Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolu Toba Medan Oleh-Oleh Medan Yang Wajib Dicoba

Senin lalu saya dan anak-anak singgah ke store-nya Bolu Toba Medan di Jalan KH. Wahid Hasyim No. 55, Babura, Medan Baru, kota Medan. Waktu itu saya kebagian tugas menjemput anak nomor satu dan nomor dua pulang dari pesantren. Hari biasa seperti ini ayahnya sudah pasti tidak dapat diganggu gugat kegiatannya di kantor.

"Wah, Mi... ini kan oleh-oleh khas Medan yang suka dibawakan teman Kakak kalau balik lagi ke pondok. Tiba-tiba putri sulung saya nyeletuk sesaat saya memarkirkan kendaraan kami di area sebelah kanan toko yang leluasa sekali untuk parkiran.

"Betul, Mi... kawan Abang juga kalau mau ngasih oleh-oleh Medan ke ustaz pasti belinya Bolu Toba Medan ini!" belum saya komentari anak perempuan, si anak lelaki yang juga mondok di pesantren yang sama menambah informasi saya. Bahwa tempat yang wajib dikunjungi di Medan adalah BTM atau Bolu Toba Medan. 

Bolu Toba Medan
Foto di depan toko Bolu Toba Medan / hasil jepretan anak

Mengapa Bolu Toba Medan Wajib Dicoba?

Sebagai putra daerah Sumatra Utara yang tinggal di kota Medan sejak lahir hingga melahirkan anak-anak sendiri, saya memegang teguh nasehat orang tua tentang kuliner. Jangan bilang enak dulu sebelum kau rasa memang enak. Begitu pesan mamak saya. Beliau seorang yang mahir sekali di dunia memasak sebab saat mudanya ikut SKK (Sekolah Kepandaian Keputrian).  

Jadi untuk membuktikan kalau cita rasa Bolu Toba Medan ini memang enak maka datang ke tokonya menjadi sangat penting. Maklumlah soal rasa dan selera orang Medan ngeri-ngeri sedap. Kalau tak suka ngeri sekali ia akan menghujatnya, namun kalau suka, sedap sekali kita mendengarkan puja-pujinya.

Kesan Pertama Memasuki Toko, harum

Begitu memasuki toko yang nyaman dan bersih, aroma butter hawaii bercampur harumnya kopi menyambut kedatangan kita. Membelai penciuman sehingga rasanya ingin cepat-cepat mencicipi salah satu varian dari si kuliner Medan ini.

tempat yang wajib dikunjungi di Medan
Suasana store saat weekend / Bolu Toba Medan
 
Anak-anak saya tak sabar segera memilih jenis cake yang akan kami bawa pulang untuk berbuka puasa di rumah. Akhirnya mereka memutuskan akan menyantap bolu lapis atau spikoe (baca: spiku) di bawah ini:
 
  • Spikoe durian
  • Spikoe topping coklat
  • Spikoe topping coklat keju

Rasanya memang enak

Beruntungnya, semua spikoe ini dibandrol sama yaitu Rp. 59.000,-  Langsung deh otak saya menghitung seandainya bikin sendiri harga bahan-bahannya saja sudah sekian belum lagi ditambah waktu membuatnya hmm... jelas jauh lebih untung membeli kuliner khas Medan ini.

Wah melihat topping-nya yang melimpah ruah saja sudah membuat anak-anak tertarik membawanya pulang. Dan, ketika sampai di rumah, saat azan berkumandang, anak-anak tak sabar mencomoti satu persatu. Begitu digigit, lapisan bolunya langsung lumer di mulut, memanjakan lidah. 

Saya juga tak mau kalah mencoba nikmatnya si Bolu Toba Medan ini, Hmm, so yummie deh pokoknya. Alhamdulillah, memang benaran enak!

Ada varian baru, bolu gulung tiga rasa

Uniknya Bolu Toba Medan ini penamaan varian bolu-bolunya jalan-jalan "legend" di kota Medan. Ada Titi Kuning Cheese, ada Japaris Durian, Pancing Hazelnut Oreo, Chocolate Padang Bulan, Tiramisu Kampung Keling, dan Pajak Hongkong Blueberry.
 
Duh, maaf ya...jadi bikin kangen orang Medan yang sedang tidak bisa mudik. Orang sabar disayang Allah, hehe...
 
BTM
Dokpri
 
Ada varian baru dari Bolu Toba Medan yaitu bolu gulung tiga rasa, yaitu rasa coklat, keju, dan tiramisu. Sayangnya saat kami sampai di sana dan ingin membelinya, Kak Ade penjaga toko mengatakan bolu gulung tiga rasa sedang sold out. 
 
Mungkin esoknya bakal ada lagi. Ah, gampang... kami kan tinggal di dalam kota, tinggal tap-tap smartphone maka bolu gulung 3 rasa tak berapa lama akan sampai di depan pintu rumah.

Halal

Teman-teman pasti pernah ya membaca tentang sejarah spikoe yang berasal dari zaman Belanda, kue lapis lembut yang mengandung lemak babi. Itu untuk meminjam istilahnya saja.
 
Tentunya bahan-bahan yang digunakan di Bolu Toba Medan 100% halal ya, Guys. Hal ini dikonfirmasi langsung ke manajer toko, ia mengatakan bahwa pengurusan sertifikat Halal MUI Bolu Toba Medan berstatus ongoing.  

Di mana saja bisa memperoleh Bolu Toba Medan ini?

Selain di gerai utama di Jalan KH Wahid Hasyim No. 55 Medan. Bolu Toba juga dapat dibeli di: BT (Batik Trusmi) Medan, Jalan Pangeran Diponegoro No. 20B, Madras Hulu, Medan Polonia. 
 
Selain itu ada mobil keliling atau Bolu Toba Medan keliling. Untuk teman-teman yang berdomisili di luar Medan, bisa order juga on the road. 

Cara mengetahui posisi BTM kelilingnya cemana, Kakak...? Ikuti teruslah Instagram Story BTM official di @bolutobamedan

 Kesimpulan

Gimana, Teman-teman...fix kan kalau Bolu Toba Medan adalah oleh-oleh Medan yang wajib dicoba.  Jadi kalau teman-teman satu saat ada rezeki main ke kota Medan, bolehlah kita berjumpa eh jangan lupa singgah ke Bolu Toba Medan ya. 
 
Sebagai penutup ada pantun nih buat teman-teman.
 
Jalan-jalan ke Tinambunan
Singgah sebentar ke rumah Ompung Sidabutar
Terima kasih telah membaca tentang Bolu Toba Medan
Jika ada kritik dan saran jangan lupa tinggalkan di kolom komentar

Horas!
fadlimiaXBolu Toba Medan



 
 
 

 























23 komentar untuk "Bolu Toba Medan Oleh-Oleh Medan Yang Wajib Dicoba"

  1. Wah yang Spikoe awak belum pernah nih kak. Jadi kepengen beli yang varian Spikoe nih. Yang udah pernah japaris Durian, Titi Kuning Cheese, coklat Padang-bulan, pancing Hazelnut Oreo sama bolu gulung 3 rasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spiku topping coklat sm keju yg uenak tenan, Cha...!

      Hapus
  2. Pengen ksana lagi beli japaris durian, penasaran rasanya. Pasti enak nih kak
    Yg udah saya coba dan favorit nih titi kuning cheese

    BalasHapus
  3. seenak itu emang ya kak, mudah di pesan lg by grabfood atau gofood. banyak promonya bahkan hehe

    BalasHapus
  4. bener banget kata mamak kakak jangan bilang enak dulu sebelum dicoba..tapi bolu toba ini memang enak kak awak dah coba lembut x awak suka...

    BalasHapus
  5. Wah senang banget pastinya ya kak, bisa kumpul dengan anak sambil ditemani Bolu Toba Medan, aku juga menikmatinya bareng anak 😀

    BalasHapus
  6. Jadi inget pas mondok dulu, pulang liburan suka bawakan makanan ke ustadzah, coba bolu toba sudah ada sejak tahun 2002-2008 pasti sudah bawain bolu ini,
    Btw aku penasaran sama yg tiga rasa, dan selalu sold out cepat, enak banget kaya nya ya rasanyaaa

    BalasHapus
  7. Seru ya bisa bawain oleh-oleh Bolu Toba Medan untuk anak2 kembali ke pesantren kak. Pasti bisa dimakan bareng anak yang lain juga. Rasanya pun mantap.

    BalasHapus
  8. Wihhh boluuu. Paling suka sama bolu dan cake karena biasa buat temen ngopi. Biasanya aku bikin bolu sendiri mba, kalo deket gitu pengen coba nih Bolu Toba Medan.

    BalasHapus
  9. Bolu Toba Medan ini kayaknya yummy banget ya kak. Pas banget buat oleh-oleh ataupun disantap sore-sore bareng keluarga. Toppingnya melimpah ... Bikin pengen merasakan nih kak

    BalasHapus
  10. Makanan ini kalau dibeli online bisa juga ya? Tahannya berapa lama? Salut deh ada makanan khas Indonesia macam begini. Menambah kekayaan negeri ini. Ayo, siapa yang belum pernah mencoba makanan yang satu ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur saja kak Rizky saya belum coba bolu gulung khas medannya. Masih ngebayangin bolu gulungnya ada pisangnya gak ya di dalam hehe? soalnya kalo di daerahku di Lampung ada lho bolu gulung juga berbahan pisang, dalemnya juga ada irisan pisang selai, mantap deh...hehe..

      Hapus
  11. Bolu gulung kejunya keliatan enak ya kak, jdi pengen membelinya klo berkunjung ke medan. hehe

    BalasHapus
  12. Horas! Sama sekali belum pernah nyobain bolu Medan ini. Berarti cuma ada di Medan saja ya?? Di Depok ada kah? Ngiler sama yang lapis tiga itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Depok jadi bolu depok mas hen,,, hihi...

      Hapus
  13. Bolu gulungnya dongggg sungguh menggoda. Ketiga macam toppingnya itu anak saya suka banget.

    BalasHapus
  14. Bulu Meranti masih favorit saya sejauh ini, tapi eh tapi ini Bolu Toba Medan juga bolu gulung, dan sudah pasti menarik hati nih. Oya Uni, ini termasuk cake artis juga atau tidak ya? Sekarang kan udah kebanyakan itu artis-artis yang bikin cake dan kue yang diklaim sebagai oleh-oleh khas daerah. Padahal eh padahal... Hehehe.

    BalasHapus
  15. Yang belum pernah nyoba, silahkan beliin deh. Rasanya enak banget, emang cocok kalau diberikan sebagai oleh oleh. 👌

    BalasHapus
  16. kelihatannya enak ya, apalagi storenya ramai gitu dikunjungi, bisa jadi indikator bahwa ini diminati oleh warga sekitar dong ini.
    jadi pengen coba langsung juga hihihih

    BalasHapus
  17. nah gini kan enak... jadi banyak pilihan makanan buat oleh oleh... etapi belum boleh jalan2 kan ya...

    BalasHapus
  18. melihat tampangnya yang cukup menggoda, saya jadi penasaran pingin nyobain bolu toba

    BalasHapus
  19. Aiiih dari kemarin lihat bolu ini bertebaran jadi makin pengin nyicipiiinn deh

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.