Menjaga Pola Pikir Positif Selama Masa Karantina

Memasuki hari ke-66 pasca diumumkannya pasien terinfeksi Covid-19 di Indonesia, membuat sebagian orang khawatir, cemas dan pesimis.

Hal ini wajar sebab setiap orang membutuhkan waktu untuk menerima kondisi yang sama sekali tidak pernah diharapkan terjadi dalam hidupnya.

berpikir positif


Sebelum virus menular ini mewabah, kita semua memiliki kehidupan yang normal, beraktivitas sehari-hari, bertemu teman-teman, dan mengunjungi berbagai objek wisata di berbagai belahan negeri. Dan kini semua itu seakan tinggal kenangan.

Menjadi harapan bagi semua semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa bebas ke mana-mana lagi seperti sebelumnya. 

Tak sedikit berita yang menginformasikan orang-orang yang stres disebabkan timbulnya permasalahan baru sejak diberlakukannya karantina mandiri.

Sebagaimana diketahui bersama, untuk memutus penularan Corona, pemerintah menghimbau seluruh lapisan masyarakat melakukan kegiatan dari rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah. Meski ada sebagian saudara-saudara kita yang menggantungkan hidupnya dari penghasilan harian.

Menjaga pola pikir positif di masa pandemi seperti ini amat sangat diperlukan. Pola pikir (mindset) adalah cara menilai dan memberikan kesimpulan terhadap sesuatu berdasarkan sudut pandang tertentu.

Mengapa pola pikir orang ada yang positif dan ada yang negatif? Hal ini dipengaruhi berbagai faktor antara lain, mentalitas (emosi), pendidikan dan pengalaman seseorang. Inilah nantinya yang menjadi tolok ukur kedewasaan seseorang.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga pola pikir agar selalu berpikir positif? Meski menjalani masa karantina, banyak hal yang bisa dilakukan. Kalau saya sendiri menjaga pola pikir agar tetap positif, sebagai berikut:

berpikir positif

Fokus ke sisi positif dengan adanya pandemi ini 

Meski seluruh dunia merasakan dampak buruknya, sesuatu itu pastilah memiliki dark side dan bright side.  Saya merasakan beberapa hal positif selama masa karantina, tentunya yang berkaitan dengan diri pribadi.
  1. Jadi mempunyai waktu lebih lama bersama keluarga; sebelumnya saya disibukkan dengan pekerjaan di kantor
  2. Punya banyak waktu membenahi dan bisa mengatur ulang interior rumah.
  3. Bisa lebih lama melakukan perawatan diri dari ujung kepala sampai ujung kaki
  4. Menuntaskan buku-buku yang sudah dibaca namun belum selesai
  5. Mencoba satu persatu resep masakan yang selama ini sudah dikoleksi

Mensyukuri segala yang telah dimiliki

Bersyukur adalah cara ampuh saya untuk menjaga pola pikir agar senantiasa positif. Merasa berterima kasih pada Tuhan telah dianugerahi banyak nikmat hidup.

Saya masih bisa menghirup udara dan merasakan hangatnya sinar mentari meski sedang #stayathome. Memiliki keluarga yang saling mencintai, punya tempat tinggal walau sederhana, masih punya rezeki yang bisa dibelanjakan untuk makan sehari-hari. 

Bayangkan saudara-saudara kita yang pencahariannya terdampak masa karantina ini. Mengalami kebingungan dengan penghasilan yang jauh berkurang bahkan sama sekali tidak dapat uang. Maka bersyukur dengan kondisi kita saat ini amat sangat membantu agar pola pikir selalu positif.

Istirahat yang berkualitas

Meskipun berada di dalam masa karantina, tubuh kita mengalami lelah juga, sebab kita beraktivitas sehari-hari, misalnya membersihkan rumah, memasak, mendampingi anak school from home, dan work from home.

Maka beristirahat secara berkualitas dapat menjadi cara untuk menjaga pola pikir agar senantiasa positif. Saya berusaha mengoptimalkan tidur malam dengan mencapai deep sleep agar saat bangun pagi, tubuh dan pikiran menjadi segar, siap untuk berkegiatan lagi.

Nonton video lucu

Menonton video lucu membawa banyak manfaatnya, lho. Saya suka sekali nonton postingan video yang bikin tertawa di Youtube. Sebab efeknya dalam menjaga pikiran selalu positif, antara lain sebagai berikut:
  1. Meredakan stres
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Meningkatkan hormon endorfin
  4. Menghindarkan diri dari penyakit
  5. Membantu agar tetap awet muda 
berpikir positif

Merawat rambut

Sebagai perempuan tentunya saya memiliki kepedulian dalam merawat mahkota yang dikaruniai Tuhan. Masa karantina ini justru menjadi peluang bagi saya dalam memaksimalkan perawatan di rumah saja.

Salah satunya adalah dengan merawat rambut. Kebetulan saya berhijab jika keluar rumah. Nah, dengan banyak waktu di rumah saja maka hal ini menjadi kesempatan untuk melakukan perawatan rambut.

Saya ingin rambut saya lebih kuat, tebal, halus dan berkilau. Makanya saya menggunakan Emeron Hair Care  nutritive shampoo Emeron hair fall control yang sudah disempurnakan dengan teknologi Jepang,  Active Provit Amino dan diperkaya dengan Aloe Vera (lidah buaya).

Merawat kekuatan akar rambut, membantu mengurangi rambut rontok serta menutrisinya hingga ke ujungnya.

How to create a positive mindset
Foto pribadi

Kalau rambut sehat, pikiran juga ikut segar, maka merawat rambut bagi saya dapat menjaga pola pikir menjadi selalu positif selama masa karantina. Kalau kamu gimana caranya...? Share di kolom komentar yaa.

#DiRumahAja 
#DengarkanHatimu

Salam,
















Berlangganan update artikel terbaru via email:

61 Responses to "Menjaga Pola Pikir Positif Selama Masa Karantina "

  1. Shampo emeron wanginya aku suka. Btw emeron adalah produk shampo yg melegenda ya sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Sis, sejak zaman kita kecil udah ada aja ya

      Delete
    2. Harganya tetap terjangkau lagi. Sejak dulu sampai sekarang. Pokoknya sampo sejuta umat ini mah, walau lebih mudah nemuin sachet-nya ketimbang botolannya.

      Delete
    3. Iya lho. Emeron ini legenda banget sejak aku baca majalah Kartini di masa-masa TK dulu. Sampai sekarang masih ada ini membuktikan kualitasnya yang tetap disukai masyarakat.

      Delete
  2. Aku pernah pakai emeron warna pink, harumnya bikin tambah pede ya kak

    ReplyDelete
  3. Aku lagi suka bertanam nih mbak, btw, emeron ini dari dulu branding shamponya cukup kuat juga ya. Wangi shamponya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyik banget tuh punya hobi berkebun ya Mbak, jd selalu bs menjaga pola pikir positif

      Delete
  4. Aku lagi suka bercocok tanam mbak, btw shampoo emeron ini wanginya semerbak euyy.

    ReplyDelete
  5. Tosss saya juga suka banget selama pandemi corona ini nonton film atau video lucu apapun itu, biar selalu hepi dan ga mikirin yang sedih-sedih. Wah kalau urusan keramas memang Emeron andalannya ya, adem dan wangi sepanjang hari rambut dibuatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mba Lidia, pikiran kita mah udah penuh dg yg positif2 ya hehe

      Delete
  6. Benar banget, Mbak, di masa karantina ini kita harus menjaga untuk tetap positive thinking. Dan, salah satu caranya ,ya dengan menjaga kebersihan diri. Keramas dengan emeron bisa bikin kita lebih fresh dan akhirnya bisa tetap positif thinking.

    ReplyDelete
  7. Setiap musibah pasti Ada ibrahnya y mba jd dekat Sama kluarga saling mengingatkan untuk hidup lebih sehat dn jg kebersihan

    ReplyDelete
  8. Dengan mensyukuri segala yg kita dapat besar atau kecil Insyaallah yang penting berkah ya. Semoga covid-19 ini segera pergi...

    ReplyDelete
  9. Baguuus banget gambarnya mbak, plus infografisnya juga!
    Jadi membayangkan Emeron perannya penting ya menjaga mood

    ReplyDelete
  10. mencuci rambut merupakan salah satu ritual yang bener-bener bisa membantu menghapus stress, apalagi pake emeron ya kak, segeeeerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kulit kepala dingin, rambut wangi, halus, dan lembut, mood pun akan terbawa senang juga ya. Aku merasakan banget ini.

      Delete
  11. Punya rambut sehat tuh buatku penting banget. Tanganku tuh suka usil. Misalnya sedang kerja, pasti suka belai-belai rambut gitu. Kalau rambut terasa kasar, kaku, kering, apalagi ada yang rontok, aduh rasanya nggak enak banget.

    Makanya, pas banyak di rumah, malah bisa sering-sering merawat rambut. Udah gitu, bisa membiarkan rambut kering alami tanpa pakai hair dryer, kan?

    ReplyDelete
  12. Saya juga pakai emeron, karena diajak teman untuk membeli product Indonesia
    Dan dia bener banget
    Cocok pula saya pakai emeron, suka harum nya

    ReplyDelete
  13. Setuju mba, kita harus tetap berpikir positif di masa karantina ini. Biar ga stress. Termasuk merawat rambut yah. Aku udah kenal dari dulu nih emeron. Rambut sehat terawat. Stress hilang deh

    ReplyDelete
  14. Di tengah musibah yang cukup lama ini kita gak punya pilihan selain tetap optimis dan berpikiran positif. Jika tidak, stres gampang sekali datang. Gampaaaang banget. Mandi dan keramas ini salah satu cara cepat untuk meredakan ketegangan selama di rumah karena bisa merangsang endorfin keluar lebih banyak. Jadinya kita tetap tenang, hepi abis mandi, dan kebawa deh hepinya sama anak dan suami. Emeron kece lah, brand lawas yang masiih eksis sampai sekarang.

    ReplyDelete
  15. Aku juga pakai Emeron, Mbak. Yang complete hair care. Wanginya enak, serasa lagi aromaterapi deh :)

    ReplyDelete
  16. Tetap tarik manfaat dari setiap kejadian, karena nggak da yang sia-sia ya. Semoga lekas kondusif kembali keadaan, beberapa hari ini cuaca mendung ya mbak

    ReplyDelete
  17. Warnanya ijo seger nih bisa sambil mandi madni keramas galau di shower pake emeron ehehe

    ReplyDelete
  18. Benar mbak, berpikir positif saat pandemi seperti ini sangat penting
    Jangan sampai terkena psikosomatis seperti yg pernah aku alami

    ReplyDelete
  19. Wah, sampo kita samaan, Mbak. Sama-sama Emeron dari zaman dulu banget. Tapi, saya pakai yang Hijab. BTW, selama pandemi memang banyak kegiatan positif yang bisa kita lakukan selama di rumah ya, saya jadi makin produktif nulis juga nih :)

    ReplyDelete
  20. Bener mba, harus selalu berpikir positif di masa adaptasi seperti ini. Jangan lupa banyak bersyukur. Dan tetep perawatan rambut pake Emeron tentunya, meskipun di rumah aja, kalo rambut seger ya bawannya ga bad mood.

    ReplyDelete
  21. Rambutku yang rontok ini juga udah berkurang sejak tinggal di rumah terus hahahah. Jadi banyak kasi napas dan perawatan buat rambut.

    ReplyDelete
  22. Kondisi sekarang memang membuat kita harus beradaptasi dengan cepat
    Siapa yang menyangka hidup bakalan terbatas kayak gini
    Tapi memang benar, kitalah yang bisa mengatur hati dan rasa
    Semoga selalu berpikir positif agar tetap bisa menyikasi setiap kejadian dengan bijak

    ReplyDelete
  23. Dari klaimnya bisa mengatasi rambut rontok ya kak?wah kayaknya saya harus coba si, soalnya kalau di kost rambut saya selalu rontok

    ReplyDelete
  24. Tos mbak mia aku jg kalau keramasan pikiran lebih seger, apalagi pake emeron. Aku sendiri pake emeron hijab ckean n fresh...seger

    ReplyDelete
  25. Betul gan, merawat rambut memang penting. Karena rambut yang jarang dirawat akan menyebabkan gatal-gatal dan ketombe yang membuat kita malas melakukan aktifitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih iya nih Mas Afriant.. jangan sampe deh stay at home rambut masih gatel aja haha

      Delete
  26. Akhir-akhir ini rambutku rontong nih. Mungkin bisa ya pakai Emeron Hair Fall Control. Memang bener nih, di rumah aja harus cari ide supaya betah dan engga bosan...

    ReplyDelete
  27. Dengan adanya pandemic ini, jdi mainsering merawat diri dan merawt rmbut d rumah aja ya . aku suka wanginya emeron. memang shampoo yang melegenda

    ReplyDelete
  28. Aku sempat psikomatis dan stress
    Sampe sesak napas ga jelas
    Memang penting menjaga pikiran positif
    Alhamdulillah aku nonton film korea yang luculucu aja jadinya

    ReplyDelete
  29. Bener banget ih sisi positifnya banyak di rumah. Jadi ada banyak waktu buat nyobain resep baru gitu. Anyway, kalau liat Emeron, ingat dulu deh. Kayaknya ini shampoo favorit pertama aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, skalian pas momennya Ramadan, keluarga bawaannya mau nyam-nyam-nyam terus

      Delete
  30. Betul Mbak Mia, kalau rambut sehat maka pikiran pun segar, positif jadinya bawaannya, ga neko-neko mikirnya. Salah satunya dirawat saja dengan shampoo yang cocok seperti Emeron yang menguatkan rambut, mengurangi rambut rontok dan merawat hingga ke ujung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak Dian... insyaallah selama di rumah rambut sehat terawat, gak rontok lagii

      Delete
  31. wah sama kaka krgiatan sy salah satunya juga nonton film lucu spya tdk stress. Btw emwron shmpoo nya samaaan nih pakai yg hijau karena sy jg rambut suka rontok

    ReplyDelete
  32. Emeron emang terkenal sejak lama ya. Setara dgn product top lainnya
    Secara kualitas ok dan harga juga ok
    🙏😊

    ReplyDelete
  33. Aku juga pake emeron, cocok di rambutku yang hampir 9 jam tertutup jilbab.

    ReplyDelete
  34. bersama emeron membuat wanita yg dirumah menjadi pikirannya lebih positif..

    ReplyDelete
  35. Memiliki rambut sehat dan bersih setiap hari mampu meredam kemumetan kulit kepala. Karena kalo kulit kepala gatal, gerah beuuuhhh, udah dehpikiran galau kemana-mana

    ReplyDelete
  36. Kalo kita selalu melihat setiap kejadian dari dua sisi yang berbeda, kita akan menemukan hikmah nya... Sama halnya kayak pandemi Corona saat ini, pasti ada hikmah yang bisa kita ambil, rinciannya udah dijabarkan di artikel ini.

    Nice sharing

    ReplyDelete
  37. Mencari sisi positif dan bersyukur dari bencana memang lebih baik daripada hanya mengeluh tanpa berbuat baik. Tiap musibah pasti ada hikmahnya. Semoga pandemi cepat berlalu

    ReplyDelete
  38. sama kak. merawat diri selama di rumah aja jadi alternatif terbaik. kita jadi punya lebih banyak waktu buat metime. terutama menjaga kesehatan rambut. aku juga pakai emeron tapi yang hijab clean and fresh.

    ReplyDelete
  39. Yup..penting banget merawat tubuh kak.. salah saaltu terapi biar tetap fresh dan ga stress melewati pandemi yang sedang terjadi

    ReplyDelete
  40. Sangat bermanfaat kan ilmu nya disaat2 udah mulai jenuh di rumah aja. Harus terus menjaga utk berpikir positif nih biar tetep waras hehe. Semoga pandemi nya segera berakhir deh.

    ReplyDelete
  41. Pola pikir positif ataupun negatif memang akan mempengaruhi kondisi fisik ya mbak, jadi emang penting banget untuk menjaga pola pikir positif ini

    ReplyDelete
  42. aku juga pake sampo emeron kak, karena lembut dan wangi. setelah kita mandi dan sampoan terasa kepala enteng dan bawaanya auro positif aja.

    ReplyDelete
  43. Galfok sama gambarnya, bagus banget, mbaaak. Aku juga pake emeron nih, paling sering yg hijab refresh. Suka sama aromanya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel