Pengalaman Jadi Moderator Di Instagram Live

Menjadi anggota Komunitas Ibu Profesional harus siap sedia jika diminta jadi apa saja. Termasuk saat ada peluang mengisi posisi moderator Instagram Live (IG Live) di acara Deringmu (Parade Sharing Ilmu), program kerja komunitas IP Sumatera Utara bulan Juni lalu. Sebagai mom blogger, saya dituntut untuk tak pernah berhenti belajar, termasuk mencoba media IG Live ini.

Sebelumnya saya pernah didapuk jadi narasumber di acara komunitas yang sama di media Facebook Live. Berbeda dengan Go Live yang waktu itu saya one man show alias manggung sendirian, di IG Live ini saya menemani narasumber yang berbicara tentang Probiotik Nonsusu. Ia adalah Bunda Maya Faroka, S.Gz. Banyak sekali insight yang saya peroleh dari diskusi bersama beliau.

Pengalaman di IG Live


Perbedaan siaran langsung di IG Live dengan Go Live FB

Media sosial Instagram mulai meluncurkan fitur siaran langsungnya (live streaming) sejak Januari 2017 menurut situs berita IDNTimes yang saya telusuri. Meski lebih belakangan mengeluarkan fitur siaran langsungnya dari Facebook, banyak orang menilai Instagram Live lebih simpel dibandingkan Go Live-nya Facebook. Kendati demikian tentu ada kelebihan dan kekurangannya, bisa disimak di sini:

1. Instagram tinggal geser ke kanan langsung live, FB harus ke menu update status lalu tekan go live

Kalau mau IG Live, di Instagram Anda tinggal menggeser ke kanan saja dan tap "langsung" maka Instagram akan menyediakan layanan live streaming-nya. Berbeda dengan Go Live, Anda harus menuju menu memperbaharui status lalu tap "Go Live" setelah itu akan ada pilihan mau disiarkan ke publik atau privat (diri sendiri dan teman-teman yang diinginkan). Setelah memilih, Anda diminta memberi nama live show, barulah Anda bisa bercuap-cuap di linimasa FB.

2. Durasi IG live hanya 1 jam, berbeda dengan live di Facebook.

Di IG live, Anda hanya punya waktu selama satu jam untuk berbicara atau talk show. Sehingga harus benar-benar dimanfaatkan seoptimal mungkin jika tidak ingin live streaming Anda akan terhenti begitu saja. Sementara kalau go live, selama koneksi internet Anda bagus, silakan terus-menerus live streaming, tidak ada batasan waktunya. Wow.

3. Di IG Live tidak ada pengaturan live privat dulu, tidak seperti pada go live

Jika Anda terbiasa melakukan uji coba dulu (baca: gladi bersih) sebelum tampil seperti fasilitas yang tersedia pada go live  yaitu setting privat "only me", maka tidak demikian pada IG Live. Yang ada seluruh follower dan teman Anda akan menerima notifikasi tanda Anda sedang melakukan siaran langsung.

4. Di IG live tayangan live show otomatis hilang, di go live jadi video

Berbeda dengan IG Live yang sekali live streaming maka tayangan tidak dapat diputar kembali, go live memungkinkan Anda menonton siaran tundanya. Sehingga jika Anda ingin melihat kembali penampilan live show tinggal tap saja maka go live Anda bisa dinikmati kembali. Hal ini berkaitan dengan penamaan live show agar saat membutuhkannya kembali, tinggal mengetikkan namanya saja.

Pengalaman Jadi Moderator Di IG Live

Pengalaman saya menjadi moderatornya Mbak Maya Faroka bisa dikatakan cukup seru. Sebab selain materi presentasi yang "daging semua" saya jadi tahu rasanya mendampingi narasumber bersiaran langsung dari IG Live. Sesuatu yang menjadi suatu keharusan sebab belajar daring akan terus eksis sampai kapan pun.

Sumber gambar: IG Ibu Profesional Sumut

Berikut pengalaman saya menemani pembicara di IG Live:

a. Narasumber yang mengundang moderator

Biasanya moderator yang mengundang narasumber, bukan. Nah, di IG Live, password komunitas diberikan pada pemateri lalu pemateri mengadakan siaran langsung. Saat muncul menu "minta bergabung di siaran langsung" saya segera menge-tap "minta" dan layar pun otomatis terbagi dua, narasumber di atas dan saya sebagai moderator di bagian bawah.

b. Narasumber bisa membagikan materi

Keuntungannya dengan narasumber yang "jadi host" IG Live, ia bisa membagikan slide (share screen) atau video kepada pemirsa live show. Sementara jika moderator yang mengundang pemateri, tidak bisa melakukan hal yang sama. Saat pembicara menayangkan slide-slidenya, kamera bisa disetel jadi mode kecil sehingga tampak seperti insert di pojok kanan atas. Agar pemirsa leluasa membaca slide-nya.

c. Moderator tetap yang membuka dan menutup acara

Sebagaimana umumnya dilaksanakan, moderator bertugas menyampaikan pengantar materi, mempersilakan narasumber untuk presentasi dan memandu sesi interaktif berupa tanya jawab. Maka di IG Live kemarin meski narasumber yang mengundang saya untuk live streaming bersama, namun tetap yang memulai hingga menutup acara adalah saya selaku moderator.

Tantangannya adalah saat live, pertanyaan yang diketikkan pemirsa ke kolom komen IG Live terus berjalan, sementara moderator harus stay tune di layar. Sehingga agak kerepotan jika harus menulis ulang semua pertanyaan lalu mempersilakan narasumber untuk menjawabnya satu persatunya.

Tips Jadi Moderator Di IG Live

  • Pastikan saat live show berlangsung tidak ada orang yang lalu lalang di belakang Anda. Berbeda saat go live Facebook lalu latar belakang live saya dinding sehingga minim gangguan penglihatan. Sementara pada IG Live kali ini karena perubahan interior furnitur di rumah saya live dengan anak dan ART bolak-balik lewat di belakang saya.
  • Lakukan IG Live di tempat yang pencahayaannya terang dan memungkinkan sinyal juga kuat. Karena ada gangguan sinyal akhirnya saya berpindah dari ruang tengah ke beranda rumah, tepat dengan background tanaman hias di halaman.
  • Sebaiknya ada seorang teman yang membantu moderator mencatat atau lebih praktis men-screenshot pertanyaan-pertanyaan sehingga moderator bisa fokus memandu jalannya acara.
Demikian sharing pengalaman saya jadi moderator di IG Live, mudah-mudahan ada manfaatnya. Silakan ditambahkan bagi teman-teman yang berpengalaman juga live streaming di Instagram. Terima kasih.


Salam,


















Berlangganan update artikel terbaru via email:

26 Responses to "Pengalaman Jadi Moderator Di Instagram Live"

  1. Pas banget mampir kesini.
    Bsk aku jadi moderator live ig ni.
    Makasih infonya bu dosen

    ReplyDelete
  2. Wah tips jadi moderator live nya bermanfaat sekali mba..terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  3. belum pernah saya pake IG untuk jadi moderator, terakhir di MS Teams dan agak deg-degan karena isinya banyak dosen bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  4. Oh... screen shoot pertanyaan tuh ternyata baiknya ada yang bantu ya, Mbak. Keren tipsnya membantu banget. Aku pernah live IG sekali dan kikuk banget karena belum biasa. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus rajin belajar cara tampil live ya Mbak, di zaman now nihh

      Delete
  5. Ternyata menjadi moderator saat live di Instagram dengan Live di Facebook ada beda nya ya mba,aku kira sama aja.
    Yang pasti aku salut deh sama mba,karena menjadi moderator. Karena menurutku menjadi moderator itu mesti punya skill dan pinter ngomong juga ya kan, terimakasih tips nya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinter ngomong yg gimana banged sih belum Mbak, cm ya bisa sedikitlah hehe

      Delete
  6. MasyaAllah keren mamak ocean ini ❤️
    Awak belum pernah nyoba Ig live buat pribadi..apalagi buat jadi moderator. Tapi insight nya dapet. Jadi tau kelebihan dan kekurangan ig live dibanding FB live.

    ReplyDelete
  7. Aku selalu bingung kalau disuruh jadi moderator hihi.
    Kadang jadi kagok sendiri. Keren ih mba Mia. Cateeet aaahh siapa tau bisa jadi moderator suatu saat nanti hehehe

    ReplyDelete
  8. Nah ini yang lagi ku cari, baru mau mulai belajar live di ig. Tapi kok sayang ya kalo live di ig ga jadi video seperti di go live.

    ReplyDelete
  9. aku suka deh mommy yang multitasking senang melakukan banyak hal positif gini mb mia, keren banget bagiku, hehehe sukses mb semoga sering jadi moderator dan bisa jadi mc juga kalau ada acara-acara online ataupun offline ya

    ReplyDelete
  10. Wah terima kasih banyak pak. Kebetulan saya hari ini menjadi moderator ngobrol santai tentang pengenalan sebuah komunitas. Banyak yang saya belum tau dan baru mendapatkan info dari sini.

    ReplyDelete
  11. Nanti dari live IG bisa di save ke IGTV ya mba Mia. Saya kemaren juga dapat kesempatan live IG QnA IP Malang. Hiyaaaa deg degaannnn. Tapi seruuu.

    ReplyDelete
  12. Saya ngak bisa jadi moderator apalagi tampil live di IG atau FB gitu, makanya belum pernah pake IG live atau FB live gitu meskipun saya seorang guru yang biasa berkoar-koar di depan murid, tetap saja ngak PD

    ReplyDelete
  13. Mantabs kak, makin keren aja
    Awak video call aja ga pede, apalagi jd moderaror IG live huhu
    Sukses selalu kak 😊🙏

    ReplyDelete
  14. keren ihh kaka jadi moderator live IG , kalau jadi moderator harus banyak perbendaharaan kata, biar ga kikuk saat memoderator walaupun hanya di IG ya

    ReplyDelete
  15. Eh, kemana saya selama ini, saya baru tahu kalau bisa share screen seperti slide di IG Live, Mbak. Padahal saya sering buka IG, tapi baru tahu fitur ini

    ReplyDelete
  16. Platform IG live beda ya kak. Tapi jadi menarik sih, karena konsep IG sebagai media yang diunggah spontanitas yang lebih personal. Kalo FB live saingannya emang sama YT.

    ReplyDelete
  17. belum pernah, saya nih jadi moderator di IG live. Dulu palingan di WA ya, moderator pernah, narasumber juga pernah, nah IG nih yang belum pernah. pankapan coba ah

    ReplyDelete
  18. Keren kak Mia bisa jadi moderator di live IG. Nyesel ih nggak nonton. Semoga lain kali ada kesempatan ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lain kali kak Mia mau bagi ilmunya pas kita kopdar ya.. hiksss kapan kita kopdar ini ya.. 😁

      Delete
  19. Belum pernah punya pengalaman jadi moderator di seminar online. Baca ini jadi bertambah teorinya, tambah ilmunya, tinggal prakteknya he he semoga bisa

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah, ibu dosen satu ini emang keren. Kondisi pandemi ini, ada hikmahnya juga ya kak. Membuat kita jadi harus lebih banyak belajar dan ternyata mendatangkan pengalaman baru.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel