Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Aturan Mudik Lebaran 2022

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Aturan Mudik Lebaran 2022 - Hai Sobat Fadlimia.com apa kabar, gimana puasanya, masih semangat kan, ya dong... masih di awal-awal. Semoga tetap diberi kesehatan menyelesaikannya sampai akhir ya, amin.

Membahas puasa pasti membicarakan lebaran juga, karena puncak dari menahan hawa nafsu selama sebulan dirayakan pada hari kemenangan. Nah, meski sudah merasa nyaman tinggal di ibukota, bagaimanapun kamu ingin mudik ke kampung halaman.

aturan mudik lebaran 2022
Kereta mudik lebaran 2022


Alasan Orang-Orang Mudik ke Kampung Halamannya

Orang-orang selalu memiliki alasan untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing. Berdasarkan pengalaman penulis, bertanya ke teman-teman, dan penelusuran di internet, berikut alasan orang-orang menjalani mudik ke tempat asalnya.

1. Merayakan Lebaran Bersama Kedua Orang Tua dan Sanak Saudara

Momen hari raya idulfitri menjadi waktu penting untuk berkumpul bersama orang tua dan sanak saudara. Selama setahun bahkan lebih tidak bertemu raut wajah orang-orang tercinta. Maka dengan mudik ke kampung halaman, saat itulah mencurahkan rasa rindu yang telah ditabung selama ini.

Ada kalanya orang tua telah meninggal dunia, maka sanak saudara, kerabat ayah dan bunda menjadi pengobat kangen sebagai pengganti yang telah berpulang. Dengan mudik jadi lebih mengenal saudara-saudara jauh dan silsilah keluarga. Bahkan bisa pula menjadi usaha untuk memperluas rezeki dengan menjalin silaturahmi.

2. Ajang Ta'aruf Siapa Tahu Jodoh

Di desa asal, tak dimungkiri teman-teman yang dulunya dekil sekarang sudah bermetamorfosa menjadi gadis cantik atau perjaka tampan. Maka kegiatan mudik bisa menjadi ajang ta'aruf atau perkenalan siapa tahu ada ketertarikan pada teman-teman lama syukur-syukur bisa menjadi pasangan hidup atau ketemu jodohnya.

Barangkali ketika di kota sulit mendapatkan calon pendamping seperti yang diinginkan. Maka di kampung halaman terbuka peluang untuk itu. Sehingga momen berlebaran di desa jangan sampai terlewatkan demi mendapatkan si belahan jiwa.

3. Merasakan Segarnya Udara Pedesaan

Beruntungnya tinggal di desa udaranya masih segar, belum tercemar polusi udara seperti di kota-kota besar. Maka kesempatan merayakan hari raya di kampung menjadi sangat berharga untuk menikmati suasana pedesaan yang asri dan menenangkan pikiran yang sumpek akibat kelamaan bekerja, menghirup udara kotor perkotaan sehari-harinya.

4. Menyantap Hidangan Lezat Khas Kampung Halaman

Di mana lagi tempatnya makan hidangan tradisional ala kampung kita kalau tidak di kampung asalnya. Bumbunya yang khas tiada bandingannya, dibuat dengan tungku api, dimasak beramai-ramai pula oleh ibu-ibu tetangga, menyatukan warga masyarakat yang guyub, kompak menjalin persaudaraan. 

Hal-hal sederhana seperti ini tidak akan didapati di perkotaan, yang serbasibuk, sehingga dengan tetangga sebelah rumah saja tidak sempat bertegur sapa. Saling bertukar makanan juga tak luput menjadi kebiasaan baik masyarakat desa, sehingga kamu bisa mencicipi nikmatnya masakan khas kampus halamanmu.

5. Momen Berbagi Rasa Syukur dengan Kasih THR

Orang-orang yang sudah sukses mendapatkan pekerjaan di ibukota atau membangun bisnisnya, dianggap oleh warga desa sebagai orang yang sukses. Sehingga ketika pulang mereka biasanya berbagi rasa syukur dengan memberikan THR atau angpau, atau disebut juga salam tempel kepada anak-anak ataupun orang dewasa yang dipandang perlu untuk disantuni. 

Doa dari mereka yang mendapatkan THR tersebut diyakini dapat menyebabkan orang-orang yang bersedekah dilimpahi rezeki yang berkah dan bertambah banyak. Demikian besarnya pahala berbagi sehingga di momen lebaran selalu ada yang bagi-bagi THR.

Aturan Mudik Lebaran 2022

Kebahagiaan saat mudik nanti tentunya harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Mudik bisa dilakukan dengan mobil pribadi, sewa mobil, dan dengan naik kereta mudik lebaran 2022. Maka memahami aturan mudik lebaran 2022 semestinya diketahui dengan saksama pula. 

Berdasarkan SE Kementerian Perhubungan No. 22 Tahun, KAI telah mengeluarkan syarat terbaru perjalanan bagi penumpang kereta api mulai 9 Maret 2022, yaitu:

Syarat Umum Perjalanan Kereta Api

  1. Penumpang wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan melaksanakan 3M: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak.
  2. Penumpang dengan hasil negatif tapi menunjukkan gejala (flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, demam, dan suhu badan lebih dari 37,3 derajat celsius) tidak diperbolehkan melakukan perjalanan.
  3. Penumpang harus menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.
  4. Saat perjalanan, penumpang tidak diperbolehkan berbicara satu arah (melalui handphone) ataupun dua arah (secara langsung dengan lawan bicara).
  5. Penumpang tidak diperbolehkan makan dan minum dalam perjalanan kurang dari 2 jam, kecuali konsumsi obat.

Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

  1. Penumpang wajib mendapatkan vaksinasi COVID-19 minimal satu kali dengan menunjukkan bukti sertifikat vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi.
  2. Penumpang yang baru mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama WAJIB menunjukkan hasil tes negatif Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum perjalanan dan SWAB PCR maksimal 3x24 jam sebelum perjalanan.
  3. Penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua (lengkap) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen atau SWAB PCR COVID-19.
  4. Penumpang yang dinyatakan positif COVID-19 dalam kurun waktu 14 hari ke belakang tidak diperbolehkan melakukan perjalanan.
  5. Anak di bawah 6 tahun tidak perlu menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19 dan WAJIB didampingi orang tua.

Perjalanan Kereta Api Lokal dan Aglomerasi

  1. Penumpang wajib mendapatkan vaksinasi COVID-19 minimal satu kali dengan menunjukkan bukti sertifikat vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi.
  2. Penumpang tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen atau SWAB PCR COVID-19.
  3. Penumpang yang dinyatakan positif COVID-19 dalam kurun waktu 14 hari ke belakang tidak diperbolehkan melakukan perjalanan.
  4. Anak di bawah 6 tahun tidak perlu menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19 dan WAJIB didampingi orang tua.
kereta mudik lebaran 2022
Untuk mengetahui harga tiket kereta api lebaran kamu tinggal memasukkan info di tiket.com


Nah, setelah mengetahui apa saja aturan mudik lebaran 2022 saatnya kamu cari tahu deh harga tiket kereta api lebaran. Di mana informasinya, di mana lagi kalau bukan di tiket.com. 

Kesimpulan

Demikian hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang aturan mudik lebaran 2022. Jangan lupa, mudik dengan kereta mudik lebaran 2022 sangat menyenangkan lho, untuk itu tunggu apa lagi segera kepoin harga tiket kereta api lebaran di tiket.com ya.

Cerita dong tentang rencana mudik kamu tahun ini. Share di kolom komentar ya, terima kasih. Selamat menunaikan ibadah puasa 1443 Hijriah ya, semoga kita semua sukses menjadi insan yang bertakwa kepada-Nya. Amin.

Salam, 
fadlimia tiket.com









20 komentar untuk "Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Aturan Mudik Lebaran 2022"

  1. Tidak terasa sudah mendekati Hari Raya ya, semoga tahun ini menjadi titk tolak bangkit dari kejadian yang benar enar meluluh lantakkan dunia. salam sehat untuk semuanya

    BalasHapus
  2. Ini memang harus sangat dipahami sebelum merencanakan akan melakukan perjalanan. Biar ada persiapan mantapnya, terlebih lagi udah diumumkan ya cuti bersama

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah secara sudah dipermudah ya mbak gak pake tes antigen or PCR lagi kalau sudah vaksin lengkap. Semoga banyak yang bisa menikmati hari raya di kampung halaman. Walaupun kami gak bisa.. karena baru aja mudik bulan lalu.

    BalasHapus
  4. Sudah pada mulai berburu tiket mudik nih ya, karena aturan mudik sekarang sudah lebih longgar selama kita mengikuti peraturan terbaru yang berlaku dan tetap menjalankan prokes

    BalasHapus
  5. Terimakasih informasinya mba, belum tau mudik atau tidak ya tapi udah siap kalo vaksin udah booster

    BalasHapus
  6. wah pasti ini bermanfaat sekali untuk masyarakat yang pada mau mudik ya, wajib banget diperhatikan biar mudiknya lancar

    BalasHapus
  7. Sekarang udah bisa mudik yah tapi harus memenuhi syarat dulu, jujur kangen dengan masa dlu, mudik tnpa syarat. Semoga saja covid segera pergi total

    BalasHapus
  8. Walau masih ketat, tapi sudah lumayan mudah untuk bisa menggunakan kereta api ya sekarang mbak. Saya bisa mengajak anak bepergian dgn mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan.

    BalasHapus
  9. Aku gak pernah ngerasain mudik yang jauh2 mbak karena rumah eyang masih satu provinsi jadi paling mudik pun pake KRL aja hihihi.

    Tapi aku rasa pasti pada seneng nih karena udah mulai bisa mudik jd bisa lebaran bareng keluarga. Apalagi aturan sudah lebih longgar dibandingkan dulu. Asal tetap patuhi prokes, semoga perjalanan mudik aman sentosa sampai tiba di kampung halaman.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah ya sekarang sudah boleh mudik. Sebelum mudik ada baiknya tau tentang syarat da ketentuan. Biar pas tengah jalan ga disuruh balik lagi hehe

    BalasHapus
  11. Lengkap dan bermanfaat sekali nih informasi mudiknya... Meski saya mah enggak mudik, karena enggak punya kampung halaman, hehehe...

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah tahun ini udah bisa mudik lagi yaaaaa.. wah emang paling seru saat saat mudik, jakarta juga jadi jauh lebih sepiiii.. hehe

    BalasHapus
  13. Pastinya saat ini rencana mudik dengan mobil karena kalau kereta, kami punya balita
    Makanya ini masih timbang juga naik kereta karena anak sulung minta itu

    BalasHapus
  14. Wah tak terasa ya udah mau lebaran lagi. Lebaran identik mudik dan saya ikut seneng kalau lihat orang pada mudik. Habis saya mudiknya dekat sih... Hehe

    BalasHapus
  15. Aku biasanya tiket lebaran juga belinya pakai tiket.com mbaa hihi, alhamdulillah emang lebih mudah sihh dan lebih singkat jg waktunyaa

    BalasHapus
  16. Gak sabar banget untuk mudik tahun ini karena sebelum2nya kan pemerintah melarang untuk mudik. Yaa walaupun nggak jauh-jauh sih, tapi lumayan lah bisa tenang kumpul sama keluarga besar :)

    BalasHapus
  17. Yes udah booster jadi bisa kemana-mana nih hahaha. Sayang karena masih sibuk duniawi, kayaknya keinginan mudik tahun ini kudu ditunda lagi, hiks. Makasih informasinya ya mba

    BalasHapus
  18. Bersyukur ya tahun ini udah diperbolehkan mudik cuna emang ada beberapa aturan mudik lebaran 2022 yang patut dijalankan seperti yg udah dijalankan di atas

    BalasHapus
  19. Taaruf siapa tahu jodoh. Eeeaaaa

    Aku dulu bahagia banget kalau bisa mudik lebaran ke kampung halaman orangtua. Banyak kenangan dan kebahagiaan.
    Semoga tahun ini bisa mudik lebaran. Aamiin.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.