Peran Logistik Dalam Perkembangan E-Commerce Di Indonesia

Pesatnya Bisnis E-Commerce

Artikel ini berisi tentang peran logistik dalam perkembangan e-commerce di Indonesia. Data statistik kegiatan kegiatan perdagangan online (e-commerce) menunjukkan peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. 

Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan ekonomi berbasis elektronik mempunyai potensi yang tinggi bagi Indonesia dan merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional. 

Bisnis e-commerce kini menjadi sebuah tren dan membuka peluang sebesar-besarnya bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memulai bisnisnya.

Perusahaan-logistik-mendukung-ecommerce
 

Pemanfaatan teknologi telah mendorong pertumbuhan bisnis dengan pesat, karena berbagai informasi dapat disajikan melalui hubungan jarak jauh dan mereka yang ingin mengadakan transaksi tidak harus bertatap muka, akan tetapi cukup melalui peralatan komputer dan telekomunikasi. 

Perkembangan teknologi informasi juga membentuk masyarakat dunia baru yang tidak lagi dihalangi oleh batas-batas teritorial.

Menurut Lukito dalam Jurnal Ilmu Kebijakan Hukum, Electronic Commerce (E-Commerce) adalah suatu contoh dari kemajuan teknologi informasi, di mana transaksi bisnis tidak lagi dilakukan secara konvensional, yang mengharuskan pembeli berinteraksi langsung dengan penjual atau adanya keharusan menggunakan uang tunai. 

Penjual diwakili oleh suatu sistem yang melayani  pembeli secara online dengan melalui media  jaringan komputer. Dalam melakukan transaksi, seorang pembeli berhadapan dan berkomunikasi dengan sistem yang mewakili penjual. Oleh karena itu, E-Commerce ini membutuhkan infrastruktur sistem yang mampu menjamin keamanan transaksi tersebut.

Peran Penting Logistik dalam Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Meroketnya grafik perkembangan e-commerce di Indonesia tentu saja tidak terlepas dari pendukung pelaksanaan transaksi di perdagangan online tersebut, yaitu logistik. 
 

Apa itu logistik?

Mungkin kita pernah mendengar istilah logistik pada masa peperangan yang berarti kebutuhan pihak militer untuk memenuhi persediaan mereka sejak keberangkatan dari markas sampai ke medan juang. 
 
Kata logistik mengalami perluasan makna sehingga logistik dalam konteks perusahaan berarti serangkaian proses manajemen yang meliputi kegiatan perencanaan, implementasi, hingga pemeliharaan atau pengawasan terhadap suatu proses perpindahan baik barang atau perlengkapan tertentu, dari titik awal menuju titik penggunaan.

Menurut Gina Noor Sela Ariella Yasmin dalam artikelnya di situs Supply Chain Indonesia, pengiriman logistik e-commerce memerlukan strategi kolaborasi antarpengusaha agar pelayanan menjadi lebih baik terutama untuk Indonesia yang merupakan negara kepulauan.


Berdasarkan hasil penelitian Ernst & Young dalam studi Roadmap E-commerce Indonesia yang dikases di ekonomi, bisnis e-commerce diperkirakan meningkat 10 kali lipat dari tahun 2015 hingga 2020 dan mencapai angka Rp1.800 triliun. 

logistik-sangat-berperan-bagi-ecommerce

Bagi pengusaha jasa pengiriman barang hal tersebut dapat menjadi potensi besar apabila disertai dengan sistem yang kuat. Selain itu, bisnis e-commerce perlu memiliki strategi pemasaran yang komprehensif. 

Strategi ini bertujuan untuk pertumbuhan dari bisnis e-commerce itu sendiri agar mampu bersaing. 

Hal tersebut menjadi perhatian besar bagi pelaku usaha e-commerce di Indonesia untuk mengidentifikasi tujuan, visi dan misi, target pelanggan, rencana promosi multikanal, dan sebagainya. Multichannel Marketing merupakan strategi yang efektif untuk menarik customer yang lebih besar.

SERA Hadir untuk Mendukung E-Commerce Indonesia

SERA atau PT. Serasi Autoraya adalah perusahaan transportasi dari Astra, perusahaan logistik pengiriman kargo. Merupakan anak perusahaan PT. Astra Internasional Tbk yang saat ini telah dikenal luas sebagai salah satu perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia.

Selain bisnis solusi transportasi dan penjualan kendaraan bekas, SERA, di bawah brand SELOG, hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda.

SELOG memiliki layanan courier service untuk b2b. Sudah tahu kan apa itu b2b (baca: bitubi)? B2b atau business to business yang berarti penjualan barang atau jasa dari satu perusahaan ke perusahaan lain.

Selain b2b Anda tentu juga familier dengan b2c yaitu business to customer, yaitu penjualan barang atau jasa langsung dari perusahaan ke konsumen. Jika b2c menjual bisnis untuk melayani dirinya sendiri, b2b menjual bisnis untuk melayani orang lain lagi. 

SELOG siap mengantarkan paket Anda dengan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Secara umum layanan SELOG terbagi ke dalam layanan standar dan layanan solusi. Layanan standar meliputi same day service, nextday service, dan regular service.

Dengan layanan solusi, Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa.
 

Kesimpulan

Peran logistik amat penting dalam perkembangan e-commerce di Indonesia. Tanpa dukungan konkret dari logistik mustahil e-commerce akan semaju sekarang. 
 
SERA dengan unit bisnisnya SELOG eksis untuk mewujudkan layanan logistik terintegrasi dari perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring melalui jasa contract logistics.
 
Nah, sekarang sudah tahu kan, pentingnya peran logistik dalam mendukung lajunya perkembangan e-commerce di Indonesia.  





Berlangganan update artikel terbaru via email:

19 Komentar untuk "Peran Logistik Dalam Perkembangan E-Commerce Di Indonesia"

  1. Mulai familiar ini sama SERA. Jaringan Astra sudah gak diragukan ya. Jadi, pakai SERA sudah pasti lebih efektif dan efisien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyep, Muthe... SERA dengan SELOG nya memiliki layanan courier service buat bitubi ya

      Hapus
  2. Baru tahu ada jasa pengiriman kargo seperti ini, Apalagi ada kemudahan untuk transportasi dan pengiriman kendaraan bekas.

    BalasHapus
  3. Wah dg adanya layanan seperti ini jatohnya hrg produk jadi lebih murah ya, minimal perkara ongkir 😁 konsep b2c 👍

    BalasHapus
  4. Lho aku kemana aja yaa ngga pernah nengokin sera, ternyata ada jasa kirim kargonya juga. Bener-bener edukasi baru nih buat aku, terimakasih mba Mia

    BalasHapus
  5. Pelaku e-commerce emang sih engga bisa lepas dr urusan logistik. Malah lebih praktis.
    Bagus dong SERA udh ada layanan VPD, jadi engga khawatir mengirimkan barang² khusus.

    BalasHapus
  6. serlog ini semacam jasa pengantar barang/logistik skala besar ya? ada minimal kg nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Eka... aku kok bacanya share loc sih ini hihi... SELOG lho Mbak... bukan serlog yaa

      Hapus
  7. Terimakasih mbak infonya aku jadi tahu dan terasa familiar dengan si Sera dan astra lewat postingan ini. Jasa yang dikenal efektif dan efesien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sera dengan unit bisnisnya Selog melayani kurir antarperusahaan Kak

      Hapus
  8. e-commerce dan jasa antar bagai sahabat karib. Duet maut saling bergantung. Sangat membantu pisan ini mengirim barang berat atau besar dengan layanan kargo biasa

    BalasHapus
  9. Pelaku bisnis online sangat terbantu nih dengan Sera. Semoga bisa dimanfaatkan bagi yang belum tahu. Hehe. Siip

    BalasHapus
  10. zaman pandemi gini banyak dari kita untuk belanja online ya mbak mia. dengan kata lain bisnis llogistik pun semakin subur, terbukti banyaknya perusahan2 baru terdengar namanya oleh kita

    BalasHapus
  11. peran logistik untuk kelancaran segala hal di masa pandemi ini memang menentukan ya kak

    BalasHapus
  12. Aq baru denger nih mbak tentang SERA dan SELOG, karena blm butuh kali yaa.. bisnisnya masih lokalan haha. Trims ya mb infonyaa

    BalasHapus
  13. Industri saat ini tidak bisa lepas dari peran penting logistik, apalagi setiap hari ada jasa antar barang pesanan yang teriak... PAAAKEETT...

    BalasHapus
  14. Berarti bisa nggak dipakai ketika ada staff perusahaan yang dipindah lokasi perusahaannya untuk mengangkut barang-barang gedhe gitu?

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel