Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Tagihan Listrik Dengan Cara Mudah

Apa yang selalu dicek semua orang sebelum tanggal 20 di tiap bulannya? Tagihan listrik! Yup, benar sekali. Sampai-sampai tokoh negeri ini ada yang mengatakan bahwa listrik adalah kebutuhan primer keempat, setelah sandang, pangan, papan. Apa jadinya semua kebutuhan pokok itu kalau tidak ada listrik. Nah, artikel ini membahas tentang cek tagihan listrik dengna cara mudah. 

Gimana Caranya Cek Tagihan Listrik?

Buat kamu pengguna listrik pascabayar, pastikan untuk mengecek tagihan listrik setiap bulannya. Jangan sampai kamu terlambat membayar, dan akhirnya dikenakan denda keterlambatan. Menurut Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) No. 27 Tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang Terkait dengan Penyaluran Tenaga Listrik oleh PT. PLN (Persero), berikut konsekuensi jika telat bayar listrik:
  1. Pemutusan aliran listrik sementara bila pelanggan terlambat membayar tagihan listrik dalam waktu 30 hari
  2. Pembongkaran instalasi sambungan listrik bila pelanggan terlambat membayar tagihan listrik dalam waktu 60 hari.
Ih, nggak banget kan... sedang ingin menonton video menarik di Youtube channel idola tetapi sambungan listriknya diputuskan. Duh, belum lagi pada sebagian orang anak-anaknya tidak bisa tidur nyenyak di ruangan tanpa pendingin udara. Membayangkannya saja sudah repot. Maka lebih cepat lebih baik, segera cek tagihan listrik kamu.

Cek Tagihan Listrik dengan cara mudah di Payfazz

Apa itu Payfazz? Payfazz adalah aplikasi keuangan berbasis keagenan yang dapat mempermudah transaksi dan pemnbayaran kamu secara digital, termasuk buat cek tagihan listrik dan melakukan pembayarannya. Simpelnya, Payfazz adalah aplikasi cek dan bayar tagihan listrik.

Install Aplikasi Payfazz di Ponsel

Zaman now masih pergi bolak-balik tiap bulannya ke loket PLN ya sayang waktu ke sananya dan harus antre juga. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, semua transaksi idealnya dilakukan dari rumah saja. Selain aman, efisiensi waktu, tenaga dan sumber daya. Ya iyalah, kalau kamu datang langsung ke lokasi pembayaran, bukankah membutuhkan bensin?

Cek tagihan listrik dengan cara mudah sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi Payfazz
  • Pilih menu "Pascabayar"
  • Masukkan nomor meter yang ingin dibayarkan tagihannya
  • Klik "lanjut"
  • Jumlah tagihan akan muncul secara otomatis setelah kamu memasukkan ID pelanggan.
Nah, sekarang jumlah meter listrik yang terpakai sudah muncul, jika kamu ingin membayar tagihan listrik, tinggal melanjutkan prosesnya saja. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Masukkan nomor ponsel pelanggan untuk menerima SMS konfirmasi pembayaran
  • Klik "lanjut"
  • Pilih "Metode Pembayaran" gunakan "Deposit Payfazz Agen" (cek di sini mengenai pengisian saldo)
  • Masukkan kode "Kupon" Jika tersedia, kosongkan jika kamu tidak memilikinya
  • Klik "Bayar Sekarang" untuk melunasi pembayaran kamu.

Bisa Beli Token Juga di Payfazz

Buat kamu yang menggunakan listrik prabayar atau biasa membeli token listrik, jangan kecewa dulu, di aplikasi Payfazz juga bisa lho beli token sesuai dengan keinginan kamu. Caranya mudah saja, berikut langkah-langkahnya:
  • Buka aplikasi Payfazz
  • Pilih menu "Token PLN"
  • Masukkan nomor meter PLN atau ID Pelanggan
  • Klik "Lanjut"
  • Pilih nominal token yang akan dibayar
  • Akan muncul Detail Pembelian, pastikan semua data yang telah diisikan sudah benar,  lalu klik "Lanjut"
  • Masukkan nomor ponsel pelanggan untuk menerima token melalui SMS, klik "Lanjut"
  • Pilih "Metode Pembayaran" gunakan "Deposit Payfazz Agen" atau Kredit Agen
  • Untuk kode kupon, jika kamu tidak memilikinya silakan dikosongkan saja
  • Klik "Bayar" untuk mengonfirmasi pemesanan kamu
  • Taraaa...! Listrik kamu sudah terisi lagi tokennya

Mengapa Cek Tagihan Listrik di Payfazz direkomendasikan?

Berikut alasannya cek tagihan listrik di Payfazz cocok buat kamu, baik tim pengguna listrik pascabayar maupun tim pengguna listrik prabayar.

payfazz
Proses pembelian token di Payfazz 

  1. Bisa cek tagihan listrik sekaligus melakukan pembayaran
  2. Bisa membeli token
  3. Layanan tersedia terus selama 24 jam
  4. Tersedia dengan banyak pilihan metode pembayaran, mulai dari Deposit Agen, Virtual Account, hingga di gerai-gerai minimarket yang banyak tersebar di mana saja.
  5. Tersedia banyak promo yang membuat pengeluaran kamu jadi makin hemat.

Kesimpulan

Cek tagihan listrik dengan cara mudah dilakukan dengan mengunduh aplikasi Payfazz di ponsel kamu. Ada pilihan mengecek tagihan listrik pascabayar sekaligus lanjut ke pembayaran. Ada pula opsi beli token buat kamu pengguna listrik prabayar.

Gimana, mudah kan. Tak perlu pusing-pusing lagi kalau kelupaan bayar listrik tengah malam. Tinggal buka aplikasi Payfazz, semua masalah dapat diatasi degan baik. 

Salam, 
aplikasi cek tagihan dan bayar listrik


Referensi:

https://www.payfazz.com/blog/cek-tagihan-listrik/
https://money.kompas.com/read/2021/06/21/230600426/apakah-telat-bayar-listrik-langsung-diputus-sambungan-oleh-pln
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/142333/permen-esdm-no-27-tahun-2017
https://www.viva.co.id/arsip/827597-wapres-jk-listrik-kini-kebutuhan-pokok-bukan-kemewahan

 



20 komentar untuk "Cek Tagihan Listrik Dengan Cara Mudah"

  1. Sekarang emang makin praktis, ya. Soal tagihan listrik enggak perlu nunggu petugas datang dan kaget liat nominalnya saat itu juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Mbak, jadi kita bisa menambahi pos pengeluaran utk listrik semisal tagihan listriknya meningkat yah

      Hapus
  2. Jadi makin mudah sekarang ya kak, bisa cek tagihan listrik di payfazz sebelum bayar-bayar nih. Soalnya kan, pernah tuh ternyata pas bayar, tagihan membengkak eh dananya kurang. jadi mending sebelum bayar cek dulu aja tagihannya.

    BalasHapus
  3. Wah aplikasi bayar membayar kini makin banyak. Tak terkecuali Payfazz ini. Semoga ada banyak diskon deh buat pembayarannya. Jadi kita bisa terus pakai transaksinya. Kalau sampe listrik diputus kan bisa berabe. Hehehe..

    BalasHapus
  4. wahhh aku tuh pernah tau payfazz klo g salah 2014/2015 dehh, ternyata udah sinkron juga ya sekarang sama PLN, makin mudah deh buat cek-cek kebutuhan dan tagihan listrik

    BalasHapus
  5. Mudah sekali ya sekarang mau bayar tagihan listrik bisa lewat aplikasi aja. Jadi aman dan nyaman. Biar terhindar dari denda dan sanksi pemutusan.

    BalasHapus
  6. Saya setuju kalau listrik itu termasuk kebutuhan primer, Mbak Mia. Soalnya tanpa listrik, aktvitas sehari-hari bisa terganggu. Misalnya, saya mau menulis di laptop, mati listrik, laptop lowbat, ya kelar sudah hahaha.
    Makanya saya usahakan bayar listrik awal bulan, karena kalau lupa telat bayar, bisa berabe. Dan untung sekarang banyak aplikasi yang bisa cek dulu, termasuk sekalian bayar.

    BalasHapus
  7. aku baru tau soal aplikasi payfazz ini mba, sebelumnya ngga pernah pakai aplikasi2 kayak gini untuk bayar tagihan listrik atau cek2. kalau bayar biasanya di marketplace. tapi kalau ini app baru dan ada penawaran menarik, boleh nih ntar aku lihat juga siapa tau cocok

    BalasHapus
  8. Thank you kak atas tips terkait cara bayar tagihan Listrik nya. Artikelnya membantu banged

    BalasHapus
  9. Cek tagihan sekaligus bisa cepat langsung bayar, malah mudah banget jadi kak Mia. Jadinya kan gercep pembayarannya, sehingga tidak terjadi pemutusan jaringan listrik ya

    BalasHapus
  10. Dengan terpasangnya aplikasi payfazz ini di ponsel, nominal tagihan listrik bisa dipantau dan bisa bayar tepat waktu, tidak ada telat2 bayar lagi dan dapat surat peringatan ya. Keren.

    BalasHapus
  11. Sampai sekarang ibuku gabisa cek tagihan listrik karena dia sellau bayar di tetangga hhaha. Bisanih nanti aku coba untuk cek tagihan listrik rumahnya ibuk <3

    BalasHapus
  12. wah mudah ya mbak, klo mau cek token listriknya
    klo rumahku masih pakai yg pasca bayar

    BalasHapus
  13. Wah aku belum punya payfazz. Konsumen saat ini semakin dimanjakan yak, dengan makin banyaknya pilihan pembayaran aneka tagihan, termasuk tagihan listrik ini.

    BalasHapus
  14. Beneran deh sekarang tuh segala-gala jadi gampang ya.. mulai cek tagihan listrik, bayarnya, sampai laporan gangguan juga gampang banget...

    BalasHapus
  15. Untuk yg pascabayar sekarang enak nih, jadi sebelum tanggal 20 cek dulu berapa tagihannya. Biar bisa nyiapin uang untuk bayar, praktis sekali ka ini payfazz nya, dan benar benar membantu

    BalasHapus
  16. pakai Payfazz bisa jadi lebih mudah ya Mbak, bisa cek sekaligus bayar tagihan listrik segala ya, keren deh :)

    BalasHapus
  17. Wah jangan sampai diputus ya listriknya. Ternyata bisa dengan mudah check tagihan juga ya di Payfazz. Jadi penasaran sama fitur-fitur lainnya.

    BalasHapus
  18. Sejauh ini kalau bayar tagihan listrik di aplikasi mobile banking sih. Kayaknya aku bakal mulai coba ke PayFazz deh, apalagi ada banyak fitur menariknya yah kak

    BalasHapus
  19. Dengan download payfazz, kita nggak mesti takut kelewatan dan akhirnya kena denda ya mbak. Cz bisa cek di aplikasinya kapan pun dan dimana pun.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.