahun 2017
Anggota AMPHURI dengan Nomor 08

Sumber: ahsanta.com/legalitas

Berarti sudah jelas bahwa Ahsanta Tours and Travel ini legal karena resmi terdaftar di Kementerian Agama. Terdaftar sendiri bermakna tercantum, dapat dipertanggungjawabkan legalitasnya secara hukum. Bukan travel umrah bodong yang cuma menerima pendaftaran umrah dari masyarakat kemudian menitipkannya ke travel umrah yang benar-benar memiliki izin.

2. Memiliki kantor fisik

Pertimbangan untuk menjatuhkan pilihan pada travel umrah, salah satu yang sangat penting adalah travel tersebut harusnya mempunyai kantor fisik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan calon jemaah melakukan pengecekan berdasarkan fakta riil di lapangan.

Ahsanta Tours and Travel sendiri berada di:
Jl. Padjajaran
Ruko Pamulang Plaza Blok C No. 3
Pamulang, Tangerang Selatan, 15417
Telp: (021) 7430657
Fax. (021) 7430
Telp/WA: +62858 4797 6375
Email: administrasi@ahsanta.com
marketing@ahsanta.com
Web: www.ahsanta.com

Beberapa waktu ini santer kita dengar adanya penandatanganan MoU antara Menkominfo RI dengan pemerintah Arab Saudi terkait marketplace umrah dan haji digital. Meski terjadi polemik, kita tetap berharap pemerintah RI akan berlaku adil terhadap travel-travel umrah dan haji yang sudah terlebih dahulu eksis melayani calon jemaah. Tugas pemerintahlah menjamin rasa aman bagi para pelaku usaha travel umrah, terlebih demi kesejahteraan bersama umat Islam Indonesia.

3. Periksa rekam jejak travel umrah

Semakin sering travel umrah tersebut memberangkatkan jemaah, maka bisa diketahui bahwa perusahaan tersebut dapat dipercaya. Info ini bisa kita peroleh dengan langsung datang ke kantor fisik dan menelusuri website resminya.

Travel umrah yang trusted, akan memiliki penjadwalan pemberangkatan jemaah umrah yang sibuk, menandakan sudah berpengalaman mengurusi perjalanan umrah.

4. Jangan tergoda promo harga murah

Peribahasa mengatakan "Ada rupa ada harga". Maknanya, suatu barang atau jasa itu nilainya ditentukan oleh kondisi barang atau jasa itu sendiri.  Hal ini bermaksud, jika suatu travel umrah menetapkan harga sangat murah bahkan sampai di luar akal sehat, hati-hati kemungkinan itu jebakan betmen.

Ongkos pesawat Jakarta - Jedah saja berapa, belum lagi akomodasi hotel, konsumsi dan lain-lain. Jadi pilihlah travel umrah yang wajar dalam menentukan harga. Jangan asal murah eh ujung-ujungnya penipuan, calon jemaah gagal berangkat.

5. Cermati fasilitas yang diberikan

Calon jemaah harus mencermati fasilitas apa saja yang termasuk dalam paket umrah. Mana yang diberikan free dan mana yang harus membayar sendiri. Hal ini mestinya bisa dengan mudah diketahui oleh calon jemaah. Jangan sampai terjebak ke wilayah abu-abu, terjadi misunderstanding antara calon jemaah dan travel umrah. Yang tadinya dikira gratis ternyata jemaah mengeluarkan uang dari kantongnya sendiri. Travel umrah yang amanah tentunya tidak akan mengecewakan jemaah di belakang hari.


Wukuf di Arafah/Antara


6. Pembayaran ke rekening perusahaan

Cek cara pembayaran dana umrah. Biasanya pada travel umrah yang tepercaya, biaya akan ditransferkan pada rekening atas nama perusahaan travel umrah itu sendiri. Karena perusahaan yang berbadan hukum memiliki pengelolaan keuangannya sendiri yang berbeda dengan keuangan pribadi. Secara hukum ia disebut subjek hukum badan hukum. Adapun PT. Ahsanta Tours and Travel lebih kurang 16 tahun menggunakan rekening atas nama perseroan. Mengenai cara pembayaran calon jemaah dengan mudah dapat memperoleh nomor rekeningnya di website resmi.

7. Cari rekomendasi dari sanak saudara yang sudah pengalaman

Cara ini tentu paling mudah. Tinggal bersilaturahim atau berbincang via Whatsapp dengan kerabat yang sudah pernah berangkat umrah dan menggunakan travel umrah yang dipercaya. Calon jemaah bisa meminimalisasi timbulnya risiko. Sebab travel umrah yang sudah rutin memberangkatkan jemaahnya insyaallah aman, nyaman, tidak akan mangkir ataupun mengecewakan jemaah. Lancar dan mudah seperti Ahsanta Tours and Travel.

8. Pastikan keberadaan pembimbing umrah

Adanya pembimbing umrah sangat penting bagi calon jemaah. Selain menemani jemaah, pembimbing juga akan membantu jika jemaah mengalami kesulitan dalam menunaikan rukun umrah. Menjelaskan  tentang tempat wisata yang dikunjungi, juga dapat menjadi pengalihbahasa jemaah bila perlu berinteraksi dengan penduduk setempat. Ahsanta Tours and Travel menyediakan ustaz pembimbing yang akan memandu jemaah melaksanakan ibadah umrahnya.

9. Waktu menunggu keberangkatan dalam batas wajar 

Melaksanakan ibadah umrah tidaklah seperti menunaikan ibadah haji yang mesti menunggu musim haji. Umrah bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Biasanya, travel umrah yang qualified akan segera memberangkatkan calon jemaah yang sudah melunasi biaya umrah. Hati-hati bila ada travel umrah yang menjanjikan keberangkatan setahun atau dua tahun lagi. Sebab bisa jadi tidak jadi diberangkatkan dan uang yang telah disetorkan pun lenyap. Di Ahsanta Tours and Travel, begitu calon jemaah menyetorkan lunas uangnya, maka insyaallah jadwal keberangkatan umroh yang diinginkan akan segera diperoleh.

10. Hindari travel umrah yang menggunakan sistem MLM

Zaman now beragam cara yang digunakan orang untuk menarik perhatian calon jemaah umrah. Salah satunya dengan membuat sistem pemberangkatan dengan Multi Level Marketing (MLM). Sayangnya metode ini lebih fokus ke usaha mencari anggotanya sehingga objek jual beli yaitu jasa perjalanan umrahnya sendiri kurang ditonjolkan. Hal inilah yang menyebabkan Dewan Syariah MUI melarang praktik travel umrah dengan MLM.

Calon jemaah yang sudah mendaftar di travel umrah tersebut menjadi upline dan diminta mencari calon-calon jemaah lainnya menjadi downline. Jika target jumlah downline-nya sudah terpenuhi barulah calon jemaah tersebut dapat diberangkatkan ke tanah suci. Cara semacam ini dianggap mengutamakan keuntungan pihak tertentu dan merugikan pihak yang lain. Ahsanta Tours and Travel tidak memberlakukan sistem MLM di travel umrahnya. Calon jemaah melakukan pembayaran, langsung diberangkatkan sesuai jadwal yang disepakati sejak awal.





Demikian kiat memilih travel umrah yang tepat agar kita bisa menjalankan ibadah umrah impian dengan tenang dan nyaman. Semoga pembaca sekalian diberi kemudahan dan kelapangan rezeki sehingga bisa menapakkan kaki di Al Haramain yang mulia. Melaksanakan ibadah haji dan umrah. Amin.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

65 Komentar untuk "Menuju Umrah Impian Bersama Ahsanta Tours and Travel"

  1. Pengen sekali rasanya umroh kak. Tapi ini masih utamain menabung haji dulu. InsyaAllah bisa menyiapkan diri dulu sebelum dapat panggilan Allah kesana. Ini travel ahsanta ada di semua kota kah? atau cuma di jakarta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar saya tanyain dulu ke CP Ahsanta-nya ya Mak 😊

      Hapus
    2. Copas dari Mbak Dewi- Ahsanta:

      MasyaAllah. 😊
      Kantor Pusat Ahsanta di Pamulang, Tangerang Selatan.
      dan kami mempunyai cabang dan perwakilan dibeberapa wilayah seperti Ciamis, Lombok, Aceh, Makassar, Bogor, Bekasi, Riau, Berau, dll.

      boleh kasih nomer saya juga gpp mbak dikolom komentar hehe

      083807017494

      Hapus
    3. kak @jendelamamak boleh banget, mau informasi lebih lanjut boleh hubungi Mba Dewi (083807017494) :)

      Terima kasih kak @nurhilmiyah

      Hapus
  2. Awak sampe mimpi-mimpi kak, nanti kalo ada uang awak mau umroh backpacker sekeluarga sama krucil, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama chaaa....
      Mari kita kencengin doa biar bisa haji dan juga umroh sekeluarga, backpacker ok, pake travel pun ok, Aaamiiin ya Allah

      Hapus
    2. Aamiin, mari kita aminkan doa² yg baik²

      Hapus
  3. Maa syaa Allah, semoga Ahsanta amanah dalam menjembatani umat yang sedang menuju rumah Allah. Ingin sekali melaksanakan ibadah umrah, semoga bisa tercapai di kemudian hari. Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ainidian aamiin, semoga dipermudah ke Baitullah :)

      Hapus
  4. Setuju sama peribahasa : Peribahasa mengatakan "Ada rupa ada harga". Maknanya, suatu barang atau jasa itu nilainya ditentukan oleh kondisi barang atau jasa itu sendiri.  
    Jadi kalau mau umrah harga murah dan ujung-ujungnya penipuan dan calon jemaah gagal berangkat ya enggak boleh nyesel
    Keep noted infonya mbak! Makasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Dian... Yg kasus lalu kan gitu yah.. aduhh jangan terulang lagi deh. Amin

      Hapus
  5. Semoga Ahsanta terus menjadi travel haji dan umrah yang amanah. Jadi umat islam gak perlu was-was lagi tertipu saat mau melaksanakan ibadah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyup, aamiin. Soalnya kasian calon jemaahnya ya khaan

      Hapus
    2. @DyahUmmuAura Amiin, InsyaAllah kami terpercaya :)

      Hapus
  6. Semoga Permain Jujur semakin berkembang dan mampu menjaga amanah. Amiiin...
    Dan semoga saya segera mendapat undangan Allah untuk ke Baitullah, Aamiin... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, saling mendoakan yaa. Sesama perindu baitullah, huhuw

      Hapus
  7. Deket nih tours and travel umrohnya dekat rumah, semoga tahun ini ada rejeki bisa melaksanakan ibadah umroh bersama suami dengan memdaftrakan di Ahsanta Tours and Travel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senengnyaa Mbak Maliha... Domisilinya Tangsel yahj

      Hapus
    2. @Maliha Aamiin
      Wah, kebetulan sekali mbak, boleh mampir atau main ke kantor kami :)

      Hapus
  8. yaAllah, aku juga kepingin daftar umrah tapi belum ada dananya huhu. bismillah semoga diperpantas oleh Allah untuk bisa umrah secepatnya. Aamiin.

    BalasHapus
  9. Dari dulu pengen bisa umroh, cuma agak riskan nyari biro perjalanan yang aman, rekomendasinya bisa dijadikan semnagat lagi untuk bisa mendaftar umroh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah bersama Ahsanta aman dan nyaman ya Mbak

      Hapus
  10. Wah mantap ini biar enggak gampang ketipu, salah satunya jangan tergiur harga promo.

    Mudah mudahan 2 tahun ke depan saya dan istri bisa berangkat umroh. Aamiin. dipermudah dan diperlancar

    BalasHapus
  11. Umrah dan Hajj impian semua umat Muslim ya mbak. Setuju banget sembari menunggu porsi Haji yang entah kapan dapatnya huhuhu sebaiknya kalau ada dana kita sambangin tanah suci dengan umroh.
    Penting banget pakai jasa biro travel umroh yang terpercaya jgn sampai ketipu kyk kasus yang kemarin ramai itu. Semoga saja kita semua dimampukan ke sana ya aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,, destinasi favorit umat Islam ya Mbak..

      Hapus
  12. Wah brb nyari tahu deadlinenya kapan supaya mana tahu bisa umroh. Dari sulu pengen banget bisa umroh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya masih lama deh, bs lgsg kepoin websitenya

      Hapus
  13. Memilih travel umroh itu memang penting banget. Jadi inget, beberapa tahun lalu lagi marak travel umroh yang bermasalah. Wah, ada Ahsanta Tours and Travel sebagai pilihan yang terpercaya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah aman dan nyaman bersama Ahsanta Tours and Travel

      Hapus
  14. Terima kasih infonya, pengen banget sebelum berangkat haji bisa umroh terlebih dahulu bareng mamah dan suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, bareng orang² yg dicintai ya Mbak

      Hapus
  15. semoga bisa sesegera mungkin kita semua punya tabungan sehingga berkesempatan untuk umroh yang aman serta nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, niat yg baik insyaallah diridai Allah SWT

      Hapus
  16. pentingnya memilih tour travel yang legal dan terpercaya untuk umroh, karena kita kan ibadah sebenarnya jadi memilih yang aman dan nyaman, jangan tergiur promo murah ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak...meski murah harus tetap bertanggung jawab jg ya

      Hapus
  17. duh kalau umroh yang paling penting sih menurutku setelah makanan, itu tempat menginapnya ya. Dekat atau tidak ke masjid yang dituju. kalau ahsanta ini nginapnya dmn ya kak kalau boleh tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentar yaa Kak Lance... Lg dikonfirmasi ke staf Ahsanta-nya hehe

      Hapus
  18. terus kalau ahsanta tour ini nyediain makanan yang khas buat lidah indenesia apa nggak ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blm dijawab, masih sabar nunggu khannn, Kaka...^^

      Hapus
    2. Jawaban Ahsanta:

      Ahsanta mengenai penginapan selalu paling dekat dengan masjid

      Untuk makanan juga sesuai dengan lidah Indonesia kok

      Hapus
    3. @irdailyroutine Alhamdulillah kita selalu menyediakan makanan khas indonesia yang cocok dengan lidah indonesia juga tentunya :)

      Hapus
    4. kalau boleh tau hotel yang mana ya kak? dan brp budgetnya? setahu awak yang paling dekat ada hilton dan pullman? adakah diantara kedua hotel ini yang jadi pilihan hotel ahsanta tour kak? ada paketan yang ke turki/al aqso gitu g sih?

      Hapus
  19. Insya allah aku sudah ada niat umroh untuk tahun depan.

    Btw info lomba blognya bisa dilihat dimana ya Mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terlaksana niat baiknya ya Mbak...
      Lgsg aja ke situsnya Ahsanta ya Mb

      Hapus
  20. Wah bagus sekali tipsnya memilih travel and tour untuk umrah kak. thanks reviewnya.
    semoga segera kesana .. Aaamiiin ya Robb

    BalasHapus
  21. Ya Allah kak mia, bisa haji dan umroh bersama keluarga itu adalah salah satu dari sekian list di pohon impianku.
    .
    Anyway, bagus banget kak tipsnya..
    Jangan mudah tergiur dengan promo yang kurang bisa dipertanggungjawabkan dan travel wajib terdaftar resmi ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp, semoga kita bisa meraih impian ke baitullah yaa

      Hapus
  22. Duh saya ogah banget umroh atau naik haji pake sistem mlm kawatir gak berkah dan gak sah ibadahnya, di ahsanta lengkap sekali pelayanannya jadi mau daftar, apakah ada cabangnya di Medan kak?

    BalasHapus
  23. Impian, semoga tahun depan disegerakan. Amiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga lancar² tahun depan yaa. Super keren memang bu ketua ini, udah tinggi jam terbang jelong²nya.

      Hapus
  24. MasyaAllah. Jadi semangat buat ngumpulin uang dan bisa umroh bareng Ahsanta Tour and Travel. Insyaallah umroh bareng Ahsanta bisa dipercaya ya kak. Kadang suka gak tega liat jama'ah umroh yg ditipu2 seperti di Tv. Ya, kok tega gitu orang mau ibadah malah ditipu. Thanks for tipsnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena matanya sudah tertutupi hawa nafsu, jadinya yaa gitulah

      Hapus
  25. Makasih infonya kak. Ini bs seindonesia? Ini lomba nya adakan ya? Hihi

    BalasHapus
  26. Semoga dengan membaca artikel ini menjadi lebih semgat dan bertamah niat untuk menuju baitullah...
    Thaks infonya kk

    BalasHapus
  27. Bener banget soal jangan asal pilih yang murah,
    Waktu kasus firs* travel itu, selain nyalahin pemilik nya yang melarikan duit demi kebutuhan bersosialita, aku juga sebenarnya gak habis pikir dengan jamaah yang mau saja harga murah,
    Tiket PP saja sudah menghabiskan minimal banget 10jt, hotel, makan, koper dll masa gak dihitung 🤧 tapi husnudzon nya mungkin mereka sama sekali belum pernah naik pesawat jadi gak tau sama sekali perihal harga tiket dll 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak logis ya kan Una... Hrsnya bs dihitunglah

      Hapus
  28. Sudah saatnya Tour And Travel yang jujur seperti Ahsanta ini semakin sukses. Soalnya jera dengan Tour and Travel yang kemaein itu yang kena kasus. Hahahaha

    Jadi semangaaat buat Umrah deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul tuh, Bg Alfie... Ngeri yaa kasus yg kemaren

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel