Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beli Di Toko AC? Ketahui Fungsi Setiap Jenis Komponen!

Beberapa waktu lalu saya memanggil abang-abang servis AC ke rumah. Biasa, setiap tiga bulan sekali AC-AC di rumah mesti dicuci. Namun ada satu unit AC di kamar anak saya yang suku cadangnya ada yang perlu diganti. Sebelum mengiyakan penawaran tukang reparasinya, saya browsing dulu nih, apa saja komponen dan fungsi di suatu AC.

Toko spare part AC atau suku cadang AC (Air Conditioner/ pendingin udara), biasanya menyediakan pula seperangkat unit sebuah AC  yang akan Anda beli. 

Tetapi alangkah baiknya Anda bisa mengetahui terlebih dahulu fungsi dari setiap jenis komponen yang ada dalam AC. Komponen spare part AC ini sangat berperan penting untuk kinerja sebuah AC.

Jika salah satu komponen ini rusak, pastinya akan berpengaruh dan memuat AC juga rusak secara keseluruhan. Simak berikut penjelasannya.

komponen-komponen ac
AC Daikin

Fungsi Komponen AC

Komponen AC terbagi menjadi 4 (empat) yang saling berkaitan keseluruhan, berikut penjelasannya

1. Komponen utama


Komponen utama terbagi menjadi 4 yaitu:

Kondensor 

Alat yang biasanya untuk bertukar kalor dan mengubah wujud cair menjadi gas atau sebaliknya.

Kompresor

Alat yang sangat berfungsi untuk menjadi pusat sirkulasi pendingin dan memompa udara untuk mengedarkan udara yang dingin ke seluruh ruangan.

Pipa kapiler  

Alat yang mampu menurunkan tekanan pendingin dan berhubungan dengan tekanan tinggi atau tekanan rendah.

Evaporator

Alat yang mengalirkan dan menyerap udara panas sehingga berubah menjadi udara dingin atau bisa disebut alat penukar panas.

2. Komponen pendukung


Komponen pendukung terdiri dari 4 yaitu:

Akumulator

Akumulator adalah menampung pendingin cair yang memiliki asuhu rendah lalu mencampurkan dengan minyak pelumas.

Strainer 

Strainer adalah alat yang bisa menyaring kotoran udara sehingga pendingin menjadi aman.

Blower 

Blower alat yang mampu membuat sirkulasi udara yang ada di dalam ruangan

Pelumas kompresor

Pelumas kompresor adalah alat yang bisa melumasi bagian kompresor yang bergesekan dan tidak tersendat.

3. Komponen kelistrikan

Komponen ini adalah komponen yang berhubungan dengan listrik contohnya thermistor, kapasitor, dan lain lain. Biasanya toko ac menyediakan alat ini untuk mengganti alat yang rusak.

4. Pendingin

Pendingin adalah mesin yang mampu mengubah zat cair ke dalam bentuk gas atau bentuk gas menjadi cair. 

Berikut merupakan fungsi dari setiap jenis spare part yang ada di toko ac. Kunjungi https://www.daikin.co.id/ untuk informasi lebih lanjut terkait produknya. Ac daikin adalah ac yang sudah memiliki spare part yang sangat berkualitas dan terbaik. Segera beli!

Sampai di sini jadi mengerti sedikit-sedikit kan ya, tentang komponen-komponen dalam AC. Yup, saya juga baru belajar nih, biar tidak awam sekali soal ini. Tidak kalahlah sama bapak-bapak soal nama-nama jenis komponen AC.

Kesimpulan

Nah, kan jadi tahu mengenai komponen-komponen beserta fungsi yang terdapat di dalam sebuah AC. Ada komponen utama yang terdiri dari kondensor, kompresor, pipa kapiler, evaporator. Sedangkan komponen pendukungnya berupa akumulator, strainer, blower, pelumas kompresor. Selain itu ada pula komponen kelistrikan dan pendingin. 

Gimana, Pembaca... kalau AC rusak ntar ketemu teknisi yang biasa mereparasi AC di rumah sudah bisalah ya, bertanya atau berdiskusi mengenai bagian komponen yang perlu diperbaiki. Agar punya bargaining position juga dong di depan sang mekanik AC, hehe.

Ceritakan pengalaman Anda saat memanggil tukang servis AC ke rumah di kolom komentar ya. Terima kasih.

Salam, 
AC Daikin





13 komentar untuk "Beli Di Toko AC? Ketahui Fungsi Setiap Jenis Komponen!"

  1. Beli AC pun perlu tahu fungsi komponennya ya supaya kalau kenapa-kenapa paham, tidak gampang diperdaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener banget Kak Niar, AC tidak dingin misalnya, bukan harus nambah freon, tp ya memang 3 bulan sekali mesti dicuci

      Hapus
  2. Alhamdulillah selama ini service ac belum ada yang perlu diganti.
    Tapi soal daleman ac begini memang kudu tau, jadi gak melongo ketika diajak diskusi soal ganti sparepart sama tukang ac.

    BalasHapus
  3. Naaah berasa tercerahkan bacanya mbak Mia. Wkwkw
    Soalnya aku nggak ngerti bagian2 AC. Bener banget sih, seenggaknya kita tahu bagian2 AC secara umum biar kl ada tukang service AC kita ngerti dikit🤣

    BalasHapus
  4. Saya ga punya cerita soal AC. Rumah saya di kampung, alhamdulillah udara masih bersih jadi kalau siang panas banget cukup buka jendela lebar aja. Hehehe
    Malam di kampung justru lebih dingin. Apalagi musim hujan. Dan yg ga bikin kami beli AC itu daya listrik di rumah juga ga bakal kuat. Soalnya kami pakai yg 450 dan subsidi pula. Apa kata dunia listrik selama pandemi ini aja gratis, eh belagak pula pasang AC hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, jadi mupeng back to nature gini ya Teh... coba deh main ke Medan biar ngerasain panasnya, hehe

      Hapus
  5. Ouw ternyata begitu rupanya.

    Selama ini kalau mau beli barang, AC misalnya ... ya beli saja. Tapi ternyata perlu juga untuk tahu sedikit komponennya.

    Terima kasih ya.

    BalasHapus
  6. Kalau aku biazanya cuci air rutin.tiap 3 atau 4 bulan sekali..tapi kalau udh dicuci trus ga dingin kayaknya waktunya nambah freon. Emang kita harus tahu komponen spare partnya jg ya mbak

    BalasHapus
  7. Wah nanti sekali-kali bikin artikel lagi donk kak tentang cara membersihkan AC mandiri.. wkwkwk
    Ternyata bagian AC hanya terdiri dari 4 komponen utama ya .

    BalasHapus
  8. Wah ga bisa cerita AC saya mbak wong gak pakai AC hehehe maklum bukaan rumah saya besar2 dan halaman full pohon jadi pake AC alam deh..

    BalasHapus
  9. Aku paling awam banget kalo soal barang elektronik kek gini mba 😂😂. Jadi kadang suamiku ngomong apaan aku ga nyambung wkwkw emang harusss belajar nih...

    BalasHapus
  10. wah ini perlu banget tahu buat saya mba , kebetulans aya mau beli AC buat di tempat yang saya baru tinggalin karena panas banget. wah jadi lebih teliti saya jadinya

    BalasHapus
  11. Berhubung sampai saat ini belum menggunakan AC, jadi hanya bisa membaca artikel ini sebagai penambah wawasan, hehe. Tapi memang produk elektronik apapun harus rajin2 dicek kondisinya dan dirawat secara regular biar lebih awet ya..

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.