Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Communication Skills atau keahlian/kemampuan berkomunikasi mutlak dibutuhkan di era connected society sekarang ini. Menurut Helmy Yahya, hidup ini isinya menjual ide kepada orang lain. 

Tanpa kemampuan berbicara, ide sehebat apapun tidak bisa tersampaikan dengan efektif. Untuk mendukung suatu komunikasi yang efektif, diperlukan bahasa sebagai alat komunikasi.

Kedudukan Bahasa sebagai Alat Komunikasi

Adapun kedudukan bahasa sebagai alat komunikasi menurut Lilis Hartini dalam bukunya Bahasa dan Produk Hukum, sebagai berikut:

1. Untuk bersosialisasi antarsesama agar dapat saling berhubungan satu sama lainnya

2. Mencerminkan sikap dan perilaku seseorang

3. Sebagai cermin kepribadian bangsa dan negara

4. Mencerminkan tingkat pendidikan seseorang

5. Memberikan andil dalam mencari dan memahami ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian berkembang

6. Sebagai kekuatan hukum (jika khusus berkomunikasi di bidang hukum)

7. Dapat dijadikan pembelajaran politik

8. Mencerminkan kedudukan sosial seseorang

9. Sebagai alat penerang dalam kehidupan

10. Dapat menghargai sejarah.

Begitu pentingnya kedudukan berbahasa baik bahasa nasional maupun bahasa asing, dalam kaitannya sebagai pendukung komunikasi. Khususnya yang dibahas dalam artikel ini adalah Bahasa Indonesia.

Bahasa Inggris penting, namun sangat disayangkan jika bahasa negeri sendiri belum dikuasai secara baik dan benar, sesuai kaidah EYD, KBBI, dan peraturan perundang-undangan tentang bahasa.

Per Agustus 2022 melalui dikeluarkan SK Kepala Bahasa Kemendikbudristek RI No. 424 Tahun 2022 tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD), untuk menggantikan PUEBI 2015.

cara meningkatkan kemampuan berkomunikasi
Gambar: by David Pranata


Manfaat Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Manfaat meningkatkan kemampuan berkomunikasi tentunya banyak sekali. Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu dari sekian softskill yang harus dimiliki oleh tiap orang yang tidak ingin ketinggalan di era digital seperti sekarang ini. 

Di perguruan tinggi, ada 10 aspek kepribadian mahasiswa yang dinilai dosen setiap harinya, tidak hanya pada saat UTS dan UAS. 10 aspek itu adalah sebagai berikut:
  • kedisiplinan
  • penampilan
  • kesantunan
  • kemampuan bekerjasama
  • kemampuan berkomunikasi
  • komitmen
  • keteladanan
  • semangat
  • empati
  • tanggung jawab
Poin ke-5 yaitu kemampuan berkomunikasi, menunjukkan urgensi softskill sebagai bekal mahasiswa menapaki berbagai macam profesinya di masa depan kelak. 

Apa saja manfaat memiliki kemampuan berkomunikasi? 

1. Meningkatkan produktivitas

Jika kamu seorang pembuat konten kreatif, pemengaruh di media sosial, narablog, guru, dosen, dan profesi apapun, pasti ingin pekerjaannya menjadi produktif. 

Seorang content creator yang lancar berbicara dia akan mewarnai mayoritas kontennya dengan penyampaian pesan yang efektif. Sehingga tidak pernah kehabisan ide untuk produktif dalam menghasilkan konten. Begitu pula profesi lainnya.

2. Lebih toleran terhadap semua perbedaan

Untuk mampu berkomunikasi dengan baik, tentunya dibutuhkan mencari informasi tentang siapa lawan yang diajak bicara, apa kesukaan audiens, termasuk hal-hal yang tidak diminati komunikan. Maka dengan bekal tersebut, seseorang yang pintar berkomunikasi dengan siapa saja mampu menempatkan dirinya di tengah-tengah siapa saja. 

Ia menjadi lebih menghargai perbedaan dan toleran terhadap latar belakang orang-orang yang dijumpainya. Perbedaan menjadi sesuatu yang seru untuk dihadapi, menambah khazanah pengetahuan tentang karakter dan budaya bangsa.

3. Mudah bekerjasama dengan orang lain

Jika diminta untuk memilih rekan dalam tim, siapakah yang lebih dipilih, orang yang komunikasinya baik atau yang kurang baik? Pasti kamu langsung merapat ke teman yang komunikasi dengannya lebih lancar kan. 

Maka pembentukan tim yang efektif dimulai dengan adanya kemampuan berkomunikasi. Diharapkan dengan komunikasi yang terjalin baik, maka ke depannya dapat bekerjasama dengan baik dalam menerapkan strategi bekerja untuk mencapai tujuan bersama.

4. Menyelesaikan konflik dengan baik

Tidak dimungkiri di bidang profesi apapun pasti selalu ada potensi konflik. Kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan dengan baik. Jalan keluar bisa ditemukan ketika ada kegiatan saling diskusi bersama mencari pemecahannya. Di sinilah communication skills menjadi poin yang menentukan.

Tips Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

  • Belajar terus setiap waktu
Di zaman informasi berlimpah seperti sekarang ini, rasanya rugi sekali jika tidak dioptimalkan belajar mengenai minat yang digandrungi, termasuk belajar meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Bisa melalui kanal-kanal Youtube para ahli di bidang komunikasi, media sosial para MC kenamaan, dan masih banyak lagi tayangan yang dibagikan para praktisi komunikasi publik. Tinggal kamu mau atau tidak memanfaatkannya guna mengasah kemampuan berkomunkasi.

  • Berani menerima tantangan.
Orang yang punya keahlian berkomunikasi tidak harus bergelar sarjana ilmu komunikasi. Banyak cara untuk mengasah kemampuan berbicara, salah satunya dengan memberanikan diri menerima tantangan.

Misalnya ketika kamu didaulat menjadi moderator seminar nasional maka jangan mengelak, terima dan laksanakan dengan penuh tanggung jawab. Hal ini menambah jam terbangmu dalam berkomunikasi, cara menaiki anak tangga untuk menuju ke level yang lebih baik.
  • Evaluasi diri setiap hari
Orang-orang yang kamu saksikan mumpuni dalam berkomunikasi hari ini pastinya dahulu mengawali debut pertama dengan berkeringat. Mereka sabar menjalani proses trial n error hingga akhirnya menjadi seperti saat ini. 

Lakukan evaluasi diri setiap kali kamu selesai mengemban tugas membawakan acara, misalnya. Pengalaman adalah guru yang paling baik. Nikmati proses untuk progress yang lebih baik lagi.
  • Belajar langsung dari mentor
Jika kamu benar-benar serius ingin berhasil dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi, cara lainnya adalah mencari mentor dan belajarlah secara langsung kepadanya.

Belajar langsung dari mentor adalah cara efektif untuk meraih suatu kemampuan. Dengan punya mentor, kamu bisa belajar dengan lebih fokus sebab ada yang membimbing, melatih, dan mengevaluasi.

Kesimpulan

Tips meningkatkan kemampuan berkomunikasi menurut saya ada beberapa, yaitu belajar berkomunikasi setiap waktu, berani menerima tantangan, melakukan evaluasi diri untuk jadi lebih baik di masa mendatang, dan dapat juga dengan belajar dari mentor yang ahli di bidang komunikasi.

Demikian postingan saya kali ini, mohon tanggapannya jika ada saran dan masukan di kolom komentar di bawah ini ya, terima kasih.

Salam,
Fadlimia Komunikasi























9 komentar untuk "Tips Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi"

  1. Sekarang ni banyak juga saya lihat di medsos iklan-iklan belajar komunikasi untuk anak. Sayangnya, anak awak gak mau disuruh ikut... padahal awak gak nyuruh dia ngemci. Supaya pinter aja memilih kata kalo bicara dengan orang kelak ye kan.... hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak cuma anak2, orang dewasa juga perlu belajar berkomunikasi ya, supaya lancar dan fasih ngomong di depan kamera atau di depan umum.

      Hapus
  2. Waktu ambil raport si sulung gurunya bilang "dia komunikasinya pandai lewat tulisan. Kalo pake komunikasi langsung masih malu.. " Padahal anaknya kalo cerita sama kawannya gak gitu. Apa malu sama gurunya ya kak..

    BalasHapus
  3. Sepakat bgt kl manfaat komunikasi tuh buanyak. Poin2 di atas jg bisa dijadikan acuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Terlebih poin "belajar berkomunikasi setiap waktu"

    BalasHapus
  4. Komunikasi itu bisa dengan berbagai cara kan ya.. verbal, tulisan dan gambar. Apalagi sekarang udah zaman emoticon banyak, apa itu salah satu cara kita berkomunikasi kah? ada perubahan dari teori dasarnya gk?

    BalasHapus
  5. Berkomunikasi butuh kemampuan tersendiri. Setuju jika kiat mesti terus melatih diri berkomunikasi, berani menerima tantangan, mengevaluasi diri dan terus belajar agar makin piawai berkomunikasi

    BalasHapus
  6. Belajar langsung dari mentor alias ahlinya pasti tidak hanya teori tapi juga disertai bahan pembanding lainnya ya. Pengalaman bukankah guru yg sangat berharga? Tips ini memang bisa memperkuat kita supaya bisa lebih maksimal dalam mempraktikkan nya

    BalasHapus
  7. memang setiap skill harus mau diasah setiap waktu ya biar makin jago :)

    BalasHapus
  8. Belajar mengasah kemampuan berkomunikasi sangat penting buat semua usia baik anak maupun kita sebagai orang tua.
    Karena bahasa komunikasi itu dipakai sehari2 apalagi kalau sering bepergian atau mengisi acara2 penting.

    Makasih sharingnya bun mengingatkan emak supaya mau belajar dan terus belajar (gusti yeni)

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.