Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan dan Cara Menulis Kisah Inspiratif

Panduan dan cara menulis kisah inspiratif merupakan bagian kecil dari tulisan yang dibukukan di buku bersama Happy Writing Project, kerjasama sepuluh penulis yang tergabung dalam Cluster Solutif, Co Housing Gerha Aksara. Jika ingin mendapatkan panduan lengkapnya bisa menghubungi penulis melalui blog ini ya.

Mengapa menulis kisah inspiratif?

Kisah inspiratif adalah kisah atau cerita yang membuat pembacanya merasa tergugah, tergerak untuk mencipta sesuatu, dan menjadi lebih termotivasi setelah membacanya. Mungkin yang tadinya malas-malasan, tidak bersemangat, atau merasa putus asa, ketika membaca satu kisah inspiratif, jadi memiliki energi untuk bangkit, membenahi keadaannya menjadi lebih baik.

cara menulis kisah inspiratif
Glints

Kisah inspiratif sederhananya adalah kisah yang memberikan inspirasi bagi yang membacanya. Inspirasi atau ilham untuk berbuat hal yang sama baiknya dengan yang diceritakan, maupun menghasilkan perilaku positif lainnya. Kisah inspiratif ini menjadi penting untuk didokumentasikan dengan beberapa alasan di bawah ini.

Kisah inspiratif ditulis karena:

1. Sayang untuk berlalu begitu saja

Mungkin bagi sebagian orang peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam kesehariannya tidaklah berkesan. Namun bagi seorang penulis, suatu kisah yang meninggalkan pelajaran, sekecil apapun bisa ditangkap pesan moral dan pelajarannya lalu diikat ke dalam tulisan.

2. Ingin memunguti hikmah dari setiap peristiwa

Ketika mengalami sesuatu atau mendengarkan hal unik dan menarik dari seseorang, pikiran penulis kisah inspiratif pastinya langsung terhubungkan pada hikmah yang bisa dipetik. Misalnya menceritakan tentang seorang siswa SMP yang mampu menciptakan listrik dari pohon kedondong pagar. 

Ketika anak seusianya masih asyik bermain gim daring tetapi ia telah berhasil menemukan listrik. Tentunya hal ini jika dituliskan dalam kisah inspiratif, menjadi hal yang sangat menarik dan memberikan motivasi kepada siswa SMP lainnya untuk meneladani anak tersebut.

3. Sebagai apresiasi kepada orang yang mengalaminya

Membaca buku-buku biografi sama saja dengan membaca kumpulan kisah inspiratif dari seorang tokoh terkenal. Biografi berisikan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, biasanya dari tokoh tersebut lahir sampai meninggal dunia. 

Berbeda dengan biografi, otobiografi adalah kisah perjalanan seseorang yang ditulis sendiri oleh yang bersangkutan. Baik biografi maupun otobiografi, pastinya sama-sama memuat tentang kisah inspiratif. Banyak catatan peristiwa penting yang bisa diambil pesan moralnya sebagai bekal yang bermanfaat bagi pembaca.

Namun tak jarang menuliskan kisah inspiratif penting sekali sebagai apresiasi kepada orang yang mengalaminya. Sebab karena pengalaman tokoh tersebut, orang-orang di zaman setelahnya, dapat menjadikannya cerminan untuk mengambil langkah di jalan yang lebih tepat.

4. Menulis kisah inspiratif bagaikan menulis buku harian

Menulis kisah inspiratif bagaikan menuturkan cerita. Mengalir, lepas, sampai tuntas tanpa terikat kaidah penulisan yang baku seperti pada jenis tulisan lainnya. 

Bisa dikatakan menulis kisah inspiratif ini ringan bagaikan menulis buku harian. Kendati demikian, tetap ada panduan dan cara menulis kisah inspiratif yang akan dijelaskan di bagian lain tulisan ini.

5. Kisah inspiratif selalu menarik untuk dibaca

Alasan ini pastinya menyenangkan semua pihak, bukan. Tidak saja dari sisi penulisnya, pihak penerbit, terutama pembaca. Siapa yang tidak ingin membaca kisah-kisah yang mampu menggerakkan hati. 

Berisi motivasi sehingga setelah membacanya kita akan merasa beban hidup belum ada apa-apanya ketimbang kisah yang dibaca.Contoh buku tentang kumpulan kisah inspiratif adalah Chicken Soup for The Soul.

Cara menulis kisah inspiratif

Setelah mengetahui alasan mengapa penting menuliskan kisah inspiratif baik dalam bentuk artikel maupun buku, berikut cara menuliskannya.

Kumpulkan bahan-bahannya terlebih dahulu

Jika mengenai tokoh inspiratif yang ingin dituliskan kisahnya, persiapkanlah segala sesuatu terkait dengan dokumentasi informasi ketika bertemu dengan yang bersangkutan. 

Urutkan secara benar peristiwa-peristiwa yang betul-betul mendatangkan inspirasi bagi pembaca, dimulai dari diri Anda sendiri. Apakah merasa terinspirasi atau malah biasa-biasa saja, tidak ada hal yang istimewa untuk dituliskan.

Buat kerangka tulisan 

Kerangka tulisan menjadi sebuah kebutuhan dalam menulis apa saja. Sesuai namanya, kerangka adalah garis besar atau rancangan dari sebuah karangan. Nama lainnya dalam KBBI adalah ragangan dan bahasa asingnya, outline.

Pengalaman penulis saat menuliskan kisah inspiratif adalah dengan memuat hal-hal berikut sebagai panduan agar kisah inspiratif memiliki struktur yang jelas.

  1. Kenyataan yang terjadi
  2. Perasaan terdalam saat mengalaminya
  3. Keputusan atau tindakan yang diambil untuk mengatasinya
  4. Petikan hikmah yang bisa dibagikan
  5. Kisah serupa yang dialami atau hampir mirip dari tokoh lain (boleh ada boleh tidak)
  6. Kesimpulan (Jika melakukan A bisa jadi hasilnya A atau B, bisa jadi ABCD)

Mulailah menulis dari bagian yang paling berkesan

Sama seperti mengerjakan soal saat sekolah dahulu, demikian pula hendaknya dalam menuliskan kisah inspiratif ini. Sebaiknya mulai dari menulis hal yang paling berkesan dulu. Supaya dapat feel-nya. 

Dikhawatirkan saat ide terlampau lama menumpuk di kepala, pemaknaannya semakin jauh dari saat baru saja menjalaninya. Hal ini kerap disebut tidak akurat. 

Sertakan kata-kata mutiara atau quote yang sinkron dengan kisah yang tengah ditulis

Adanya kata mutiara atau quote ini tentunya memperdalam rasa ketika pembaca menikmati kisah inspiratif yang dituliskan. Selain kata-kata bijak, cuplikan ayat Alquran juga baik sekali dicantumkan dalam kisah inspiratif. Kitab suci sebagai obat, harapan, dan sikap optimisme dalam kehidupan.

Minta teman atau adik/kakak untuk membacanya 

Meminta bantuan teman atau saudara untuk membaca kisah inspiratif yang Anda tulis, adalah suatu trik untuk mengetahui apakah kisah tersebut cukup inspiratif atau tidak. Poin plusnya lagi, Anda akan menerima kritik dan saran untuk perbaikan tulisan dari mereka. Biasanya penilaian mereka apalagi yang memang suka membaca, adalah pandangan calon pembaca tulisan Anda pada umumnya.

Kesimpulan

Alasan menulis kisah inspiratif adalah jika dibiarkan berlalu tanpa dituliskan, kisah inspiratif akan sangat disayangkan. Ingin memunguti hikmah yang berserakan di dalamnya, sebagai apresiasi bagi yang mengalami, menulis kisah inspiratif bagaikan menulis buku harian. Selain itu menulis kisah inspiratif selalu menarik untuk berbagai pihak.

Cara menulis kisah inspiratif, kumpulkan terlebih dahulu semua informasi yang diperlukan. Buat kerangka tulisan, mulailah menulis dari hal yang paling berkesan, sertakan kata-kata mutiara yang relevan, dan yang berikutnya adalah minta teman, adik/kakak untuk membacanya, guna mengetahui tulisan tersebut merupakan kisah inspiratif bagi pembaca atau tidak.

Demikianlah artikel mengenai panduan dan cara menulis kisah inspiratif ini. Jika ada yang perlu ditambahkan, silakan meninggalkan komentar di bawah ya. Terima kasih.

Salam,
menulis kisah inspiratif















Posting Komentar untuk "Panduan dan Cara Menulis Kisah Inspiratif"