Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Belajar Online Terbaik Pilihan Orang Tua Untuk Anak

Tempat belajar online terbaik untuk anak di tahun kedua zaman pandemi seperti ini apa ya? Pasti banyak orang tua yang bertanya-tanya seperti itu. Karena banyaknya permasalahan yang muncul dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) anak ini.

Apa Saja Permasalahan Belajar Online Anak dalam PJJ?

Siang tadi sambil menyetrika, ART saya bercerita kalau anaknya yang siswa SD seumuran anak saya, meraih peringkat sepuluh besar di kelasnya. Hal yang mustahil diperolehnya jika tidak di masa pandemi seperti ini. 

Lalu ia sendiri mengakui bahwa yang mengerjakan semua PR anaknya adalah dia. Mengapa anaknya tidak mau mengerjakan PR, katanya jenuh belajar online. Tiap guru cuma bisa kasih PR tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut tentang pelajarannya. 

Tentu saja saya bilang ke si ART jangan terus menerus membantu anaknya bulat-bulat seperti itu. Coba deh dicari permasalahannya kenapa dia merasa bosan dengan belajar online sekolahnya. Termasuk mencari solusi belajar online yang interaktif dan menyenangkan bagi anak.

belajar online

Permasalahan dalam Belajar Online Melibatkan Guru, Siswa dan Orang Tua

Kesuksesan PJJ tidak semata tergantung pada kesungguhan dan kemauan anak yang menjalaninya saja. Ada entitas lain yang saling mendukung agar belajar online bisa mencapai tujuannya. Yaitu guru dan orang tua. 

Dari sisi guru, ada permasalahan juga terkait PJJ ini

Minimnya materi pembelajaran

Materi pembelajaran yang banyak tidak terwakili penyampaiannyadengan hanya membagikan ebook, slide power point, video singkat dan sebagainya. Sehingga mengondisikan siswa harus mencari dari sumber-sumber lain yang lebih variatif dan menjawab kebutuhan siswa terhadap materi yang masih dirasakan kurang.

Lemahnya penguasaan IT

Tidak semua guru dapat memproduksi video pembelajaran yang menarik. Meski ada pula guru yang inovatif, mau mengembangkan dirinya terus menerus hingga menjadi content creator atau youtuber. Namun mayoritas yang didapati pada kenyataannya adalah guru yang kurang melek teknologi. Hal ini berdampak pula pada pengelolaan kelas anak didiknya.

Terbatasnya akses pengawasan terhadap siswa

Media belajar yang monoton dan tidak memuat forum diskusi yang bisa menggerakkan para siswa bertanya dan menjawab pertanyaan guru, berpengaruh pada minat peserta didik terhadap pelajaran. Akhirnya siswa hanya melakukan presensi kehadiran setelah itu tidak aktif lagi dan guru kesulitan untuk mengontrol keadaan ini.

Dari sisi peserta didiknya sendiri, ada kontribusi terhadap permasalahan dalam PJJ

Kurang aktif mengikuti pembelajaran 

Pernah melihat cuitan seorang pendidik yang membagikan rekaman zoom meeting dengan siswanya yang tampak sedang rebahan mengikuti pembelajaran dari guru. Tentunya hal ini tidak layak untuk ditiru, sebab perlakuan siswa terhadap majelis ilmu harusnya sungguh-sungguh. Ditandai dengan posisi duduk yang sempurna, dengan meja belajar dan fasiltas pendukung jika ada, yaitu laptop atau ponsel pintar. 

Keterbatasan fasilitas pendukung 

Siswa yang datang dari kalangan orang tua yang berkecukupan bisa memiliki fasilitas pendukung berupa komputer, printer, dan gawai. Namun tidak demikian pada siswa yang orang tuanya tidak berkemampuan mengadakan semua fasilitas itu. Sehingga dalam PJJ siswa akhirnya tidak mengerjakan tugas karena alasan tidak ada medianya. 

Akses jaringan internet tidak ada atau tidak stabil

Di perkotaan akses jaringan internet bisa tersambung dengan lebih stabil, sehingga siswa dengan lancar mengerjakan kuis, PR dan tugas-tugas lainnya tanpa kendala apapun. Sementara bagi siswa yang tinggal di pedesaaan pelosok terpaksa harus berjuang lebih keras untuk mendapatkan sambungan internet, Ada yang memanjat pohon, mendaki gunung, dan berkumpul bersama di balai desa, demi bisa mengunggah tugas yang diberikan guru.

Munculnya perasaan bosan pada diri siswa

Diakui bahwa pandemi yang berjalan sejak tahun lalu sampai kini, menyebabkan siswa bosan dengan belajar online. Mereka tidak bisa datang ke sekolahnya. Padahal dengan hadir menatap wajah guru dan teman-temannya secara langsung, anak menjadi lebih bersemangat dalam belajar. 

Siswa sudah kangen dengan suasana bermain di halaman sekolah, jajan penganan khas kantin sekolah, bercanda dengan teman-temannya dan juga mendapatkan pendidikan dan pengajaran dari bapak dan ibu guru.

Dari sisi orang tua siswa

Kurangnya waktu mendampingi anak selama PJJ di rumah

Kesibukan rutin orang tua yang bekerja mau tidak mau terpaksa meninggalkan anak sendirian dengan seabrek tugas dan PR-nya. Hal inilah yang menyebabkan orang tua sangat membutuhkan tempat belajar online terbaik yang bisa membantu orang tua dalam mendampingi anaknya PJJ dari rumah. Salah satunya dengan memilihkan Ruangguru sebagai bimbingan belajar bagi anak.

Mengapa Orang Tua Memilih Ruangguru untuk Anaknya?

Ruangguru adalah layanan belajar online terlengkap se-Indonesia. Belajar mandiri dengan puluhan ribu video beranimasi, bisa diunduh dan hemat kuota. Siswa bisa PJJ seru dari rumah, mulai dari tingkat SD kelas 4, 5 dan 6, sampai SMP dan SMA, mempersiapkan diri untuk ujian masuk PTN.

belajar online di Ruangbelajar by Ruangguru

Berikut yang didapatkan anak dengan memilih RuangBelajar by Ruangguru:

1. Ada puluhan ribu video belajar beranimasi 

Tentunya belajar dengan video beranimasi sangat menarik bagi anak. Belajar bisa terasa menyenangkan dan tidak monoton. Sehingga anak tidak bosan lagi dan tidak merasa sedang belajar tetapi seperti sedang menonton film animasi saja.

2. Latihan Soal

Memahami pelajaran dengan membaca konsep dan pengertiannya saja kesannya datar sekali. Tetapi jika pemahaman tadi diterapkan dalam latihan-latihan soal tentunya menstimulasi daya pikir anak menjadi lebih kritis. Ruangguru menerapkan latihan soal ini.

3. Rangkuman Infografik

Belajar semakin terasa mudah dengan adanya rangkuman pelajaran dalam bentuk infografik. Sehingga anak memperoleh intisari pelajarannya dengan ringkas dan padat. Selain itu metode infografik ini juga merepresentasikan cara kerja otak dengan ribuan syaraf neuronnya. Cocok sekali disajikan ke anak yang sedang berusaha memahami materi-materi baru pelajarannya.

4. Bisa di-download dan diakses offline

Nah, ini nih kerennya Ruangguru, materi-materi pelajaran tidak hanya bisa diakses online tetapi offline juga bisa. Sehingga siswa yang tinggal di kawasan sulit mengakses sambungan internet tetap dapat menikmati video belajar beranimasinya. Caranya, ketika berada di daerah yang akses internetnya lancar, bisa mengunduh materi dan video pembelajaran untuk nanti disaksikan di rumah saat waktu belajar.

5. Ruangbelajar memiliki fitur yang banyak

Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.

Tujuan fitur
  • Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan belajar dengan kecepatan mereka sendiri, memastikan mereka memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya.
  • Siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan & imersif.
Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini memudahkan user ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.

Tujuan fitur
  • Menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu.
  • Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah
  • Untuk memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti.
Subtitle Video

Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.

Tujuan fitur

Transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memastikan mereka memahaminya dan tidak melewatkan poin penting.

Fitur Pencarian

Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

Tujuan fitur

Menemukan materi belajar secara lebih cepat

Pet Mission

Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

Tujuan fitur

Fitur Ruangguru Pet telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar

Tes Minat Bakat

Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC

Tujuan fitur:
  • Tes ini yang bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri.
  • Tes bakat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif. Dan reasoning.
  • Hasil dari tes minat bakat adalah jurusan-jurusan sesuai minat kamu yang ditunjang oleh bakat yang kamu miliki.

Kesimpulan

Tempat belajar online terbaik pilihan orang tua untuk anak adalah Ruangbelajar by Ruangguru. Solusi pemecahan masalah dari belajar online yang membuat anak merasa jenuh PJJ di rumah, Yuk, Bunda... tunggu apalagi, segera sediakan Ruangbelajar by Ruangguru untuk anak-anak kita, mumpung sedang ada diskon.

Salam,
Fadlimia X Ruangbelajar by Ruangguru


Referensi:

https://ruangguru.com
https://www.ruangguru.com/ruangbelaja
https://www.instagram.com/ruangguru
https://www.youtube.com/channel/UCbc1RY0McnikiEMD8Box5Ig
https://ruangguru.com/blog
Asmuni. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2941







8 komentar untuk "Tempat Belajar Online Terbaik Pilihan Orang Tua Untuk Anak"

  1. Teman saya juga bercerita sama dengan Kak ART. Anaknya yang masuk dalam 10 besar karena semua kerjaan rumah dibantu oleh dia. Memang rata-rata anak didik sangat jenuh dengan PJJ Kak.

    Sepertinya ruangguru bisa dijadikan salah satu media pembelajaran. Teman saya memgkombinasikan semuanya. Video, blog dan Aplikasi seperti ruangguru.

    Sayangnya keterbatasan akses inet mulai dr kecepatan hingga ketersedian paket data. Miris sih, taoi semoga ke depannya pandemi segera berakhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uda Ishaq terima kasih atas komentarnya ya...
      Ya, sama2 kita doakan agar pandemi ini berakhir. Aamiinn

      Hapus
  2. Ruang guru ini memang sangat recomended ya mbak. Apalagi disaat seperti sekarang ini dimana anak-anak belajar jarak jauh

    BalasHapus
  3. Sejak PJJ ini fitur roboguru atau sering dikenal rogu sangat membantu sekali, apalagi fitur video pembelajarannya yang menarik. Sejak kelas 3 hingga kelas 5 ini keponakan saya juga sangat senang mengikuti ruangguru

    BalasHapus
  4. Kadang orang tua ga mau ribet ya mbak akhirnya orang tua yang mengerjakan semua pr si anak namun pastinya ada dampak negatif. Semoga dengan adanya roboguru, anak jadi semangat sekolah daring lagi

    BalasHapus
  5. Emang rekomen banget ruangguru ini ya kak, banyak sekali keunggulannya. Orangtua pastinya sangat terbantu dengan kehadiran ruangguru ini soalnya anak-anak pasti senang belajar dnegan aplikasi ini.

    BalasHapus
  6. Ponakanku suka sekali sama fitur baru Ruangguru pet mission. Katanya makin semangat belajar dan pengen liat binatangnya berevolusi.

    BalasHapus
  7. Ditengah kondisi PJJ seperti ini, keberadaan layanan-layanan seperti roboguru akan sangat membantu untuk memahami pembelajaran. Apalagi dengan adanya fitur-fitur yang bisa membantu untuk semakin memahamkan materi pelajaran.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.