Dinomorsatukan Google Belajar SEO Di Kelas Growth Blogger

Belajar SEO bersama Coach Baim

Mulai Jumat 4 September 2020 lalu saya dan teman-teman yang terpilih belajar SEO di Kelas Growth Blogger, mendapatkan "harta karun" berupa materi tentang Google Analytic (GA), Google Search Console (GSC) dan Parameter SEO Onpage.

Banyak sekali pemahaman SEO yang saya dapatkan dari kelas ini, berikut penjelasannya.

Mengapa kita penting memahami Google Analytic (GA)?

GA adalah tools yang bisa melihat trafik kunjungan ke blog yang ketepatannya hampir 100% akurat. Kalau kata coach yang juga bekerja sebagai freelance content writer dan web content editor salah satu agensi di Jakarta ini, GA adalah tools milik Google yang bisa kita manfaatkan untuk membaca data terkait trafik kunjungan di blog kita. Untuk itu kita perlu menyambungkan blog dengan GA. 

 

Belajar-SEO-Di-Kelas-Growth-Blogger-Growthing

Fitur Utama GA

Kita mempelajari GA agar bloger tahu fungsi dari GA itu sendiri, termasuk fitur-fitur yang ada di dalamnya. Saat membuka halaman GA, kita akan melihat data-data berikut ini:

  1. Users: jumlah orang yang sudah mengunjungi blog kita
  2. Sessions: jumlah orang yang membuka halaman di blog kita. Satu pengunjung dihitung satu session
  3. Bounce rate: jumlah atau persentase orang yang meninggalkan blog kita, namun tidak mengunjungi halaman lainnya. Bisa kembali ke hasil pencarian atau membuka blog lain pula.
  4. Sessions Duration: waktu yang dihabiskan visitor di halaman blog kita.

Bloger penting mengetahui cara membaca GA ini, gunanya untuk:

  • Memantau perkembangan trafik blog
  • Melakukan evaluasi konten, rasio pantulan dan durasi
  • Mengetahui postingan yang paling banyak dikunjungi
  • Mengetahui sumber trafik media, negara dan perangkat yang digunakan

Mengapa kita penting menguasai Google Search Console (GSC)?

GSC adalah alat dari Google yang bisa membantu kita memaksimalkan artikel atau postingan blog di hasil pencarian Google, baik blog yang menggunakan platform Blogspot maupun Wordpress. Apa saja fitur utamanya?

Fitur Utama GSC  

Overview: menampilkan data terkait perkembangan blog secara umum. Di sini kita bisa melihat jumlah klik dari hasil pencarian, coverage halaman, dan enhacement/perbaikan.

Performance: Di sini kita bisa melihat berbagai data tentang hasil pencarian blog atau artikel kita di Google

Selain itu kita juga bisa melihat data performa berdasarkan total clicks, total impressions, average CTR dan average position. Data performa juga bisa dilihat berdasarkan query/kata kunci penelusuran, pages (halaman artikel), negara, perangkat, tampilan penelusuran dan tanggal.

Menu Penting untuk Bloger

Sebenarnya semua menu perlu untuk diketahui, tetapi itulah keuntungan belajar SEO di kelas Growth. Kita diarahkan untuk menguasai beberapa menu penting di GSC yang penting dan perlu untuk diperhatikan oleh bloger, yaitu:
  1. Performance
  2. URL inspection
  3. Coverage
  4. Sitemaps

Mengapa Kita Penting Melakukan Keyword Research?

Keyword research atau riset kata kunci berguna sekali agar bloger tidak meminta-minta pageviews (PV) ke sana kemari alias ngelist blogwalking demi artikelnya ada yang mengunjungi dan meninggalkan komentar.

Keyword riset sangat membantu bloger untuk bisa mengetahui kata kunci apa sebenarnya yang banyak dicari orang. Maka sebelum menulis artikel, sebaiknya melakukan riset kata kunci dulu. Pada umumnya bloger hanya mengandalkan pada perasaan saja dalam menuliskan artikelnya. Menebak-nebak satu kaca kunci pasti banyak yang mencari, padahal kenyataannya tidak demikian.

Riset keyword itu apa sih? 

Riset keyword adalah proses mencari kata kunci dari ide tulisan yang akan kita buat. Proses ini penting sekali untuk dilakukan agar tulisan yang kita buat, tidak hanya bisa dibaca oleh orang yang datang ke blog secara langsung, tetapi juga yang datang dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, dan lain-lain. Melakukan riset keyword juga memudahkan kita saat menyusun artikel yang akan dibuat.
 

Lalu apa keuntungan melakukan Riset Keyword?

Melakukan riset keyword memiliki sejumlah keuntungan lho. Apa saja keuntungannya, 
  1. Membantu menemukan ide tulisan
  2. Mendapatkan kata kunci potensial
  3. Membangun konten yang "menjawab" kebutuhan pembaca
  4. Membantu pemetaan konten/internal link (untuk blog baru)

Saya jadi instrospeksi diri, pernah beberapa kali asal menuliskan saja artikel di blog dengan ide tulisan dan kata kunci sesuka hati saja. Hasilnya hmm... mudah ditebak, meskipun secara subjektif menurut saya konten artikel itu bagusnya sampai tingkat dewa, tetap saja dicuekin sama Om Google, alias ditempatkan di halaman antah-berantah, huhu... sedih banget rasanya. 

Tips Riset Keyword 

Senangnya ikut Kelas Growth Blogger nih ya seperti ini nih... ada tipsnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat riset keyword.
  • Hindari pencarian terlalu tinggi (terutama untuk blog baru)
  • Cari kata kunci yang persaingannya mudah (cek saja siapa yang ada di halaman pertama hasil pencarian)
  • Usahakan kata kunci saling berhubunganm untuk memudahkan proses menulis artikel.

Parameter Onpage SEO 

Untuk memastikan optimasi onpage SEO yang kita lakukan sudah benar, setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

1. Judul artikel mengandung keyword

Gunakan keyword utama yang sudah kita dapatkan, misalnya, tips menulis buku. Perhatikan panjang judul dan sebaiknya tidak lebih dari 55 atau 60 karakter. Seperti judul saya sekarang ini Ingin Dinomorsatukan Google Belajar SEO Di Kelas Growth Blogger. Tepat 55 karakter.

2. Menyisipkan keyword di permalink

Permalink adalah link artikel, sisipkan keyword di dalam link tulisan. Sebaiknya tidak lebih dari 75 karakter karena khawatir terpotong dan mengurangi kekuatannya. Ada juga yang mengukurnya dengan jumlah kata, sekitar 3 sampai 5 kata, intinya usahakan membuat url postingan yang pendek.
 

3. Menyisipkan keyword di meta deskripsi

Meta deskripsi sering luput dari perhatian bloger, bahkan banyak bloger yang tidak mengisinya saat mempublikasikan postingan blog. Padahal meta deskripsi ini merupakan penjelasan singkat yang tampil di hasil pencarian. Sebaiknya buat meta deskripsi tidak lebih dari 150 karakter.

4. Menyisipkan keyword di awal paragraf

Usahakan keyword berada di awal paragraf saat kita mulai menulis artikel. Meskipun meta deskripsi sudah diisi dengan sebaik-baiknya, bisa jadi Google menampilkan potongan paragram pertama sebagai meta deskripsinya.

5. Optimasi tag heading

Siapa yang biasanya menulis ala-ala curhat tidak pakai tag heading? Nah, setelah belajar SEO Onpage pasti jadi lebih teratur lagi membuat struktur tulisan. Tag heading itu ada H1 sampai H6, namun umumnya H1 sampai H3 juga sudah baik untuk sebuah artikel.

Nah, masih banyak lagi parameter SEO Onpage yang dipaparkan oleh abang bloger dari Pontianak ini. Mengenai optimasi gambar, penggunaan outbound link, penggunaan internal link, memanfaatkan LSI  (Latent Semantic Indexing) keyword dan jangan lupa, kalau artikelmu sudah jadi, share ke media sosial ya. Satu lagi, submit-lah url artikel setiap barusan publish ke GSC.

Kenalan yuk dengan Coach Baim

Seperti yang sudah saya sebut-sebut di atas, Coach Baim ini adalah seorang bloger yang produktif. Sederetan pekerjaan dilakoninya sekaligus, blogger, freelance content writer, dan SEO assistant. Web content editor di Indoblognet.
 
Bang Baim sedang memberikan materinya di satu event / Facebook Bahrul Ilmi

 
Terlahir di kota Pontianak, Coach Baim bernama lengkap Bahrul Ilmi. Hmm, sesuai dengan nama yang disematkan orang tuanya ya, dalam bahasa Arab artinya "Lautan Ilmu", ilmu ngoprek blognya luar biasa. Uniknya si coach ini justru kurang suka dengan sapaan keinggris-inggrisan Coach-coach gitu di kelas. Ia lebih senang disapa Bang Baim, terdengan lebih akrab di telinga ya.
 
Btw, Bang Baim ini masih jomlo lho, jadi bagi pembaca perempuan yang sedang mencari jodoh bisa direkomendasikan belajar SEO sampai mendalam plus dijadikan pendamping hidup. Amin.

Belajar SEO Di Kelas Growth Blogger

Sekali lagi saya bersyukur bisa mengikuti Kelas Growth Blogger (KGB) ini. Hmm... KGB ya, CIA sama Mossad-nya jangan-jangan ada juga, hehe... Di KGB meski banyak becandanya, namun materinya seriussss, apalagi kalau sudah jadwalnya cek-cek setoran tugas. Alamat sport jantung. Tapi percayalah, di mana lagi kelas yang urusan ngoprek blog amat sangat diutamakan kalau tidak di KGB ini.

Umumnya sikap kita kalau belajar suka tidak fokus, sok sibuk, banyak alasan dan bla-bla-bla lainnya. Coaches-nya tak mau tahu. Jika masih ingin bertahan dengan materi yang isinya daging semua ini, harus betul-betul serius membenahi blog.

Oya, ini ada info KGB Premium lohh, Kelas Coaching SEO for Blogger. Dipandu dua coach kenamaan yang sudah pasti tidak asing lagi di dunia praktisi SEO. Yupss, Coach Irwin dan Coach Pewe. 
 
Coaching-SEO-Class



Pastikan kamu dapat seat di kelas ini, karena kalau nggak wahh rugi besar melewatkan kesempatan dinomorsatukan sama Om Google yang kabarnya gampang baperan itu.

See you on the top,
Fadlimia-belajar-seo-onpage

 
 





Berlangganan update artikel terbaru via email:

35 Komentar untuk "Dinomorsatukan Google Belajar SEO Di Kelas Growth Blogger"

  1. Jadi pengen belajar jugak...
    bagaimana ya...
    hihi..
    susah bagi waktu saya nih..

    *garuk garuk pala yang ndak gatal*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emak emak mah waktunya ketat banget ya mba. wkwkwk. Saya pun merasakan hal sama. Salut ini Uni Mia. masya Allah. Udah lah ngajar, dampingi anak sekolah online, jadi ibu rumah tangga pula. Keren.

      Hapus
  2. Ooh Bang Baim itu Bahrul Ilmi toh hehe. Biasa dengar namanya.
    Alhamdulillah, Mbak dapat ilmu daging semua nih.

    BalasHapus
  3. Keren banget nih ilmunya 😍. Mestinya aku ikutan biar blog aku berkembang ya.. Terima kasih infonya kak..

    BalasHapus
  4. Ilmunya bagus banget bisa aku aplikasikan buat next blog nih, thanks for sharing ya mbak

    BalasHapus
  5. Pingin belajar banyak biar kedepan tulisan ini memberikan manfaat besar untuk menebar kebaikan, terima kasih artikelnya sangatlah membantu kakak

    BalasHapus
  6. Baper..akutu sama kelas Growth Blogger ini...bikin ikutan semangat ngoprek blog lagi. Keren coach-coach-nya dengan ilmu mumpuni. Selamat belajar di kelas penuh inspirasi ini Mbak Mia, tularin ilmunya ya nanti....semoga sukses!

    BalasHapus
  7. Kalo terkait SEO, saya masih angkat tangan kak. Pengen belajar lebih dalem sih, tapi kayaknya kudu nyisihin waktu yang lumayan supaya bisa maksimal. Apalagi dapet grup kayak dari Bang Baim itu, bisa-bisa langsung ketendang, wkwk. Salut kak Mia, bisa menyempatkan diri ikut kelas ini.

    BalasHapus
  8. Aih pantes kemarin yang diutamakan blogger ciwik-ciwik ternyata bang Baim masih single .. bersyukur deh kak mia bisa nyempil disini hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya gak mommie -able katanya, gak terima drama riweuh urusan anak n printilan lainnya wkwk

      Hapus
  9. Selamat sudah masuk kelas Growth Blogger ya Mbak..

    Ilmunya oke banget itu. Sangat bermanfaat untuk para Blogger seperti saya. SEO Onpage sangat penting rupanya biar tulisan kita sesuai kaidah SEO dan akhirnya bisa ditemukan banyak orang.
    Trimakasih sharingnya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biar ga cape2 nulis ga ada yg baca kecuali diikutkan list BW, hikss

      Hapus
  10. Ilmu yang bermanfaat sekali. Apalagi untuk blogger pemula seperti saya yang hanya tahu menulis dan posting begitu saja tanpa ada perencanaan lainnya.

    BalasHapus
  11. Beberapa kali baca info tentang Kelas Growth Blogger ini. Cemburuuu, pengen ikutan juga. Harus mengakui kalau aku menulis sebatas suka dan suka-suka aja. Belum memperhatikan unsur penting seperti SEO. Apalagi kalau lihat iklan freelance content writer gitu. Mesti yang dicari penulis yang menguasai SEO.

    Pas banget ini ya lagi buka lowongan. Bismillah, nabung-nabung dulu, ah...

    BalasHapus
  12. Google analitics ini koentji sebenernya ya kak Mia bagi seorang blogger.
    Wuiiih ilmu keren ini kak, semoga awak bisa ikutan belajar kayak gini juga ah. Walaupun kali sekarang masih banyak yang roaming istilahnya bagi awak.

    Barakallah

    BalasHapus
  13. saya cek GA cuman pengen liat traffic doang, kadang gak ngerti juga fungsi nya, hehehe. apa itu bounce rate? saya juga belum paham dan efeknya gimana sama blog kita. kalo ada rezeki saya juga pengen ikut nih pelatihan ttg GA ini sama coach Baim

    BalasHapus
  14. Waktu itu aku sempat daftar ni Uni Mia, tapi kayaknya belum rezeki, belum kepilih. Hihihi. Ilmunya daging banget ya. Semoga semakin jago SEO on page dan SEO off pagenya uni.

    BalasHapus
  15. Yeayy.. tq infonya
    Jd pengen ikutan, biar bisa lebih faham ttg blog dan pengembangannya hehe

    BalasHapus
  16. Ilmu yang renyah banget nih. Kemarin juga saya ikutan kelas SEO dari IIDN dan IM3 ODEROO. Tapi tetep aja masih bingung.

    BalasHapus
  17. SEO ini kelasnya orang berkelas ya kan mbak.
    daritadi baca dari awal materinya daging semua.
    mau banget dinomorsatukan.
    Coach nya juga bukan kaleng kaleng..
    Aih, mesti masuk agenda nih..

    BalasHapus
  18. Keren banget ya kelasnya, tapi gagal fokus sama kelas premiumnya sudah naik ya

    BalasHapus
  19. Apakah di kelas KGB kali ini se menegangkan batch 2? Karena konon katanya yg batch 1 tidak seketat batch 2. Nah apakah batch 3 ini lebih longgar? Keren ya mba kelasnya, ilmunya dagiiing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelas Growth Blogger br batch 1 Mbak,, yg Mba ikutin kemaren itu kelas naikin DA bukan KGB hehe

      Hapus
  20. Saya nih termasuk yang nulis blog masih suka-suka aja, pengennya nulis apa, ya tulis aja. Sama sekali belum pernah melakukan keyword research

    BalasHapus
  21. pasti seru banget belajar seo di kelas growth blogger karena bisa naik DA dan di utamakan oleh Google widih keren yaa mas pewe dan mas irwin

    BalasHapus
  22. Kelas edan-edanan, aku mundur teratur aja karena enggak momable, hehehe. Pengin belajar daleman blog kayak gini. Tapi kudu bener2 fokus, susah kalau sambil momong.

    BalasHapus
  23. Informasinya oke banget kak. Apalagi saya baru beberapa minggu hijrah ke blog TLD. Banyak banget yaaaa tools dari Google, kudu belajar pelan2 nih

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel