Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghasilkan Konten Blog Yang Menarik

Menjadi bloger berarti menyiapkan diri menjadi pembelajar terus menerus, baik belajar ngoprek blog maupun menghasilkan konten yang menarik. Karena hingga saat ini adagium content is king, SEO is queen masih dipegang teguh banyak bloger, terutama di Indonesia.

Selain konten blog yang biasanya satu paket dengan posting artikel blog adalah posting konten media sosial. Masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri, tinggal disesuaikan menurut kebutuhannya.

Konten yang Menarik

Apa itu konten yang menarik? Sebenarnya menarik atau tidak tergantung selera pembaca blog atau follower Instagramnya. Namun ada beberapa indikator konten yang menarik yang dapat diulas di sini, biasa disebut dengan F-S-R-M, sebagai berikut:

Findable 

Findable atau mudah ditemukan. Konten yang sudah kamu hasilkan dengan effort yang luar biasa itu akan sia-sia jika sulit ditemukan target pembaca. Findable bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu:

1. Dari dalam blog

Blog yang baik harus bisa menampilkan konten-konten yang menarik sehingga mudah ditemukan pengunjungnya. Usahakan agar navigasi blog kamu sederhana dan dapat dipahami semua visitor. Jangan hanya mementingkan tampilan supaya terlihat keren namun ketika pengunjung berselancar di blog kamu, malah tidak user friendly.

2. Dari luar blog

Artikel yang sudah susah-susah dibuat upayakan agar mudah ditemukan di mesin pencari, mau tidak mau kamu harus mempelajari SEO (Search Engine Optimization) atau teknik mengoptimasi website/blog di mesin pencari. Biasanya orang menggunakan Google. Selain Google search engine lainnya ada juga meski tidak sepopuler Mbah Gugel ini. 

Misalnya Bing kepunyaan Microsoft, DuckDuckGo, Yahoo, Baidu dari Tiongkok, Yandex dari Rusia, Ecosia di Jerman, dan lain-lain. Cara agar artikel blog kamu bisa nangkring di page one Google, saya pernah menuliskannya di sini.

konten blog berkualitas
Dokumentasi pribadi diolah dengan Canva


Shareable

Shareable atau bisa dibagikan, konten yang menarik itu pastinya yang mudah untuk disebar ke mana-mana. Konten yang bagus bikin pede si penulisnya dan tidak malu membagikannya ke media sosial sendiri. 

Pastikan di setelan blog ada kode icon media sosial kalau blog blogspot/blogger, dan instal plugin media sosial kalau blog kamu platform-nya wordpress.org. Sehingga begitu artikelnya posting, langsung bisa kamu share ke media sosial.  

Begitu pula dengan para pembaca, karena konten artikel kamu menarik, pengunjung pun ramai-ramai men-sharenya ke Facebook, Twitter dan Instagram milik mereka. Asyik, kan! 

Readable

Readable atau keterbacaan. Artikel yang baik tentu mudah dimengerti oleh pembaca manapun, baik dari kalangan well educated maupun masyarakat prasejahtera yang membuka blog dengan tujuan untuk mencari tahu bagamana cara memulai usaha sol sepatu, guna menyambung hidup.

Memenuhi blog dengan artikel bergaya bahasa jurnal ilmiah kurang readable menurut saya. Sebab tidak menjangkau masyarakat secara luas. Tulislah artikel yang bernuansa keilmuan dengan bahasa ilmiah populer, sehingga menjadi readable.

Perhatikan juga warna latar belakang blog ketika pembaca menekuri tulisan kamu. Apakah bersahabat dengan mata, atau malah bikin sakit mata. Usahakan menggunakan latar putih namun bisa pula dengan tampilan mode malam, latar hitam dengan warna font putih. Semuanya terserah kamu sebagai pemilik blog.

Selain latar, perhatikan juga ukuran teks, luas kolom, dan leading dalam artikel tersebut, karena akan memengaruhi kenyamanan pembaca ketika menikmati konten artikel yang kamu sajikan.

Memorable

Memorable atau dapat dikenang. Konten yang bagus mestinya membuat kesan yang baik pada pembacanya. Tidak baca saat ini lalu hilang begitu saja. Idealnya jika pembaca akan kembali dan balik terus ke blog kamu sebab ia mengingat pernah membaca sesuatu yang menarik tentang topik yang dicarinya dan itu ada di blogmu.

Untuk menghasilkan konten yang memorable tidak asal menuliskan saja. Terkadang butuh riset sana-sini, bahkan mewawancarai narasumber, pergi ke satu tempat, membeli produk yang direviu, membeli properti agar foto lebih ciamik, membayar aplikasi desain grafis, dan masih banyak lagi. 

Demi membuat konten yang keren ada banyak effort yang dilakukan bloger. Bukti keseriusan dan ada passion di dalamnya. Tidak asal jadi dan posting. 
Menulis artikel blog dengan mindful akan mendatangkan pembaca yang mindful pula (Nurhilmiyah, 2022)
Artikel yang ditulis dengan sepenuh hati biasanya akan menjadi evergreen content atau artikel yang tetap segar karena tak lekang dimakan waktu. Bisa ditemukan di menu "postingan populer" biasanya. 

Di blog saya ini ada tiga popular post yang dapat dikatakan artikel evergreen, yaitu macam-Macam Penafsiran Hukum, Kesan dan Kendala Menggunakan Google Classroom, yang ketiga, Pengalaman Lulus CPNS. Ketiga artikel ini mendulang viewer terus setiap harinya. Benar sekali bahwa evergreen content akan mendatangkan trafik sampai kapanpun.

Pengalaman Saya dalam Menghasilkan Konten Blog atau Media Sosial yang Menarik

Saya ngeblog dengan blog TLD (Top Level Document) atau domain berbayar .com itu per Juni 2019. Sepuluh tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2009 adalah saat saya berkenalan dengan blog dan membuat blog untuk pertama kalinya. Bernama www.nurhilmiyah.blogspot.com yang sekarang ini menjadi fadlimia.com. Dulu isi blognya kebanyakan curhat ala emak-emak anak dua yang sedang ambil S2.

Selama tiga tahunan ini rasanya seru sekali berada di dalam lingkaran teman-teman bloger yang sudah lebih dulu mengibarkan benderanya sebagai bloger profesional. Saya banyak belajar dari mereka dengan blogwalking di blog-blog. 

Jika ada suatu hal yang membingungkan saya tak segan bertanya pada mereka. Syukurnya saya punya banyak grup WhatsApp bloger. Ini sangat membantu untuk percepatan menjadi bloger yang pro.

Pengalaman saya saat menghasilkan konten blog yang menarik, jika artikelnya tentang mengulas produk, skincare misalnya saya beli dan mencobanya. Hal ini perlu agar saat menulis artikelnya jadi gue banget. Saya berhak bercerita sesuai dengan yang saya peroleh senyatanya. 

Pernah juga ketiga ada kewajiban store visit, saya dan rekan bloger datang ke toko yang dimaksud, menyesuaikan dresscode dengan warna branding, bertanya pada pramuniaganya, dan foto-foto di sana. 

Satu lagi pengalaman saya saat menulis artikel lomba bertemakan parenting, itu benar-benar saya mesti baca sana-sini banget dan untuk grafisnya saya juga mengeluarkan sumber daya secara khusus. 

Alhamdulillah usaha tidak mengkhianati hasil, artikel yang saya tulis meraih juara 2 dan hingga kini tetap menduduki halaman satu Google meski sudah setahun berlalu. Dan masih banyak lagi yang seru-seru.

Kesimpulan

Tips menghasilkan konten blog yang menarik rumusnya ada F-S-R-M yaitu findable, shareable, readable, dan memorable sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Semangat ya buat para narablog baru yang ingin memulai karirnya di dunia blogging. 

Salam semangat juga buat teman-teman narablog yang seiring sejalan selama ini satu circle, semoga makin banyak job-nya, namun tetap konsisten dan komitmen dalam menghasilkan artikel blog yang menarik. Aamiin.

Salam, 
fadlimia narablog

Referensi:

https://www.pa-unaaha.go.id/opini/cara-menulis-konten-berkualitas-dan-menarik/70
https://www.niagahoster.co.id/blog/desain-blog/










Posting Komentar untuk "Tips Menghasilkan Konten Blog Yang Menarik"