Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya X Tahun, Semangat Berbakti Untuk Negeri

17 Agustus 2019 lalu saya menerima piagam tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya X dari Presiden RI yang disematkan oleh pimpinan L2Dikti Wilayah 1 Medan, Prof. Dian Armanto. Hanya tiga hari sebelum hari H mengetahui kabar bahwa nama saya masuk ke dalam daftar nama PNS Dosen dpk (dipekerjakan di PTS) yang berhak memperoleh penghargaan bagi PNS itu.


Kami sesama penerima Satyalancana X foto bareng pejabat L2Dikti (Ketua & Sekretaris Pelaksana)


Piagam ini akan diperlukan untuk melengkapi berkas Satyalancana XX Tahun yang akan datang

Saya nyaris lupa pernah mengajukan pemberkasan terkait pengajuan Satyalancana. Seingat saya menyusun persyaratan dan menyerahkannya di bulan Oktober atau November 2017. Berkas sempat dikembalikan pada saya di tahun 2018. Melalui mitra (pegawai L2Dikti yang khusus menangani masing-masing dosen dpk per-PTS). 

Penyebabnya berkas kurang lengkap, mesti ada lampiran fotokopi artikel ilmiah yang dimuat di jurnal. Begitu mengetahui kekurangan berkas, secepatnya saya antar ke kantor L2Dikti di kawasan Setia Budi, Medan.

Satyalancana X Tahun terbuat dari perunggu, XX Tahun dari perak, dan XXX tahun dari emas





Adapun persyaratan yang harus dilengkapi jika ingin memperoleh Satyalancana adalah sebagai berikut:

1. Fotokopi SK CPNS
2. Fotokopi SK Kenaikan Pangkat Terakhir
3. Fotokopi SK Jabatan terakhir (struktural atau fungsional tertentu)
4. Fotokopi ijazah tertinggi (apabila dalam SK kenaikan pangkat terakhir gelar pendidikan tertinggi belum tercantum)
5. Fotokopi konversi NIP
6. Daftar Riwayat Hidup (asli) sesuai format
7.Surat Pertanggungjawaban Mutlak (asli) ditandatangani oleh (minimal) pejabat eselon II.

8. Aturan tambahan khusus dosen:

a). mempunyai artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal nasional atau jurnal internasional dan masuk dalam repository kampus asal. Dibuktikan dengan Surat Keterangan yang diketahui dan ditandatangani Badan Kepegawaian pengusul.

b). aktif menjadi dosen penuh waktu dan tidak sedang menjadi pegawai di instansi manapun.

Banyak ya syaratnya, hehe... Syukurnya terpenuhi semua. Karena memang pekerjaan utama saya ya dosen. Tentunya setiap item yang diminta menjadi bukti kinerja pegawai yang diusulkan menerima anugerah Satyalancana. 

Kendati demikian saya surprised juga saat menerima info undangan untuk datang upacara plus menghadiri penganugerahan Satyalancana Karya Satya ini. Soalnya daftar tunggunya puanjaang... se-Indonesia kali yaa...

Surat Ketua L2Dikti



Kepres Nomor 77 tahun 2019 sebagai dasar hukum pemberian tanda kehormatan
Nurhilmiyah di nomor 4471


Meski mungkin hal ini merupakan hal yang biasa-biasa saja bagi orang lain. Namun bagi kami yang mengalaminya, memperoleh tanda kehormatan Satyalancana X, XX dan XXX tahun adalah suatu kebanggaan. Penghargaan ini hanya sekali seumur hidup untuk setiap tingkatannya. 

Masa kerja untuk mendapatkan Satyalancana X tahun minimal 12 tahun. Saya sendiri sudah menjalani 14 tahun 7 bulan. Masa kerja untuk memperoleh Satyalancana XX tahun, minimal 22 tahun, dan 31 tahun masa kerja untuk mendapatkan Satyalancana XXX Tahun.  


Saya nomor dua dari kiri


Semangat Berbakti Untuk Negeri

Alhamdulillah, bersyukur dan bangga sekali bisa hadir bersama rekan-rekan sejawat dosen L2Dikti dalam upacara Dirgahayu ke-74 Kemerdekaan RI 17 Agustus di kantor L2Dikti 1 Medan. Tahun ini kami berkesempatan menerima penganugerahan Satyalancana Karya Satya X, XX dan XXX tahun. 

Meski riilnya telah bertugas hampir 15 tahun, saya dan teman² seangkatan lulus CPNS dulu, yang tersebar dipekerjakan di berbagai kampus seantero Sumatera Utara, senang sekali bisa  bertemu, menerima penghargaan yang ditandatangani Presiden. 




Berdasarkan pertimbangan Keppres No. 77 Tahun 2019, yang mendapat Satyalancana Karya Satya adalah PNS yang bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila dan UUD 1945, penuh pengabdian kepada negara dan pemerintahan RI, memiliki kejujuran, kecakapan dan disiplin terus menerus selama 10, 20 dan 30 tahun.

Penghargaan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kebanggaan, sikap keteladanan semangat juang, motivasi dan darmabakti kepada bangsa dan negara. Selain itu diberikan juga award kepada Dosen Berprestasi Tingkat L2Dikti Wilayah 1 yang dimenangkan oleh Dosen UMSU.  Semoga prestasi beliau dapat menginspirasi kami yang belum menorehkan pencapaian selevel itu.


Pengumuman Dosen Berprestasi Tingkat L2Dikti Wilayah 1

Sebagai informasi, mulai tahun ini L2Dikti juga memberikan penghargaan kepada sejawat DTY (Dosen Tetap Yayasan)/Non PNS. Namanya Lancana Tri Darma Perguruan Tinggi. Sama juga dengan minimal masa kerja 10, 20 dan 30 tahun. Sebagai motivasi dan kebanggaan terhadap profesi dosen.


Saat menunggu nama saya diumumkan protokol untuk maju ke depan, saya merasa throwback ke dua tahun lalu. 17 Agustus 2017 ayah saya pun menerima Satyalancana Karya Satya XXX. Beliau hakim di pengadilan agama dengan tempat tugas terakhir PA Klas 1A Pekanbaru.


Foto ayahanda tercinta semasa hidup

1 Juni 2018 beliau wafat di hari Jumat bulan suci Ramadan selepas waktu sahur, menjelang subuh yang sendu. Penyakit paru-paru kronisnya tidak tertahankan lagi. Tutup usia 64 tahun, masih dalam masa kerja, setahun lagi memasuki BUP (Batas Usia Pensiun). BUP hakim sama dengan dosen yaitu 65 tahun. Namun Allah SWT berkehendak lain, ayah "pensiun" lebih dini.


Foto kami berdua saat menghadiri wisuda adik bungsu di Balairung UI, Depok, 2016. Saya menemani ayah sebab ibunda telah tiada sejak 2013 lampau


Ayah, putri sulung ayah pun dianugerahi Satyalancana Karya Satya, bisik saya lirih saat itu. Pengabdian kita untuk negeri ya, Yah.


Satyalancana ayah XXX tahun di sebelah kiri dan
Satyalancana saya, X tahun di sebelahnya

Terima kasih kepada Bapak Ketua L2Dikti Wilayah 1 Medan, terima kasih juga kepada Ibu Sekretaris Pelaksana dan segenap jajarannya. Selamat ya, Rekan² sejawat semua. Semoga anugerah yang kita terima hari ini menjadi penyemangat untuk terus berkarya di bidang masing².


Teman² yang jarang bertemu sebab terpencar, ditugaskan di masing² PTS di seluruh Sumatera Utara

Sampai jumpa lagi di penganugerahan Satyalancana Karya Satya 20 dan 30 tahun. Insyaallah jika Allah SWT memberikan rezeki usia dan kesehatan. Amin.

Ekspresi kegembiraan kami rekan² sejawat sepengangkatan CPNS TMT 01-01-2005


#Day203
#SehariSatuTulisan
#KLIP






Berlangganan update artikel terbaru via email:

36 Komentar untuk "Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya X Tahun, Semangat Berbakti Untuk Negeri"

  1. MasyaAllah, Tabarakallahu ya kakakku ♥

    Semoga semakin bermanfaat untuk negeri dan juga sekitar. ♡

    BalasHapus
  2. MasyaAllah, Tabarakallah bu dosen. Terus menginspirasi ya :)

    BalasHapus
  3. Selamat mba Mia..

    Semoga Satyalencana selanjutnya akan berhasil didapatkan juga..

    Hebat mba Mia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mom LinRana,,
      aamiin
      belum tau juga tuh, insyaallah,, hehe
      apalah hebatnya, nih cuma mengabadikan momen biar ga lupa.

      Hapus
  4. Masya Allah, tabarakallah ya bu dosen. Penghargaan penghargaan seperti ini sangat baik karena dapat memacu dosen untuk terus memberikan yang terbaik untuk Indonesia melalui pendidikan. Mantap. Terus menebar inspirasi ya bu dosen... Keren...

    BalasHapus
  5. Selamat ya kak Mia. Semoga bisa menjadi dosen yang menghasilkan mahasiswa berprestasi dan berguna bagi masyarakat. Tetap semangat dan menginspirasi banyak orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya Devi, saya aminkan doa² baiknya.

      Hapus
  6. MasyaaAllah barakallahu fiik kaka dosen. Proud of you deh kak Mia. Semoga semakin bermanfaat usia dan ilmunya.

    Ngomong-ngomong, kayak ada yg kukenal deh ibu berjilbab warna pastel paling kiri pertama disebelah kak Mia.
    Tapi kulupa, namanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih Kak Sischa...

      Kak Ati (Yusriati) kah?

      Hapus
  7. Selamat Bu atas penerimaan penghargaannya, dan ternyata sudah lama juga ya masa kerjanya selama 14 tahun, semoga terus dapat memerikan karya untuk bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak Selvi...

      Saya jadi dosennya sejak usia 23 tahun, hehe, udah tuwir yaa...

      Hapus
  8. Selamat mbak... Semoga bisa memotivasi teman-teman sesama asn dan semakin menyemangati diri sendiri untuk terus berkarya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mba Sapti.
      Bener banget, diri sendiri harus disemangati terus ya. Suwun

      Hapus
  9. Masya Allah, ikut berbangga, Mbak. Terharu baca bagian tentang ayahnya. Beliau pasti bangga padamu, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya juga nulis ini credit to my beloved dadda.

      Makasih Mbak

      Hapus
  10. masyaAllah tabarakallah kakak. luarbiasa. bolehlah dikasih tips n trik untuk sukses buat para dosen kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih ya Lance... Gak ah, biasa ajaa, cm merekam biar gak hilang gitu aja makanya nulis ini.

      Waduh, merasa belum pantaslah ngasih tips n trik, krn msh banyak yg lebih hebat² lagi dr sy.
      Tp intinya jadikan mengajar itu sebuah kesenangan, udah itu aja hehe

      Hapus
  11. Selamat Mbak Mia.
    Saya baca ini ikut terharu dan bangga. Sekaligus menambah wawasan saya perjalanan dan syarat untuk mendapat lencana ini.

    Selamat sekali lagi, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mas Bambang.
      Iyaa setiap hasil ada perjuangannya yaa.. palagi yg ke Art Jog ituhh, wow keren

      Hapus
  12. Keren banget Mbak Mia, selamat atas penghargaan satyalancana yang diterima.Alfatihah buat ayahnya mbak, insyaAllah ayahnya bahagia juga di sana ya mbak.
    Btw aku baru tau kalau ada dosen PNS yang juga dipekerjakan sbg dosen di PTS mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak April...
      Aamiin semoga doanya utk alm. Ayah saya diijabah jg. Aamiin yra.

      Memang tugas utama saya di PTS Mbak, gak nyambi² di PTN atau di mana². Dulu waktu awal penerimaan, pimpinan menyampaikan kalau dosen dpk (dipekerjakan) di PTS itu adalah bantuan negara pada PTS. Jadi negara memberikan kontribusi melalui SDM (dosen²). Thanks for comment, Mba April

      Hapus
  13. Saya baru mau 9 tahun jadi PNS. Masih nungu tiga tahunan lagi nih biar bisa satyalencana. Semoga bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, insyaallah bisa asalkan sabar ngurus berkasnya hehe

      Hapus
  14. Selamat ya bu... Seneng banget rasanya aku ikutan seneng banget juga bs dpt penghargaan seperti inih... Semoga sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih Mba Rachma, semoga sukses yaa

      Hapus
  15. Wah senangnya selamat ya, mbak! Penghargaannya gak tanggung-tanggung dari Presiden. Semoga makin banyak karya dan manfaat yang bisa diberikan buat Indonesia. Keren!

    BalasHapus
  16. MasyaAllah, Tabarakallah ya mba, selamat atas penghargaan satyalancana yang diterima. Saya yang baca sampai akhir jadi ikutan terharu

    BalasHapus
  17. Selamat, kakak. Selamat telah menerima piagam tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya X dari Presiden RI yang disematkan oleh pimpinan L2Dikti Wilayah 1 Medan. Ini merupaka hasil erih payah yang dilakukan dalam bertugas.

    BalasHapus
  18. barakallah... selamat atas penghargaan ayang diperoleh kak. Semoga bisa terus memberikan manfaat untuk semuanya

    BalasHapus
  19. Barakallah Bu dosen, selamat yac atas penghargaan Setyalencana nya. Oh iya proses pengajuannya cukup lama juga yac ...

    BalasHapus
  20. Masya Allah... Barokallah yaaa Bu... Semoga dapat terus meluaskan manfaat kepada masyarakat sekitar. Semangat terus berkarya

    BalasHapus
  21. Maa syaa Allah, tabarakallah. Terus menginspirasi ya Bu dosen kuuuuu. dari sekian banyak peserta yang mendaftar, pasti tahapannya pun ketat. Sekali lagi selamat!

    BalasHapus
  22. Wahhh selamat bu pasti seneng banget ya, semoga terus memberikan sumbangsih kepada masyarakat sekitar ya bu.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel