Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaleidoskop Ngeblog 2020 Dan Resolusi 2021

Ada yang menyebutkan kalau tahun 2020 ini isinya cuma bulan Januari, Februari, pandemi, pandemi, pandemi, pandemi, pandemi, pandemi, pandemi, pandemi, pandemi, dan Desember. Habis deh, tak terasa sudah jelang tahun baru lagi 2021. 

Hiks, sedih banget ya, terutama bagi yang sudah merencanakan kegiatan dan program liburan sekolah pertengahan tahun lalu dan akhir tahun ini. Semuanya menguap sudah karena pandemi Covid-19! Maka dari itu untuk mengenang tahun pagebluk ini saya membuat kaleidoskop ngeblog dan resolusi 2021.

ngeblog ke depannya
Business2community

Kaleidoskop ngeblog saya di tahun 2020

Kaleidoskop adalah aneka peristiwa yang telah terjadi yang disajikan secara singkat. Kaleidoskop ngeblog di tahun 2020 berarti cerita seputar ngeblog sepanjang tahun 2020 ini. Meski pandemi mengubah banyak rencana, namun banyak hal yang terjadi yang menarik untuk didokumentasikan menjadi artikel.

Jumlah artikel dari Januari sampai Desember

Saya sebenarnya belumlah konsisten sekali dalam menulis blog. Kendati ekspektasi untuk menulis blog setiap harinya tetap ada, realitanya saya tidak bisa terus-terusan fokus ke blog. Pekerjaan utama saya sebagai ibu empat anak dan dosen di sebuah perguruan tinggi, sudah lebih dahulu menyita waktu dan perhatian.

Setidaknya saya berusaha 2-3 hari sekali memposting artikel baru. Kira-kira 12 artikel per bulannya. Total jumlah artikel blog selama tahun 2020 ini, sebanyak 153 artikel. Tidak sampai 300-an ya, huhu. Pelajaran berharga yang saya dapatkan dari menulis blog adalah ternyata saat ngeblog ini kita tidak asal sekadar publish. 

Beberapa hal terkait SEO wajib diperhatikan. Agar artikel kita bisa nangkring di page one Google. Akan sia-sia ketika sudah berlelah-lelah membuat artikel, eh terindeks pun tidak. Maka hal teknis terkait penulisan blog harus diperhatikan sebaik-baiknya.

Berikut rincian postingan blog saya yang dituangkan ke dalam infografis di bawah ini.

Kaleidoskop Fadlimia 2020

Artikel organik

Artikel organik adalah artikel yang ditulis sendiri bukan karena pesanan brand atau website klien tertentu dan tidak mengandung backlink keluar. Namun dari artikel nulis sendiri itu ada juga yang merujuk ke situs berita populer. 

Hal ini bukan tanpa maksud, agar artikel yang baru diposting dapat segera dirayapi Google. Tentunya setelah menyetorkan permalink ke GSC. 

Jumlah artikel organik yang saya publikasikan dalam setahun 113 artikel dengan rincian mengikutsertakan juga menghitung artikel lomba. Bukankah artikel lomba saya buat sendiri, dan sudah menjadi rahasia umum jika kalah lomba, backlink pun dihapus. 

Logikanya, pihak penyelenggara tidak memilih artikel kita menjadi juara, maka kita pun tidak memberikan dukungan lanjutan untuknya. Fair kan. Di luar lomba, di marketplace backlink, ada harganya untuk satu kali sematan. 

Sponsored post

Sponsored post (sponsored content) atau artikel bersponsor terdiri dari content writing dan content placement. Ada juga paid partcipant untuk men-support event lomba tertentu.

Content writing (CW) adalah penulisan artikel bersponsor dari klien dengan mengikuti ketentuan penulisan yang diberikan, lalu bloger menulis sendiri artikelnya. Jadi menciptakan tulisan dari tidak ada menjadi ada. Mestinya sih rate CW ini lebih tinggi di atas CP, tetapi pada praktiknya dikembalikan lagi ke rate card bloger masing-masing.

Product review menurut saya juga bisa dikategorikan ke dalam CW, sebab selain memberikan backlink bagi brand, juga konten artikelnya ditulis sendiri oleh bloger. Membahas keunggulan produk tertentu dengan sejumlah bayaran.

Content placement (CP) adalah penulisan artikel bersponsor dari klien dengan draf artikel sudah disediakan, bloger tinggal mengepos dan menyesuaikan dengan kebiasaan postingnya sendiri. Semisal diperlukan adaptasi di sana-sini asal tidak mengubah substansi tulisan, diperbolehkan.

CW dan CP yang saya terima tahun ini sebanyak 40. Dengan perincian CW 29 dan CP 11 artikel. Masih sedikit ya, hehe... Tidak apa-apa... ngeblognya santuy kok ini. Ada ya dikerjakan, tidak ada ya lanjut nulis artikel organik. Alhamdulillah semuanya disyukuri agar rezeki blog Fadlimia.com terus menerus bertambah. 

Januari-Februari saya sedikit sekali memperbaharui artikel blog. Pertanda sedang disibukkan menyusun proposal penelitian dan pengabdian masyarakat. 

Satu lagi momen yang membuat saya bisa jarang ngoprek blog. Jika masuk masa koreksi ujian mahasiswa. Wah, bakalan ditinggalkan untuk sementara blognya. Kampus kami disiplin sekali. Jika lewat masa setor (biasanya H+3 pascaujian) maka fakultas akan mengeluarkan nilai B untuk semua peserta ujian. 

Tidak adil dong bagi mahasiswa rajin dan pintar. Mestinya ia dapat nilai maksimal. Dan keenakan yang malas serta ogah belajar. Tak perlu usaha apa-apa, dapat nilai B. Maka masa penilaian UTS/UAS amat saya jaga sekali.

Mestinya CW mencapai 31 artikel, berhubung ada 2 artikel yang tidak bisa dikerjakan karena saya kebetulan benar-benar sibuk mengurusi hal lainnya, akhirnya terpaksa dilepas. Sayang ya.

Dari data yang saya susun di atas, bisa dilihat bahwa masih lebih banyak artikel organik daripada sponsored post. Tentunya hal ini patut disyukuri karena kalau malah lebih banyak konten berbayar, blog saya tak lebih seperti etalase toko saja.

Di samping itu ada pula banner placement, pihak klien meminta banner bisnisnya dipasang di blog kita dengan bayaran tertentu. Karena bukan kerjasama menulis/mengepos artikel, maka tidak saya gabungkan ke infografis di atas.

Resolusi Ngeblog 2021

Resolusi ngeblog tahun 2020

Alhamdulillah semua resolusi di tahun 2020 diijabah Allah SWT. Mungkin karena saya pun seperti tahun ini juga, tidak ingin memancangkan resolusi yang kira-kira sulit meraihnya. 

Resolusi tahun lalu tercapai semuanya. Yaitu disiplin menulis artikel minimal 500 kata, lebih rajin lagi blogwalking, dan diterima Google Adsense. Untuk yang terakhir, saya mendapatkan pemberitahuan diterima oleh G-Ads, pada tanggal 16 Agustus 2020.

Google Adsense


Di tahun 2021 ini saya tak ingin memasang target muluk-muluk. Bisa meng-update blog terus meskipun tak setiap hari, bagi saya sudah cukup. Rencananya saya ingin fokus menulis karya ilmiah. Meski demikian berikut resolusi menulis blog saya di tahun yang baru ini:

Ikut Tridop

Sebenarnya tridop ini berasal dari Odop, One Day One Post. Namun karena banyak yang tak bisa memenuhi dengan alasan kesibukan yang lain juga. Maka diadaptasi menjadi Tridop, Three Days One Post, tiga hari sekali satu artikel. 

Saya pribadi menyambut ini dengan baik. Sebab lebih realistis buat saya yang ibu empat anak dan punya profesi di ranah publik ini. Berhasil menaklukkan tantangan Tridop sama dengan memperbanyak artikel organik yang berkualitas di blog.

Membenahi artikel lama

Saat diinspeksi dengan tool pencari borok artikel, wuih parah... artikel saya yang mengandung banyak "penyakit" itu sebanyak 494 artikel. Apa saja penyakitnya? Kurang dari 500 kata, gambar tidak memiliki Alt image, deskripsi penelusuran tidak diisi, label tidak jelas dan dobel-dobel. 

Belum lagi judul artikel yang kepanjangan, permalink kepotong-potong, hmm apalagi ya... benar-benar PR ini untuk membenahi artikel tahun baheula. Maklum, saya ngeblog mulai tahun 2009 tetapi tahunya hanya menulis dan posting doang. Tidak memahami aturan penulisan yang SEO friendly, dan optimasi SEO on dan off page. 

Apakah sekarang sudah jago ngeblognya? Belum juga, masih memposisikan diri sebagai pembelajar . Dapat ilmu sedikit insyaallah langsung diterapkan.

Membuat artikel yang berisikan deep content


Menerima sponsored post dan CP selain memberikan keuntungan secara finansial, sudah rahasia umum bisa memengaruhi kualitas blog. Trik agar blog tetap sehat adalah dengan memposting 3 artikel organik untuk sekali CP. Nah, seringkali hal ini tidak terpenuhi. 

Untuk itu mudah-mudahan di tahun 2021 ini saya bisa membuat artikel yang deep content, mengupas suatu masalah dengan analisis yang mendalam. Tidak sekenanya apalagi menuliskan yang sudah banyak diketahui umum. Hanya sekadar agar ada artikel baru saja. Nah, ini merupakan tantangan tersendiri bagi saya.

Kesimpulan

Kaleidoskop ngeblog fadlimia.com di tahun 2020 total artikel sejumlah 153 artikel yang terdiri dari 113 artikel organik dan 40 artikel bersponsor termasuk 11 content placement. 

Resolusi ngeblog saya di tahun 2021 adalah mengikuti tridop, membenahi artikel lama, dan berusaha membuat artikel yang deep content.

Demikian sharing saya kali ini, kalau ada saran dan masukan untuk resolusi 2021, mohon ditambahkan di kolom komentar ya. Terima kasih, semangat ngeblog lebih baik lagi.

Salam,
fadlimia resolusi ngeblog 2021




31 komentar untuk "Kaleidoskop Ngeblog 2020 Dan Resolusi 2021"

  1. Keren rajin bener nulisnya blog selama 2020.aih mpo malu ah, Mpo kurang semangat menulis nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan lg ada waktu kok, Mpo... biasanya juga dikit ^^

      Hapus
  2. Waw keren 153 artikel ya kak tahun ini pastinya banyak PV yang akan bertengger di page one deh, kak mia me panutanku 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu mudah-mudahan ya Id... soalnya masih banyak PR utk membenahi artikel lama yang tagheading suka2 haha...

      Hapus
  3. Mbak Mia keren. Dari cara mengulas aktivitas ngeblognya kesungguhannya terlihat. Semoga makin baik lagi di tahun ,2021.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, iya nih musti rajin benahi blog nih kayanya... koq dalam 2 minggu ini DA ku udah turun 2 poin aja hadeehhh

      Hapus
  4. salut Mbak, meski sibuk dengan kerjaannya tapi blognya masih terawat dengan baik, terbukti nyata dengan postingan organik yang mendominasi di tahun 2020 kemarin ya :)

    btw, jadi pengen ikutan Tridop juga, masih menerima member baru kah? :D

    BalasHapus
  5. Banyak bener mbak artikel yang sudah ditulis. AKu aja sebulan udah bagus bisa 5,6,7 judul hahaha :) Maklumlah namanya juga mamak rempong banyak urusan domestik wkwkwkwk. Memang butuh ketekunan menulis ya :) Senangnya dengan ngeblog kita bisa berbagi pengalaman semoga bermanfaat aamiin.

    BalasHapus
  6. Aku masih seminggu sekali postingannya hiks, bahkan malah Desember lalu cuma 1 huhu, semoga tahun ini bisa lebih konsisten , aamiin

    BalasHapus
  7. Aku jadi kepikiran untuk bikin kaleidoskop blog tahun 2020, supaya punya target juga nih di tahun 2021 biar konsisten dan rajin ngeblognya.

    BalasHapus
  8. Wow... Keren... Kalau aku bisa seminggu satu tulisan aja, udah ngatur napas, Mbak. Salut dan mesti ditiru nih.

    BalasHapus
  9. Semangat mom ngeblognya, aku pun sama kadang sebulan cuma 1 yg organik, sisanya kalau pun posting 1-2 post konten sponsor. Hihihi

    Entah kenapa kayanya lebih semangat nulis yg sponsor daripada organik.. karena mungkin dl nya nyata jadi aku merasa bertanggung jawab aja.
    Kalau postingan organik rasanya ya sekarepku gitu..hihi

    BalasHapus
  10. Selama setahun artikelnya bnyak bngt nih moms keren deh rutin bsa nulis organic aku pingin nih menjaga konsistensi menulis resolusi deh buat aku ditahun baru ini

    BalasHapus
  11. keren banget, mbak setahun sampai 150 artikel padahal ngajar juga. saya tahun kemarin cuma 83 artikel dan menurun dibanding tahun 2019. jadinya untuk target tahun ini 90 artikel aja

    BalasHapus
  12. Bagus banget, kak..
    Di data begini jadi ketauan banget yaa...
    Kaya awal gini, aku paling semangat nulis, nanti mulai kendornya pas pertengahan tahun. Sungguh ujian konsitensi ini yhaa..

    Semoga semakin sukses dan sukses teruus ya, kak..

    BalasHapus
  13. keren nih bun infografisnya, bikin aku jd termotivasi juga, pengen bikin juga yg demikian. izin save gambarnya ya

    BalasHapus
  14. Wah kaleidoskopnya kece banget Bu Dosen. Ya Allah, mudah-mudahan bisa buat juga untuk tahun 2021 ini.

    BalasHapus
  15. Mantul nih kak Mia sebulan minimal 12 artikel, daku malah setengahnya hihi. Tetap SemangatCiee ya semoga tahun ini kita makin banyak ide menulis dan job nya buat blog

    BalasHapus
  16. ya Rabb. unggahannya banyak banget. sebagai blogger pemula yang nulisnya masih dikit banget dan anginnya belum kenceng, aku dapat banyak insight soal dunia blog dalam tulisanmu, mba. thank you for sharing

    BalasHapus
  17. Apa cerita dgn blog gue,, hehee wajar kalo kk Mia dpt reward wing rajin hehee

    BalasHapus
  18. Waaah rajin banget mbaak. Aku sebulan biasanya cuma 5 judul sudah ahamdulilah. Hahaha...Pengin daftar adsense juga sih. Tapi masih maju mundur

    BalasHapus
  19. Wah jadi contoh ni..postingan elva semua baru 275, banyak belajar dari ka mia..😍🥰

    BalasHapus
  20. Kapanlah awak bisa nulis ky kakak yaa. Banyak x tulisan kakak..apa tipsnya supaya disiplin nulis kak terus gmn caranya bikin google ads di blog kita ajarinlah kak.

    BalasHapus
  21. Wuih, produktif banget ya kk mia ini. setahun ngasilin 153 artikel. Lah aku cuma setengahnya. wkwkwk... moga makin keren di tahun ini ya kak.

    BalasHapus
  22. Saya bangga banget nih dengan Bu Mia dan benar-benar idola. Saya langsung semangat lagi nih. Selamat ya Bu, diterima di google Adsense. Heseh, mantap jiwa. Semoga semakin meningkat di tahun ini. Terima kasih sudah menginspirasi.

    BalasHapus
  23. Jadi termotivasi untuk lebih giat ngeblog lagi Bu .. semangat Bu..

    BalasHapus
  24. keren banget mbak. aku tuh sebulan bisa nulis sampai 4 artikel aja udah alhamdulillah banget. 2021 ini pengen coba banyakin artikel organiknya nih biar blognya makin rame

    BalasHapus
  25. Gokil kak Mia... 😍 153 artikel yaaa..
    Awak belum liat berapa banyak. Iis taun 2021 awak nanti tulis lah.. berapa artikel, berapa artikel cp, artikel organik, biar akhir 2021 bisa nulis kaleidoskop juga..

    Sekalian sama job influencer kak.
    Jadi teringat mas Bambang nih, tahun 2020 dia dapet 49jeti dari internet

    BalasHapus
  26. Wah, keren, banyak artikel lomba dan organik juga ya. Kalau saya minimal target memang keindeks google kalau untuk page one, belum berani narget. Masih sering malas riset keyword soalnya. Padahal kalau bisa page 1 lumayan berpeluang menangguk banyak PV ya...duh, PR ini...

    BalasHapus
  27. Saya ketawa de ngebaca paragraph pembukanya hihihihi
    TAhun ini saya pengen konsisten nulis lagi de.
    Terpacu liat mba Mia yang tetap konsisten nulis, walaupun seabrek kerjaan melanda

    BalasHapus
  28. Wuiiih kalo liat konsistensi kak Mia dalam ngeblog bikin angkat topi deh. Semoga bisa di tahapan begini satu hari nanti ya

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.