Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Hal Yang Bisa Dilakukan Saat WhatsApp Down

Artikel ini berisikan tentang 7 hal yang bisa dilakukan saat WhatsApp down agar kamu tidak bete lagi ketika mengirimkan pesan teks atau gambar, kok tak kunjung sampai. Sebelumnya siapa sih yang tidak mengenal aplikasi berbagi pesan WhatsApp ini? 

Pasti rata-rata orang Indonesia menggunakannya ya. Bahkan kalau sehari tidak membaca pesan WhatsApp, bagaikan hidup di gua antah berantah yang terasing dari dunia nyata. 

WhatsApp down
Tangkapan layar dari Twitter/ dokpri Twitter @hilmiahalim

Kelebihan WhatsApp

1. Sinkronisasi kontak secara otomatis

Saat perlu menyimpan kontak kenalan baru atau teman lama yang baru saja ditemui, kamu tinggal menyimpan nomornya di menu contact. Dan, tak perlu waktu lama, nomor kontak tersebut sudah muncul di kontak WhatsApp. Tinggal wassapan deh. Simpel kan. 

Namun terkadang tidak langsung ada di WhatsApp, tergantung sinyal internet di daerah kamu. Jika cepat superwuzzz maka kontak akan langsung tersinkron di WhatsApp. 

2. Gampang dioperasikan

Nah, ini nih yang bikin WhatsApp menjadi aplikasi berbagi pesan terbaik dan terbanyak digunakan di seluruh dunia. Yup, gampang dioperasikan, meskipun bagi pengguna pemula yang baru pertama kali memegang ponsel pintar. 

Aplikasi chatting ini mudah sekali digunakan dan banyak fasilitas yang mendukung pengguna mengirimkan gambar dari galeri smartphone, dokumen, mengambil gambar, mengirimkan voice note, lokasi, mengirimkan kontak, dan membuat room chat. 

Selain itu fitur pengetikan yang mudah dan memungkinkan pengguna saling mengirimkan stiker membuat acara chatting menjadi kian menarik. Bisa perang stiker lucu. 

3. Pesan dicadangkan

Jika tidak ingin kehilangan pesan-pesan penting di WhatsApp, ada back up chat sehingga sampai kapan pun pesan tersebut tetap ada di ponsel pintar kamu. Misalnya nih seperti saya yang masih menyimpan chattingan dengan ayah saya yang wafat pada Juni 2018 lalu.

bagaimana kalau whatsapp down?
Tangkapan layar dari WA / dokpri

Demikian pula jika ada orang yang melakukan perbuatan melawan hukum terhadap kamu, selama kamu tidak menghapusnya, maka chat dengan orang tersebut akan tersimpan terus dan bisa dijadikan informasi elektronik yang bisa menjadi pendukung alat bukti di pengadilan.

4. Ada WA Stories

Sejak tahun 2019 WhatsApp berada di bawah naungan Facebook, bersama-sama dengan Instagram. Maka tak heran jika ketiga situs jejaring sosial ini sama-sama memiliki fitur stories. Bagi pengguna yang bekerja sebagai penjual di toko daring, fitur ini sangat membantu untuk memajang banyak foto produk sekali waktu secara slide show. 

5. Bisa dikustomisasi dengan mudah

Sebagai aplikasi open source, WhatsApp bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pernggunanya. Seperti mengubah foto profil, username, background chat, memblokir nomor yang mengganggu dan sebagainya. 

Hal-hal di atas adalah kelebihan WhatsApp, tentunya ada pula kekurangannya, antara lain aplikasi ini cukup sering minta di-update. Sebenarnya bagus sih kalau minta diperbaharui karena bertujuan untuk meningkatkan performa aplikasi dan membuang file-file sampah yang menghambat kinerja WhatsApp. 

Namun jika minta di-update tetapi setelahnya tidak ada perubahan apapun sebaiknya tidak perlu. Cukup dengan  fitur sebelumnya yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Satu lagi kekurangannya adalah, aplikasi ini menuntut volume data yang besar apalagi jika kamu sering mengunduh foto dan video dari WhatsApp. 

Lantas bagaimana jika aplikasi berbagi pesan yang kadung menjadi idola masyarakat Indonesia ini mengalami down?

7 Hal yang Bisa Dilakukan Saat WhatsApp Down

Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan saat WhatsApp down:'

1. Mengecek jaringan internet

Hal pertama ini sudah pasti auto kamu lakukan soalnya ingin memastikan apakah kamu masih terhubung dengan internet atau tengah mengalami gangguan sinyal. Jadi pastikan terlebih dahulu koneksi internet kamu.

2. Nonaktifkan penghemat daya 

Fitur penghemat daya ini memang baik untuk membantu menghemat daya pada android. Namun jika fitur ini dalam keadaan aktif, maka ia justru menghambat kinerja WhatsApp, sehingga pesan atau gambar yang sedang otw kamu kirimkan menjadi pending. 

3. Aktifkan mode pesawat lalu nonaktifkan

Saat WhatsApp down, coba aktifkan mode pesawat llau nonaktifkan. Cara ini sama dengan restart ponsel sehingga interkinya tidak lancar bisa menjadi lancar kembali. 

4. Hapus cache aplikasi

Cache adalah daya yang tersimpan secara otomatis di pada saat kamu melakukan searching dengan tujuan mempercepat proses suatu aplikasi. Misalnya ketika akan membuka Vira, kamu tidak perlu mengisikan ulang username dan password, hanya dengan sekali klik langsung menuju ke dasbornya. 

Jika hanya 1-2 cache mungkin tidak akan menjadi masalah, namun bagaimana jika terdapat puluhan bahkan sampai ratusan cache? Inilah salah satu penyebab WhatsApp menjadi error atau down sehingga chat tidak terkirim.

5. Uninstall dan reinstall aplikasi WhatsApp

Jika mengalami WhatsApp down tidak ada salahnya juga kamu menguninstall aplikasi WhatsApp dr smartphone kamu lalu setelah beberapa saat kamu reinstall atau pasang ulang di Playstore. Namun jangan lupa mencadangkan pesan-pesan yang penting agar tidak lenyap dari WhatsApp kamu.

6. Sabar menunggu server WhatsApp kembali pulih seperti sedia kala

WhatsApp sempat mengalami down dini hari tadi dan Alhamdulillah sekarang telah pulih kembali. Penting untuk mengirimkan pula lewat email jika kamu sedang saling berkirim info penting lewat aplikasi chatting ini. Untuk mengantisipasi kejadian WhatsApp down seperti kemarin. Sehingga data atau dokumen yang ingin dikirim bisa tetap sampai ke tujuan.

Pengalaman saat WhatsApp Down

Back up data melalui email

Pengalaman saya saat WhatsApp down, semalam saya sedang tidur sih jadi tidak menyadari kalau WhatsApp sedang mengalami masalah. Untung saat saya tidak lagi begadang kirim-kirim data ke tim kerja. Kalau saat diperlukan tiba-tiba WhatsApp problem duh pinginnya gigit ponsel deh, hehe.

Saya selalu menyampaikan ke mahasiswa atau rekan sejawat tim kerja, jika ingin mengirimkan data atau dokumen elektronik, biasakan via surel juga. Sebab siapa yang menyangka WhatsApp down lagi saat kita sedang membutuhkan data itu segera dikirim, kan.

Restart ponsel

Saya pernah tuh mengalami lag tiba-tiba semuanya error, bukan hanya WhatsApp saja. Akhirnya saya restart HP lalu tak seberapa lama WhatsApp saya lancar kembali. Kalau errornya disebabkan faktor dari sisi kita sendiri sepertinya masih bisa diatasi. Tetapi jika dari down servernya di Amerika Serikat sana, wah sepertinya sudah di luar kendali kita.

Kesimpulan

7 Hal yang bisa dilakukan saat WhatsApp down adalah 1). mengecek jaringan internet, 2). Nonaktifkan penghemat daya, 3). aktif-nonaktifkan mode pesawat, 4). hapus cache aplikasi, 5). uninstall lalu install aplikasi WhatsApp, dan yang terakhir adalah 6). sabar menunggu server WhatsApp pulih kembali seperti sedia kala.

Demikian artikel saya pada kesempatan kali ini, jika ada yang perlu ditambahkan silakan teman-teman urun saran di kolom komentar ya, terima kasih. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Salam, 
fadlimia for WhatsApp



























18 komentar untuk "7 Hal Yang Bisa Dilakukan Saat WhatsApp Down"

  1. Hahaha, Kak Mia tauuu aja, kalo eikeh suka mati gaya kalo WA lagi down :D
    Soalnya, yang seru2 biasanya ada di WA grup sih yaa
    Siapp makasii tipsnya yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya memang kehidupan kita setiap harinya ya di WA Group itu yahh, hehe

      Hapus
  2. Ramai yang bilang kalau wA down, sementara saya sendiri malah nggak tau. Taunya setelah dapat info di salah satu WAG. Kalau server udah down, nggak ada yang bisa kita lakukan selain menunggu.

    BTW terima kasih loh, sudah diingatkan untuk rajin back up data. Selama ini saya cukup abai akan hal yang satu ini.

    BalasHapus
  3. Waduh baru tau kalo WA down nih....nah yg saya suka dari WA bisa mencadangkan kontak np.hp gitu ya. Teknologi WA juga seperti sudah canggih. Aku juga biasanya pake aplikasi file manager untuk menghapus data2 WA juga yg sudah penuh... sudah kuaca tuntas artikel di atas makah ya kak mia atas tips tipsnya...

    BalasHapus
  4. Jadi ingat tengah malam kemarin tiba-tiba WhatsApp saya enggak bisa diakses, tapi Youtube bisa diakses. Setelah sekitar 10 menit bisa diakses kembali. Saya curiga dengan wifi saya, tapi enggak tahu yang sebenarnya down yang mana, hehe.

    BalasHapus
  5. Untuk chat penting, saya selalu back up ke email atau Google Drive Mbak. Meskipun jadi agak membingungkan karena chat berurutan dengan waktu dikirim. Tapi lumayan lah, daripada hilang.

    BalasHapus
  6. Kalau sayasih nggak pusing soal komunikasi saat whatsapp down, soalnya masih ada telpon biasa. Yang pusing itu pas ada deadline kerjaan yang dari awal brief dan laporannya harus disubmit via wa. Tapi biasanya sih klien mengerti kalau memang sedang down.

    BalasHapus
  7. Kalau WA down, hidup serasa down juga 😂😂 Secara WA sdah sprti rangkuman seluruh aktivitas Qt...Thanks kak atas solusinya. Bisa jdi penyelamatk klau kena...tpi smoga tdk 😊😊

    BalasHapus
  8. Kalau WhatsApp down, hikmahnya mungkin bisa bercengkrama tanpa ponsel di antara kita dengan orang-orang di sekitar, hehe. Cuma susahnya kalau ada komunikasi penting di saat itu. Barangkali saat itulah kita bisa saling menelpon atau mengirim pesan dengan SMS

    BalasHapus
  9. Duuuh WA sudah jadi aplikasi favorit ini ya, kalau sampai bermasalah atau down rasanya bikin nggak nyaman. Makasih tips nya Mba Mia, aku termasuk yang abai ini soal back up data

    BalasHapus
  10. Saya tau ini lagi ramai diperbincangkan di jagat maya.. Haha padahal nggak merasakan sendiri. Mungkin karena siang jarang pegang hape dan nengok WA. Biasanya full ngasuh. Thanks infonya Kak Mia

    BalasHapus
  11. Makasih tipsnya, saya sering juga mengalami whatsapp down... Hmmm rasanya seperti kehilangan arah.

    BalasHapus
  12. Whatsapp down itu bikin kesel dan mati gaya
    Apalagi klo pas ternyata lagi bahas sesuatu yang penting di grup-grup kerjaan
    Makasi tipsnya, Kak

    BalasHapus
  13. Paling sering kalau whatsapp down saya tuh uninstall hp mbak sama hapus cache heheh emang ya semakin lama tambah berat aja bebannya whatsapp ini hehehe

    BalasHapus
  14. Emang penting tuh back up data di wa. Biasanya ada pemberitahuan saat back up message. Jadi pas ganti hp biasanya wa lama masih bisa muncul. Dan hati-hati dengan kode OTP karena biasanya para pembajak pinter banget merebut kode OTP ini. Soalnya emang aplikasi chat yang paling nyaman menurutku ya wa ini. Pernah pake telegram dan line tapi udah bye byeee..

    BalasHapus
  15. Wa down .. Ops jangan dong.. Kebayang susahnya, apalagi pas ada antaran barang kurir sudah dijalan, cuaca panas... Duh kasihan kan kak

    BalasHapus
  16. Waahh pernah kek gini yaa, aku pas belum pernah ngalamin whatsapp down nih. Mudah-mudahan engga lagi yaah.

    BalasHapus
  17. Whatsapp lama-lama udah kaya jadi sosial media tersendiri ya. Uniknya sih harus saling save kontak biar bisa saling lihat story antar teman

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.