Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara & Tips Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

Toko sembako merupakan salah satu usaha yang diminati banyak orang. Kamu bisa merasakan berbagai keuntungan jika membuka usaha toko sembako, antara lain pemasukan yang stabil dan juga efisiensi waktu.

Untuk memulai usaha toko sembako juga cukup mudah, kalau sudah cukup modal kamu bisa membangun toko sembako dengan memanfaatkan lokasi kosong di sekitar rumah kamu. Namun, hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha toko sembako adalah laba rugi yang harus diketahui secara detail.

Maka dari itu, kamu perlu membuat catatan yang rapi akan pemasukan dan pengeluaran dari usaha toko sembako yang sedang kamu jalani. Sekarang membuat pembukuan usaha bisa dilakukan dengan mudah, hampir setiap pengusaha memiliki pembukuan khusus untuk usahanya, hal ini dilakukan agar keuangan usaha tetap stabil.

Kamu bisa memulai membuat pembukuan dengan cara manual terlebih dahulu, sebagai contoh kamu bisa melihat cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil seperti toko sembako di internet ataupun belajar dari teman yang sudah dulu memiliki usaha.

bukumitra
Ilustrasi pencatatan keuangan / Cashbac

Cara Membuat Pembukuan Toko Sembako dengan Mudah

Berbagai manfaat bisa kamu dapatkan jika membuat pencatatan dan pembukuan secara teratur, salah satunya kamu bisa mengetahui secara detail tentang pengeluaran, pemasukan, jumlah untung ataupun kerugian.

Membuat pembukuan keuangan bisa dilakukan dengan mudah, bisa dimulai dengan cara manual, selain itu kamu juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi pembukuan salah satunya bukumitra dari Bukalapak, yang akan memudahkan kamu mencatat semua pemasukan maupun pengeluaran usaha dari usaha yang sedang kamu jalani.

Berikut beberapa cara untuk kamu yang baru memulai membuat pembukuan

Membuat Catatan Barang Masuk dan Keluar

Buatlah pembukuan secara detail dan disiplin, pertama dengan membuat laporan tentang catatan setiap barang yang masuk maupun keluar. Hal ini akan memudahkan kamu dalam membuat pembukuan keuangan.

Dengan mencatat barang yang masuk dan keluar juga akan membantu kamu untuk mengetahui minat pelanggan terhadap barang apa saja yang lebih sering dibeli. Lakukan pencatatan secara teratur agar tidak ada data-data yang terlewatkan.

Mencatat Stok Barang

Cara berikutnya adalah dengan membuat catatan stok barang. Kamu bisa membuat pembukuan yang berisikan hasil penjualan harian toko dengan kolom catatan stok barang apa saja yang tersedia.

Buatlah catatan stok barang yang rapi sesuai dengan jenis barangnya. Hal Ini akan memudahkan kamu untuk menentukan barang mana yang akan segera habis dan juga dapat menentukan waktu untuk berbelanja stok barang.

Membuat Neraca Saldo

Berikutnya membuat neraca saldo, cara ini akan membuat kamu lebih mudah dalam menjalankan manajemen keuangan toko sembako, karena neraca saldo memiliki fungsi untuk mencatat saldo kredit dan debit yang dimiliki oleh toko sembako.

Cara membuat pembukuan toko sembako ini juga cukup mudah, yaitu dengan membuat catatan yang terdiri dari dua kolom. Pertama kolom debit, dan kedua kolom kredit. Hal ini perlu dibuat untuk mengetahui kebenaran proses pencatatan yang kamu lakukan dalam langkah pertama cara membuat pembukuan toko sembako.

Dengan membuat neraca saldo, kamu juga akan mengetahui barang apa saja yang masuk dan keluar sesuai dengan adanya uang yang masuk atau tidak.

Menyusun Laporan Keuangan

Cara yang terakhir ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembukuan, yakni membuat pembukuan laporan keuangan. Laporan satu ini tidak boleh terlewatkan karena nantinya akan menjadi bahan evaluasi untuk usaha toko sembako yang sedang kamu jalani.

Membuat semua laporan keuangan akan terasa lebih mudah jika dilakukan dengan konsisten dari awal memulai usaha sampai seterusnya.

Pada umumnya, susunan laporan keuangan akan terdiri dari 4 jenis laporan, pertama laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal dan laporan arus kas. Dengan 4 kategori tersebut, Hal ini membuat laporan keuangan akan lebih rapi dan akan mudah untuk diketahui jumlah uang masuk pada setiap transaksi.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha Toko Sembako

Lokasi Usaha

Kamu perlu melakukan riset banyak hal sebelum memulai usaha, salah satunya berkaitan dengan lokasi usaha yang biasanya akan menentukan maju atau tidaknya dari bisnis yang sedang kamu jalani, begitu pun dengan toko sembako.

Pilihlah lokasi usaha yang strategis yang dilewati banyak orang ataupun yang dekat dari pemukiman warga sehingga peluang toko sembako kamu ramai akan pembeli lebih besar.

Menentukan Modal

Berikutnya sebelum memulai usaha kamu perlu membuat perencanaan dan menentukan modal dengan bijak. Kamu harus pintar dalam mengeluarkan uang, terutama bagi yang baru memulai berbisnis.

Modal yang dikeluarkan harus terperinci digunakan untuk hal apa saja. Utamakan barang-barang yang penting terlebih dahulu seperti misalnya untuk perlengkapan toko ataupun barang yang menunjang usaha yang sedang kamu jalani.

Menyediakan Tempat Penyimpanan Barang

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membuka usaha toko sembako adalah tempat penyimpanan barang. Tempat penyimpanan barang sangat dibutuhkan untuk menyimpan stok-stok barang terutama barang-barang yang sering mengalami kenaikan harga. Simpanlah barang di tempat yang aman dan bersih agar kualitas dari barang tersebut tetap terjaga.

Itulah beberapa cara serta tips dalam membuat pembukuan keuangan usaha kecil. Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantu usahamu menjadi lebih maju, ya!

Salam, 
fadlimia





















Posting Komentar untuk "Cara & Tips Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil"