Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Main Game Sepuasnya Di Plays.org

Halo... Pembaca setia Fadlimia.com, gimana puasanya, masih lancar kan...? Sepuluh terakhir Ramadan sedikit berbeda dengan awal dan pertengahan bulan puasa ya, terutama bagi para ibu yang sudah sibuk menyiapkan datangnya hari raya idulfitri. 

Meski anak-anak juga dilibatkan dalam kegiatan penyambutan hari raya, namun mereka lebih memilih untuk melakukan aktivitas yang khas di bulan suci ini. Seperti beribadah, menyantuni fakir miskin, membaca buku, hingga bermain game di Plays.org.

plays.org

Ide Aktivitas yang Dapat Dilakukan Anak Bersama Keluarga di Rumah

Selama bulan Ramadan, kegiatan untuk bermain bersama teman-teman di luar rumah agak berkurang. Hal ini untuk mengantisipasi kelelahan dan hasrat ingin minum anak-anak. Meskipun berpuasa bagi anak yang belum berusia 7 tahun bukanlah suatu kewajiban, namun orang tua melatih anaknya menjalankan ibadah puasa sedari kecil. 

Apa saja aktivitas yang dapat dilakukan anak bersama keluarga di dalam rumah, ikuti ulasan berikut:

1. Beribadah berjamaah

Jika pada bulan lainnya anak-anak kurang terbiasa beribadah secara berjamaah dengan orang tuanya, maka di bulan Ramadan anak bisa turut serta salat subuh dan salat tarawih di masjid terdekat di lingkungan rumah. Hal ini dapat memperkuat bonding antara ayah dan anaknya.

2. Mengaji Alquran

Setelah pulang dari masjid, orang tua mengajak putra-putrinya untuk membaca kita suci dengan saling menyimak bacaanya. Jika selama ini ayah dan ibu tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendampingi buah hatinya untuk mengaji, inilah saat yang tepat agar semakin dekat pula dengan anak.

3. Menghafal Juz 'Amma

Anak-anak memiliki kemampuan menyerap hafalan dengan baik. Meski dalam ranah kognitif Taksonomi Bloom, menghafal atau mengingat merupakan tingkatan paling rendah dalam proses pembelajaran, tidak masalah, sepanjang si anak sukarela dan tampak bersemangat untuk menghafalkan ayat-ayat pendek dan juz ke-30 dari Alquran (Juz 'Amma). 

Kegiatan ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu keseharian di bulan Ramadan.

4. Membaca buku bertema puasa

Buku-buku anak tentang puasa sangat banyak beredar di perpustakaan maupun toko-toko buku. Ditambah pula ada buku digital yang bisa diperoleh dari internet. Untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang tujuan dan manfaat berpuasa, anak bisa membaca buku-buku yang bertemakan Ramadan, sehingga ia mengerti alasan mengapa umat muslim harus menjalankan puasa.

5. Memberikan derma kepada orang-orang yang kurang beruntung

Salah satu tujuan dari ajaran berpuasa itu adalah agar memiliki rasa empati terhadap orang-orang yang hidupnya kurang beruntung atau miskin tidak punya apa-apa. Mereka bahkan tidak tahu perbedaan waktu berbuka puasa dan waktu boleh makan-minum. 

Sebab tidak ada uang untuk membeli makanan dan minuman. Dengan berpuasa kita jadi merasakan beratnya haus dan lapar, mengerti perasaan dan kondisi orang-orang yang perekonomiannya sulit. Orang tua dapat mengajak anak berkunjung ke panti asuhan atau ke rumah tetangga yang memang layak untuk menerima derma.

6. Menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa

Saat bangun sahur pasti anak-anak didera rasa kantuk yang luar biasa. Sehingga cukup sulit melibatkan mereka dalam menyiapkan makan sahur. Namun jika mengajak anak-anak menyiapkan penganan untuk berbuka puasa biasanya mereka lebih bersemangat karena kondisinya sudah lebih segar, dan siap untuk menyambut datangnya azan Maghrib.

7. Berburu kuliner takjil di sekitar rumah

Takjil adalah istilah yang dikenal luas di masyarakat Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Takjil berarti kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa, seperti kolak pisang, es kelapa muda, es campur, sop buah, bakwan, tahu goreng, onde-onde, dan lain-lain.

Ada kalanya tetangga di sekitar lingkungan rumah kamu mendadak berjualan takjil yang murah-meriah khusus pada bulan Ramadan. Jika kamu merasa cocok dengan citarasa kuliner yang dijualnya, tak ada salahnya membeli dari para tetangga tersebut. Biasanya mereka membuka kios di depan rumahnya masing-masing. 

8. Bermain Game di Plays.org

Menurut saya bermain game adalah kegiatan yang paling disukai anak-anak di seluruh dunia. Tak terkecuali anak-anak saya di rumah. Saya merekomendasikan situs web Plays.org yang menawarkan koleksi ratusan permainan video HTML5 yang menyenangkan dan gratis! 

Cuaca di luar panas terik, sehingga berdiam diri di kamar yang berpendingin udara sembari memainkan game sepuasnya adalah hal yang mengasyikkan.

mengisi kegiatan ramadan dengan main game di plays.org
Anak saya Ririn bermain game Flappy Copter di Plays.org

Tak perlu men-download aplikasi 

Game Plays.org ini dimainkan dari browser web, karena permainannya berbasis web, jadi tidak memerlukan tindakan mengunduh file yang menghabiskan banyak data. Anak-anak bersorak kegirangan saking senangnya. Akhirnya bisa menjalani hari-hari Ramadan tanpa rasa bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja, anak-anak merasa sangat terhibur dengan bermain game.

Tidak terjeda oleh iklan

Plays.org ini berisi pula permainan saya zaman masih anak-anak dahulu, seperti Super Mario Rush Game, Tetris, Pic Man, Zombie, Spider Sollitaire, Pizza Quest, dan masih banyak lagi. Dan kerennya, saat kamu memainkan game di Plays.org tidak dijeda oleh iklan. Sesuatu yang sangat didambakan banyak pemain game. Karena rasanya sangat menyebalkan jika sedang seru-serunya bermain game, ada iklan yang menyela.

9. Menonton tayangan Youtube yang berfaedah

Situs web berbagi video seperti Youtube menyediakan banyak sekali tayangan edukatif yang sesuai dengan anak-anak. Selain yang bertema Ramadan, mengenai kisah para nabi juga direkomendasikan menjadi tontonan anak-anak. Agar ia bisa meneladani perjuangan dan pesan-pesan moral yang dapat memberikan motivasi diri bagi anak-anak.

10. Membuat prakarya dari barang bekas

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di rumah selama bulan puasa adalah membuat prakarya atau crafting dari barang-barang bekas. Misalnya memanfaatkan bekas botol air minum dalam kemasan, kerajinan dari koran bekas, manik-manik, kardus, kain perca, hingga seni melipat kertas seperti Origami. Semuanya sangat menyenangkan dilakukan di rumah.

Kesimpulan

Ide aktivitas yang dapat dilakukan anak bersama orang tuanya di rumah selama bulan Ramadan sangat banyak. Contohnya salat berjamaah, mengaji Alquran, menghafalkan Juz 'Amma, membaca buku bertema puasa, turut serta pada kegiatan memberikan derma kepada orang-orang yang kurang beruntung, ikut menyiapkan kuliner berbuka, membeli takjilan, bermain game di Plays.org, menonton Youtube, dan membuat prakarya dari barang bekas.

Main game sepuasnya di situs web Plays.org adalah salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anak-anak dalam menunggu waktu berbuka puasa d bulan Ramadan seperti ini. Ada ratusan pilihan game yang bisa kamu pilih, termasuk dapat bernostalgia dengan permainan-permainan lama, tanpa perlu tindakan mengunduh, dan tersela oleh iklan.

Gimana nih, Teman-teman... asyik kan,, ragam pilihan ide aktivitas anak di rumah selama bulan Ramadan. Selain game untuk anak, mamanya juga bisa bermain game lho di Plays.org. Sekalian bernostalgia dengan permainan-permainan zaman dulu. 

Ramadan kareem
'Eid mubarak

Salam, 
Fadlimia main game sepuasnya di Plays.org





9 komentar untuk "Main Game Sepuasnya Di Plays.org"

  1. Saya langsung meluncur ke plays.org dan menemukan permainan tetra blocks yang mirip tetris heheh ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Mbak,, banyaak banget permainan yg keren2,, tentang helikopter aja ada 17 games

      Hapus
  2. Aku juga udah pernah cobain mai. Game di plays.org. Seru banget sih soalnya gamenya beragam.

    Seru ya mba mamanya juga bida ikut main sama anak jadinya seru-seruan bareng deh.

    BalasHapus
  3. Main game jelang berbuka memang asyik sekali ya kak Mia.

    Gak terasa waktunya nge-game dan akhirnya berbuka puasa dengan hepi.

    Bisa juga dimainkan bersmaa saudara untuk meningkatkan sibling antara adik dan kakak

    BalasHapus
  4. Banyak hal seru yang bisa dilakukan sembari menunggu waktu berbuka ya kak. Selain itu main game bareng anak juga seru. Bisa pilih main game bareng anak yang ada muatan edukasi nya kayak di plays. Org

    BalasHapus
  5. Harus imbang ya mbak main game oke ngaji, hafalan tetap jalan selama ramadan

    BalasHapus
  6. Anak-anak di rumah juga nge-game di plays , Mbak Mia. Senangnya tuh ga terjeda iklan juga ga perlu download aplikasi. Jadi memori amaaan!

    BalasHapus
  7. saya juga suka main games di sini mba, seru gamesnya, terus banyak soal edukasinya juga, jadi sangat bagus

    BalasHapus
  8. Aku juga suka main di sini mbak, soalnya banyak pilihannya, ga perlu instal2 app. Gratis pula. Kalau pas jatah screen time, anak-anak juga sering kuajak juga.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.