9 Tips Tetap Ceria Dan Bersemangat Di Bulan Puasa

Tak terasa kita sudah memasuki hari ke-16 bulan Ramadan. Gimana, Teman-teman...? Masih ceria atau sudah lemas, hehe... kalau saya ngulik-ngulik blognya Sista Citra kepo gimana caranya jadi travel blogger bikin saya bertambah ceria. Karena berasa jalan-jalan jadinya meski raga #dirumahsaja.

Biasanya menginjak sekian hari berpuasa, masing-masing kita sudah merasa terbiasa dengan kondisi berpuasa. Berusaha menyesuaikan segala sesuatunya agar berpuasa menjadi lancar.

Hari pertama memang berat, bahkan ada yang bercanda begitu selesai berbuka puasa di 1 Ramadan lalu, langsung berkomentar, "Wah, 29 hari lagi lebaran ya", haha.

Seolah-olah berpuasa itu tidak menyenangkan, menyiksa dan menghalangi dari kegiatan yang telah rutin dilakukan sehari-harinya. Tapi saya percaya itu cuma guyon kok, hehe.

tips ceria di bulan puasa


Puasa sendiri memiliki sederet manfaat kesehatan bagi diri kita, baik kesehatan fisik maupun psikis. Dilansir dari Kompas.com ada 7 (tujuh) manfaat berpuasa bagi kesehatan. Apa aja ya... check it out,
  1. mengontrol gula darah; dengan berpuasa asupan gula seseorang akan menurun, sehingga hal ini cukup baik bagi orang yang berisiko diabetes.
  2. mengurangi peradangan; selain membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, berpuasa efektif mengurangi peradangan. Studi membuktikan berpuasa dapat menurunkan tingkat peradangan.
  3. meningkatkan kesehatan jantung; penyakit jantung bisa disebabkan oleh penyakit diabetes. Dengan berpuasa dapat menurunkan tekanan darah, kadar trigliserida dan kolestrol jahat (LDL) pada tubuh, sehingga tubuh terhindar dari risiko penyakit jantung.
  4. meningkatkan kesehatan otak; berpuasa dapat meningkatkan pembentukan sel syaraf untuk meningkatkan fungsi kognitif. Puasa juga menghindarkan diri dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.
  5. membantu penurunan berat badan; selain mengurangi asupan kalori, puasa juga dapat membatasi konsumsi lemak pada tubuh dan menjaga jaringan otot. Menjaga metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin.
  6. meningkatkan hormon pertumbuhan; kadar gula darah dan insulin yang terkontrol selama berpuasa mengoptimalkan peningkatan hormon pertumbuhan.
  7. memperbaiki suasana hati; berpuasa dapat meningkatkan hormon Endorfin sebab selama berpuasa, secara fisik tubuh mengalami detoksifikasi. Dengan terurainya lemak di dalam tubuh akan berpengaruh pada psikis dan meningkatkan hormon Endorfin sehingga membuat perasaan menjadi lebih bahagia. 
Hmm, apalagi pada saat jelang berbuka puasa ya, menghadapi aneka hidangan, dengan anggota keluarga yang lengkap, rasanya senang dan bersyukur sekali. Di saat itu hormon bahagia bekerja, suasana hati menjadi sangat baik.

Tips ceria  berpuasa

Lalu bagaimana cara agar kita tetap ceria dan bersemangat di bulan puasa ini ya... Terkadang melihat ke luar rumah wuihh panas teriknya... seakan tidak sanggup menjalani puasa sampai akhir.

Eit, nanti dulu, kalau niat sudah membara, sepanas apapun cuaca, insyaallah tekadnya akan sekuat baja menuntaskan puasa sampai tiba waktu berbuka.

Berikut 9 (sembilan) tips tetap ceria dan bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan:

1. Pasang niat berpuasa dengan bersungguh-sungguh. Niat itu penentu jalannya apapun kegiatan kita. Jika berniat ala kadarnya saja bisa dipastikan hasilnya pun tidak optimal.

2. Makan sahur secukupnya, tidak berlebihan. Diusahakan makan sahur dengan makanan kaya serat dengan tetap berpatokan pada pedoman gizi seimbang. Jangan terlalu banyak karbohidrat yang menjadikan Anda mengantuk dan akhirnya tidur lebih lama. Tidur boleh namun jika kelamaan akan menyebabkan kepala menjadi berat.

3. Jaga asupan air putih. Dianjurkan untuk minum air putih minimal dua gelas setelah buka puasa, tiga gelas setelah tarawih dan satu gelas sebelum tidur, satu gelas setelah bangun tidur dan satu gelas saat makan sahur. Ini untuk menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik.

4. Berwudu dengan baik. Saat mengambil air wudu tidak terburu-buru demi menggugurkan kewajiban agar sah untuk salat. Sebaiknya momen berwudu dinikmati untuk menyegarkan wajah dan pikiran. Namun hati-hati jangan sampai terminum ya.
 
4. Tetap berkegiatan seperti biasanya. Eh member kaum rebahan siapa nih,, hayo ngacung... Tidak dianjurkan untuk tidur seharian ya, justru itu bisa bikin badan makin lemas. Bergerak saja seperti biasanya insyaallah malah tak terasa puasanya.

5. Lakukan aktivitas yang sangat disukai setiap harinya meskipun hanya sebentar. Misalnya membaca novel yang sudah lama ingin dibaca tetapi belum ada waktu. Nah, menunggu waktu berbuka bisa menghabiskan waktu dengan berselancar di dunia paragraf.
 
6. Perbanyak senyum dan berbuat baik. Melihat cuaca menjadi cerah saja sudah bikin kita tersenyum bersyukur masih bisa menikmati suasana yang indah. Atau memandangi keadaan  rumah setelah dibenahi agar anggota keluarga yang lain merasa nyaman, rasanya hati bernyanyi. Telah melakukan suatu kebaikan kecil.

7. Berbuka dengan yang manis-manis. Ehm, pernah dengar gombalan seperti ini, "Saya sih kalau minum kopi gak pake gula, cukup menatap raut wajahmu rasanya sudah cukup" ahaha... Bukan ya... Maksudnya tentu membatalkan puasa dengan takjilan yang  berasa manis seperti kurma, kolak atau teh manis.

Tips ceria berpuasa

8. Tingkatkan intensitas doa. Ini sih harus ya, karena bulan Ramadan adalah bulan mustajabnya segala doa. Rugi banget kalau dilewatkan begitu saja. So, perbanyak kuantitas dan kualitas ibadah.

9. Hindari begadang semalaman. Begadang boleh saja asal ada perlunya, kata Rhoma Irama. Tetapi penting diingat agar tidak ngalong semalam suntuk trus balas dendam esoknya tidur sampai Maghrib. Jangan ya, pola tidur seperti itu justru bikin tidak sehat dan tentunya jauh dari keberkahan puasanya.

Demikian 9 (sembilan) tips tetap ceria dan bersemangat di bulan puasa ya. Silakan yang mau menambahkan tips ala teman-teman sendiri, saya tunggu di kolom komentar. Terima kasih, tetap ceria dan semangat di bulan puasa.

Salam,









Berlangganan update artikel terbaru via email:

28 Responses to "9 Tips Tetap Ceria Dan Bersemangat Di Bulan Puasa"

  1. Iya kak aku juga berusaha menjauhi begadang. Soalnya subuhnya harus bangun. Maklum emak-ema harus nyiapin ini itu buat suami dan anak sahur. Apalagi sekarang lagi pandemi. Harus jaga kesehatan lagi, ga boleh begadang-begadangan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunda Erysha, kita buibu yg masih punya anak kecil hrs disiasati deh biar teteup ceriaaa

      Delete
    2. Iya sama, saya juga menghindari begadang.
      Cuma entah kenapa anak kicik awak kok lama kali tidurnya, sehingga emaknya pun mau gak mau hrs nemenin ngobrol ma beliaww tu 🙄🙄

      Delete
  2. Menjaga asupan air emang penting banget saat puasa ini ya kak. Soalnya kalau nahan lapar masih sanggup. tapi nahan haus duh berat. Apalagi cuaca Pekanbaru lebih dari seminggu ini super HOT. jadi saat berbuka dan sahur sebisa mungkin mencukupi asuran air untuk tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Dyah... Medan juga superhot, jam 10 aja udah kayak jam 3 siang panasnyaa... eh tetiba jelang berbuka kok ya hujan hehe

      Delete
  3. Setuju ama tips nya kak. Diawali dengan niat, lanjut dengan usaha agar puasa tetap lancar. Mudah-mudahan ibadah di bulan puasa kali ini bisa lebih baik lagi ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yra, insyaallah puasa lancar dan bikin hepi yaa Devi

      Delete
    2. Aamiin..
      Juga berdoa agar kita dipertemukan dengan Ramadhan tahun depan yang keadaannya lebih baik lagi dari Ramadhan tahun ini

      Delete
  4. Ditambah dengan berbagi boleh kak? Biar tetap semangat meski berbagi tulisan atau takjil ke tetangga 🥰

    ReplyDelete
  5. Tipsnya memang sebagian sudah aku jalanin, tapi ada juga yang masih males2an seperti yang berkegiatan, itu yang sering mager. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah sekarang sudah puasa ke 20 ya, Mia. Dan Alhamdulillah saya terus bersemangat. dan memang, Mbak, biasanya saya pun hanya mengalami masalah di awal puasa. jadi masih tahap penyesuaian perut dan pola makan. tapi selanjutnya, Alhamdulillah puasa lancar.
    Keren nih, tipsnya, Mbak Mia.

    ReplyDelete
  7. Sembilan poin yang Uni Mia paparkan di atas saya simpulkan jadi satu, yaitu hidup dengan sehat dan sederhana. Hehehe. Jika semua sudah sehat dan sederhana, hati kita akan tetap ceria dan selalu bersemangat, apalagi saat sedang berpuasa.

    ReplyDelete
  8. bener mb.. jaga asupan gizi itu penting banget. apalagi di tengah waba corona gini. semoga kita terus diberi kesehatan dan kebahagiaan. aamiin

    ReplyDelete
  9. Ramadan tahun ini batita saya sedang aktif - aktifnya termasuk di urusan jam tidur. Alhasil kami harus menemaninya bermain sampai pukul 00.00 atau lebih. Jadinya kurang tidur deh. Tapi Alhamdulillah ga pernah telat bangun sahur dan puasa in sya Allah lancar :)

    ReplyDelete
  10. Puasa ini ditambah puasa di bulan Sya'ban, berat badanku udah mau turun hampir10 kg lho mbak. Manfaat puasa memang hebat banget buat kesehatan... Tipsnya mantap. Niat memang kudu kuat.

    ReplyDelete
  11. Jangan lupa perbanyak membaca Al Quran, mbak. Selain berpahala, juga membuat hati jadi tenang

    ReplyDelete
  12. Minum air putih tuh penting banget ya kak karena tubuh akan terdehidrasi pas puasa jadi hrs terpenuhi asupan air putihnya ya..

    ReplyDelete
  13. Menjelang akhir gini juga porsi makanan bukanya enggak serakus waktu awal-awal, hehe. Buka minum air anget sama ngemil sedikit aja udah full rasanya. Berharap banget bisa meneruskan kebiasaan ini, kebiasaan makan dikit dan secukupnya hehe

    ReplyDelete
  14. Memang sahur itu penting banget mbak, ngaruh dengan aktivitas kita selama menjalani puasa. Kalau nggak sahur, aduh jadinya lemes banget dan susah konsentrasi mau ngelakuin apa pun. Niat nyuci piring, malah masak air, sangking nggak fokusnya. Wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Member kaum rebahan ngacung dong saiya. Eh itu cuma 10 hari pertama aja sih cuacanya tuh bener-bener enak pakai tidur lho kak sering hujan Balikpapan soalnya hehehe.

    Puasa dapat menjaga kesehatan itu benar sekali Kak, Alhamdulillah sampai sekarang saya nggak ngerasain sakit yang berarti. Palingan masuk angin karena mandinya kemaleman dan kurang tidur itu aja sih. So far puasa bermanfaat banget mengontrol gula darah

    ReplyDelete
  16. Tipsnya sangat bermanfaat Mbak, cuma di 10 malam terakhir Ramadhan, begadang kayaknya disunnahkan untuk dilakukan dengan mengisinya dengan berbagai ibadah sunnah. Tapi sayangnya kalau tahun-tahun sebelumnya bisa begadang (iktikaf) di mesjid, sekarang cuma bisa di rumah. Tak masalah, karena saran ulama juga untuk menghindari wabah

    ReplyDelete
  17. Berwudhu dengan baik Ni Mia. Wkwkwk. Tertohok juga awak ini. Kadang kalo wudhu, khususnya Subuh pas bangun ngantuk, itu wudhunya tergesa-gesa begitu deh. Padahal shalat yg khusyu berawal dari wudhu yang benar.

    ReplyDelete
  18. Saya mau mendapat manfaat puasa di dua poin menurunkan berat badan dan sehat... Tapi, dah lama gak berpuasa bawaannya berat banget nahan godaan. Semoga bisa diniatkan puasa dan tetap ceria walau poin terakhir berat, soal larangan bergadang haha

    ReplyDelete
  19. wah bener nih tipsnya, saya selama puasa sebisa mungkin makan enggak mau kalap dan secukupnya aja biar badan tetap bugar dan enggak mudah lelah, hehe. apalagi jadinya berat badan jadi semakin menurun. seneng banget.

    ReplyDelete
  20. Semoga puasa kita di Ramadan tahun ini mabrur ya, Mbak. Sehat selalu untuk kita semua 🙏

    ReplyDelete
  21. Manfaat puasa memang benar kak badan jadi makin sehat, dan tipsnya sangat bagus juga selama puasa kita juga harus banyak berbuat amal seperi menargetkan selesi baca al-qur'an 30 juz

    ReplyDelete
  22. menjauhi begadang nih yang susah amat siih, masih sering begadang meski puasa gini hiks

    ReplyDelete
  23. Masya Allah, manfaat puasa sangat besar ya Mbak, sayanga ja rasanya kalo ampek ada yang gak berpuasa.

    Makasih tipsnya Mbak. Harusnya baca sejak awal Ramadhan nih.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel