Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Imunitas Keluarga

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sangat dibutuhkan untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuh anggota keluarga. Sebagai ibu, bersama suami mengurusi anak-anak, saya berikhtiar untuk senantiasa memberikan yang terbaik bagi kesehatan keluarga. Di artikel ini saya menuliskan tentang tips menjaga imunitas keluarga. 

Ibu Sigap Jaga Imunitas Keluarga

Beruntung sekali pada Senin, 22 Maret 2021 lalu saya bisa mengikuti webinar Ibu Sigap Jaga Imunitas Keluarga yang diselenggarakan oleh Imugard Deltomed bekerja sama dengan Mom Blogger Community (MBC) melalui platform Zoom Conference. 

webinar ibu sigap jaga imunitas keluarga

Selaku narasumbernya, ada dr. (Cand Dr.) Inggrid Tania, M.Si, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPPOTJI) dan narasumber kedua, Apt. Agie Avionico Gaudart, S.Farm (Brand Manager Imugard).

Dokter Inggrid memulai presentasinya dengan mengingatkan kembali tugas dan tanggung jawab ibu sebagai panutan keluarga. Cara meningkatkan imunitas kekebalan tubuh di dalam keluarga adalah sebagai berikut:
  1. mengonsumsi gizi seimbang
  2. tidak merokok
  3. minum suplemen vitamin
  4. melakukan senam ringan
  5. istirahat yang cukup
  6. mengendalikan penyakit penyerta (diabetes melitus, hipertensi, kanker)

Mengapa perlu menjaga imunitas?

Sebelumnya kita mesti tahu dahulu pengertian dari sistem imun. Sistem imun adalah semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya dari luar tubuh maupun dalam tubuh sendiri.  

Berbagai patogen, bakteri, virus, jamur, parasit yang ditemukan dalam lingkungan hidup dapat masuk ke dalam tubuh kita dan menimbulkan penyakit. Bila kuman patogen tidak dapat disingkirkan maka penyakit akan menyebabkan kerusakan jaringan yang bisa berujung pada kematian.

Perlunya Imunomodulator herbal untuk menjaga imunitas 

Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif, dengan cara mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

Bahan-bahan imunomodulator ada macam-macam, ada imunomodulator zat kimia, ada pula imunomodulator herbal. Nah, bangsa Indonesia sejak dulu kala sebenarnya sudah familiar dengan imunomodulator herbal. 

Contoh-contoh imunomodulator herbal

Imunomedulator ada yang berasal dari luar negeri, seperti Echinacea, dan ada pula herbal asli Indonesia. Contohnya meniran, kunyit, dan daun kelor.  

1. Meniran 
Meniran atau Phyllanthus Niruri bersifat imunostimulan, mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air, dan aman untuk digunakan dalam jangka panjang. 

2. Kunyit
Kunyi atau Curcuma longa/Curcuma Domestica, adalah salah satu rempah yang pastinya tidak asing bagi ibu-ibu di dapur. Selain sebagai bumbu masakan, dari zaman nenek moyang bangsa Indonesia, kunyit sejak lama sudah dijadikan bahan utama membuat jamu, baik jamu saat datang bulan (kunyit asam), maupun dikonsumsi pasca melahirkan. 

Kunyit juga bersifat imunostimulasi, anti radang, memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan, dan aman untuk pemakaian jangka panjang. Hmm, pantesan kita ibu-ibu ini keranjingan minum jamu kunyit ya, ternyata banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

3. Daun Kelor
Daun Kelor atau Moringa Oleifera bersifat imunostimulasi, menjadi sumber nutrisi berupa kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, vitamin A, vitamin, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat, dan biotin. Wah, banyak ya kandungan berfaedah dari si Daun Kelor ini. Aman untuk pemakaian jangka panjang juga. Keren ya.

Nah, uniknya, ketiga imunomodulator herbal yang berkhasiat ini terkandung dalam Imugard dari Deltomed. Penasaran, kan apa itu Imugard. Berikut ulasannya.

Imugard 

Imugard adalah zat imunomodulator yang telah mendapatkan izin edar dari Badan POM RI, mengandung 100 persen ekstrak Meniran, Daun Kelor, dan Kunyit yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Berbeda dengan produk herbal lainnya, yang kadang hanya mengandung salah satu herbal saja, misalnya meniran saja atau kunyit saja. Sementara Imugard mengandung tiga zat imunomodulator yang berfungsi memperkuat sistem imun tubuh. Demikian dikatakan Mas Agie di dalam webinar.  Apalagi Imugard aman digunakan dalam jangka panjang.

Singkatnya, Imugard adalah produk herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan 3 in 1 herbal formula yaitu Meniran, Daun Kelor, dan Kunyit.

Manfaat Imugard dalam Menjaga Imunitas Keluarga

  1. Memelihara daya tahan tubuh
  2. Mengatasi gangguan pencernaan 
  3. Penangkal senyawa radikal bebas
Ketiga manfaat ini amat kita butuhkan sehari-harinya ya, Moms. Duh, jadi ingin tahu kan di mana bisa membeli Imugard ini. Berikut tempat-tempat yang menyediakan Imugard.

Oya, tersedia informasinya juga di akun Instagram Imugard ya, di @Imugard_id

imugard dibeli di mana saja

Tips Menjaga Imunitas Keluarga

Sebagai ibu, sudah seharusnya kita mengawal kesehatan keluarga agar imunitas diri sendiri, suami dan anak-anak dapat terjaga dengan baik. Bagaimana tips-tipsnya? 

Mengajak anak makan sayur dengan cara yang menyenangkan

Memastikan anggota keluarga memperoleh asupan gizi seimbang, anak-anak mesti suka makan sayur, tetapi Moms harus cari akal agar tidak terkesan memaksakan. Misalnya Moms memotong wortel jadi berbentuk bintang, bunga, dan lain-lain.

Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar rumah sekaligus agar anggota keluarga bergerak aktif 

Moms bisa mengajak anak-anak untuk kerja bakti bersama mengganti tanah tanaman yang sudah lama, menanam bunga, dan sebagainya. Dengan adanya kesibukan seperti ini anggota keluarga beranjak dari dalam rumah, dan berkeringat di bawah terpaan sinar matahari pagi yang menyehatkan.

Mengonsumsi Imugard 1 kaplet setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh

Imugard dapat diminum oleh anak di atas 12 tahun, dewasa, dan lansia. Saat kondisi tubuh dirasa sedang turun atau drop, bisa meminum 2 kaplet sehari sampai kondisi membaik, lalu dilanjutkan seperti biasa 1 kaplet setiap hari. 

Mengajak anak tidur tepat waktu

Di era Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sekarang ini anak kerap terpapar dengan ponsel pintar untuk tetap terhubung dengan guru kelasnya. Maka terkadang jam tidur malam sudah tidak on time lagi seperti saat sebelum pandemi. Maka perlahan-lahan Moms bisa membujuk anak untuk kembali mematuhi jam tidur malamnya sehingga keesokan harinya anak bisa fit kembali melaksanakan semua aktivitas.

Kesimpulan

Tips menjaga imunitas keluarga salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi Imugard yang mengandung zat imunomodulator herbal meniran, kunyit, dan daun kelor, 1 kaplet per harinya. Mudah-mudahan kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat ya.

Stay healthy with Imugard ya, Moms.

Salam, 
MBCXImugard












19 komentar untuk "Tips Menjaga Imunitas Keluarga"

  1. 3 kandungan yang ada dalam imugard ini memang betul2 sudah terbukti sebagai imunomodulator. Dulu waktu kuliah disebut2 terus nih terutama meniran. Nggak kaleng2 berarti produk imugard ini harusnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang superfood apa miracle food yaa

      Hapus
  2. Terima kasih atas rekomendasinya ya mam. Pas banget sedang membutuhkan suplemen untuk daya tahan tubuh

    BalasHapus
  3. Bahan2 berkualitas dan siap untuk jaga imunitas!
    Sip, sippp... kudu nyetok IMUGARD ini nihhh
    Semoga jadi solusi terbaik buat kita semua :D

    BalasHapus
  4. waah jadi 3 tanaman herbal berkhasiat ini ada di imugard ya mbak..
    jadi praktis deh, bisa tetap sehat dgn konsumsi tanaman herbal berkhasiat

    BalasHapus
  5. Wah, jadi ingat, udah lama banget gak mengkonsumsi produk2 imunomudulator yg pabrikan. Boleh nih untuk referensi saat dibutuhkan

    BalasHapus
  6. Imugard mengandung 100 persen ekstrak Meniran, Daun Kelor, dan Kunyit .. waah apakah sudah bisa disebut sebagai super food?

    BalasHapus
  7. Bahan dasar Imugard ternyata dari bahan-bahan alami ya. Jadi engga perlu khawatir yah. Mana lebih praktis pula dan cukup 1 kaplet sehari.

    BalasHapus
  8. Di samping gizi yang cukup dan tambahan suplemen, aktif bergerak sangat penting untuk mempertahankan imun tubuh. Terlebih manula seperti saya. Di Seharian dalam rumah duduk di depan laptop. Kadang juga bosan.

    BalasHapus
  9. aku baru inget kalo meniran itu yg ada di sekitar rumah, kayak rumput gak guna gitu. dulu suami baru tau pas kena kencing batu, disuruh nyeduh meniran. emang faedah banget ternyata

    BalasHapus
  10. Memang betul, Mbak, menjalankan hobi membuat kita banyak bergerak. Hobi saya kebetulan mengurus tanaman juga. Sesekali bersepeda dengan suami, atau jalan-jalan ke sawah dekat rumah dengan anak-anak juga. Sambil bergerak, sambil mencari udara segar dan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Badan jadi lebih bugar, pikiran pun lebih fresh.

    Tapi, kalau pas pagi-pagi hujan, rasanya jadi mager yaa... Ditambah cuaca yang dingin, badan jadi gampang drop. Tampaknya perlu sedia suplemen juga di rumah.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah kita diberi kemudahan di era masa kini, banyak produk praktis seperti Imugard yang mengandung herbal tinggal konsumsi aja

    BalasHapus
  12. Aku jadi pengen nyoba Imugard ini, Mbak. Ekstrak herbal yang dikemas dalam bentuk kaplet gini bisa lebih praktis dikonsumsi yaa.

    BalasHapus
  13. Aku setuju banget sama tips-tipsnya. Sekarang ini, aku juga lagi mengupayakan semua.

    BalasHapus
  14. Penting sekali nih menjaga imunitas di masa-masa pandemi gini. Alhamdulillah ada Imugard yang siap langsung kita konsumsi agar pertahanan tubuh keluarga terjaga dengan baik.

    BalasHapus
  15. Sejujurnya yaa..
    Aku sering makan kunyit gitu aja...hehhe...terasanya di bada memang nyaman. Tapi kan jadinya gigiku tampak kuning yaa..
    HIhii~

    Ada imugard, semua bahan herbal jadi satu.
    bahagiaaanyaa...praktis.

    BalasHapus
  16. Wiwin | pratiwanggini.net3 April 2021 16.16

    Memang banyak sih ya bahan-bahan alami di sekitar kita yang bisa dijadikan penjaga imunitas tubuh. Tetapi biasanya nih, males mengolah sendiri. Bersyukur ada Imugard, yang praktis tinggal dikonsumsi saja.

    BalasHapus
  17. Saya baru tau ada Imugard ini. Iyes, pernah sih nyoba immunomodulator yang bahan dasarnya daun Meniran aja. Eh ini keren pake tambahan 2 bahan herbal lain. Sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga imunitas tubuh yaa

    BalasHapus
  18. Mantap ni. Sepertinya jadi ingin mencobanya. Sebab baru ini dengar nama suplemen ini

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.