Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Yang Timbul Akibat Kolesterol Tinggi

Badan kita memerlukan kandungan kolesterol yang normal agar selalu sehat, sebab jika kolesterol ada dalam kandungan yang tinggi dalam periode waktu lama, maka akan memunculkan permasalahan yang lain yang menganggu kesehatan. Beberapa penyakit karena kolesterol tinggi seperti penyakit serangan jantung, stroke, dan sebagainya.

Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi oleh organ hati dan akan disalurkan ke semua tubuh manusia. Kolesterol ini berperanan untuk badan kita untuk bikin vitamin D dan hormon, dan membuat asam empedu. Kita memperoleh kurang dari 25 % dari keseluruhan kolesterol badan dari makanan yang kita makan, khususnya lemak hewani. 

akibat kolesterol tinggi

Sayang, banyak orang yang mempunyai kolesterol tinggi tidak mempunyai tanda-tanda yang pasti. Salah satu langkah untuk mengenali apa kandungan kolesterol kita tinggi dengan melakukan tes darah. Karena akibat kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit yang dapat menyerang siapa saja.

Jika kita memiliki kadar kolesterol yang tinggi, karena itu sangat disarankan untuk melakukan perubahan pola makan, olahraga, dan beberapa obat untuk menolong turunkan kolesterol dan kurangi resiko penyakit jantung dan penyakit lain karena kolesterol tinggi.

Penyakit Karena Kolesterol Tinggi

Pada dasarnya ada dua mekanisme badan yang dikuasai, yakni mekanisme perputaran atau peredaran darah dan mekanisme pencernaan. Selanjutnya akan dijelaskan secara singkat pada paragraf berikut ini.

Penyakit Jantung Koroner

Resiko khusus akibat kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner (PJK). Kandungan kolesterol darah yang tinggi bisa tingkatkan resiko terserang penyakit jantung. Bila kolesterol begitu tinggi, karena itu dapat menimbun pada dinding pembuluh darah arteri yang diakibatkan oleh endapan lemak.

Seiring berjalannya waktu, penimbunan ini (disebutkan plak) mengakibatkan perkerasan arteri (aterosklerosis). Keadaan ini mengakibatkan arteri menyempit, perlambat saluran darah ke jantung, dan pada akhirnya pembuluh darah menyempit kurangi saluran darah ke jantung. Penyumbatan ini akan berakibat penyakit serangan jantung jika pembuluh darah mampet sebagian.

Stroke

Stroke dapat berlangsung bila suplai darah ke sisi otak jadi menyusut. Stroke berlangsung jika pembuluh darah yang bawa oksigen dan gizi ke otak mampet atau pecah. Saat stroke berlangsung, sisi otak tidak dapat memperoleh darah dan oksigen yang diperlukan, hingga jaringan otak dapat mati dan memunculkan beberapa gejala kelumpuhan pada anggota gerak dan peranan indera.

penyakit akibat kolesterol

Penyakit Pembuluh Darah Perifer

Kolesterol dengan kadar yang tinggi dapat menyebabkan penyakit pembuluh darah perifer (PAD), yang merujuk pada penyakit pembuluh darah di luar jantung dan otak. Pada PAD, prosesnya sama dengan di atas, penimbunan lemak di sejauh dinding arteri dan mempengaruhi perputaran darah, khususnya di arteri yang ke arah kaki.

Diabetes Mellitus Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi pada tubuh seseorang, sebab diabetes bisa mempengaruhi kandungan kolesterol. Bahkan bila gula darah termonitor secara baik, beberapa orang dengan diabetes akan cenderung mempunyai trigliserida tinggi, pengurangan HDL, dan terkadang kenaikan LDL (kolesterol jahat). Ini tingkatkan peluang meningkatkan penyempitan di arteri.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol tinggi terkait kuat. Saat arteri jadi mengeras dan menyempit dengan plak kolesterol dan kalsium (aterosklerosis), jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah lewat pembuluh darah itu. Mengakibatkan, tekanan darah jadi tinggi yang tidak normal.

Disfungsi ereksi (ED)

Pembuluh darah di organ kemaluan pria lebih kecil dibanding organ lain yang ada pada tubuh, hingga disfungsi ereksi menjadi sinyal peringatan awalnya dari penyempitan arteri. Persempitan bisa berasal dari penyumbatan oleh penimbunan lemak yang memiliki kandungan kolesterol, yang disebutkan aterosklerosis.

penyakit karena kolesterol tinggi

Kesimpulan

Kolesterol yang memiliki kadar tinggi bisa membuat ketidakseimbangan empedu, mengakibatkan batu empedu. Dan sebenarnya ditemukan lebih dari 80% batu empedu adalah batu kolesterol. Penimbunan plak di arteri dapat menyumbat aliran darah ke ginjal dan lambung. Sindrom iskemik usus dapat berlangsung saat ada penyumbatan di arteri yang ke arah usus. Tanda-tandanya terhitung sakit di perut, mual, muntah, dan tinja berdarah. 

Dengan selalu memperhatikan dan mengontrol kadar kolesterol yang ada dalam tubuh, bisa dipastikan anda akan hidup sehat. Karena dengan menerapkan pola hidup sehat dan olahraga yang teratur, maka anda bisa terhindar dari beberapa penyakit diatas yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi. 

Salam,

Nutrive Benecol




24 komentar untuk "Penyakit Yang Timbul Akibat Kolesterol Tinggi"

  1. Kalo pundak sebelah kanan sering sakit dan rasanya berat apakah karena kolesterol jahat (LDL) ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, temenku yang LDL nya tinggi bilang gitu juga Mas Wahid... tp lebih akuratnya periksa ke dokter aja deh supaya gak menebak-nebak kitanya ^^

      Hapus
  2. Ada saran obat yang ampuh untuk kolesterol? Yang juga bisa mengontrol tekanan darah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah coba minum penurun kolesterol seperti yang saya sematkan dalam artikel, Mbak

      Hapus
  3. Ada saran obat yang ampuh untuk kolesterol? Yang juga bisa mengontrol tekanan darah.

    BalasHapus
  4. I see, batu empedu itu berawal dari kolesterol juga ya kak, wah noted lumayan serem semua kak penyakitnya ... Mulai besok harus berusaha hidup sehat

    BalasHapus
  5. Ngeri ya kalau kolesterol tinggi. Banyak penyakit berbahaya yang mengintai. Makanya sih kita kudu menjaga kadar kolesterol kita dengan memeperhatikan asupan makanan dan berolahraga.

    BalasHapus
  6. Duh banyak juga ya ternyata penyakit akibat kolesterol mana ak hobinya makan makanan berminyak, duh

    BalasHapus
  7. Wah iya nih mbak, mulai sekarang harus mulai peduli dengan kesehatan. Jaga pola makan dan jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin supaya penyakit tidak mudah datang

    BalasHapus
  8. Banyak banget penyakit akibat kolestrol tinggi ini ya kak. Mana serem-serem pula. Duh, penting banget jaga kesehatan sejak saat ini ya kak.

    BalasHapus
  9. Wahhh Diabetes tipe 2 termasuk penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi ternyata. Harus menerapkan pola hidup sehat mulai sekarang nih biar tetep sehat sampai masa tua.

    BalasHapus
  10. Kalau udah menyangkut kolseterol, pasti harus waspada. Banyak konsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol dan jaga pola hidup. Ini serem2 akibat dari kolesterol tinggi ya Kak..

    BalasHapus
  11. Kalo berurusan sama kolesterol jahat emang mengerikan banget. Jantung koroner, stroke, diabetes. Jadi silent killer ya uni. Kadang banyak kasus ditemukan seseorang mendadak meninggal, kata keluarganya gak ada riwayat jantung, tapi mungkin lupa bahwa gak pernah cek kolesterol.

    BalasHapus
  12. Yang paling nakutin dari kolesterol itu penyakit penyertanya yaa mba. Macem diabetes dan jantung. Ya Allaah ngeri jugaaa. Mudah-mudahan kita ssmua selalu sehat, jaga pola makan.

    BalasHapus
  13. Dulu emang nggak begitu aware sih sama kadar kolesterol dalam tubuh. Namun semakin ke sini kayaknya kudu lebih waspada deh. Soalnya emang yang ditakutkan memicu munculnya penyakit lain ya kak. Gaya hidup sehat kudu mulai diterapkan nih. Semakin bertambahnya usia emang harus mulai peduli ama kesehatan badan sendiri.

    BalasHapus
  14. Pada akhirnya, hidup memang harus seimbang ya kak. Walau mampu 'makan enak' semua memang harus dibatasi.

    BalasHapus
  15. Makanya emang penting banget melaukan medical check up secara berkala ya mbak. Nggak usah yang komplit nggak apa-apa, cek kandungan kolesterol dalam darah salah satunya yang penting. Kalau bisa sih emang komplit. Walau merasa badan sehat-sehat saja, berjaga-jaga lebih baik.

    BalasHapus
  16. Oh batu empedu itu akibat kolesterol. Baru tahu saya. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  17. Bahaya juga ya kalau kelebihan kolesterol dalam tubuh. Ternyata banyak banget penyakit yang bakal muncul. Semoga bisa lebih aware lagi nih sama kesehatan tubuh, jadi pengen periksa kadar kolesterol nih habis baca ini.

    BalasHapus
  18. Kolesterol itu bahaya banget emang. Cikal bakal gangguan ke jantung. Dan seremnya emang kolesterol ini ga pandang usia. Yang muda-muda bahkan bisa aja pas dicek eh kolesterolnya tinggi.

    BalasHapus
  19. Sulit ya mbak untuk mengetahui kolesterolnya tinggi atau tidak. Harus cek darah kan ya. Kebanyakan orang takut untuk cek. Takut ketahuan kalau tinggi kolesterolnya. hehe..padahal kan bahaya ya kalau tahu-tahu udah tinggi aja...

    BalasHapus
  20. Kolesterol yang tinggi menyebabkan diabetes melitus juga ternyata ya. Pantas teman yang gula darahnya tinggi kemana-mana bawa roti gandum buat makan. Katanya karena dinasehati dokter jangan makan sembarangan.

    BalasHapus
  21. Pakdhe dan om saya meninggal karena jantung yang dipicu kolesterol tinggi gini. Dulu mikirnya urusan LDL dn HDL entar aja kalau udah tua, tapi lihat penyakit yang bis timbul, kudu dari sekarang deh sadar diri

    BalasHapus
  22. Saya jadi nambah wawasan kalau ternyata kolesterol itu membuat vitamin D di dalam tubuh.

    Anw, mertua saya meninggal saat tidur di usia relatif muda karena penyakit jantung, yang ternyata bawaan. Sekarang ini kami berusaha untuk hidup lebih sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat. Apalagi suami yang juga kolesterol tinggi, sudah ada penyakit Diabetes 2 bawaan, jadi berusaha agar level gula darahnya sesudah makan setidaknya mendekati normal.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.