Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reviu Film Super Mario Bros

Libur lebaran kemarin kami sekeluarga ditambah satu keponakan nonton bareng film Super Mario Bros di Deli Park Podomoro Medan. Anak 90-an mana yang tak kenal dengan video game Super Mario Bros. 

Super Mario Bros
Diolah dengan Canva

Berawal dari 13 September 1985 perdana dirilisnya game Super Mario Bros oleh perusahaan video game, Nintendo asal Jepang. Permainan elektronik ini laris manis merebut hati para gamer dari dulu hingga sekarang, meski sudah berada di masa game online sekali pun.

Karakter, Pengisi Suara dan Sinopsis Film Super Mario Bros

Judul film: Super Mario Bros.
Tahun rilis: 2023
Sutradara: 
Aaron Horvath dan Michael Jelenic
Mario: Chris Patt
Luigi: Charlie Day
Putri Peach: Anna Taylor Joy
Raja Bowser: Jack Black
Toad: Keagen Michael Key
Donkey Kong: Seth Rogen
Durasi film: 1 jam 32 menit
Kategori usia penonton: SU

Sinopsis

Mario dan adiknya Luigi adalah tukang ledeng yang rajin bekerja. Saking niatnya mengepakkan sayap di bidang reparasi pipa air dan saluran air bawah tanah, Mario menggunakan tabungannya untuk memasang iklan jasa mereka di televisi.

Satu waktu sepulang mengerjakan orderan bak cuci tangan di sebuah rumah dengan segala keseruannya, Mario menonton berita bahwa Brooklyn kota mereka terancam akan tenggelam karena saluran air bawah tanahnya muncrat ke jalanan kota.

Mario yang ingin menunjukkan kapasitasnya di depan orang tua terutama ayah yang sepertinya kurang yakin mereka akan sukses, langsung menggandeng Luigi untuk mendatangi lokasi banjir. 

Di sini terlihat sekali Mario sangat-sangat melindungi sang adik. Luigi yang meski tampak sebaya dengan Mario namun sifatnya lugu dan tidak sat-set gerak cepat seperti Mario. Beberapa kali Luigi dibantu Mario, dipermudah, dan didahulukan. Semoga anak-anak yang menonton ini dapat meneladani begitu sayangnya abang terhadap adiknya.

Terdampar di Kerajaan Jamur 

Saat berusaha melihat kondisi pipa bawah tanah Mario dan Luigi terlempar ke terowongan bagai tak ada ujung yang akhirnya terdampar di kerajaan Jamur. Mario bertemu dengan Toad yang menunjukkan jalan menuju kediaman Putri Peach, pemimpin kerajaan Jamur.

Mario baru menyadari bahwa Luigi mendarat di kerajaan lain yaitu kerajaan kegelapan bernama kerajaan Bowser. Pemimpinnya King Bowser berbentuk monster kura-kura dengan rakyatnya berupa pasukan kura-kura unik.

Mario Bros video game
Dokumentasi pribadi


Rupa-rupanya Raja Bowser ngefans berat sama Princess Peach, bahkan bisa dibilang bucin banget. Kelucuan demi kelucuan pun tampil di layar, saat King Bowser menyanyikan lagu buat pujaan hatinya, Peaches... peaches... peaches... demikian ia mengulang-ulang. 

Mungkin karena kategori usia penonton Super Mario Bros SU (Semua Umur), meski digambarkan sebagai sosok antagonis tetapi tidak jadi bikin takut, hatinya berubah menjadi selembut salju dan mendadak romantis jika mengingat Putri Peach yang sejak lama didambakan.

Minta Bantuan pada Kerajaan Donkey Kong

Putri Peach yang pemberani memutuskan untuk berkolaborasi dengan kerajaan Donkey Kong untuk melawan King Bowser yang kejam. Sebelumnya Raja Donkey Kong menolak karena merasa tidak penting menolong kerajaan Peach. |

Mario yang akhirnya tiba di ruangan kerajaan, mengajukan diri untuk membantu kerajaan Peach. Sebab Mario butuh informasi dan cara untuk segera menyelamatkan Luigi. Putri Peach pun menyampaikan pada Raja Donkey Kong bahwa kerajana Jamur akan dibantu oleh Mario. Raja Donkey Kong setuju dengan satu syarat, kalahkan putra mahkotanya dalam laga adu fisik. 

Putranya Donkey Kong terkenal akan kekuatan dan menang terus dalam setiap laga. Untuk itu kerajaan Donkey Kong pede sekali bahwa pihaknya akan memenangkan pertarungan ini dan Mario akan kalah.

Putri Peach pun mempersiapkan dan melatih Mario agar sanggup melawan Donkey Kong. Suara tertawa para penonton pun terdengar menyaksikan aksi jenaka Mario dan Putri Peach. Film ini terinpirasi juga dari film kartun Popeye Si Pelaut yang mendadak berotot perkasa jika mengonsumsi sayur bayam.

Mario pun akan berubah menjadi dua kali lipat lebih besar ukuran badannya jika mampu mencapai jamur ajaib yang disediakan kerajaan Jamur, kalau latihannya semakin baik. 

Begitu beratnya latihan menuju suatu keberhasilan ya, anak-anak memang harus memahami hal ini. Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras.

Jagoannya Donkey Kong ini songongnya minta ampun. Saya suka banget sama beat OST pengiring scene di sini, pas banget mendukung semaraknya dukungan penonton laga kepada Donkey Kong.

Petantang petenteng memamerkan otot-otot keranya yang gede. Memang laga pertama Mario habis babak belur dihantamnya, namun pada laga terakhir (biasa anak muda menangnya pasti di akhir), Donkey Kong KO. Lho kok bisa?? Nah, tonton sendiri ya biar tidak penasaran.
Deli Park Shopping Mall
Saya beserta suami dan putra bungsu


Berhasilkah Mengalahkan King Bowser dan Menyelamatkan Luigi?

Musuh utamanya bukan Donkey Kong (DK) sebab setelah DK kalah justru ajakan kerajaan Jamur bergabung melawan King Bowser disambut baik oleh DK. Dan mereka pun merangsek menuju kerajaan Bowser yang disebut juga Dark Land.

King Bowser memaksakan rencananya ingin menikahi Princess Peach, tentu saja Peach menolak. Siapa yang mau jadi istri raja yang zhalim, dan buruk rupa. Jika Peach tidak mau maka kerajaan Jamur akan dijajah oleh Bowser, berikut Donkey Kong yang menjadi sekutu Jamur.

Berhasilkah gabungan dua kerajaan itu menggagalkan niat King Bowser yang cinta mati pada sang putri? Bagaimana cara menyelamatkan Luigi dari Bowser? Utututu... nggak mau spoiler ending filmnya dong ya. 

Film ini termasuk ke dalam jajaran box office di Amerika Serikat untuk film tahun 2023 dengan meraup untung triliunan. Film video game pertama yang sukses diangkat ke layar lebar dengan berbagai karakter yang potensial untuk dijadikan film juga satu demi satu menjadi sekuel atau trilogi.

Pesan Moral dalam Film Super Mario Bros


Selesai menonton film dalam perjalanan pulang, saya ngomong ke anak-anak, pesan-pesan kebaikan yang dapat dipetik dari film Super Mario Bros antara lain:

XXI Deli Park
Anak-anak dan sepupunya
  1. Harus sayang dan membela saudara kandung. Seperti Mario yang sayang banget pada Luigi meski adiknya itu rada telmi namun mereka bisa kompak dalam bekerja.
  2. Sikap segera memberikan pertolongan membawa kebaikan-kebaikan lain. Mario gercep membantu petugas untuk memperbaiki kondisi kebocoran pipa bawah tanah, mengantarkan dia dan Luigi ke kerajaan Jamur dan akhirnya bisa kembali lagi ke Brooklyn sebagai pahlawan kota yang terkenal dan usahanya semakin berjaya.
  3. Jika ingin meraih sesuatu harus mau bekerja keras dengan sungguh-sungguh. Saat Mario berlatih untuk melawan DK, jatuh bangun gagal dan bangkit lagi dialaminya. Sampai akhirnya ia berhasil.
  4. Sikap sesumbar itu tak baik. Seperti DK yang menganggap Mario sepele dan terkesan sombong. 
  5. Kejahatan pasti akan dikalahkan kebaikan, sepertinya pameo ini wajib ada di film-film superhero. Meski ini film video game tetapi Mario adalah superhero-nya di sini.

tiket nonton bioskop
Tiket nonton film Super Mario Bros
Kesimpulan

Reviu film Super Mario Bros rekomended ditonton anak-anak bersama orang tuanya di musim libur lebaran dan akhir pekan. Film yang sarat pesan moral untuk anak-anak sekalian nostalgia ayah ibunya terhadap video game lawas, mengingatkan pada masa kanak-kanak yang indah, ditemani game Super Mario Bros.

Saya sendiri baru ngeh kalau Mario itu tukang ledeng, karena awalnya di video game yang kerap dimainkan adik lelaki saya puluhan tahun lalu, si Mario ini tukang kayu. 

Dari segi audio, animasi dan sinematografi film Super Mario Bros ini baik sekali sehingga tak heran diapresiasi sebagai film yang sukses di tahun 2023 yang baru memasuki kuartal pertama.

Berikut official trailernya, selamat menikmati.


Sampai jumpa di artikel reviu film by fadlimia berikutnya ya teman-teman...

Salam
fadlimia Deli Park













4 komentar untuk "Reviu Film Super Mario Bros"

  1. Seru ya kak nonton sekeluarga gini.
    Mau deh sesekali ajak anak nonton film begini habis itu mereka disuruh menceritakan kembali dan disuruh mengambil ibroh dari cerita. Waaah mario Bros bikin teringat game semasa kecil dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul, Cha... Agar gak sia² ketika melakukan sesuatu, harus ada value nya ya

      Hapus
  2. Dulunya hanya di mainkan dalam game sekarang sudah ada filmnya, film Super Mario Bros rekomended si untuk ditonton dan banyak lagi ilmu yang bisa di ambil dari filmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada adegan lucunya juga,, sikap King Bowser yg bucin banget ke Princess Peach, itu bikin gerrrr satu bioskop, wkwk

      Hapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.