Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Cara meningkatkan daya ingat anak - Halo Bunda semua... ketemu lagi dengan saya di artikel terbaru, kali ini mengenai cara meningkatkan daya ingat anak. Mengapa daya ingat sangat penting untuk dijaga dan ditingkatkan, terutama pada anak?

Pentingnya Daya Ingat Anak

Daya ingat sangat penting untuk selalu dijaga performanya melalui peningkatan kinerja otak. Terlebih bagi anak yang masih berada pada masa pertumbuhan. 

Anak harus mampu mengingat warna, bentuk, rupa, alamat rumahnya, nomor ponsel ayah dan ibunya, nama teman-temannya, wajah tetangga, kata-kata bunda, lokasi kamar di rumahnya, letak tempat sampah, cara yang baik memberi makan peliharaan, dan screentime yang telah disepakati bersama oleh seluruh anggota keluarga.

Dalam proses pembelajaran, anak dituntut mengingat huruf dan angka-angka, rumus Matematika yang baru diajarkan guru. Ingat cara menerapkannya dalam contoh soal, ingat apa saja PR yang harus disetorkan pekan ini. Dan berbagai macam hafalan yang mesti disetorkan ke guru. 

Bahkan pengalaman berkesan yang dialami anak, dapat berkontribusi membentuk kepribadiannya hingga ia dewasa nanti.

Penggambaran tentang diri sendiri bersumber dari daya ingat seseorang terhadap dirinya sendiri pula

Jika daya ingat anak kuat, maka anak akan cepat menangkap pelajarannya. Tentu saja ini sangat memudahkan pencapaian tujuan belajar anak.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Ada berbagai cara meningkatkan daya ingat anak usia balita, berikut cara-cara yang bisa Bunda lakukan di rumah bersama ananda tercinta.

1. Melihat contoh langsung dari lingkungan sekitar

Ketika bunda menemani anak membaca bukunya, maka ajak anak melihat contoh langsungnya dari lingkungan sekitar. Misalnya buku anak bercerita tentang kucing, maka bunda mengajak anak memperhatikan kucing, dari segi warna, panca indera, dan gerak-gerik hewan berbulu itu.

Hal ini penting sebagai aplikasi dari aktivitas bermain sambil belajar. Anak tidak merasa dirinya sedang diajari ketika melihat contoh langsung yang terdapat di dekatnya.

2. Mendongeng dengan boneka tangan

Anak usia balita memilki imajinasi yang tinggi. Bunda tidak disarankan hanya membacakan dongeng sesuai dengan yang tertulis di dalam buku cerita. Hidupkan karakter atau tokoh yang ada di dalam kisah yang dibaca dengan alat peraga berupa boneka tangan.

Generos tingkatkan daya ingat anak

Sehingga balita akan terstimulasi daya imajinasinya menembus batas dari yang sekadar disajikan dalam bukunya. Hal ini baik sekali untuk meningkatkan daya ingat anak.

3. Ajak anak beraktivitas fisik

Pagi hari, ajak anak meregangkan tubuh di beranda rumah. Sambil berjemur di matahari pagi, berolahraga bersama anak menjadi suatu keasyikan tersendiri. Apalagi diiringi lagu senam yang menambah semangat, maka aktivitas fisik seperti ini dapat berkontribusi menjernihkan pikiran dan menambah daya ingat anak.

4. Bernyanyi bersama bunda

Di era digital, kegiatan bernyanyi bersama tidak mesti harus pergi ke karaoke keluarga. Dengan menyetel tayangan video di Youtube, bunda tinggal memilih akan menyanyikan lagu anak yang mana, untuk dibawakan bersama dengan buah hati tercinta. Sambil bernyanyi anak akan berusaha mengingat lirik dan nadanya sehingga mengasah daya ingat anak.

5. Belajar Menghafalkan Alquran 

Salah satu cara yang dikenal efektif untuk meningkatkan daya ingat anak adalah dengan melatihnya menghafalkan ayat-ayatu suci Alquran. Sebab proses menghafal ayat suci terdiri dari proses mengingat materi ayat secara rinci, sehingga semakin membuat daya ingat anak melejit menjadi semakin baik.

6. Pastikan waktu tidur anak mencukupi

Anak-anak dianjurkan tidur selama 11-13 jam per harinya. Hal ini sangat dibutuhkan untuk merangsang hormon pertumbuhan yang penghasilnya ada pada otak. Anak yang mencukupi waktu tidurnya akan lebih mudah mengingat pelajaran kemarin ketimbang anak yang jam tidurnya tidak teratur.

7. Perhatikan nutrisi anak

Makanan yang bergizi sangat baik dalam mendukung tumbuh kembang anak, termasuk pula otak anak. Seperti ikan laut, seafood, sayur, oatmeal, buah beri, rumput laut, dan masih banyak lagi, nutrisi dari alam.

Berikan suplemen tambahan untuk nutrisi otak anak Generos, Genious for Neuron yang mengandung lima bahan herbal pilihan dari alam, yang direkomendasikan untuk meningkatkan daya ingat anak.

Adapun kelima bahan herbal kuantum itu adalah pegagan, madu hutan, mengkudu, ikan sidat, dan temulawak. 

Kesimpulan

Cara meningkatkan daya ingat anak ada 7 yaitu melihat contoh langsung dari lingkungan sekitar, mendongeng dengan boneka tangan, ajak anak beraktivitas fisik, bernyanyi bersama, jika bunda seorang muslim, latih anak menghafalkan Alquran, waktu tidur yang mencukupi, dan yang paling penting adalah perhatikan nutrisi anak dengan memberikan Generos, nutrisi untuk meningkatkan daya ingat anak.

Demikian artikel saya kali ini, jangan lupa ikuti terus informasi terbaru di Instagram @generos.id

Oya, jangan lupa follow media sosial Generos untuk informasi terbaru yaa!

Instagram : @generos.id
Facebook : generos.id
Tiktok : Generos.id
Youtube : Official Generos

 Salam, 

efek samping generos daya ingat anak jadi meningkat








Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak"