Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Layanan Kredit Mobil Syariah dan Asuransi Mobil Syariah

Membeli mobil bagi sebagian orang menjadi kebutuhan, bisa mencoba menggunakan layanan kredit mobil syariah dan asuransi mobil syariah.

Layanan jenis ini semakin banyak diminati apalagi di Indonesia masyarakatnya memang mayoritas umat muslim.

Namun, sebelum memilikinya pastikan mengenal produk kredit ini luar dan dalam. Berikut penjelasannya.

lifepal co id
Senangnya shopping naik mobil sendiri / Dreamstime

Tentang Kredit Mobil Syariah

Layanan kredit mobil syariah bisa diakses di perbankan dan leasing yang mengusung konsep tersebut. Layanan satu ini merupakan layanan yang memiliki dasar hukum jelas di Indonesia.

Dasar hukumnya sendiri adalah dari Fatwa DSN-MUI Nomor 4 Tahun 2000 mengenai Murabahah.

Secara sederhana, konsep kredit dan asuransi mobil syariah adalah melayani pembelian mobil secara kredit dengan menggunakan hukum Islam sebagai landasannya. Sehingga tidak ada riba dalam bentuk bunga dari proses kredit jenis ini.

Bagi umat muslim yang ingin bebas dari riba dan tidak memungkinkan membeli mobil secara tunai bisa memanfaatkannya.

Perbedaannya dengan Kredit Konvensional

Beberapa orang merasa sukar untuk membedakan antara asuransi mobil konvensional dengan syariah. Maka bisa membaca detail berikut ini:

·Sumber pendanaan; pada kredit mobil syariah maka sumber dana didapatkan dari bank syariah. Sementara kredit konvensional bersumber dari bank konvensional juga.

Dasar transaksi; pada kredit mobil berbasis syariah dasar transaksinya adalah jual beli. Sementara kredit konvensional dasarnya adalah peminjaman uang antara pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman.

Hubungan perusahaan dana dengan konsumen; pada kredit syariah hubungan keduanya adalah penjual dan pembeli. Sementara pada kredit konvensional hubungannya adalah kreditur dan debitur.

Jenis usaha konsumen dan penggunaan kendaraan; pada kredit syariah diharapkan jenis usaha dan penggunaan mobil tidak bertentangan dengan hukum syariah. Sementara kredit konvensional jenis usaha diharapkan tidak melanggar ketentuan RI.

Keuntungan; pada kredit syariah keuntungan perusahaan didapatkan dari margin penjualan mobil dari pihak mereka ke konsumen. Sementara kredit konvensional berbentuk bunga yang dibayarkan konsumen bersamaan dengan hutang pokok.

Asuransi; pada layanan kredit syariah, asuransi disediakan oleh perusahaan asuransi dengan konsep syariah juga sementara kredit konvensional oleh perusahaan asuransi konvensional.

Keuntungan yang Diberikan

Jika menggunakan layanan kredit dan asuransi mobil syariah maka ada banyak keuntungan bisa didapatkan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Cicilan Dijamin Tetap

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan adalah menerima cicilan dengan nilai yang dijamin tetap. Sebab dasar hukumnya adalah proses jual beli, sehingga keuntungan bank selaku penjual mobil ditetapkan di awal. Artinya sejak awal nilai cicilan per bulan sama sampai cicilan terakhir.

2. Sumber Dana Pembelian Mobil Dijamin Halal

Sumber pendanaan dari layanan kredit kendaraan syariah dijamin halal, dikelola oleh bank dengan prinsip syariah. Sehingga semua dana dari bank tersebut dijamin halal. Selain itu, layanan satu ini juga mewajibkan nasabah menggunakan kendaraan untuk kegiatan dan usaha halal. Sehingga dijamin 100% halal sejak awal.

3. Denda Dikelola Secara Syariah

Bagaimana jika cicilan kredit asuransi mobil syariah yang diambil terlambat? Jika di bank konvensional ada denda, maka di bank syariah juga ada denda. Bedanya, denda di bank syariah dialokasikan untuk kegiatan positif. Seperti diberikan kepada mereka yang membutuhkan, bukan untuk keuntungan perusahaan sendiri.

4. Tidak Menggunakan Sistem Bunga (Riba)

Salah satu alasan kenapa layanan kredit mobil berbasis syariah menjadi pilihan utama adalah karena bebas bunga. Artinya layanan ini bebas riba yang memang diharamkan di dalam Islam. Oleh sebab itu, untuk membantu bebas dari jeratan riba maka bisa memakai layanan kredit berbasis syariah satu ini.

Jangan Lupa Mengasuransikan Mobil

Setelah resmi mengajukan asuransi kendaraan berbasis syariah maka jangan lupa untuk melindunginya dengan produk asuransi. Asuransi khusus mobil membantu mengatur keuangan agar tidak mudah bermasalah saat merawat mobil tersebut. Sebab membantu menanggung biaya perawatan, perbaikan karena kerusakan, sampai pencurian.

Ada banyak perusahaan asuransi mobil syariah bisa dijadikan pilihan. Utamakan yang legal, yakni yang sudah terdaftar di OJK dan juga sudah berpengalaman. Selain itu, utamakan yang isi polisnya sangat menguntungkan. Sehingga bisa mendapatkan biaya tanggungan saat menggunakan layanan bengkel rekanan perusahaan asuransi tersebut.

Salam, 
lifepal asuransi mobil syariah





5 komentar untuk "Mengenal Layanan Kredit Mobil Syariah dan Asuransi Mobil Syariah"

  1. Wah banyak peluang dan jalur untuk bisa memiliki mobil ya
    Tinggal menyesuaikan mana yang paling cocok dan aman
    Lewat jalur syariah bisa jadi pilihannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak, terima kasih sudah mampir ke sini ya

      Hapus
  2. Selalu ada peluang memiliki kendaraan dengan persyaratan syariah dari perbankan

    BalasHapus
  3. Tidak ada sistem riba ini yang membuat kita merasa Aman ya kak memakai produk sistem bank syariah ini memang paling aman

    BalasHapus
  4. Dulu pernah ditawari beli motor melalui kredit syariah saat di Purwokerto. Tapi harus KTP setempat. Memang beneran tanpa bunga riba. Mau diambilin pakai nama kakak, ga enak hati.
    Uhuk malah curcol.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.