Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan sebelum Investasi Reksadana Saham

Saat ini investasi dalam bentuk Reksadana semakin banyak diminati terutama bagi para pemula. Jenis instrumen investasi ini juga sangat beragam dan salah satunya adalah Reksadana saham. Penting untuk diketahui bahwa pilihan investasi ini sangatlah tepat dan bisa mendatangkan banyak keuntungan selama dilakukan dengan cara yang benar.

Berbeda dengan investasi saham, Reksadana dalam bentuk saham ini tidak dikelola langsung oleh investornya sendiri. Investor akan menyerahkan dana kepada manajer investasi untuk dikelola dalam bentuk aset saham perusahaan. Investasi jenis ini sangat diminati dan terbukti memang bisa menghasilkan keuntungan yang begitu memuaskan.

reksadana saham
Pexels

Pertimbangan sebelum Investasi

Perlu dicatat bahwa semua jenis langkah investasi harus dimulai dengan pertimbangan yang matang. Investasi merupakan metode pengelolaan finansial yang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Apalagi untuk pemula yang mungkin belum memiliki banyak pengalaman di dunia investasi. Jelas sekali bahwa harus ada perencanaan yang matang sebelum investasi dimulai.

Salah satunya adalah menentukan jenis investasi yang akan diambil. Jika kamu memilih Reksadana maka kamu harus mempersempit pilihan lagi. Reksadana ada bermacam-macam dan salah satunya adalah Reksadana saham. Jika kamu memilih tipe investasi maka kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal penting agar nantinya tidak salah mengambil langkah.

Reksadana dengan aset saham merupakan jenis investasi yang cukup menjanjikan saat ini. Peluang prospeknya terbilang besar meskipun risikonya juga sepadan. Berikut ini adalah 3 hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum memulai langkah investasi dengan instrumen Reksadana saham:

Tujuan Investasi

Poin pertama yang perlu diperhatikan sebelum melakukan investasi Reksadana dalam bentuk aset saham adalah tujuan investasi. Ingat, setiap orang perlu menentukan tujuan investasi mereka secara rinci agar paham apa yang ingin dicapai dari langkah investasi tersebut. Kamu tidak bisa sembarangan mengeluarkan uang untuk investasi tanpa tahu apa tujuan yang ingin dicapai.

Misalnya, investasi dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun. Maka dari itu kamu bisa merasa lebih yakin untuk mengambil Reksadana saham yang sangat cocok dijadikan sebagai pilihan investasi jangka panjang. Pastikan bahwa semua langkah investasi yang akan diambil nantinya sudah sesuai dengan tujuan investasi yang ingin diraih.

Modal yang Tersedia

Selanjutnya perhatikan ketersediaan modal atau dana yang kamu miliki. Agar bisa investasi maka kamu butuh modal dan tidak semua uang yang kamu miliki bisa diserahkan sebagai modal investasi. Ingat, harus ada pengelolaan finansial yang terstruktur agar kamu bisa menentukan berapa banyak plot uang yang bisa dipakai untuk modal investasi.

Investasi Reksadana ini memang bisa mendatangkan keuntungan namun bukan berarti kamu bisa memakai semua dana yang kamu miliki untuk berinvestasi. Kamu tetap harus menyisihkan dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Buat perhitungan berapa alokasi dana yang siap dikeluarkan sebagai modal investasi.

Manajer Investasi yang Terlibat

Dalam bidang instrumen Reksadana ini kamu tidak akan mengelola dana investasi secara langsung. Kamu akan mempercayakan dana investasimu kepada manajer investasi. Sebenarnya manajer investasi ini sudah pasti memiliki pengalaman dan bisa kamu andalkan untuk mengelola dana investasi tersebut. Namun ingat, tidak semua manajer investasi bisa cocok dengan tujuan investasimu.

Pilihlah manajer investasi yang tepat untuk mengelola dana yang kamu investasikan. Jika kamu ingin berinvestasi dalam bentuk Reksadana saham maka carilah manajer investasi yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut. Pastikan juga manajer investasi tersebut tergabung pada layanan sekuritas yang aman dan terjamin OJK.

Sebelum memulai investasi, kamu sangat disarankan untuk mencari tahu lebih jauh informasi pokok tentang produk investasi yang akan dipilih. Jika kamu ingin berinvestasi dalam bentuk instrumen Reksadana saham maka pastikan kamu sudah belajar banyak tentang instrumen tersebut. Kamu harus memahami dengan baik prinsip kerjanya sehingga tahu apa saja yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu.

Mari Investasi bersama digibank by DBS

Jika kamu sudah memiliki pertimbangan yang cukup matang maka segera investasikan danamu secara aman bersama digibank by DBS. Tersedia pilihan instrumen Reksadana saham yang bisa kamu ambil untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Selain itu kamu juga bisa menikmati berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh digibank by DBS berikut ini.

reksadana saham Digibank
Pexels

Dana Modal Ringan

Kamu tidak butuh modal besar untuk memulai investasi bersama digibank by DBS. Investasi terbuka bagi para pemula yang bahkan tidak memiliki banyak modal. Bahkan kamu bisa mulai investasi hanya dengan modal Rp100.000,00 saja.

Metode Pembelian Fleksibel

Proses pembelian Reksadana saham melalui digibank by DBS dapat dilakukan secara fleksibel. Kamu bisa melakukan pembelian lewat satu aplikasi mobile. Kamu juga bisa mengubah nominal pembelian per bulan jika sewaktu-waktu memang diperlukan.

Ada Layanan Aplikasi Mobile

Salah satu layanan yang dihadirkan digibank by DBS untuk mempermudah investor adalah aplikasi mobile. Tersedia aplikasi mobile yang bisa diakses kapan saja secara fleksibel untuk melakukan beli, jual, maupun switch aset. Pendaftaran SID juga bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi ini.

Punya Lebih 50 Pilihan Produk

Kamu bisa menemukan banyak pilihan produk di digibank by DBS. Jadi kamu bisa bebas memilih mana produk investasi yang dirasa paling menguntungkan dan cocok dengan tujuan investasimu. Total ada lebih dari 50 pilihan produk yang bisa kamu beli.

3 Pilihan Reksadana

Bersama digibank by DBS kamu akan menemukan 3 pilihan Reksadana berdasarkan kategori tertentu. Mulai dari produk Reksadana kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik untuk dijadikan pilihan. 

Tak perlu menunggu lama, mari mulai perjalanan investasimu sekarang juga! Dapatkan banyak keuntungan menarik dengan memilih instrumen Reksadana saham di digibank by DBS. Bersama digibank by DBS kamu akan menikmati banyak kemudahan investasi dan siap menerima cuan yang melimpah di masa depan.

Salam, 
fadlimia reksadana digibank


7 komentar untuk "3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan sebelum Investasi Reksadana Saham"

  1. Aku lagi coba investasi reksadana juga kak. Tapi, sambil masih cari informasi buat belajar dan cari tau mengenai reksadana lebih dalam. Kayaknya aku penasaran mau cek reksadana di DBS ini. Mau lihat berapa persen kenaikannya.

    BalasHapus
  2. Kirain invest di saham itu butuh modal gede. Ternyata nggak ya. 100 ribu sudah bisa invest. Makasih infonya Mba

    BalasHapus
  3. Saya masih belajar soal reksadana. Sepertinya reksadana saham masih berat untuk saya karena resikonya itu. Rencana sih pengen ambil reksadana pasar uang atau apalah yang resikonya kecil walaupun profit juga mengikuiti.

    BalasHapus
  4. Pengen deh nyobain investasi reksadana atau saham. Tapi belum nemu platform yang tepat. Masih perlu banyak belajar dan menemukan platform yang tepat nih. Semoga DBS jadi solusinya. Makasih atas ulasannya...

    BalasHapus
  5. aku jadi makin penasaran dengan reksadana DBS ini, murah lagi cuman dari 100K udah bisa invest. tapi yg syariah ada ga ya mbak mia?

    BalasHapus
  6. Digibank DBS bisa jadi pilihan untuk Reksadana ya Bu. Pentingnya untuk investasi. Risiko kecil, juga tidak ribet.

    BalasHapus
  7. Udah mulai sih aku reksadana, kalau saham belum berani. Nah, tapi reksadana pun ada pilihannya, masih harus belajar juga sih. Apalagi DBS sampai ada 50 pilihan...Cus ah ke DBS...

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.