Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Jadi Operator Kuliah Umum KLIP 2022

Pengalaman Jadi Operator Kuliah Umum KLIP 2022 menjadi judul artikel saya hari ini. Yup, tadi pukul 13 sd 14 WIB, saya mengambil amanah menjadi operator Zoom Conference acara Kelas Persiapan atau Kuliah Umum mengawali Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP) tahun 2022 ini.

Narasumbernya Bu Septi Peni Wulandani

Kelas Persiapan KLIP di awal tahun ini, setelah mendapatkan 99 penyetor tulisan teratas, diisi oleh 2 narasumber, Bu Septi Peni Wulandani dan Teh Shanty Dewi Arifin, Kedua nama yang tak asing lagi bagi teman-teman pegiat literasi se-lingkungan Ibu Profesional beserta komponen-komponennya.  

Bu Septi mengisi materi tentang Pentingnya Mengenal Diri Sendiri dan Peran Keluarga dalam Berkarya, sementara Jumat tanggal 4 Februari 2022 pk. 14-15 WIB, Teh Shanty memberikan inspirasinya mengenai Mengenal Free Writing. Wah, keduanya sama-sama jossss!!!

pengalaman jadi operator Zoom Conference
Virtual Background acara kuliah umum dengan Bu Septi


Tugas-tugas Operator Zoom Conference

Apa aja sih tugas sang operator, tim sukses di belakang layar? Alhamdulillah kali ini saja diback- up sama Mbak Erna, sang ketua KLIP. Mbak Erna membagikan video intro di awal acara dibuka, dan video outro ketika acara berakhir. Lalu tugas saya adalah sebagai berikut:

1. Meng-admit atau mengizinkan peserta bergabung ke acara

Pada kesempatan Zoom Conference kali ini saya dijadikan co-host agar lebih leluasa melakukan admit atau admit all participant yang join Zoom Conference. Kapasitas Zoom yang diberikan komponen Kampung Komunitas Ibu Profesional untuk 100 orang participant, sudah termasuk host dan co-host.

Sebelumnya saya juga sudah pernah menjadi narasumber di Ruang Berbagi KLIP bulan Agustus 2021 lalu. Nah, sepanjang acara saya sempat juga melihat bersliwerannya permintaan admit oleh para peserta yang baru bergabung. Akan sangat merepotkan jika moderator yang mengoperasikan urusan admit/admit all ini. Maka tepat sekali kebiasaan di KLIP selalu ada yang bertugas sebagai operator.

2. Add Spotlight Narasumber, Host, dan Para Penanya

Spotlight atau sorotan ini penting lho dalam suatu acara virtual meeting seperti webinar atau kuliah umum seperti yang berlangsung siang tadi. Jumlah peserta yang mencapai 100 orang, jika narasumber, host atau penanya tidak di-add spotlight, bisa-bisa peserta agak kesulitan melihat dengan jelas, sebenarnya siapa sih yang sedang berbicara.

Nah tadi itu Alhamdulillah saya tidak ada kendala menambahkan orang-orang penting ini ke dalam sorotan utama. Sehingga seluruh peserta bisa fokus menyaksikan orang yang sedang menyampaikan pendapatnya.

3. Mute Suara-suara yang Tidak Perlu

Seringnya ya, teman-teman peserta yang baru bergabung luput memastikan bahwa microphone-nya dalam keadaan mute atau unmute. Hal ini penting sekali, sebab jika kelupaan, maka yang terjadi adalah "kebocoran" suara. 

Bisa jadi suara anak menangis, kicauan burung, bahkan mungkin suara abang-abang penjual makanan yang lewat di depan rumah salah satu peserta bisa menggema ke dalam ruang acara, hehe... 

Maka saya pun berusaha sigap mengawasi nama-nama participant yang baru bergabung, dan memastikan mic-nya dalam keadaan mute.

4. Menonaktifkan kolom chat

Ada kalanya peserta bertukar kabar sesama peserta di dalam chat box. Ya, nggak masalah sih, hanya saja munculnya notifikasi chat itu jika kelewat banyak akhirnya mengganggu pemandangan peserta lainnya.

Nah, bisa dinonaktifkan saja dengan mengeklik tanda titik tiga maka akan muncul pilihan "no one" sehingga tidak akan ada seorang pun yang bisa mengirimkan chat ke kolom tersebut. 

5. Menangkap layar untuk keperluan dokumentasi

Di akhir sesi biasanya host acara akan meminta seluruh peserta berfoto bersama narasumber. Kali ini ada empat slide dan saya pun meng-screenshot-nya satu per satu dan menyalinnya ke grup Telegram Ketua Kelas KLIP.

operator Zoom Conference
Maaf jika slide yang lain tidak saya tampilkan di artikel ini ya, tenang... di Grup Ketua Kelas ada kok ^^

Agak lama juga menangkap layar lalu mem-paste-kannya ke kolom lain. Sebab saya lupa tidak menonaktifkan kolom chat sehingga saya berusaha me-minimize kolom chat agar teman-teman yang posisinya paling bawah tidak tertutupi oleh chat box. Hmm, mesti diperhatikan nih, untuk Zoom Conference mendatang.

Kesimpulan

Pengalaman jadi operator kuliah umum perdana KLIP 2022 sangat berharga bagi saya. Pengalaman menjadi narasumber dan moderator telah beberapa kali saya jalani, Alhamdulillah hari ini bertambah lagi pengalaman saya menjadi operator Zoom Conference.

Tentunya masih ada beberapa tugas operator Zoom yang mungkin belum saya ketahui. Teman-teman bisa menambahkannya di kolom komentar di bawah ini ya.

Senang sekali hari ini saya mendapatkan ilmu baru mengenai jalannya suatu acara. Suksesnya suatu acara harus dimanajeri sebaik-baiknya. Ada kerjasama tim yang solid di baliknya. Sekecil apapun peran dinikmati dan dilaksanakan dengan hati riang gembira. 

Semangat setoran, Klipers! 


Salam,
Fadlimia pengalaman jadi operator Zoom











5 komentar untuk "Pengalaman Jadi Operator Kuliah Umum KLIP 2022"

  1. itu misalnya kalo tiba tiba jaringan lag bagaimana kk hhe

    BalasHapus
  2. itu misalnya kalo tiba tiba jaringan lag bagaimana kk hhe

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat mbak, bisa share buat yang lain

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.