Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Roti Jala Meriahkan Indonesia Memasak By Yummy

Senang sekali ada event Indonesia Memasak dari Yummy App, Jelajah Kuliner Nusantara. Saya bikin Roti Jala meriahkan Indonesia Memasak By Yummy. Semua resep khas daerah ada di aplikasi kuliner Yummy App, termasuk Roti Jala. 

Sebelumnya sudah kenal dengan masakan roti jala belum? Roti Jala makanan yang terbuat dari tepung terigu, disantap bersama bersama kari kambing 

Uniknya meski bernama roti, roti Jala sama sekali bukan roti tetapi masuk dalam kategori masakan suguhan hari spesial. Biasanya saat hari raya atau acara-acara keluarga disajikan sejajaran dengan rendang, tauco udang, dan acar timun.

Roti Jala bisa pula dikonsumsi dengan gula pasir. Selain sebagai hidangan utama, Roti Jala dengan gula ini lebih cocok jika disantap untuk camilan sore hari bersama kopi atau teh. 

Roti Jala Kari Kambing
Roti Jala / Dokumentasi pribadi

Asal Usul Kuliner Roti Jala


Roti Jala adalah makanan khas suku Melayu Deli di Sumatera Utara. Namun dijumpai pula pada masyarakat Riau dengan nama Roti Kirai. Sepertinya di Pulau Sumatera kuliner yang satu ini banyak dikenal orang. 

Terlebih pada suku Melayu di wilayah Kesultanan Deli di kota Medan, menu Roti Jala - Kari Kambing - Acar Timun Nenas, wajib dihidangkan pada acara-acara keluarga seperti walimatul 'urusy (resepsi pernikahan), walimatul 'aqiqah (akikah bayi baru lahir), walimatul khitan (khitanan anak), halal bi halal Idul Fitri dan Idul Adha.

Bentuk Roti Jala ini seperti jala atau jaring menangkap ikan. Mungkin terinspirasi dari mata pencaharian masyarakat pesisir Sumatera Timur yang karena berada di tepi pantai, dulu banyak bermata pencaharian sebagai nelayan.

Ada pengaruh India


Menurut budayawan Tengku Muhar Omtatok, Roti Jala yang populer di tengah-tengah masyarakat Medan asal usulnya ada pengaruh dari India. Sama halnya dengan Roti Canai atau Roti Cane, dinikmati bersama dengan kuah kari juga, terutama kari kambing.

Perbedaan antara kari India dengan kari melayu terdapat pada warna kuahnya. Kalau kari atau kare India biasanya berwarna lebih gelap, sementara kari Medan, memiliki warna yang kuning kemerahan. Serupa tetapi tak sama dengan warna kebesaran Kesultanan Deli.

Secara historis, kedatangan bangsa-bangsa asing ke nusantara membawa pengaruh cukup besar bagi perkembangan kuliner Indonesia. Termasuk dari para pedagang dan imigran India, Arab, dan Tiongkok. 

Selain Roti Jala, masakan kari yang biasa disandingkan bersama Roti Jala, diketahui berasal dari Asia Selatan tepatnya dari India. Masakan bercita rasa kuat dan pedas, kaya bumbu dan rempah. Lalu negara-negara lain pun mengadopsinya dan disesuaikan pula dengan lidah masing-masing. 

Saya mengetahui cara membuat Roti Jala ini sejak kecil saat melihat ibu menyiapkannya untuk hidangan acara syukuran pindah rumah baru. Dan ketika mengunduh aplikasi review makanan Yummy App ini kira-kira tujuh bulan lalu, saya menemukan banyak resep masakan khas daerah, termasuk resep Roti Jala.

Resep Roti Jala

Di aplikasi Yummy App, terdapat 10 (sepuluh) resep Roti Jala. Wah, banyak ya. Berikut satu yang saya pilih untuk dicoba.

Bahan dasar:

  • 150 gr tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 300 ml kaldu ayam 
  • 1 buah telur
  • 100 gr margarin cair

cara membuat roti jala
Telusuri step-step bikin roti jala di Yummy App, ada videonya juga


Cara Memasak:

  1. Campurkan terigu, garam, kunyit bubuk, dan baking powder dalam wadah.
  2. Tambahkan kaldu ayam, telur, dan margarin cair. Aduk rata
  3. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga. Gunting bagian ujungnya
  4. Panaskan teflon, siramkan adonan ke atas teflon berbentuk jala.
  5. Sajikan dengan kuah kari. Bisa kari kambing, kari daging sapi, atau kari ayam.
Jika belum pernah memasak Kari Kambingnya, gampang... tinggal unduh aplikasi Yummy App di smartphone kamu, trus ketikkan di kolom cari resep "kari kambing" maka akan tampil beberapa resep yang sangat mudah dicoba lengkap dengan langkah-langkah dan waktu memasaknya. 

Nah, yang begini nih bikin semua orang jadi lebih rajin memasak setiap harinya. Dukung yuk, Indonesia Memasak.

Cetakan Roti Jala

Fyi, selain bisa membentuk jaring-jaring roti jalanya dengan plastik segitiga yang digunting bagian ujungnya, ada cetakan khusus yang memang diperuntukkan membuat roti jala. Namanya cangkir roti jala. Terbuat dari wadah plastik berbentuk cangkir, lalu ada ujung-ujung runcing di sisi alasnya, untuk menyalurkan adonan cair roti jala ke atas teflon.

cetakan roti jala dan hasilnya
Cetakan roti jala dan hasilnya / dokumentasi pribadi


Mengapa orang suka makan Roti Jala?

Tentu saja karena rasanya yang gurih, apalagi dicampurkan kari kambing di atasnya, wah dijamin tidak cukup hanya sepiring. Selain itu mengonsumsi Roti Jala ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi. 

Menikmati makanan nonberas ini sama saja kita mendukung program diversifikasi pangan, ODNR (One Day No Rice) sehari tanpa nasi yang pernah viral dicanangkan pemerintah. Diprediksi para ahli, kemungkinan Indonesia masih mengalami krisis beras sampai tahun 2021 nanti.

Alasan penting lainnya, pedoman gizi seimbang juga menganjurkan kita untuk membiasakan makan aneka ragam makanan pokok, tidak melulu makan nasi putih saja. Makan Roti Jala menjadi alternatif yang sangat baik untuk mengurangi konsumsi beras. 

Yuk, semangat masak sendiri untuk keluarga kita tercinta. Partisipasi saya pada kesempatan kali ini adalah bikin Roti Jala bersama Yummy App untuk turut memeriahkan event Indonesia Memasak.

Indonesia Memasak

Yummy mengadakan acara online cooking yang dinamakan Indonesia Memasak. Adapun rangkaian acaranya menarik dan cukup variatif seperti online cooking class, talk show, F & B workshop, entertainment, online bazaar, dan kegiatan lainnya yang dimeriahkan oleh publik figur terkenal di dunia masak-memasak.

Seperti pakar kuliner William Wongso, pengusaha kuliner Max Mandias, Mandif Warokka, Cullinary Storyteller Ade Putri, Content creator Chubby Traveller Natasha Halim atau Caca, dan Kevindra Soemantri, seorang penulis kuliner. 

Semua acara bisa diikuti secara gratis di macam-macam platform lho, kanal Youtube, media sosial Instagram, dan  Zoom Meeting. Seru kan?


Kesimpulan


Bikin Roti Jala tidak sulit kok, tinggal membuka aplikasi Yummy App dan telusuri nama masakan di kolom pencarian "Cari Resep dan Chef Yummy" maka akan muncul informasi bahan-bahan yang diperlukan, komplit dengan step-step memasaknya.

Yummy meriahkan Indonesia Memasak
Review saya untuk aplikasi Yummy App


Gimana, tidak bingung lagi, kan? Saya sudah sering mencoba resep antigagal di aplikasi Yummy App ini. Alhamdulillah semuanya enak, sesuai ekspektasi, dan keluarga saya menyukainya. Tidak mengecewakan seperti sembarang resep yang pernah saya temui di belantara dunia maya.

Kiri kanan terpancang pasak
Tinggi tegak agar tak pengap
Mari sukseskan Indonesia Memasak
Bikin Roti Jala bersama Yummy App

Salam,
Fadlimia meriahkan Indonesia Memasak








54 komentar untuk "Bikin Roti Jala Meriahkan Indonesia Memasak By Yummy "

  1. ya ampunnn roti jala.. enak banget ini! aku sering makannya doang, tapi gak pernah bikin sendiri hehehe.. jadi kangen ke rumah senior ku di kampus, istrinya pinter banget masak roti jala ini hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pernah makan roti jala di rumah temennya ya Mbak? Kalau orang Melayu Medan wajib hukumnya ada roti jala kari kambing di setiap perayaan, hehe

      Hapus
  2. Roti Jala itu enak dan mengenyangkan. Menu khas Melayu begini favorit banget di keluargaku mbak, dia ada kemiripan dikit dengan Lakso Palembang kalau menurutku ya. Kedua menu ini termasuk istimewa dan biasanya sama-sama terhidang saat hari raya. Di Yummy App mungkin ada tuh mbak resep Lakso Palembang, biar cobain juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda mbak dengan lakso palembang. Kalau di Palembang, makanan ini namanya ragit mbak. Tapi saya di Palembang malah jarang nemuin ini, malah nemunya di medan.

      Hapus
  3. Wah, aku belum pernah makan roti Jala. Ternyata dari Sumatera, ya?

    Aku juga baru tahu di app yummy ada menu ini.sip, tq mbak

    BalasHapus
  4. Kak Mia, tanggung jawab aku ngiler dengan roti jalanya. Kemarin bahkan aku sengaja minta bibit daun kari lho demi bisa bikin roti jala ya enak. Tapi males banget mengeksekusinya. Ya ampun, pas liat artikel ini jadi nelen ludah deh, apalagi kalau ditambah acar nanas mentimun. Dah lah, klop banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh maaf ya Di... iya nih gimana ya yg baca bumil sih ya.. maafkeun hehe... sehat selalu ya Dyah... roti jala di Palembang ragit ya namanya,,, betul kan... se-pulau Sumatera familier ama kuliner yg 1 ini

      Hapus
  5. Roti Jala + Kari Kambing + ACar timun nanas = TERBAIIIKKK
    udah lupa masalah utang piutang dah, kalo makan menu ini wkwkwk
    hadeuh, aku jadi pengin praktik bikin roti jalaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Mbak, mumpung libur males ke mana2 kita eksekusi resep Roti Jala dari Yummy yahh

      Hapus
  6. Nggak perlu takut mencoba membuat roti jala ya, harus berani membuatnya apalagi bisa lihat resep dan caranya di Yummy app

    BalasHapus
  7. Memang Yummy Apps menbantu sekali...udah tertera bahan, step memasak pun lengkap ada...Seperti Roti Jala yang menggoda ini. Wah, jadi lapar dan pengin bikin. Karena kalau beli di sini kadang ga pas karinya..kangen kari yang di Medan hihi

    BalasHapus
  8. duh auto kebayang enaknya roti cane pake kari, memang ini kental pengaruh masakan India yaa mba, di Jakarta masih jarang juga nemu kecuali di resto India

    BalasHapus
  9. Roti Cane tuh salah satu makanan kesukaan saya nih, boleh juga dipraktekkin nih mba resepnya, thanks yaaah

    BalasHapus
  10. Haha... kalo kondangan, ini adalah menu wajib yang ada di pondok-pondoknya.
    Dan saya juga wajib icip-icip. Kalo ndak diicip berasa belom hadir di kondangan itu

    BalasHapus
  11. Ngeces deh
    Padahal cuma baca resep 😀😀😀
    Jadi pingin bikin kari karena bisa jadi teman karbo apapun seperti singkong, kentang dan ubi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes bener Ambu,
      Enak banget ini roti jala tinggal tambahkan kuah kari juga makin maknyus rasanya.

      Yahh, laper kan daku..

      Hapus
  12. Wah..wah, Aku udah sering banget denger soal roti jala ini tapi belum pernah sekalipun mencicipi
    Sekilas memang mirip roti cane ya..
    Hmm.
    Menarik aplikasi resep memasaknya
    Next pingin coba bikin juga ah..

    BalasHapus
  13. Oh ini namanya roti jala ya mba. Baru tahu aku. Kayaknya aku belum pernah ngerasain roti ini. Seneng ya mba dengan adanya aplikasi yummy bikin kita nggak susah-susah cari ide mau bikin apa atau mau masak apa

    BalasHapus
  14. Terakhir makan roti Jala udah lama banget itu mba.. next mau bikin aja sekarang susah dicari kayaknya deh

    BalasHapus
  15. Ya ampuuuun.... aku jadi kangen masakan Medan. Dulu tuh sama bapak suka diajak makan di sekitaran Petisah, Glugur, sama deket kawasan PRSU.

    BalasHapus
  16. Bahan2nya gampang ya, tapi kalau ga pakai kunyit bisa ga ya ? Aplikasi yummy memang bikin banyak menu masakan ya, jadi mudah berkreasi

    BalasHapus
  17. Bahan2nya gampang ya, tapi kalau ga pakai kunyit bisa ga ya ? Aplikasi yummy memang bikin banyak menu masakan ya, jadi mudah berkreasi

    BalasHapus
  18. Wajib dicoba nih resepnya. Itung-itung nambah pengalamann memasak kuliner khas nusantara yang belum pernah dimasak. Tapi sebelum bereskperimen pengen icip yang udah jadi dulu nih, buat perbandingan hehehe.

    BalasHapus
  19. Roti canai dan roti jala itu memang ada pengaruh India-nya ya Uni Mia. Secara di Medan dan Aceh itu banyak sekali saudara-saudara kita turunan India, termasuk suami sepupu saya nih. Hihihi. Aduh roti jala itu kok bisa enak yaaaa. Terakhir saya makannya di Bali tahun lalu, belinya di Warung Medan. Jadi kangen makan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada Warung Medan juga di Bali ya Mba Mutia...
      Jual makanan apa aja tuh....

      Hapus
  20. Di Sumatera bagian daerah sy lebih dikenal dgn roti cane kudapan satu ini.
    Membaca ulasan ini jadi ngeh bahwa membuat roti jala ini tak serumit yg saya bayangkan. Apalagi kalau dibantu dgn aplikasi Yummy. Jadi ingin praktek membuat roti jala jg. Makasih infonya, mba Mia.

    BalasHapus
  21. Wah roti jala. Paling enak dipadu sama kare ya. Duh udah lama gak makan itu. Btw, aku belom pernah deh bikin. Seringnya langsung beli. Jadi kepengen bikin juga deh. Cus lihat Yummy apps ah.

    BalasHapus
  22. Ingatnya makan Roti Jala ini waktu nginap di salah satu hotel di Medan awal tahun ini.

    Dulu waktu masih kecil dan tinggal di Medan, Ibu hampir tiap minggu beli panganan ini di Pajak Pringgan dekat rumah.

    Kari kambingnya itu yang bikin maknyus. Bisa nambah terus itu makannya.

    Kapan-kapan buka Yummy App ah. Siapa tau ada resep yang gampang
    untuk saya praktekkan

    BalasHapus
  23. Dulu jaman di surabaya yaa.. temen kos ku paling rajin bikin inii..kutinggal menyantap. jadi kangen kehidupan di sby huhu

    BalasHapus
  24. Roti jala enak nih.. aku tuh selalu suka.. dipadu dengan kare..yummy banget nih.. cuma emang sekarang jarang makan.. jarang yang jual nih soalnya kan rumah jauh dikampung. Tapi bisa coba yah Resep nya di yummy APP nih 😍

    BalasHapus
  25. Waaah jadi penasaran pgn ngerasain nikmatnya roti jala. Sekarang meski baru tau roti jala, karena ada aplikasi yummy app bisa kebantu ya.

    BalasHapus
  26. Akhirnya tahu Roti Jala, pingin coba eksekusi aaah😍 makasih mbak...

    BalasHapus
  27. wah keren banget mbak mia bisa bikin roti jala sendiri
    aku klo pengen makan roti jala ya beli, hehe
    btw emang ya mbak dgn adanya yummy app ini kita makin mudah memasak sendiri di rumah ya
    resepnya lengkap banget uda gitu step by stepnya juga dijelaskan dgn rinci
    anti gagal lah klo masak pake yummy app ya mbak

    BalasHapus
  28. Yummy banget ini roti jala pakai kari daging atau ayam.. bikin ga brenti makan 🥰..sayang ditempat ku jarang yang jual..ah jadi pengen intip2 Yummy APP juga deh buat bikin sendiri nih😍

    BalasHapus
  29. Wah seumur umur aku belum pernah nyobain roti jala ini apalagi buatnya, jadi penasaran sama rasanya nih

    BalasHapus
  30. Selama ini baru dengar namanya doang, tapi belum pernah makan. Lihat penampakannya jadi penasaran. Mau nyoba bikin ah...

    BalasHapus
  31. Wah jadi kepengen bikin roti jala juga hehehe, aku juga suka banget aplikasi Yummy buat cari referensi menu pas lagi bingung nyari ide masakan.

    BalasHapus
  32. Auto kangen ngemol roti jala sore sore yang dicampur sama kari ayam sambil santai bareng keluarga di teras rumah.

    BalasHapus
  33. Aku senang banget sama roti jala ini, tapi biasanya pesan dan belum pernah coba untuk bikin sendiri. Habis lihat ini jadi pengen buka Yummy dan cari beberapa resep untuk dicoba di rumah.

    BalasHapus
  34. Boleh juga nih mom pantunnya hehehe. Anyway ya, pencarian terbanyak di Google search di masa pandemi ini tuh seputar resep masakan lho, cocok banget ya kalo pasang aplikasi satu ini engga repot Google lagi

    BalasHapus
  35. jaman kulaih, ngunduh apps ini buat bikin sop. haha! dan rasanya enak, euy! nyoba resep ini, ah. uda kadung percaya sama resepnya karena rasa sopku enak!

    BalasHapus
  36. Roti jala nih enak dimakan pakai kuah kari ya mbak nyam2 rasanya mantab betul ..btw ada ya cara bikin roti jala di aplikasi Yummy waw praktek ah besok weekend mayan kan kalau buat sendiri bisa makan sepuasnya hehehe

    BalasHapus
  37. Seumur-umur rasanya saya belum pernah makan roti jala. Btw cetakannya lucu ya, hehe.. Sepertinya seru juga nih kalo bisa bikin sendiri. Baiklahhh.. saya akan eksplor Yummy app untuk nyobain resep-resep, siapa tahu jadi bisa bikin roti jala juga :)

    BalasHapus
  38. aku pernah makan roti jala, di rumah orang2 keturunan Arab gitu, pakai kari kambing, ya Allah.. enaknya mak. jadi kangen, ada nggak sih ya di GoFood

    BalasHapus
  39. Saya suka banget nih sama roti jala. Hm, nyummy deh. Cius jadi ikutan ngiler. Hahahah ... Kalau dulu pas kondangan ada roti jala yang langsung serbu.
    Wuah, sekarang ini mah tinggal gampang ya kan. Nyari resep di Yummy app aja.

    BalasHapus
  40. Mungkin dikatakan roti karena pake tepung roti/terigu ya kak. Hidangan yang satu ini paling favorit di rumah kami. Apalagi kalo kuah karinya mantabbb.
    Mungkin karena masih darah melayu, jadi seneng makan roti jala

    BalasHapus
  41. Entah kenapa kalau pake cangkir roti jala selalu gak berhasil buatnya awak, jadi pengen coba lagi deh buat pake plastik segitiganya etapi gak bisa keenceran lah ya kak, gagal maning nanti wkwk

    BalasHapus
  42. Roti jala, kusuka roti jala kak, ngeliat bahannya sudah pasti enak mah dimakan gitu aja. Kalau aku roti jala ekonomis dengan 3 bahan, tepung, air dan minyak makan haha

    BalasHapus
  43. aku baru tau loh mbaa kalau itu roti jala, duh kemana aja nih kudet banget. ternyata ada resepnya yaa di yummy app

    BalasHapus
  44. Aroma ramadhan sudah dekat, tercium dari roti jala sebagai menu buka puasa dijajanan pasar.

    BalasHapus
  45. Salah satu makanan yang selalu ada kalo pesta atau lebaran. Baru tadi pagi juga anak2 saya minta ini kak. Tapi mereka makannya pake gula.Yummy keren ih, ada resep makanan tradisional juga..

    BalasHapus
  46. Beberapa kali pesan roti jala saat lgi di warung yang menyediakan masakan Melayu di Makassar sini. Enak banget dicocol di kari ayam 😍 tapi belum pernah coba bikin sendiri sih. Pas liat resep dan cara buatnya, kok nampak mudah ya 😁

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.