Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Alhamdulillah hari ini digelar workshop dan mentoring penulisan artikel ilmiah pada jurnal internasional oleh Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). 

Selaku narasumber adalah Prof. Dr. Edy Lisdyono, SH., M.Hum., guru besar Fakultas Hukum Universitas Tujuhbelas Agustus (UNTAG), Semarang. Beliau juga sedang menjabat sebagai dekan di kampus yang sama.

Prof. Edy dan Wakil Rektor I UMSU, Dr. Arifin

Program penting ini dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum UMSU, Dr. Ida Hanifah, SH., MH yang menyambut pembicara dan peserta sekalian. Bu Ida menekankan sangat urgennya menulis di jurnal internasional sebab sudah banyak dosen yang  pangkatnya jalan di tempat. Tidak meningkat sebab terhalang belum memiliki artikel yang dimuat di jurnal internasional bereputasi. 

Fakultas Hukum UMSU bangga bisa menghadirkan Prof. Edy sebab jenjang akademik tertinggi beliau pun dicapai melalui sepuluh artikel ilmiah yang dimuat di jurnal internasional terindeks Scopus. Semoga keaktifan Prof. Edy ini bisa menular pada dosen-dosen UMSU, khususnya dosen Fakultas Hukum.

Sambutan Dekan Fakultas Hukum UMSU, Dr. Ida Hanifah, SH., MH
Berikutnya sambutan dari Wakil Rektor I Dr. Muhammad Arifin Gultom, mewakili rektor yang sedang ada acara di Solo. WR I memotivasi para dosen agar lebih mempersiapkan diri dengan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. 

Luaran dari aktivitas tersebut bisa diarahkan ke jurnal internasional bereputasi. UMSU sendiri telah menyediakan insentif bagi dosen yang berhasil menerbitkan karya ilmiahnya di jurnal internasional terindeks Scopus. 

Tidak tanggung-tanggung, jika mampu mencapai jurnal dengan ranking quartile 1 (Q1), UMSU memberikan insentif sebesar Rp. 50 juta. Q2 sebesar Rp. 35 juta dan Q3 sebesar Rp. 15 juta.

Arahan WR I UMSU

Prof. Edy Lisdyono yang ternyata adalah sahabat karib WR 1 dan pernah tinggal di kawasan Padang Bulan Medan ini memaparkan hal-hal sebagai berikut:

1. menulis artikel itu harus fokus dan serius
2. tidak mesti hasil penelitian, konsep juga bisa
3. FH UNTAG memiliki jurnal dengan Sinta 3, dosen Fahum UMSU bisa memasukkan artikelnya di UNTAG nanti akan diseleksi oleh tim.
4. Dosen jangan tergiur memasukkan tulisannya ke IPB (India, Pakistan, Bangladesh) ada yang predator.
5. disertasi diramu sedemikian rupa tetapi jangan sama persis karena khawatir termasuk auto-plagiat. Ambil datanya saja, itu sudah bisa jadi naskah untuk jurnal internasional
6. ada jurnal yang gratis Q1 di Kolombia. Penulis dari Indonesia belum ada yang masuk. Masalahnya karena tidak lolos, abstrak tidak menarik, substansi tidak mengena dan teori sudah out of date.
7. Usahakan mengutip dari referensi artikel ilmiah terbaru, jangan buku-buku terbitan tahun 1970-an, misalnya.
8. bahasa Inggrisnya harus teliti, wajib di-proofread oleh English native.
9. mengutip pasal jangan sama persis karena akan terkena plagiarisme pada saat Check Turnitin
10.  Paper ditolak penyebabnya dicari dahulu, perbaiki baru bisa dipindahkan ke jurnal lainnya
11. Nama mitra bestari tidak boleh dicantumkan namanya untuk menjaga objektivitas dan agar tidak melanggar kode etik jurnal dalam melakukan peer review
12. IMRaD, Introduction, Methods, Results, and Discussion. Ada juga yang mewajibkan teori.
13. Kedepannya akan ada peraturan yang mengharuskan calon profesor membimbing delapan calon doktor untuk menulis artikel di jurnal internasional terindeks Scopus atau Thomson Reuters.
14. Masukkan tulisan sebaiknya author tunggal dahulu, selanjutnya baru tim. 
15. Jika minta bantuan orang, history-nya harus ada. Submit, revision, accepted dan publish.
16. Submit paper sendiri, kuasai materi dengan baik.

Sessi Interaktif (Jawaban² Prof. Edy)

1. peraturan yang berlaku (mengenai terindeks Scopus atau tidak/ mengalami down-grade) adalah yang saat itu memang berlaku (tidak berlaku surut)
2. jangan mengutip dari surat kabar, utamakan dari hasil penelitian. 
3. Pandai-pandai menggunakan kutipan, kalimat aktif jadi pasif, demikian sebaliknya.
4. Penulis harus semangat!!!


Penandatanganan MoU FH UMSU dengan FH UNTAG


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Terindeks Scopus "

  1. numpang promote ya min ^^
    Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di www.fanspoker.com
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 10 rb
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel