Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulasan Terbaru Smartphone Harga Terjangkau realme 9i

Memiliki smartphone tentu saja merupakan kebutuhan semua orang terlebih untuk orang dewasa. Saat ini dengan kebutuhan smartphone yang tinggi, masyarakat tidak perlu khawatir lagi untuk masalah harganya. 

Selain ada ragam variasi smartphone dari berbagai merek dan tipe, Anda juga bisa memilih ponsel pintar dengan range harga yang berbeda-beda sesuai dengan budget. Salah satu HP keluaran realme terbaru yang dibanderol dengan harga terjangkau adalah realme 9i.

Adapun smartphone satu ini dibandrol dengan harga yang sangat menakjubkan dengan spesifikasi yang terbilang cukup sempurna untuk HP kalangan anak muda. HP ini sendiri pada situs resminya dibanderol dengan harga 2,6 jutaan. Jadi terbilang cukup terjangkau dengan spesifikasi yang tentu membuat banyak orang penasaran.

Ulasan realme 9i

Faktanya HP ini sendiri baru dirilis pada 24 Mei 2022 lalu. Sudah ada terlebih dahulu saudara dari 9i lebih dulu dirilis yaitu realme 9 Pro dan realme 9 Reguler. Daripada penasaran berikut ini review singkat mengenai HP terbaru keluaran realme tipe 9i.

Layar

Review pertama adalah bagian layar dari handphone ini dengan ukuran 6,6 inci. Untuk resolusinya sendiri sudah Full HD+ 1080 x 2412. Untuk kualitas layarnya terbilang masih mencukupi untuk kebutuhan pengguna di kelas entry level. 

Sementara antarmuka dari layarnya menggunakan realme UI 2.0. Anda juga bisa melihat, bahwa HP ini menggunakan sistem operasi Android 11 sementara pada fitur layarnya memiliki refresh rate sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan konten.

Refresh rate pada produk bersifat adaptif sehingga tidak akan membuat boros baterai dan kecerahan layarnya juga bisa diatur secara fleksibel, agar tidak terlalu terang ketika digunakan malam hari dan menyilaukan mata. Adapun penurunan layarnya dari 600 nits sampai ke 1 nits.

Desain

Untuk desain dari realme 9i memiliki desain yang cukup mewah terlihat dari penampakannya. HP ini memiliki dua pilihan warna yaitu prism blue dan prism black. Di mana kedua warna ini memiliki warna yang terang dan tidak terlalu pekat. HP ini sangat ringan dengan bobot 190 gram saja, sehingga nyaman digenggam tapi tidak juga terlalu kecil dengan tinggi 165 mm.

Yang membuat unik adalah handphone ini memiliki bagian bodi belakang yang berciri khas, jadi sasaran anak muda yang menyukai handphone dengan harga low budget. Untuk bagian belakang modul kamera ada di sudut kiri atas, dengan konsep etalase kaca yang berbentuk persegi panjang. 

Untuk bagian bawah terdapat port audio 3,5 MM untuk lubang mikrofon dan lubang pengisian daya di ruas bawah menggunakan port USB type C.

Kemudian seperti biasa, bagian tombol volume ada di kiri dan power serta sensor sidik jari di kanan. Sementara bagian speaker ada di sisi kiri panel body bagian belakang.

Kamera

Masuk ke penjelasan seputar kamera dari realme terbaru ini yang punya 3 sensor. Sensor pertama dengan kamera 50 MP yang sudah memiliki dukungan PDAF. Lalu untuk 2 kamera sisanya memiliki resolusi 2 MP dengan fitur efek potret dan foto jarak dekat. Kamera pada realme seri ini tidak menggunakan sensor ultra wide angle jadi masih belum fleksibel untuk pengambilan sudut gambar.

realme 9i



Namun tenang saja, karena HP ini masih punya berbagai fitur menarik lainnya seperti mode malam dengan filter khusus, mode expert untuk pengambilan foto dan video yang bagus serta tilt shift. 

Di bagian kamera depan memiliki dukungan resolusi kamera 16 MP dengan fitur AI Beauty untuk kebutuhan foto selfie. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi jenis kulit, warna kulit hingga usia dan jenis kelamin agar membuat penampilan wajah ketika selfie jadi lebih cantik.

Hasil foto dari penggunaan kamera belakang dan kamera depan cukup baik, bahkan di kondisi pencahayaan yang gelap untuk kamera belakang. Untuk bagian kamera depan jika Anda mengambil foto dengan cahaya minim maka bisa memanfaatkan mode malam.

Baterai

Selain bagian kamera, biasanya yang membuat orang penasaran akan sebuah smartphone adalah untuk daya baterainya. HP ini memiliki baterai yang sangat awet dengan daya sebesar 5000 mAh. Dengan kemampuan baterai sebesar ini, bisa awet sampai 12 jam untuk pemakaian normal bahkan bisa lebih awet lagi.

Fitur baterainya dilengkapi pula dengan fitur pengisian cepat hingga 33 watt. Fitur pengisian cepat ini membuat HP lebih cepat diisi dayanya hanya butuh waktu 1 jam lebih sedikit, ketika mengisi baterai dalam keadaan 0% hingga penuh 100%.

Performa

Review yang terakhir untuk realme 9i adalah seputar performa dari handphone ini. Adapun HP dilengkapi dengan chipset Snapdragon 680 4G. Bagian fabrikasinya sebesar 6 nm jadi HP memiliki efisiensi daya setara dengan chipset yang digunakan HP flagship. Bagian kartu pengolah gratis sendiri menggunakan chipset Adreno 610 dengan frekuensi 1100 MHz.

Dengan penggunaan chipset yang tergolong masih cukup bagus HP ini bisa anda manfaatkan untuk bermain game meski bukan game-game yang terlalu berat, tapi performanya lebih kuat dari tipe HP yang sama di kelasnya.

Itu tadi ulasan singkat mengenai produk realme 9i. Untuk pembelian produk ini sendiri sudah bisa anda lakukan melalui website resmi realme. Atau bisa juga dengan mengunjungi toko officialnya di berbagai marketplace hingga ke toko-toko offline terdekat, yang ada di kota Anda.

Salam, 
fadlimia smartphone realme 9i





8 komentar untuk "Ulasan Terbaru Smartphone Harga Terjangkau realme 9i "

  1. Realmi memiliki sejumlah spesifikasi mumpuni untuk menopang aktifitas keseharian, kameranya 16 mp keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mas, cocok juga buat content creator yang perlu support foto2 ya

      Hapus
  2. Realme sekarang semakin bertaring. Nggak heran menempati posisi hape paling laris. Soalnya banyak banget yang pakai Realmi. Yang saya suka dari Realmi9i ini aalah layarnya yang lega, enak banget buat bikin konten dan nonton film atau main game.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaa, selain batrenya tahan lama, RAM nya juga gede

      Hapus
  3. Anakku pakai Realme. Tadinya kupikir brand apa sih, belum familier. Hehe...Taunya so far baterenya awet, fiturnya mumpuni, cocok buat kerja online.

    BalasHapus
  4. Saya pengguna realme, dan memang belum pernah kecewa dengan realme. Dengan review ini jadi pengen upgrade realme saya. Haha

    BalasHapus
  5. Lho. Katanya kamera 108 MP. Apa yang bagian depannya ya? Hehe nm keren nih realme 9

    BalasHapus
  6. Smartphone realme 9i spesifikasinya tinggi, menjadin pelengkap kegiatan.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.