Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cat Dasar Tembok Kebanggaan Orang Hebat

"Duh, kenapa lagi, nih... tembok kok ada kayak kristal-kristal putih begini... padahal baru saja dibangun" tetangga samping kiri saya bergumam namun suaranya dapat saya dengar dengan jelas dari balik pagar besi yang membatasi rumah kami.

Memang terlihat jadi tidak bersih tembok rumahnya, seperti ada garam halus di permukaannya. Saya baru ingat membaca soal munculnya garam alkali pada tembok. 

Menurut media online Arafuru, timbulnya butiran kristal putih ini disebabkan oleh adanya peristiwa efflorescence yaitu naiknya kandungan garam yang terdapat di dalam tembok menuju ke permukaan plesteran.

Bisa terjadi karena saat pengadukan semen, air yang digunakan air laut atau air payau (air tanah), alhasil muncul garam alkali di permukaan tembok. Makanya penting untuk mengetahui pentingnya penggunaan cat dasar tembok untuk mengatasi hal ini.

Cat dasar tembok atau cat primer adalah cat yang berfungsi sebagai pelapis dari sebuah material untuk memastikan supaya lapisan cat yang selanjutnya bisa menempel secara sempurna sekaligus melindungi permukaan supaya tidak membuat lapisan cat menjadi mudah kotor.

cat dasar tembok
Cat dasar tembok Avian Brands


Kegunaan Cat Dasar Tembok

Dilansir dari situs jual beli rumah Rumah.com, cat dasar tembok memiliki sejumlah kegunaan, antara lain sebagai berikut:
  1. Memberikan lapisan dasar cat yang baik
  2. Menutupi noda yang ada di tembok
  3. Cat tembok sebelumnya memiliki warna gloss
  4. Mencegah timbulnya garam alkali.
Cat dasar tembok menambah daya tahan terhadap garam dan sebagai antialkali. Fungsi utama dari cat tembok dasar adalah mencegah terjadinya kontaminasi dari zat - zat alkali yang dapat merusak penampilan akhir dari tembok rumah kamu.

Mengapa Harus Pilih Cat Dasar Tembok Avian Brands?

Avian Brands yang bernaung di bawah PT Avia Avian Tbk. (Avian Brands), lebih dari empatpuluh tahun telah memberikan warna bagi kehidupan jutaan keluarga Indonesia melalui aneka ragam produknya. 

Antara lain Avian Cat Kayu dan Besi, Avitex Cat Tembok Kebanggaan Orang Hebat, dan No Drop Cat Pelapis Anti Bocor. Keberadaan Avian Brands bertujuan untuk memberikan manfaat terdepan dan berkontribusi dalam mewarnai Indonesia, sejak tahun 1978.

Avitex Alkali Resisting Primer

Avitex Alkali Resisting Primer adalah cat dasar bermutu tinggi mengandung akrilik emulsion yang mempunyai daya tahan terhadap garam alkali dan effloresence, juga meningkatkan daya rekat cat dengan tembok Avitex Alkali Resisting Primer berbahan dasar air, sangat baik digunakan untuk cat dasar permukaan tembok baru, plesteran, asbes dan GRC.

Keunggulan Produk

  • Tahan Alkali & Efflorescence
  • Meningkatkan daya tahan
  • Untuk interior dan eksterior
  • Daya rekat terbaik
  • Tanpa merkuri dan timbal
  • Menambah daya tutup.
Uniknya di website Avian Brands kamu bisa mencari toko-toko terdekat yang menyediakan produk, dengan memasukkan informasi lokasi toko. Selain itu ada pula fitur kalkulator cat yang bisa membantu kamu menyesuaikan jumlah cat yang dibutuhkan dengan luas tembok yang akan dicat. Jadi tidak perlu buang-buang uang untuk cat yang bersisa, hebat 'kan.

Tentunya hanya orang-orang hebat yang mengerti cara memilih cat yang berkualitas dan bikin bangga pemilik rumah.

Kesimpulan

Cat dasar tembok kebanggaan orang hebat ini bisa kamu ketahui seluk beluk informasinya dengan langsung berselancar di situs web resminya di https://avianbrands.com/ tunggu apalagi, yuk pakai cat dasar tembok Avitex.

Referensi:

https://avianbrands.com/produk
https://arafuru.com/perawatan/cara-mengatasi-tembok-yang-mengandung-garam.html



9 komentar untuk "Cat Dasar Tembok Kebanggaan Orang Hebat"

  1. Mhh.. Jadi sebaiknya sebelum pake cat decor sebaiknya kita pake cat dasar dulu ya kak. Merk avian memang bagus sih kak, sudah puluhan tahun menjadi pelopor cat terbaik di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Cha... makanya terkenal jadi cat dasar tembok kebanggaan orang hebat yaa

      Hapus
  2. Memang cat dasar membuat hasil akhir menjadi bagus, cat juga menjadi tahan lama ya mba...

    Cat avian juga salah satu merk cat langganan saya.

    Gusti yeni

    BalasHapus
  3. Baru tahu saya, Mbak Mia kalau cat dasar tembok bisa menambah daya tahan terhadap garam dan sebagai antialkali. Mesti pakai Cat Dasar Tembok Avian Brands kalau gini biar awet dan ga ada garam alkali di tembok nanti.

    BalasHapus
  4. Memilih cat dasar yang tepat tuh emang menentukan sih, apa cat dekor yang kita aplikasikan di rumah bisa bikin cat dekornya nampak cantik dan awet atau nggak.

    BalasHapus
  5. Menggunakan cat dasar ini memang direkomendasikan ya. Kesalahan saya dan suami saat mengecat rumah ini dulu juga karena tidak menggunakan cat dasar, jadinya warnanya tidak merata...

    BalasHapus
  6. Pantesan dulu ngecat tembok itu ribet dan harus 2 kali.. cat dasar itu rupanya.. tapi nmggak apa apa kalau bikin temboknya lebih awet.. jadi pensaran efek cat yang kena garam alkali itu seperti apa ya

    BalasHapus
  7. Cat dasar itu cat awalan putihan itu ya mbak maksudnya. Bahad pakai avian sebenarnaya keluarga saya belum pernah pakai sebelumnya, tapi setelah baca rekomendasi dan manfaat cat avian lebaran tahun depan harus pakai avian deh

    BalasHapus
  8. bener banget sih mba, ini tuh cat yang bandel dan warnanya tahan lamaaaa. Dari sejak kakekku bikin rumah sampai skrg aku yg mau bikin rumah kayaknya avitex selalu jadi andalan

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.