Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Star Programmes Lho Di Play 'N' Learn Mall Center Point

Hai Moms semua, ada kabar gembira nih sekarang sudah ada Play 'N' Learn Active Edu Fun Mall Center Point di kota Medan. Saya dan Ocean si putra bungsu nggak mau ketinggalan dong ya, ikutan ke sana. Apalagi ada Star Programmes juga di Play 'N' Learn. Seru banget, anak-anak bermain sambil belajar.

Star Programmes

Jadi ceritanya pada hari Kamis lalu saya sedang tidak ada kelas, meski mengajar secara daring tentunya perlu dipersiapkan dan menyita perhatian juga. Sementara hari Jumat Sabtunya kegiatan akademik saya full

Sehingga momen waktu kosong di hari Kamis saya isi dengan mengajak si kecil ke Play 'N' Learn Mall Center Point, Jalan Jawa No. 8 Medan. Kenapa saya ajak ke sini, karena yang paling dekat dengan kediaman kami, dan selalu saya lewati setiap pergi dan pulang bekerja.

star programmes

Dan, ketika tiba di lokasi, wow anak saya bersemangat sekali! Seperti memasuki dunia anak yang penuh warna-warni. Duh, sepertinya kita akan sering-sering ke sini deh. Apalagi di Play 'N' Learn Mall Center Point ini ada Star Programmes-nya. Apa itu Star Programmes?

Star Programmes adalah program khusus yang dirancang oleh para pakar pendidikan Singapura, dengan mengintegrasikan konsep kecerdasan majemuk (multple intelligence). Anak yang ikut Star Programmes akan belajar lifes-skills untuk mengasah kecerdasannya agar bisa berpikir kreatif dan kritis.

Cari Tahu Tipe Kecerdasan Si Kecil

Sebelum ke Play 'N' Learn dan mengikuti Star Programmes, saya mengisi informasi dulu mengenai penilaian bakat anak di website MIDAS. MIDAS merupakan singkatan dari Multiple Intellgences Developmental Assessment Scales, yaitu alat penilaian bakat yang dibuat oleh Dr. Branton Shearer, Ph.D seorang profesor pendidkan di Universitas Harvard.

8 Tipe Kecerdasan

Zaman saya kecil dulu, guru dan orang tua selalu mengukur kecerdasan seorang anak berdasarkan skor IQ-nya. Ketika tiba hari pembagian rapor, saya selalu dipuja-puji karena langganan ranking satu di kelas, dengan nilai pelajaran Matematika yang maksimal, 9. Padahal, menilai kecerdasan seorang anak hanya lewat aspek intelektualnya, dikatakan tradisional dan terlalu terbatas. 
Setiap anak itu unik dan cerdas dengan tipenya masing-masing

Dr. Howard Gardner dengan Teori Kecerdasan Majemuk memberikan pencerahan terhadap gagasan lama yang menomorsatukan pengujian IQ. Ada 8 tipe kecerdasan dalam diri seorang anak yang harus diketahui orang tua sejak dini. 

Terkait dengan tubuh, logika, musik, alam, manusia, diri, dan gambar. Nah, di Play 'N' Learn disingkat menjadi 8 Smart sehingga Moms lebih mudah memahaminya.
  1. Body Smart, si kecil suka melatih ketrampilan fisiknya dan paham cara menggunakan tubuhnya dengan baik dan terampil
  2. Logic Smart, si kecil berteman dekat dengan angka-angka dan pandai dalam memecahkan masalah yang ada.
  3. Word Smart, si kecil sangat suka membaca, menulis, dan berbicara di depan orang banyak.
  4. Music Smart, si kecil memiliki kepekaan nada dan melodi, dengan kecerdasan ini si kecil bisa membuat dan menulis lagunya sendiri.
  5. Nature Smart, si kecil sangat suka menghabiskan waktu di alam, seperti bermain dengan hewan dan selalu berhasil saat menanam tumbuhan.
  6. People Smart, si kecil pandai bersosialisasi, memahami orang di sekelilingnya dan terlihat dominan dalam satu kelompok.
  7. Self Smart, si kecil paham sekali dengan kelebihan, kemampuan, dan keinginannya saat ia besar nanti. Ia juga terbiasa dengan hal yang terorganisasi dengan baik.
  8. Picture Smart, si kecil suka berimajinasi lalu menuangkannya ke dalam gambar atau foto.
Adapun Ocean anak saya, hasil penilaian bakatnya, menonjol di dua tipe kecerdasan, yaitu music smart, dan people smart. Anaknya memang pede sekali bernyanyi dengan suara lantang dan di rumah, di antara saudaranya ia yang paling dominan saat berinteraksi.

Wah, saya senang sekali bisa mengetahui bakat putra kami. Tentunya menjadi dasar untuk perkembangan belajar Ocean  ke depannya. Dan pastinya saat berada di Play 'N' Learn Ocean masuk ke kelas Little Star Performer atau Little Star Builder.

Oya, berikut program unik yang ada di Star Programmes ya, Moms...

  • Little Star Builder, belajar mengkomunikasikan ide secara visual untuk keberhasilan proyek.
  • Little Star Enginer, belajar mempelajari konsep teknik dasar, kekuatan, keseimbangan, dan transfer energi.
  • Little Star Designer, belajar dan bermain-main dengan warna dan cahaya untuk membuat karya mereka sendiri.
  • Little Star Scientist, belajar menemukan kekuatan listrik, sumber energi, dan energi alternatif, melalui proyek interaktif.
  • Little Star Coder, belajar bahwa kode adalah sekumpulan instruksi yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan.
  • Little Star Performer, belajar seni pertunjukan ilmu tentang suara, musik, nada dan alat musk yang berbeda.

Pengalaman Ocean di Play 'N' Learn 

Ocean ini tipe anak yang nggak bisa diam. Orangnya aktif dan suka bertanya apa saja ke orang tua, ke teman-temannya, ke siapa saja yang ditemui. Tidak ada rasa sungkan, atau menarik diri dari suatu interaksi.

Jadi begitu berada di dalam Play 'N' Learn, Ocean langsung berbaur dengan kawan-kawan sebayanya. Berlari dan melompat ke sana kemari. Bisa juga dibilang anak saya ini memiliki gaya belajar kinestetik. Setelah melongok sebentar di kolam mandi bola, Ocean loncat-loncat di trampolin, juga tidak lama.  Dia lebih suka naik mobil-mobilan, memegang mainan helikopter, dan spot favoritnya yaitu bermain pasir butiran boks kayu kecil-kecil sambil mengeruk pasirnya!

Kami cukup lama lho bermain bersama di pantai keren dan pasir nyentrik itu. Hingga tak terasa Ocean ingin bermain dengan anak seumurannya, saya memilih menunggu di cafe dengan menikmati sebotol jus sehat dan sebungkus camilan kentang krispi. 

cafe sehat

Ikut Star Programmes

Ocean yang berusia 4,6 tahun, saat mengikuti Star Programmes sangat antusias. Apalagi dibimbing oleh Miss yang sabar dan penuh perhatian di Play 'N' Learn. Awalnya Ocean dan teman-teman berbaris sebelum memasuki ruangan Star Programmes. Lalu Miss memanggil nama anak-anak satu per satu. 

Anak-anak diminta duduk seperti di sekolah, lalu Miss dengan gaya bercerita yang menarik, menjelaskan isi kotak rahasia yang belakangan diketahui anak-anak, berisi blok mainan kayu dalam beragam bentuk. Seperti kubus, segitiga, dan lain-lain. Masih banyak lagi kegiatan di Star Programmes yang dapat menstimulasi kecerdasan anak sesuai dengan penilaian bakatnya.

timezone play 'n' learn mall center point lt 3
Ocean sedang menyerahkan balok segitiga kepada Miss, dalam Star Programmes

Menurut saya Star Programmes ini recommended banget buat anak-anak kita. Selain dirancang dengan serius oleh para ahlinya, kreativitas dan critical thinking-nya diasah dengan optimal. Hal ini penting karena biasanya di sekolah formal guru hanya mengajarkan materi saja ke siswa, tanpa mengkontekstualisasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. 

Padahal anak butuh life-skill dalam menghadapi tantangan di masa depan ketika ia besar nanti. Wah, bakal balik lagi deh ke Play 'N' Learn Mall Center Point ini. Mau mengikutkan Ocean Star Programmes lagi. Agar ia tumbuh menjadi anak yang terasah kecerdasannya, dan punya keterampilan hidup untuk menyongsong masa depan yang cerah!

Kesimpulan

Buat Moms semua yang ingin anaknya tumbuh cerdas sesuai dengan bakatnya, jadi bintang di masa depan, jangan ragu deh ikuti Star Programmes di Timezone Play 'N' Learn Mall Center Point lantai 3. Jika ingin menanyakan tentang Star Programmes dan informasi lainnya, bisa mengikuti media sosial Instagram @playlearn_id atau tanya di kolom komentar artikel ini ya Moms.

Salam ceria, 
fadlimia star programmes






Referensi:

https://www.timezoneplaynlearn.com/id-id/promosi-event/mall-centre-point-medan/
https://midas.activeedufun.com/

37 komentar untuk "Ada Star Programmes Lho Di Play 'N' Learn Mall Center Point"

  1. Seru ya kak, pas banget buat anak2 yang usianya emang asik buat bermain sekaligus belajar. Mereka belajar serasa bermain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mba, bagi anak2 bermain tuh sama kayak kita bekerja, penting banget main bagi mereka

      Hapus
  2. Senang banget nih pastinya anak-anak bisa bermain dan eksplorasi apa saja yang bisa direalisasikan dari ide ide kreatifnya ya. Duh kalau saja di Cianjur juga ada....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau daerah Jawa Barat baru Bandung, Teh... yg ada PNL nya, seru banget bikin anak2 terasah kognitif dan motoriknya

      Hapus
  3. Keren banget nih bisa tes bakat juga, ya. Moga segera ada di semarang, deh

    BalasHapus
  4. Saat ini si bungsu lagi suka gambar apa aja yang dilihatnya. Usianya baru 6 tahun, TK B. Hasil gambar yang dia lihat dari TikTok atau buku, digambar lagi di buku punya dia. Bahkan di tembok yang udah penuh coretan gambar-gambarnya, hehehehe... Kayaknya masuk kategori Picture Smart dong nih. Asyik banget sih bisa belajar dan bermain di sini Mba. Jadi pengen euy...

    BalasHapus
  5. Asliiii anak-anak gak ada yang mau pulang pas dibawa ke sini. Yang ikut star programmes cuma bang Alzam kak. Kakaknya udah kegedean. Hihihi
    Jadinya tau kalo dia itu cerdas di logic, naturalis dan juga word

    BalasHapus
  6. Serunya Programmes di Timezone ini, bisa jadi penyemangat juga ya kak buat anak-anak untuk tambah wawasan dengan cara yang asik

    BalasHapus
  7. Enak banget yah, pasti anak-anak seneng banget bisa main ke luar rumah. Apalagi nyobain Star Programmes di Timezone Play 'N' Learn yang bikin anak-anak semakin terasah kreativitas dan critical thinkingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang pake banget ini kak. Bahkan anak-anak betah banget berada di sana. Waktu 2 jam gak berasa. Jadinya agak susah diajak pulang

      Hapus
  8. Jadi ada 8 tipe kecerdasan anak ya. Wah, informasi ini bermanfaat sekali bagi saya, sebagai calon orang tua. Terima kasih banyak

    BalasHapus
  9. Benar juga ya. Kalau belajar di sekolah hanya diajarkan materi tanpa diajari bagaimana nantinya dalam kehidupannya. Harusnya program ini bisa merata di seluruh Indonesia deh. Kira-kira di kota lain ada nggak ya, Kak?

    Kerennya anak-anak diajarkan berdasarkan apa yang menjadi bakat mereka ya, Kak. Hal ini akan meningkatkan bakat anak pasti kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kota pertama yang dipilih menjadi tempat star Programmes ini adalah kota Medan kak. Nantinya akan merata di seluruh play n learn seluruh Indonesia. Seruuuu kan

      Hapus
  10. seru banget yaaa, jadi bisa tahu bakat anak kita dari kecil juga nih setelah ikut tes bakatnya.
    sayang nih belum ada di seluruh Indonesia ya ini.

    BalasHapus
  11. Setiap anak itu unik dan punya kecerdasan masing masing. Tapi di sekolah itu ada ujian yang menentukan naik kelas gitu, kak. Hehehe

    Alfie baru tau kalau ada 8 kecerdasan anak. Asik ya kak bisa main di Play N Learn

    BalasHapus
  12. Wahh anak anak klo ke mall emang paling suka main di playground seperti Play N Learn ini ya mbak
    Mereka bisa bermain sambil belajar

    BalasHapus
  13. Wah keren yaa bahkan bermain pun bisa bikin kita tahu anak kita tipe yang gimana. bener2 baru banget ini kak buatku

    BalasHapus
  14. Gembira ria banget anak-anak main di Star Programmes. Dengan keunikan yang dibawa masing-masing anak, orangtua baiknya mengembangkan sayapnya dan mendukung selalu.

    BalasHapus
  15. Programnya bagus ya, Bun. Anak bisa main sekalian belajar juga di sini dan orang tua bisa tahu perkembangan anak juga termasuk melakukan analisis untuk mengetahui kecerdasan yang dimiliki anak

    BalasHapus
  16. waini! pilihan orang tua untuk mengetahui bakat dan minat anak. Play 'N' Learn Active Edu Fun Mall Center Point beneran bisa menunjukkan arah masa depan

    BalasHapus
  17. Wah Ocean menikmati banget nih aktivitas di Play 'N' Learn Mall Center Point yaaaa.. Anak anak tuh emang happy banget ya kalo diajak ke playground gini maaaak.. Happy mereka sama aktivitas plus bisa bebas eksplorjuga yaaa.. hehe

    BalasHapus
  18. Tempatnya bikin betah si kecil ya, apalagi kalau Missnya ngemong banget, anak anak pasti minta main ke situ lagi...
    Btw anakku tiga dan ketiganya punya kecerdasan yang berbeda...

    BalasHapus
  19. ah seru banget nih pasti kalau di Serang ada. aku mau ajakin ponakan-ponakanku yang buanyaak itu 😂

    BalasHapus
  20. Artikelnya menarik nih. Bisa aku bagikan buat adikku yang tinggal di Medan nih. Pasti ponakanku seneng banget ada tempat kayak gini

    BalasHapus
  21. Wuih, ini bikin betah kalau bermain... Anak-anak itu disodorin permainan apa saja, mereka menikmatinya, tinggal kita yg mengarahkan permainannya ke arah edukasi dan olahraga atau bagaimana...

    BalasHapus
  22. Sepertinya oza belum bisa main kesana ya krn umurnya belom pun 2 tahun hahaa, alternatif nya kami keknya main ke taman dekat rumah dulu hehe

    BalasHapus
  23. Ini bikin anak-anak nggak mau pulang dan hati bunda juga senang. Bermain sambil belajar seperti ini sangat mudah dimengerti oleh anak-anak.

    BalasHapus
  24. Wah ini seru sekali
    Anak-anak pasti betah kalau diajak main ke sini
    Bisa-bisa susah diajak pulang hehehe
    Bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain ya jadinya?

    BalasHapus
  25. Star progamnya bagus banget ya kk Mia. Kecerdasan anak bisa diasah sesuai tipenya. Semoga ke depannya anak-anak kita bisa memiliki kecakapan sesuai karakternya

    BalasHapus
  26. Permainannya bagus2 kali ya kak sampe adek Ocean suka mainnya, kelas Star Programmesnya juga bagus, mengasah motorik dan kognitif anak dalam belajar

    BalasHapus
  27. banyak juga ya pembagian smart ini, bagus ya tempatnya buat anak-anak belajar banyak hal, sosialisasi, motorik, creativitas juga

    BalasHapus
  28. Udah beberapa kali nih saya baca review star programmes.
    sumpah saya tertarik sekali...
    Dan Alhamdulillah ada di Kuta, nanti mau tak sambangi.
    btw kalo mau ikut program star ini harus bikin janji dulu kah mba Mia, atau bisa datang langsung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksimal umur berapa ya Mba Mia untuk anak ikut Star Programme ini?
      Saya pengin semua anak saya ikutan de...

      Hapus
  29. Play and kearl ada di center point ya kak mia.
    Wah, masih satu kecamatan dari area domisili kami. Mudah-mudahan bisa icip star programmes yang keren ini

    BalasHapus
  30. Wah, asyiknya Ocean langsung coba apa saja yang ada di sana dan berbaur dengan temannya. Memang kalau di sekolah keterampilan seperti ini kuranh di asah ya. Maka Play n Learn pas jadi opsi untuk mengasah krativitas dan critical thinking anak anak kita

    BalasHapus
  31. Aih keren nama putranya Ocean. Love it!
    Wahana edukasi yg mengajak anak bermain gini bikin iri saya yg tgal di pinggiran kota. Semoga ada kesempatan anak saya bisa ikutan. Oh ya, ini mulai usia berapa Bunda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ocean itu nama panggilan Mba.
      Aslinya Rausyan.

      Duh, kenapa pulak awak yang jawab ya kak Mia..hehe, maafkan

      Sebenarnya tadi mau bilang kalo star programnya play n learn ini jadi salah satu alternatif menstimulasi anak belajar tapi dengan permainan yang betul-betul bikin anak fun

      Hapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.