Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Hal Penting Mengerjakan Tes Minat Bakat, Nomor 2 Sering Dilupakan

Sekarang ini mayoritas masyarakat Indonesia pasti sudah sangat tidak asing lagi dengan pengadaan tes psikologi.

Baik di tingkat pendidikan seperti SMP (Sekolah Menengah Pertama) hingga bahkan terjun ke dunia kerja, semuanya pasti sudah pernah merasakan tes psikologi

Tes psikologi mempunyai beragam macam bentuk soal dan pastinya aspek penilaiannya berbeda satu sama lain.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Tes Minat Bakat

topkarir


Salah satu tes psikologi yang sangat akrab dengan masyarakat adalah tes minat bakat, dengan mempunyai tujuan untuk mengetahui minat dan bakat serta kemampuan seseorang dalam suatu bidang tertentu.

Biasanya, tes minat bakat banyak dilakukan oleh para peserta didik untuk menentukan jurusan yang akan diambil di tingkatan selanjutnya.

Sekarang ini, tes minat bakat mempunyai beragam macam bentuk serta bisa dikerjakan dimana saja, baik itu dengan sampingan psikolog maupun secara individu.

Tapi, lebih baiknya jika Anda mengerjakan tes dengan ditemani psikolog, dengan harapan bisa mendapatkan bimbingan yang lebih intens dan menyeluruh.

Jika ingin bisa sukses dalam mengerjakan tes psikologi tes minat bakat, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting, yakni sebagai berikut:

1. Fokus atau Berkonsentrasi Penuh

Fokus menjadi hal utama dalam pengerjaan tes minat bakat. Walaupun tes minat bakat bisa dikatakan hanya sebuah pertanyaan mudah, namun dalam pengerjaannya juga membutuhkan fokus yang tinggi.

Dengan fokus dan konsentrasi penuh, Anda bisa mendapatkan hasil dari tes minat bakat yang optimal dan pastinya mendekati kata akurat.

Namun, jika Anda tidak fokus dalam pengerjaannya atau tidak berkonsentrasi penuh, jawaban yang Anda dapat bisa jadi kurang sesuai dengan gambaran diri Anda yang sebenarnya.

2. Jaga Stamina

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan ketika mengerjakan rangkaian tes minat bakat adalah menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan rangkaian tes minat bakat dari setiap instansi memiliki jumlah soal yang berbeda.

Ada yang hanya terdiri dari 30 soal, lalu 40 soal, bahkan hingga mencapai 110 soal sekaligus. Soal yang dipertanyakan juga seringkali menguras pikiran serta psikis.

Maka dari itu, penting untuk Anda tetap menjaga stamina ketika mengerjakan tes minat bakat, biasanya Anda akan disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum mengerjakan tes.

3. Jawab dengan Jujur

Pertanyaan atau soal pada tes minat bakat akan menggambarkan siapa diri Anda yang sebenarnya. Entah itu secara kepribadian, secara pola pikir, secara emosional, hingga minat dan bakat yang ada di dalam diri Anda.

Maka dari itu, ketika menjawab pertanyaan atau soal yang diujikan dalam tes minat bakat, Anda harus menjawabnya dengan jujur dan tidak mengada-ada.

Jujur dan tidak mengada-ada akan menghasilkan jawaban yang sesuai dan nantinya tidak akan mengecewakan Anda sendiri.

4. Jangan Bertumpu Pada Hasil Tes

Tes minat bakat memang bisa menggambarkan diri Anda yang sebenarnya, namun itu tidak seratus persen akurat.

Maka jangan heran jika nantinya ketika membaca hasil tes, ada jawaban yang sesuai dan ada jawaban yang kurang sesuai.

Oleh karena itu, Anda jangan terlalu bertumpu kepada hasil tes yang tidak seratus persen akurat. Harus diingat, bahwasanya hasil tes minat bakat hanya sebagai referensi dan saran terhadap keputusan yang nantinya akan Anda ambil.

Sehingga, ketika hasil tes minat bakat sudah keluar, Anda bisa mendiskusikan langkah selanjutnya bersama dengan keluarga.

Kesimpulan

4 Hal penting mengerjakan tes minat bakat, nomor 2 sering dilupakan yaitu jaga stamina. Soal yang akan dikerjakan banyak tetapi jika stamina kita tidak fit, maka hasilnya tidak akan maksimal. Maka jaga stamina, misalnya cukup tidur pada malam harinya, sehingga saat tes minat bakat keesokan harinya, Anda dalam keadaan bersemangat .

Sharing ya, pengalaman Anda saat ikut tes minat bakat.

Salam, 
tes minat bakat top karir






10 komentar untuk "4 Hal Penting Mengerjakan Tes Minat Bakat, Nomor 2 Sering Dilupakan"

  1. Tes minat bakat yang bikin deg-degan malah tes minat bakat buat anak kita ya kak .Entah kenapa emaknya langsung khawatir kalo anaknya salah jawab. Akhirnya kan berpengaruh sama kelas yang mau diambilnya.

    BalasHapus
  2. Setuju kak, aku pernah demam saat tes bakat minat hasilnya kacau balau hihihi.. Gak boleh lupa mesti jaga stamina ya..

    BalasHapus
  3. Dulu kalau saya melamar kerja biasanya ada semacam psikotest dan suka stress duluan kalau nilai jelek pasti anggapannya ga bakal diterima. Ternyata tidak juga

    BalasHapus
  4. Jadi ingat masa masa sekolah jamna dulu, ada sistem SKS sistem kebut semalam. Hihi...
    Yang mau tes, karena semalam gadang, besoknya malah tepar. Staminanya gak dijaga banget ya ...

    BalasHapus
  5. wah jadi mau nih tes lagi hehehe.. ini bisa buat anak muali usai berapa ya mbak?

    BalasHapus
  6. Iya bener, belajar sampai dini hari, lupa kalau besoknya harus tes kan. Akhirnya besoknya pusing karena kurang tidur, atau lemes karena kecapekan belajar. wah ini gawat :)

    BalasHapus
  7. Belum pernah tes beginian...iya nih penasaran, untuk anak usia berapa ya bisa dilakukan tes minat bakat?

    BalasHapus
  8. Keasikan fokus belajar memang kadang suka lupa sama yang namanya makan, mencukupi cairan, apalagi berolah raga. Padahal itu penting banget buat jaga stamina menjelang tes minat bakat, terlebih musim tes CPNS kayak sekarang ini ya uni.

    BalasHapus
  9. Bener-benerr! kelelahan bikin saat test minat bakat jadi ceroboh dan melakukan kesalahan. Makanya kita perlu jaga stamina ya.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.