Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaleidoskop Ngeblog 2021 Dan Resolusi 2022

Subhanallah terasa juga tiba di penghujung tahun 2021. Apa kabar resolusi ngeblog 2021 yang dahulu dicanangkan pada awal tahun? Maka kembali di awal tahun 2022 ini saya merangkum kaleidoskop ngeblog 2021 dan resolusi 2022. Agar aktivitas blogging tetap on track, terarah, dan semakin produktif.

Kaleidoskop Ngeblog Saya di Tahun 2021

Kaleidoskop adalah kilas balik peristiwa yang dialami selama satu tahun, yang kerap diketahui dengan istilah recap 2021, kata anak sekarang. 

kaleidoskop 2021
Namun bedanya jika recap 2021 berupa kumpulan dari potongan-potongan video cepat yang diposting di TikTok atau di Instagram Reels, kaleidoskop ngeblog justru betah menulis panjang guna menorehkan evaluasi kegiatan blogging selama tahun 2021 yang baru saja berlalu.

Jumlah Artikel dari Januari hingga Desember

Jika ditambahkan dengan blog-blog saya yang lain, 2 subdomain (catatanideinspirasi.blogspot.com, nurhilmiyah.wordpress.com) dan 2 lagi sudah beli domain (nafanifa.com dan menggapaicita.com), maka total artikel saya sebanyak 188 artikel, plus 2 artikel Kompasiana, genap deh 190 artikel ya. 

Perinciannya sebagai berikut:

Blog utama: www.fadlimia.com: 158 artikel
www.nafanifa.com: 5 artikel
www.menggapaicita.com: 1 artikel (baru beli domain)
www.catatanideinspirasi.blogspot.com: 22 artikel
www.nurhilmiyah.wordpress.com: 2 artikel
Kompasiana/nurulhilmi: 2 artikel

Sebenarnya pencapaian saya tahun ini belumlah seujung kukunya para bloger produktif di luar sana. Hari saja dalam setahun ada 365 hari, nah saya total tulisan 190 artikel, kurang lebih baru setengahnya saja, kan. 

Namun baiklah kaleidoskop ngeblog tahun 2021 hanya berfokus ada blog utama ini saja, yaitu www.fadlimia.com.

Artikel Organik, Content Writing, dan Content Placement

Tahun ini saya hanya mengkategori artikel berdasarkan 3 jenis artikel saja, yaitu artikel organik, artikel content writing (narablog yang menulis artikelnya), dan artikel content placement (pihak brand sudah menyediakan tulisan, narablog tinggal mengedit jika perlu dan menyematkan backlink sesuai permintaan). 

Adapun artikel lomba, banner placement, dan affiliate marketing apalagi adsense, tidak saya klasifikasikan secara khusus. Khusus yang terakhir sedikit ada masalah, belum saya selesaikan sehingga masih menggantung begitu saja.

kaleidoskop blog fadlimia

Bersamaan dengan jadwal-jadwal penting yang saya jalani di tahun ini, maka aktivitas menulis artikel blog tidak bisa saya optimalkan. Meskipun demikian bila rekan-rekan pemilik bisnis melakukan penawaran kerja sama melalui surel ataupun fitur obrolan, sesanggupnya saya usahakan untuk menulis artikel.

Artikel CW berjumlah 89 tulisan, meningkat 60 artikel jika dibandingkan CW di tahun 2020 yang berjumlah 29 artikel. Sementara artikel CP berjumlah 22, meningkat sebanyak 11 artikel dari tahun lalu yang berjumlah sebanyak 11 tulisan.  

Total artikel bersponsor blog fadlimia ini di tahun 2021 sebanyak 111 artikel. Alhamdulillah, meski belum sebanyak teman-teman peternak blog, berapapun pencapaian yang diperoleh mestilah disyukuri.

Sisanya adalah artikel organik, yaitu artikel yang dibuat tidak termasuk ke dalam kategori sponsored post atau paid promoted article. Saya menulis sebanyak 47 artikel. Idealnya artikel organik ini yang mendominasi. Satu artikel sponsored post diselingi tiga artikel organik, agar blog tetap sehat dan memiliki performa yang prima. 

Resolusi Ngeblog Tahun 2022

Bismillah, sama seperti tahun 2021  saya pun berusaha realistis dalam mencanangkan resolusi blogging saya. Untuk mengikuti lomba-lomba blog yang menggiurkan sepertinya saya harus menahan diri dulu. 

Ada prioritas pekerjaan yang sangat membutuhkan konsentrasi saya dalam bidang tulis menulis juga. Ya, hidup itu memang berisi pilihan-pilihan, kan. Saya tetap mencintai aktivitas ngeblog namun untuk saat ini tidak ngoyo dan jor-joran dulu. 

Berikut resolusinya:

1. Mengusahakan tetap update postingan blog, minimal 2x seminggu

Hal ini penting sebab jika tidak diniatkan posting artikel secara rutin dan teratur, lama-lamam kehilangan hubungan batin dan akses juga ke dunia blogging, ke teman-teman sesama narablog.

2. Melanjutkan membenahi artikel lawas

Ini nih yang resolusi tahun lalu belum juga saya tuntaskan. Selalu publish artikel baru lebih menggoda ketimbang memperbaiki SEO on Page artikel lama. Padahal banyak sekali kekeliruan yang seyogyanya dibenahi lagi.

3. Meluangkan waktu untuk blogwalking

Terus terang saya malu nih sama teman-teman karena keseringan "nunggak" report done blogwalking (BW)-nya. Bukan disengaja, namun waktunya yang tidak pas. 

Masa' sih saya asyik blogwalking di saat jam kantor atau sedang bersama suami dan anak-anak? Kan nggak sadar ruang dan waktu banget. Maka insyaallah saya akan meluangkan waktu untuk BW agar bisa centang hijau on time.

4. Mempelajari SEO terus

Google memperbaharui algoritmanya, maka para narablog dituntut selalu memahami tentang cara mengoptimalisasikan penggunaan mesin pencari. 

Mengenali kebiasaan orang-orang dalam mengetikkan kata kunci di Google, dan piawai dalam menghasilkan artikel yang SEO friendly. Maka ke depannya untuk memenuhi kebutuhan ini, insyaallah saya akan belajar SEO terus.

5. Beli domain blog lagi

Rencananya saya juga akan membeli domain blog lagi untuk blog TLD yang ke-4. Meskipun ketiga blog dot com yang sudah ada ini, terutama yang kedua dan ketiga, belum dibenahi dalaman blognya. Semoga semuanya bisa sesuai dengan rencana. Doakan ya, Kawan-kawan.

6. Belajar dari teman-teman para bloger sukses

Saya tak akan segan-segan berguru pada teman-teman yang lebih sukses ngeblognya. Jika murid siap maka guru pun datang, demikian yang saya pelajari di Ibu Profesional, komunitas parenting yang banyak memberikan insight bagi saya. Mudah-mudahan ada jalannya, bahkan dengan otodidak membaca karya mereka saja sedikit banyak sudah banyak membantu saya.

7. Fokus pada teman-teman narablog yang punya keinginan kuat untuk maju

Di antara para bloger itu banyak macamnya. Ada yang bloger lomba, ada yang sekalian influencer di media sosial, dan  ada yang mengambil semua peluang yang datang. Tak ada yang salah. Maka saya pun akan fokus pada mereka yang rajin-rajin ini saja. Agar semangatnya menular pada saya dan kesuksesannya juga terciprat.

Kesimpulan

Kaleidoskop ngeblog 2021 dan resolusi 2022 saya simpel saja, tidak wah-wah amat. Insyaallah senantiasa menikmati menulis artikel blog. Meski membagi waktu antara mengurus keluarga, melanjutkan pendidikan, berkarya di kampus, dan ngeblog adalah suatu tantangan tersendiri.

Oya, dari data yang saya himpun di atas, PR saya adalah harus lebih rajin lagi menulis artikel organik ya, agar blog tetap "sehat" dan memberikan banyak manfaat bagi para pembaca sekalian. Artikel organik yang deep content sangat berpeluang dalam meningkatkan trafik blog. Yuk, bisa yuuk...!

Share dong, kaleidoskop teman-teman di tahun 2021 lalu, plus resolusi ngeblognya ya agar ktia bisa saling menginspirasi.

Salam, 
resolusi fadlimia 2022












1 komentar untuk "Kaleidoskop Ngeblog 2021 Dan Resolusi 2022"

  1. Keren kak udah 190 artikel, lah guek masih seuprit haha, kalo tahun ini pribadi eci fokus besarin grup kita lewat program nya, apalagi yg GPS. Itu aja sih dlu. Mudah2an taun ini lebih sehat dan sejahtera.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.