Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Meeting Room

Cara Memilih Meeting Room - Meeting room adalah ruang pertemuan yang khusus digunakan untuk keperluan rapat, baik bersama atasan, rekan-rekan sekantor, maupun dengan klien. Di masa sekarang, meeting room tidak sebatas satu ruangan di kompleks perkantoran tetapi bisa berada di hotel, co-working space, restoran, dan kafe.

Demikian banyaknya tempat-tempat yang menawarkan meeting room sehingga perlu mengetahui cara memilih meeting room yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan kita. Tentunya hal yang paling utama adalah melihat fasilitas yang disediakan. 

Fasilitas di Meeting Room 

Sebelum menyelenggarakan pertemuan di meeting room yang akan digunakan, sebaiknya cek terlebih dahulu beragam fasilitas yang dapat mendukung terlaksananya rapat dengan efektif. Beberapa fasilitas di meeting room itu bisa diuraikan sebagai berikut:

1. Akses listrik yang baik

Meeting room yang memiliki akses listrik yang memadai pastinya membuat meeting berjalan sesuai dengan rencana. Tidak bisa dibayangkan jika kita mengundang klien penting di suatu meeting room tetapi sedang asyik-asyiknya membicarakan proyek yang akan digarap bersama, tiba-tiba listrik padam. 

Mirisnya ketika menghubungi pihak penyedia meeting room mereka berpasrah pula menunggu PLN menghidupkan lagi, tak ada generator set (genset) yang bisa menggantikan listrik dengan bahan bakar solar atau bensin. Untuk penggunaan oleh hotel dibutuhkan kapasitas genset  station dalam skala tertentu yang memerlukan izin operasi tersendiri.

Akses listrik yang baik dan stop kontak yang tersedia di berbagai titik di sekitar rapat berlangsung akan memudahkan peserta meeting untuk menggunakannya. Untuk mengisi daya baterai laptop dan ponsel, proyektor, sound system. 

2. Koneksi internet yang lancar

Nah, fasilitas ini bisa dikatakan sangat penting untuk menunjang berjalannnya meeting dengan baik. Bisa jadi selama pertemuan, dibutuhkan pula teleconference dengan kantor pusat atau klien yang berada di luar negeri, sehingga menjadii tidak efektif jika saat rapat bersama, acara menjadi kacau karena koneksi internet kurang lancar. 

meeting room di Harris Hotel
Meeting room di Harris Hotel

3. Seperangkat meja dan kursi yang nyaman

Meeting room yang nyaman tentunya menjadi pertimbangan untuk memilih mengadakan acara pertemuan dengan klien. Selain mendapatkan suasana yang kondusif, pemilihan tempat mengadakan pertemuan yang cozy dan nyaman menjadi penilaian tersendiri di mata klien. 

Apalagi jika desain interior ruangannya terlihat modern dan estetis, dilengkapi dengan seperangkat meja dan kursi yang menawarkan kenyamanan, tentunya akan menambah nilai plus dan kredibilitas kita.

4. Ada proyektor dan papan tulis

Meeting room yang baik tentunya mengakomodasi kebutuhan presentasi, seperti proyektor, papan tulis beserta spidol dan penghapus. Meski sudah berada di zaman digital, tetap saja pada saat rapat lebih efektif dan ekspresif dituliskan corat-coretnya di sebuah papan tulis. Sehingga peserta meeting lainnya dapat memahami dengan baik sesuai maksud dan tujuan diadakannya pertemuan. 

Kesimpulan

Cara memilih meeting room di hotel sebaiknya memperhatikan fasilitas yang ditawarkan pihak penyedia dengan sebaik-baiknya. Seperti yang didapatkan di meeting room Harris Hotel, pilihlah meeting room yang akses listriknya bagus, koneksi internet yang lancar, menyediakan seperangkat meja dan kursi yang nyaman untuk peserta, dan dilengkapi dengan proyektor dan papan tulis untuk mendukung kelancaran meeting. 

Bagaimana, Teman-teman... sudah punya referensi kan kalau mau meeting bareng klien di mana? Yup, tinggal pergi ke website www.harrishotel.com saja, di sana kamu bisa booking meeting room sesuai dengan kebutuhan. 

Kalau ada pengalaman mengenai pengalaman menggunakan meeting room, bisa dibagikan di kolom komentar ya, terima kasih. 

Salam, 
memilih ruang rapat




Referensi:

https://www.harrishotels.com/en-US/articles/fasilitas-ini-harus-ada-di-meeting-room



15 komentar untuk "Cara Memilih Meeting Room "

  1. Nah iya nih, fasilitas di meeting room harus memadai agar apa yang disampaikan pada klien maksimal.

    BalasHapus
  2. Betul banget, saya juga pasti milih meeting room yang punya fasilitas lengkap, kayak AC, proyektor, internet ngebut, listrik aman, tersedia mini cafe untuk jajan, suasana sekitar tenang, akses mudah, parkir mudah dan aman, dan pastinya harganya bersahabat dengan isi dompet wong cilik, hahahaha....

    Nice article..

    BalasHapus
  3. Saya pribadi belum pernah pakai meeting room di luar sih mbak. Namun kalau lihat beberapa fasilitas meeting room di hotel sepertinya memang nyaman sekali untuk pesertanya ya mbak

    BalasHapus
  4. Point² yang wajib diperhatikan saat memilih tempat meeting demi kelancaran proses meeting.

    BalasHapus
  5. Memilih ruang rapat memang harus memperhatikan kelengkapan fasilitasnya ya Mbak, pasalnya rapat itu agenda yang penting, kalau tidak didukung fasilitas yang memadai ya gak maksimal jadinya

    BalasHapus
  6. Wah, tips yang sangat tepat nih. di tempaku beberapa kali juga meeting di luar sekolah, sering kali dapat tempat yang nggak nyedain akses internet. Duh, rasanya kurang puas gitu. Artikel ini sangat memandu deh

    BalasHapus
  7. Jaringan Harris Hotel ini sepertinya sudah ada dimana-mana ya? Soalnya saya pernah lihat di beberapa kota yang saya kunjungi. Liat gambar meeting roomnya, nyaman dan lengkap banget ya.

    BalasHapus
  8. Banyak ya mbak jaringan Harris Hotel ini apalgi fasilitasnya lengkap banget segala meeting room tersedia jadi kalau ada rapat dan harus menginap sudah all in one ya keren emang

    BalasHapus
  9. Internetnya harus keceeeee. Hehehe. Itu sih syarat utama saya kalo piliuh meeting room. Internet kece, makanannya enak. Kekekeke. Teteup yaaa. Soal ruangan mah, standar juga tak apa, yang penting internet kencang dan sesajen di depan mata gak cuma memuaskan mata, tapi juga memuaskan perut uni.

    BalasHapus
  10. Iya mbak agar pikiran fokus juga butuh tempat yg memakai ya, aku belum pernah ikut meeting room mbak jadi belum bisa cerita apa2 hehe

    BalasHapus
  11. Biasanya pengurus IP sering nih ngadain rapat di meeting room. Kaya coworking space gitu. Dan emang yang harus kenceng wifinya biar lancar kalau mau presentasi. Hehe.

    BalasHapus
  12. Terkadang kursi yang nyaman tidak terlalu diperhitungkan di dalam pemilihan meeting room, padahal kalau punggung rada 'boyok en', konsentrasi juga akan berkurang ya kak, hehe.

    BalasHapus
  13. Yang gak kalah penting makanannya harus enak Kak, jadi meetingnya semangat hahahah.

    BalasHapus
  14. mbak mia aku belum pernah ke harris hotel, tapi meeting room yang paling penting teknisinya standby jadi kalau ada apa2 tinggal calling hehe. btw dirimu di medan bukan si mbak? kemaren aku ke sana.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.