Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Kreatif Media Pembelajaran Dengan Canva Untuk Pendidikan

Membuat kelas mengikuti materi pelajaran dengan baik merupakan harapan semua guru. Oleh karenanya, banyak guru yang mencari hal-hal kreatif agar kelasnya selalu menyenangkan dan pada akhirnya siswa menguasai materi pelajaran dengan gembira dan tanpa paksaan.

belajar dengan canva

Media-media ini dapat dipakai dai siswa TK hingga SMA. Dasar dari ide sama, tetapi dengan isi materi yang menyesuaikan tingkatan pendidikan siswa.

Canva untuk Pendidikan menyediakan media pembelajaran gratis untuk para guru dan muridnya. Dengan akun Canva untuk Pendidikan, semua template Canva termasuk template premium yang biasanya berbayar, bisa digunakan gratis. Program ini berlaku untuk semua guru dan siswa dari kelas 1 hingga kelas 12.

Media-media pembelajaran kreatif yang bisa dipakai adalah:

1. Kartu Bingo

ide dengan canva

Untuk persiapan kartu bingo, bisa dengan cara membeli atau membuat. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Membeli kartu bingo lebih praktis, tetapi materi kartu tidak bisa dibuat sesuai keinginan guru. Membuat kartu bingo membutuhkan waktu, tetapi materi kartu bisa dibuat sesuai keinginan.

Saat ini, kalau membuat kartu bingo tidaklah sulit, sudah ada desain kartu bingo online termasuk di Canva, dimana pembuat kartu tinggal mengganti materi kartu bingo. Bila sudah selesai tinggal didownload. Hasil file berupa gambar dan bisa dicetak di kios digital printing terdekat.

Untuk siswa SMP maupun SMA persiapan membuat kartu bingo bisa diserahkan kepada mereka. Para siswa remaja ini, akan menyukai proses kreativitas dalam membuat kartu bingo, guru cukup memberi tema untuk isi kartunya.

Kartu Bingo ini dapat digunakan dalam belajar:

- Bahasa

Pada siswa TK dan SD, kartu bingo dapat digunakan untuk belajar membaca dan angka. Misalnya nama-nama hewan di kartu bingo, ketika guru menyebut nama hewan tertentu, siswa diminta menandai kotak mana yang sesuai dengan ucapan guru. 

Pada siswa SMP dan SMA, kartu bingo dapat digunakan untuk belajar bahasa asing. Dan dalam aktifitas, guru bisa bertindak sebagai pengawas saja, para siswa membentuk kelompok dan menjadi permainan antar kelompok di kelas.

- Matematika

Kartu bingo sangat bermanfaat untuk belajar angka, berhitung, pecahan pada siswa TK dan SD. Misalnya guru menyebut 7 x 6, maka siswa menandai hasil yang benar di kartu bingo.

Siswa SMP dan SMA dapat belajar geometri dan kurva dengan kartu bingo. Untuk kurva, guru menuliskan persamaan di depan kelas, siswa menandai kurva mana yang sesuai dengan persamaan yang ditulis.

- Ilmu Sains dan Sosial

Kartu bingo dapat digunakan untuk belajar hal-hal baru dalam sains maupun ilmu sosial. Dalam sains misalnya, pertanyaan, “lapisan atmosfer yang terdekat dengan bumi”, maka siswa menandai jawabannya pada, “troposfer”

2. Kartu Flash

kartu flash

Kartu flash banyak digunakan oleh anak-anak dalam belajar. Orang tua juga banyak yang menggunakannya untuk belajar dan bermain di rumah, terutama pada anak-anak usia pra sekolah.

Kartu flash dapat dipakai pada pelajaran:

- Bahasa

Bahasa sangat banyak menghafal dan salah satu alat efektif untuk menghafal adalah menggunakan flash cards. Dari usia pra sekolah, untuk belajar membaca, banyak yang menggunakan bantuan flash card.

Di usia remaja, saat belajar bahasa asing, siswa juga menggunakan flash cards, terutama untuk menghafal kosa kata baru dari bahasa yang dipelajari.

- Matematika

Dalam materi pelajaran matematika, kartu flash sangat banyak digunakan pada usia pra sekolah untuk belajar mengenal angka maupun bentuk.

- Ilmu Sains dan Sosial

Kartu flash dapat digunakan untuk mengenal dan memahami istilah-istilah baru dalam ilmu sains dan ilmu sosial. Misalnya untuk ilmu sains, mengenal dan memahami planet-planet di tata surya. Untuk ilmu sosial, misalnya digunakan untuk mengetahui timeline sejarah di Indonesia.

3. Infografis

infografis

Infografis bisa dipakai untuk banyak hal. Membuat pengumuman sekolah dengan infografis pun bisa. Bahkan lebih mudah dicerna oleh siswa, karena dalam infografis, penjelasan bisa berurutan dengan adanya ilustrasi gambar.

Dalam mata pelajaran, infografis bisa digunakan untuk penjelasan banyak hal:

- Bahasa

Salah satu unsur dalam pelajaran bahasa adalah menulis, baik pelajaran Bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Dan agar siswa dapat menulis karangan dengan baik, salah satunya menggunakan infografis.

Dalam infografis, dapat dijelaskan secara runtut, unsur-unsur dalam menulis, seperti ide cerita, bentuk tulisan dsb.

Untuk belajar bahasa asing, infografis dapat digunakan untuk belajar struktur kata (grammar) juga

- Matematika

Kegunaan infografis terbaik adalah memberikan informasi secara visual. Untuk pelajaran matematika yang membutuhkan banyak sekali informasi visual adalah dalam bab geometri.

Sebelum siswa bisa membayangkan tanpa visualisasi di bab geometri, siswa bisa belajar secara runtut bentuk-bentuk bidang dengan menggunakan infografis

- Ilmu Sains dan Sosial

Infografis salah satunya dapat digunakan untuk menjelaskan sistem dalam tubuh manusia, cara kerjanya dalam biologi. Selain itu, juga dapat untuk menjelaskan proses-proses dalam alam seperti terjadinya hujan, proses tumbuhan seperti fotosintesis, proses metamorfosis dalam hewan, dsb.

Dalam pelajaran fisika maupun kimia, proses kejadian bisa dijelaskan dengan runtut melalui infografis.

Untuk ilmu sosial, salah satu media yang dapat digunakan menjelaskan peristiwa dengan detil adalah dengan menggunakan infografis. Misalnya peristiwa sejarah kerajaan-kerajaan di pulau Jawa sampai dengan terbentuknya kerajaan Majapahit. Berdiri dan runtuhnya kerajaan-kerajaan di Jawa saling berkaitan hingga kerajaan Majapahit berdiri.

Kesimpulan

Masih banyak template-template desain di Canva yang bisa digunakan untuk membantu kelancaran pembelajaran, seperti desain jadwal sekolah, poster, sertifikat dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan akses Canva untuk Pendidikan, guru harus terlebih dahulu mendaftar untuk mendapatkan akunnya. Setelah akun guru aktif, guru bisa memasukkan akun siswanya sebagai tim dari guru tersebut. Dengan demikian guru dan siswa dapat mengakses semua template Canva.

Akses media pembelajaran kreatif di https://www.canva.com/id_id/pendidikan/






29 komentar untuk " Ide Kreatif Media Pembelajaran Dengan Canva Untuk Pendidikan"

  1. Kalau sudah punya akun di canva, untuk bisa daftar di canva pendidikan ini gimana ya mbak. Saya meluncur ke canvadot com/id_id/pendidikan/ begitu klik daftar bukannya tampil form pendaftaran, tapi langsung masuk login pakai akun saya, data akun sudah tersimpan di laptop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini buat per kelas, Mbak... jadi 1 guru dengan semua siswanya 1 kelas. Canva memfasilitasinya

      Hapus
    2. ooo begitu. Bagus ya programnya, jadi mendukung pembelajaran kolaboratif juga

      Hapus
  2. Seperti para pendidik harus tahu tentang canva ya kak. Biar pembelajaran dirasa lebih variatif dan menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas sekali untuk teman-teman guru beserta murid2nya

      Hapus
  3. Canva nih desain template yang sesuai banget ya mbak untuk pemula dan untuk semua kalangan terlebih yang ga bisa desain tapi jadi kreatif dan berseni juga utak atik canva hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup benerr pendidikan terbantu banget dengan adanya Canva ini ya Mbak

      Hapus
  4. Terobosan baru dari Canva nih, layak banget untuk diapresiasi karena banyak pendidik yang butuh perangkat belajar yang kreatif. Membuatnya di Canva tentu lebih mudah ketimbang di software desain grafis yang lebih kompleks

    BalasHapus
  5. Wah baru tahu kalau canva bisa dioptimalkan untuk pendidikan. Bener juga ya, ini situs/aplikasi yang sangat user friendly. Aku juga kalau bikin header blog, CV, poster dsb, sangat kebantu dengan Canva ini.

    BalasHapus
  6. Pakai Infografis memang membantu sekali agar lebih mudah dipahami, karena selain lebih simple dan menarik perhatian, jadi kreatif untuk ditampilkan

    BalasHapus
  7. bravo CANVA!
    bravo guru-guru Indonesia!

    Terus semangaaatt dan berkreasi memberikan yg terbaik untuk generasi penerus bangsa yaaaa :D

    BalasHapus
  8. Berarti harus grouping satu kelas ya mbak? Dia bukan Canva yang kayak biasa? Saya sudah pakai Canva berbayar, kayaknya seru juga nih fitur ini, buat bikin tools belajar anak-anak di rumah.

    BalasHapus
  9. Canva bagus untuk multimedia gambar dan pilihannya banyak disesuaikan kebutuhan. Selama ini canva membantu berkarya

    BalasHapus
  10. Senang banget kalau Canva saat ini memberikan ruang dan perhatian untuk anak sekolahan dan tenaga kependidikan dengan adanya program ini. Selama ini saya pakai canva buat mempercantik tampilan blog aja. Ternyata sekarang bisa lebih ya....

    BalasHapus
  11. Aku baru sebulan ini belajar canva dari webinar seseorang, alhamdulillah makin suka dan tertarik hehe

    BalasHapus
  12. eh ciyusan canva punya fitur khusus utk pendidikan? keren amaaat. dan keren juga ini mbak mia. konsisten berbagi tentang pembelajaran. saluuut..

    BalasHapus
  13. Anak saya suka dapat tugas bikin poster atau materi untuk presentasi. Biasanya dia suka pakai Canva. Memang menarik banget otak-atik Canva. Banyak pilihan yang bagus di sana

    BalasHapus
  14. Keren ya anak-anak sekarang lebih melek teknologi. SD SMP udah bisa pinta utak atik Canva. Emaknya baru pas kepala 3 belajar nge-Canva. Wkwkwk

    BalasHapus
  15. baru tau kalo Canva menyediakan media pembelajaran gratis untuk para guru dan muridnya.
    Bagus banget untuk bikin mind map dan mewujudkannya dalam infografis
    Sehingga peserta didik terbiasa membreakdown materi pelajaran
    Nggak asal ngapalin

    BalasHapus
  16. Wah saya baru tahu Mom kalau canva ada aplikasi pendidikannya, saya pikir hanya untuk edit-edit foto atau tulisan dan membuat book cover, hihihiii. Thank you infonya Mom.

    BalasHapus
  17. iya nih guru-guru bisa banget loh menggunakan canva untuk membuat materi pembelajaran interaktif jadi anak-anak juga lebih seru belajarnya

    BalasHapus
  18. Mengajar memang terus membutuhkan inovasi agar bisa terus berjalan beriringan dengan kebutuhan dan perkembangan jaman. Materi ajar juga bisa disampaikan dengan cara yang berbeda agar bisa menimbulkan rasa dan semangat untuk fokus pada materi tanpa rasa bosan dan enggan. Apalagi anak-anak/generasi muda sekarang kan pengetahuan dan skill mengolah info dari internetnya tinggi sekali. Jadi pendidikpun harus mampu mengimbanginya.

    Artikel yang recommended untuk para tenaga pengajar nih.

    BalasHapus
  19. Jujur aku blum nih otak atik canva padahal temen temen blogger dah pada gandrung sama canva. Sekarang malah bisa buat pendidikan juga. Mantap kudu nyoba otak atik canva juga ini mah

    BalasHapus
  20. Aku nih pengguna Canva juga untuk infografis blog. Guru-guru bisa nih bikin bahan ajar pakai Canva soalnya udah banyak banget template yang tersedia termasuk untuk presentasi

    BalasHapus
  21. Canva kalau diulik banyak banget kegunannya, ya. Aku seringnya sih buat infografis aja sama desain postingan ig. Seringnya buat desain sampul buku.

    BalasHapus
  22. Aku salah satu penghuni Canva, suka banget pakainya. Template template nya banyak

    BalasHapus
  23. Platform yang multi guna ya. Sebelumnya saya hanya tau untuk bikin design,vektor atau infografis. Tapi jika diperluas bisa juga untuk membuat beraneka maca media pembelajaran

    BalasHapus
  24. Eh bener juga yaa. canva bisa buat bikin materi pembelajaran sekolah/anak di rumah. selama ini anak2 pakai buat kerjain tugas bikin flyer aja dan aku ya buat banner gt2.

    Aku lagi pengen beli flash card buat si bungsu, tapi kayaknya bikin seru yaaa

    BalasHapus
  25. Bagus banget ini program nya yah mba. Anak2 bisa lebih kreatif dan makin terprogram juga dengan hal yang memacu semangat belajarnya

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.